BlogPemilik PropertiDesain HunianTrik Akali Ruang Tamu Apartemen Kecil Agar Lebih Lapang
0
0

Trik Akali Ruang Tamu Apartemen Kecil Agar Lebih Lapang

Dipublikasikan oleh Nur Dwi Ratnasari dan Diperbarui oleh Syahya Rembulan

Apr 5, 2023

4 menit membaca

Copied to clipboard
top-right-banner

Lahan untuk tempat tinggal semakin terbatas. Jika luas rumah tidak terlalu besar maka harus pintar mengakali setiap ruangan. Begitu pula dengan ruang tamu apartemen yang cenderung sempit.

Pins bisa menggunakan trik dibawah ini untuk membuat kesan lapang pada ruang tamu yang kecil. Umumnya tipe apartemen adalah 1 kamar, 2 kamar, 3 kamar maupun jenis studio. 

Kurangi Hiasan Berlebihan

Source : Unsplash

Pins bisa mengurangi hiasan berlebihan pada ruang tamu. Pajangan yang berlebihan akan menciptakan kesan pengap pada ruangan. Untuk mempercantik dinding bisa diletakan beberapa lukisan ataupun kolase foto.

Bila ingin menambahkan rak maka pilih yang bentuknya minimalis dan tembus pandang. Rak ini tidak hanya sebagai hiasan ruangan namun penyimpanan untuk hiasan kecil lainnya.

Misalnya saja miniatur, foto, buku maupun tanaman gantung. Tanaman bisa menjadi salah satu hiasan yang mengesankan ruangan lebih hidup dan asri. Tempatkan tanaman pada pot kecil.

Pins bisa memilih tanaman kaktus, maranta Bali maupun lidah mertua. Harganya terjangkau dengan perawatan yang sederhana. Tanaman tersebut cocok untuk ruangan yang minim cahaya.

Jika ingin memilih tanaman gantung dapat mencoba Ivy ataupun sirih gading. Batangnya yang merambat dapat menghiasi dinding yang monoton.

Baca juga : 10 Rekomendasi Ventilasi Ruang Tamu Terbaik

Pilih Warna Cerah

Source : Shutterstock

Ruangan akan terasa lebih luas dengan warna cerah. Misalnya cat dinding putih, biru langit maupun krem. Selain itu warna cerah akan membuat mata lebih rileks dan bagus untuk pencahayaan.

Pins bisa menggunakan satu warna pada bagian dinding dan langit-langit. Plafon apartemen umumnya dibuat tinggi sehingga ruangan terasa lebih lega. 

Warna pastel juga mampu membuat ruangan terasa luas. Pantulan cahaya mampu memberikan efek ruangan kian lapang walaupun apartemen tergolong mungil. 

Rekomendasi warna cerah lainnya adalah kuning, coklat, hijau hingga tosca yang membuat ruang tamu terasa ceria. Bila Pins lebih suka warna gelap maka abu-abu bisa menjadi pilihan.

Sifat warna abu-abu menenangkan, lembut dan bersih. Jika dinding berwarna abu-abu maka kombinasikan dengan jenis warna lain yang lebih hidup seperti putih yang kontras.

Beri Motif Garis

Source : Unsplash

Mulailah bereksperimen dengan motif garis sehingga visual ruang tamu bertambah luas. Pins dapat memakai wallpaper dinding vertikal maupun horizontal. Motif ini akan membuat ruangan terasa lebih panjang.

Tidak hanya pada dinding saja namun garis linear dapat diletakan pada lantai ataupun plafon.  Beri panel vertikal agar tekstur dan kedalaman pada ruangan bertambah.

Motif garis dapat ditempatkan pada tirai jendela maupun perabotan. Rak dinding yang disusun secara vertikal hingga menyentuh plafon. Dinding akan terlihat lebih tinggi.

Baca juga : 10 Desain Apartemen Minimalis Ala Korea yang Super Aesthetic

Letakan Cermin

Source : Unsplash

Trik selanjutnya agar ruangan terasa luas adalah menggunakan cermin. Walaupun kelihatannya sederhana namun ampuh menyiasati ruangan sempit. Sesuaikan ukuran cermin dengan luas ruang tamu.

Ukuran idealnya adalah ¾ dari luas bidang dinding tempat yang akan dipasangi cermin tersebut. Letakan cemin dengan ketinggian yang sama dari dinding baik dari lantai maupun plafon.

Bentuk cermin lingkaran paling banyak diminati. Pins bisa pula memasangnya pada bidang blacksplash.  Pins dapat pula menambahkan bingkai sederhana yang tidak terlalu tebal dengan warna netral.

Suasana ruang tamu terasa lebi cozy dan elegan bila memakai jenis bronze mirror. Cermin dengan efek perunggu dapat Pins kombinasikan dengan pencahayaan yang hangat seperti lampu yang mengeluarkan cahaya kuning.

Gunakan Furniture Multifungsi

Source : Unsplash

Ruang tamu yang sempit sebaiknya tidak memakai sekat tembok. Pins dapat menggunakan sekat portable atau berkonsep open space. Dengan begitu furniture yang ditempatkan di area ini bisa lebih banyak.

Gunakan furniture multifungsi seperti sofa bed yang dapat dialihfungsikan menjadi kasur tambahan. Jika ingin menempatkan meja TV maka beli rak TV berputar. Bagian bawahnya didesain mempunyai laci dan mudah dipindahkan kemana-mana.

Perabotan dengan konsep compact sering memiliki lebih dari satu fungsi. Bentuknya ringkas sehingga mampu menghemat tempat. Manfaatkan sudut sempit untuk dijadikan furniture built in.

Pada area ruang tamu dapat ditambahkan meja bar guna hemat ruang. Meja seperti ini sering menyatu dengan dapur.

Atur Pencahayaan

Source : Unsplash

Gunakan pencahayaan alami dengan memanfaatkan jendela berukuran besar. Cahaya matahari lebih banyak masuk ke dalam ruangan. Jika menggunakan tirai maka pakai kain yang tembus pandang atau berwarna cerah.

Dengan begitu cahaya dari luar tetap bisa menembus tirai. Kehadiran jendela ini mampu membuat ruangan terasa lebih sejuk. Sirkulasi udara di ruang tamu terasa lebih baik dan segar.

Untuk lampu ruang tamu sebaiknya tempatkan di tengah ruangan. Pins bisa memakai lampu gantung agar terasa mewah.

Sebaiknya lampu gantung berbeda-beda di masing-masing ruangan. Jika lampu gantung untuk ruang tamu akan lebih dekat dengan langit-langit. Sementara untuk ruang makan akan diposisikan tempat di atas meja.

Baca juga : 6 Apartemen Megah dan Mewah, Tempat Tinggal para Member BTS

Tambahkan Karpet

Source : Unsplash

Terakhir tambahkan karpet besar dengan warna netral. Semakin besar ruangan maka karpet yang dipakai sebaiknya lebih besar. Pins dapat memakai karpet bermotif zebra belang guna mengatur tone ruangan.

Adanya karpet mampu mempertegas area ruang tamu. Karpet mampu membagi zona ruangan secara tepat.

Ruang tamu apartemen walaupun kecil tetap bisa terasa lega. Tepat dalam tata letak perabotan dan pemilihan warna pas menjadikan ruangan terasa lapang.


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti bergabunglah menjadi rekan agen properti bersama kami dan iklankan properti kamu di sini. 

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai properti di Property Academy by Pinhome. Gabung menjadi Rekan Jasa Pinhome melalui aplikasi Rekan Pinhome di App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome PINtar jual beli sewa properti.

Copied to clipboard
bottom-sidebar-banner
left footer bannerright footer banner
left footer bannerright footer banner

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok
          sticky banner
          sticky banner
          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download