BlogPemilik PropertiDesain Hunian15 Ide Inspirasi Ruang Tamu Aesthetic
0
0

15 Ide Inspirasi Ruang Tamu Aesthetic

Dipublikasikan oleh Nur Dwi Ratnasari dan Diperbarui oleh Nur Dwi

Jun 16, 2024

6 menit membaca

Copied to clipboard
top-right-banner

Ruang tamu aesthetic menjadi buruan belakangan ini, terutama ketika masa pandemi melanda. Masyarakat yang banyak menghabiskan waktu di rumah seakan berlomba mendekor sudut rumahnya menjadi berbeda, terutama ruang tamu agar siap ketika ada tamu kembali datang ke rumah nanti.

Desain ruang tamu natural ini tidak hanya membuat kesan ruangan cantik tapi juga memiliki fungsi yang banyak karena perabotan yang digunakan. Contohnya ruang tamu aesthetic Korean yang minimalis dan kalem, sampai gaya bohemian yang banyak bermain motif bisa jadi referensi desain ruang tamu aesthetic.

Inspirasi Ruang Tamu Aesthetic

Apa saja rekomendasi ruang tamu estetik yang bisa Kamu tiru? Yuk disimak pilihannya.

1. Ruang Tamu Aesthetic All White

Source : Pinterest

Ruang tamu tipe ini mengusung konsep berwarna serba putih, mulai dari pemilihan warna dinding hingga peralatan atau perabotan seperti furniture. Jika mampu memadukannya dengan barang-barang yang selaras, ruangan tidak hanya sekedar menambah dekorasi tapi juga fungsional. Konsep all white tidak akan membuat ruangan menjadi monoton justru akan terkesan menjadi desain ruang tamu mewah.

Terlebih, warna putih dipercaya menambah kesan hangat sehingga membuat tamu nyaman ketika bertandang ke rumah karena ruang tamu biasanya menjadi ‘wajah’ sebuah rumah sebagai ruangan yang pertama kali dilihat. Selain itu, konsep aesthetic all white juga membuat ruangan terkesan lebih luas karena warna putih yang ditampilkannya.

Baca juga: 10 Ide Desain Wall Moulding Ruang Tamu yang Manis

2. Ruang Tamu Aesthetic Mungil yang Menarik Hati

ruang tamu aesthetic
Source : Freepik

Ruang tamu Kamu termasuk yang tidak besar alias kecil? Jangan khawatir karena kamu bisa memilih konsep kecil nan minimalis agar tetap enak dipandang. Ruang tamu kecil akan nyaman untuk disinggahi walau hanya sekedar untuk duduk-duduk atau transit menuju ruangan lainnya di dalam rumah.

Kamu bisa memilih beberapa perabotan yang berbeda tapi tetap memiliki fungsi yang nyata daripada sekedar dekorasi saja. Contohnya, Kamu bisa memilih meja yang sewaktu-waktu bisa ‘dipecah’ menjadi kursi yang bisa dipakai ketika lebih banyak orang yang datang.

Ide lainnya, gunakan rak dinding yang cukup kuat untuk menyimpan buku dan barang sehingga bukan hanya hadir sekedar dekorasi semata.

3. Ruang Tamu Aesthetic Scandinavian

Source : Harapan Rakyat

Scandinavian gaya dari negara-negara yang berada di kawasan Nordik seperti Swedia, Finlandia, Islandia, Norwegia dan lain-lain. Kunci dari gaya scandinavian adalah minimalis tapi menonjolkan sisi elegan. Biasanya scandinavian mengusung warna-warna yang kalem seperti putih yang dipadukan dengan perabotan kayu.

Meski begitu, desain rumah scandinavian tidak banyak memajang banyak perabotan apalagi yang hanya memiliki kesan dekorasi saja. Karena itu penggunaan barang hanya secukupnya dan kesan ‘mubazir’ juga jauh dari gaya satu ini.

4. Penekanan Pada Material Rotan

Source : Sunset Magazine

Dengan kata kunci rattan, tentu saja perbanyak perabotan dan furniture berbahan rotan. Mulai dari meja bermotif dari rotan, sampai hiasan lantai atau karpet kecil atau kerajinan dari rotan kekinian. Untuk membuatnya tidak monoton semua serba kayu-kayuan, bisa ditambahkan beberapa tanaman hijau untuk menambahkan kesan segar.

5. Ruang Tamu Aesthetic Open Space

ruang tamu aesthetic
Source : Pinterest

Open space juga kerap dipilih untuk rumah-rumah minimalis kekinian yang ingin tetap nyaman namun memiliki kesan yang lebih luas. Ruang tamu open space kuncinya adalah tidak adanya sekat antara ruang tamu dengan ruangan lain, ruang TV misalnya.

Konsep satu ini menjadikan seluruh rumah menyatu dan nampak lebih lega. Untuk mengakalinya tidak hanya sekedar meminimalisir sekat, tapi juga menggunakan perabotan dan tema yang sama antara satu ruangan dengan ruangan lainnya sehingga terkesan matching dan lebih besar ruangannya karena merasa ada di dalam ruangan yang sama.

6. Ruang Tamu Aesthetic Mix Colors

ruang tamu aesthetic
Source : Freepik

Memadukan warna di dalam sebuah ruangan, terutama ruang tamu adalah hal menantang tapi juga menyenangkan. Kamu bisa memilih dua pilihan warna, baik yang senada maupun lebih berani dengan warna kontras.

Dan tidak hanya terpaku pada cat dinding, tapi juga bisa dipadukan dengan berbagai perabotan. Coba padukan dua warna seperti ungu dan abu-abu jika ingin menonjolkan sisi mewah dan bermartabat karena kesan futuristik yang ‘wah’.

Atau warna berani seperti biru dan kuning akan menjadi perpaduan yang sangat pas karena kesan dinamisnya. Jika ingin yang lebih kalem, padukan warna-warna pastel agar kesan netral dan tenang lebih terpancar di sisi ruang tamu.

Baca juga: 10 Ide Desain Ruang Tamu Modern dan Simple

7. Dekorasi Ruang Tamu dengan Tanaman Hidup

Source : IDN Times

Tanaman menjadi sangat viral terutama ketika pandemi melanda. Banyak orang berlomba memiliki, merawat dan menjadikan tanaman sebagai dekorasi di rumah baik di luar maupun di dalam ruangan, tak terkecuali ruang tamu.

Dan tidak hanya memperindah dekorasi ruang tamu saja, tanaman bisa menambah kualitas baik untuk sirkulasi udara di dalam rumah. Kamu bisa memilih beberapa tanaman yang lebih tahan jika tidak terkena sinar matahari langsung seperti snake plant yang bisa hidup di lingkungan kurang air sekalipun, kaktus yang terkenal tangguh, atau monstera yang masih jadi primadona belakangan.

Jika memilih bunga, bisa melirik lavender yang juga mampu mengusir nyamuk. Bunga krisan yang berwarna kuning cantik juga bisa menambah kesejukan rumah serta menyebarkan wangi yang membuat nyaman.

8. Ruang Tamu Aesthetic Korean

Source : IDN Times

Untuk menghadirkan ruang tamu aesthetic Korean, kamu bisa memilih warna yang kalem dengan memakai kayu vinyl baik di lantai dengan parket maupun untuk hiasan dinding. Soal perabotan, Kamu bisa memilih sofa simpel yang lebih rendah atau bahkan kursi lesehan.

9. Ruang Tamu Aesthetic Ala Japan

ruang tamu aesthetic
Source : Freepik/vanitjan

Konsep Japan biasanya dipadukan dengan gaya skandinavian atau sering disingkat Japandi. Kamu bisa memilih cat dinding dengan warna krem untuk menambah kesan lebih hangat yang dipadukan dengan bingkai estetik dan tanaman hias.

Untuk menambah kesan ruang tamu Jepang, coba memadukan 3 model kursi yang berbeda tapi masih dengan konsep sama. Misal, padukan sofa dengan kursi kayu dan ottoman berwarna senada yang dilengkapi dengan rak atau meja TV nuansa kayu yang tidak banyak motif atau ornamen.

10. Ruang Tamu Aesthetic Boho Style

Source : Kompas

Untuk menambah kesan bohemian atau boho style, tambahkan aksesoris dengan motif bohemian atau hiasan bulu-bulu. Kunci dari boho style juga adalah rajutan serta anyaman yang bisa kamu pilih untuk karpet kecil di lantai ataupun alas sofa agar duduk lebih nyaman di ruang tamu.

Lukisan atau poster dinding artistik juga akan memberi tema boho style. Tak hanya yang bernuansa rotan, tapi hiasan piring motif dan rajutan juga akan membuat ruang tamu tidak monoton!

Baca juga: Inspirasi Ruang Tamu Ala Jepang, Cocok Untuk Rumah Minimalis!

11. Minimalis Monokrom

Source : Home Decor D.I.Y Info

Desain interior gaya minimalis sering dikaitkan dengan warna monokrom. Walaupun terkesan sederhana namun memberikan kesan kalem dengan perpaduan perabotan ringkas dan senada.

12. Modern Kontemporer yang Intensif

Source : HV Contemporary Homes

Hunian kekinian dengan nuansa hangat yang intens terlihat jelas pada desain kontemporer. Apalagi desain interiornya didukung lantai beton modern, dinding putih, ornamen kayu dan jendela besar.

13. Interior Ruang Tamu Vintage

Source : Dwell

Salah satu desain sederhana namun memiliki gaya unik adalah vintage. Penggunaan meja anyam, bingkai antik hingga kursi berbahan jati tampil ikonik di setiap sudut ruang tamu.

14. Ruang Tamu Retro

Source : Decoist

Gaya artsy dengan nuansa tempo dulu tak lekang termakan zaman. Ada saja beberapa orang yang mengimplementasikannya pada interior hunian. Untuk gaya interior ini, ruang tamu memakai perabotan yang lebih ekspresif seperti dekorasi pop art.

15. Ruang Tamu Futuristis

Source : Tokopedia

Warna netral dengan gaya minimalis terlihat sempurna dipadukan dengan karya seni modern berukuran besar. Kesan estetis dan futuristik hadir dari karya seni atau fotografi abstrak yang menggambarkan situasi modern.

Itu dia beberapa rekomendasi ide inspirasi ruang tamu aesthetic yang bisa menambah kesan baru dalam rumah dan sesuai dengan karakter serta kenyamananmu, Pins!

Baca juga: 13 Model Plafon Ruang Tamu Terbaru


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Cek properti pilihan kami dan temukan keunggulan, fasilitas menarik dan promo menguntungkan lainnya cuma di Pinhome! Cari tahu juga tips penting persiapan beli rumah dan KPR di blog Pinhome.

Hanya Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome – Pintar Urusan Properti.

Featured Image Source: Freepik

Copied to clipboard
bottom-sidebar-banner

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok
          sticky banner
          sticky banner

          © www.pinhome.id

          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download