Pinhome

Pondasi Rumah Terbaik dan Termurah

Dipublikasikan oleh Pinhome ∙ 21 October 2021 ∙ 3 menit membaca

Pinhome – Pondasi merupakan sebuah elemen penting pada sebuah bangunan yang berfungsi untuk menahan beban struktur diatasnya. Pemilihan jenis pondasi perlu mempertimbangkan jumlah kekuatan yang harus didukung sehingga dapat menghemat biaya konstruksi pondasi yang berlebihan dan yang paling penting tentunya agar pondasi tersebut kuat menahan struktur bangunan diatasnya.

Berbagai macam tipe pondasi dapat menjadi alternatif pemilihan model pondasi yang akan digunakan nantinya, berikut penjabarannya:

Baca juga: Bagian struktur rumah yang harus kuat

Macam–macam Pondasi Rumah atau Pondasi Bangunan

Sebelumnya kita kelompokan terlebih dahulu berdasar kedalaman pondasi yaitu pondasi dangkal dan pondasi dalam.

Pondasi dangkal

Digunakan pada konstruksi rumah dengan beban yang tidak terlalu besar, misalnya rumah tinggal, ruko 2 lantai, pos jaga, dan sejenisnya.

Yang termasuk pondasi dangkal antara lain:

  • Pondasi rollag/ pasangan batu bata.
  • Pondasi pasangan batu kali.
  • Pondasi umpak/ foot plat.
  • Pondasi cakar ayam
  • Pondasi cerucuk bambu

Baca Juga: Jenis Pondasi untuk Tanah Lunak

Pondasi dalam

(Pinhome)

Digunakan pada konstruksi bangunan dengan beban besar seperti gedung bertingkat, menara, apartement, tower, dan sejenisnya.

Baca Juga: Pondasi Rumah 1 Lantai

Selain jenis-jenis pondasi diatas, masih terdapat tipe-tipe pondasi lainya baik yang sudah ada maupun hasil inovasi-inovasi baru dan pengembangan desain. Struktur pondasi ini sebagai upaya penghematan biaya struktur namun dengan kekuatan pondasi yang maksimal serta dilihat dari aspek keindahan bangunan untuk pondasi yang dapat dilihat nantinya.

Untuk mendapatkan hasil yang baik diperlukan perencanaan serta pelaksanaan yang baik pula sehingga dapat tercipta sebuah struktur pondasi dengan kualitas maksimal, berikut ini beberapa tips agar menghasilkan pondasi yang baik.

Tips Agar Pekerjaan Pondasi Rumah Mendapatkan Hasil Terbaik

Pastikan struktur tanah dimana akan dibangun pondasi nantinya dalam keadaan baik, jika tidak baik maka diperlukan pekerjaan perbaikan struktur tanah sebelumnya.

Perencanaan pondasi dilakukan terlebih dahulu, sehingga tidak ada pekerjaan bongkar pasang kedepan, perencanaan ini menghasilkan ukuran pondasi yang hemat dan kuat.

  • Pilih jenis pondasi yang sesuai dengan struktur bangunan yang akan dibangun.
  • Pilih material yang baik.
  • Pilih metode kerja pelaksanaan pondasi yang baik

Selain tips-tips tersebut dapat digunakan juga hal-hal lain yang Pins telah ketahui diluar sana.

—————————————

Temukan pilihan rumah terlengkap di Aplikasi Pinhome. Dapatkan properti idaman melalui program NUP untuk akses eksklusif. Untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti bergabunglah menjadi rekan agen properti bersama kami dan iklankan properti kamu di sini. 

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai properti di Property Academy by Pinhome. Gabung menjadi Rekan Jasa Pinhome melalui aplikasi Rekan Pinhome di App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Tags :

Bagikan Artikel