BlogPemilik PropertiDesain Hunian12 Pondasi Rumah Terbaik dan Termurah
0
0

12 Pondasi Rumah Terbaik dan Termurah

Dipublikasikan oleh Pandu Pamungkas dan Diperbarui oleh Nabila Azmi

Mar 30, 2023

3 menit membaca

Copied to clipboard
Pondasi rumahtop-right-banner

Pondasi adalah elemen paling penting dalam sebuah bangunan karena berfungsi menahan beban struktur di atasnya. Ini juga tentu diperlukan ketika Pins membangun rumah dan ingin menjual rumah kembali sebagai investasi. Maka dari itu, kamu wajib memilih pondasi rumah terbaik agar rumah bisa tahan lama.

Membangun rumah dengan baik tentu bisa kamu jual kembali dengan harga yang pantas. Contohnya, bangunan rumah dengan pondasi yang baik tentu memiliki estimasi harga rumah yang cukup tinggi. Bahkan, kamu bisa menjual rumah dengan mudah melalui layanan Titip Jual Sewa di Pinhome.

Penasaran bagaimana cara memilih pondasi rumah terbaik dengan harga terjangkau? Simak dulu yuk macam-macam pondasi bangunan agar kamu bisa memilih dengan baik!

Berbagai macam tipe pondasi dapat menjadi alternatif pemilihan model pondasi yang akan digunakan nantinya, berikut penjabarannya:

Baca juga: Bagian struktur rumah yang harus kuat

Macam–macam Pondasi Rumah atau Pondasi Bangunan

Setiap rumah, baik itu rumah baru maupun rumah seken di Bogor Utara dan sekitarnya, memiliki beragam jenis pondasi rumah. Berikut ini jenis-jenis pondasi bangunan berdasarkan kedalamannya, yaitu pondasi dangkal dan pondasi dalam.

Pondasi Dangkal

Source : Harian Bisnis

Digunakan pada konstruksi rumah dengan beban yang tidak terlalu besar, misalnya rumah tinggal, ruko 2 lantai, pos jaga, dan sejenisnya.

Yang termasuk pondasi dangkal antara lain:

  • Pondasi rollag/ pasangan batu bata.
  • Pondasi pasangan batu kali.
  • Pondasi umpak/ foot plat.
  • Pondasi cakar ayam
  • Pondasi cerucuk bambu

Baca Juga: Jenis Pondasi untuk Tanah Lunak

Pondasi Dalam

Source : Pinhome

Digunakan pada konstruksi bangunan dengan beban besar seperti gedung bertingkat, menara, apartement, tower, dan sejenisnya.

Pondasi Tiang Pancang

Source : Prima Konstruksi

Diantara jenis pondasi yang ada, pondasi tiang pancang adalah satu jenis yang terbaik dan terkuat yang sering dipilih. Pondasi satu ini terdiri dari susunan tiang yang ditancapkan ke dalam tanah dalam kedalaman tertentu memakai mesin pemancang.

Bentuk pondasi ini adalah layaknya sebuah kolom-kolom yang terbuat dari semen maupun baja kokoh yang akan memperkuat struktur bangunan.

Dengan pondasi tiang pancang, maka bagian struktural dari sebuah bangunan ini membagi tekanan gravitasi secara merata pada tanah. Alhasil, ini membuat bangunan yang sedang tahap konstruksi bisa menjadi kuat dan berdiri dengan kokoh. 

Umumnya, penggunaan pondasi tiang pancang akan dipakai saat struktur tanah yang akan dibangun berpotensi geser dan labil, serta terdapat sebuah drainase di bawah tanah.

Baca Juga: Pondasi Rumah 1 Lantai

Pondasi Bore Pile

pondasi bore pile
Source : Dpupkp.bantulkab

Pondasi bore pile atau biasa juga disebut poros bor, adalah jenis pondasi tabung silinder panjang yang terdiri dari campuran tulang beton dengan dimensi diameter tertentu yang dipasang di dalam tanah.

Dalam pemasangan detail pondasi bore pile dengan tiang dicor di lokasi konstruksi menggunakan metode pengeboran dengan instalasi besi serta pengecoran beton lokal. 

Panjang pondasi tiang bor harus sampai pada kedalaman dengan tingkat kekerasan daya dukung tanah yang dibutuhkan untuk pondasi dasar konstruksi bangunan.

Metode ini berbeda dengan pondasi tiang pancang beton lainnya, seperti tiang pancang dan pondasi tiang pancang beton bertulang yang menggunakan tiang pancang beton yang sudah dicetak sebelumnya.

Pondasi Cakar Ayam

pondasi cakar ayam
Source : Shutterstock

Pondasi cakar ayam adalah teknik konstruksi asli Indonesia yang merupakan metode pemikiran Prof. Dr. Ir. Sedijatmo ketika menjabat sebagai Perusahaan Listrik Negara (PLN) tahun 1961. Pada saat itu, Prof Sedijatmo mesti mendirikan 7 menara listrik bertegangan tinggi di daerah yang berawa di sekitar Ancol, Jakarta.

Semula, Beliau berhasil membangun dua menara memakai pondasi konvensional. Tetapi lima menara sisanya belum dapat dibangun. Sebab, nantinya akan menyalurkan listrik dari Tanjung Priok ke Gelanggang Olahraga Senayan yang menjadi tempat penyelenggaraan Asian Games 1962. 

Pondasi Rollag

Apa Itu Pondasi Rollag Bata?
Source : Pixabay

Pondasi rollag adalah jenis pondasi dangkal yang banyak diaplikasikan untuk menahan beban pada bangunan. Fungsi  pondasi tipe dangkal sendiri untuk meneruskan  beban  dari  dinding  dan  bangunan  ke  tanah  dengan tekstur keras.  

Pondasi rolag terbuat dari tumpukan bata yang dirangkai dengan adukan beton. Pondasi ini terbuat dari batu bata, semen, dan pasir. Ukuran kedalaman galian tanah yang sering diterapkan berkisar antara 50-80 cm.  

Tidak semua tanah bisa menggunakan pondasi tipe ini. Sekarang, pondasi rollag bata sudah mulai ditinggalkan karena pembuatannya yang rumit dan harga yang mahal.

Walaupun rumit, tetapi nyatanya kekuatan pondasi kurang dapat diandalkan. Jadi, saat ini penggunaan teknik rollag sebatas penopang beban yang ringan, bukan untuk penopang berat beban bangunan. 

Rollag bata lebih difungsikan sebagai pondasi sederhana yang tidak berfungsi untuk menyalurkan beban bangunan. Namun, sebagai penyeimbang posisi lantai supaya tak amblas pada ujung lantai. 

Pondasi Strauss Pile

pondasi strauss pile
Source : Jasa Sumur Bor

Diantara jenis pondasi yang ada, pondasi strauss pile adalah salah satu metode pembuatan struktur konstruksi bangunan yang banyak digunakan. Jenis pondasi yang dikerjakan secara manual menggunakan alat bor auger dengan cara mengebor atau menggali tanah hingga mencapai tingkat kedalaman tertentu.

Pengerjaan jenis pondasi ini terbilang sederhana karena tidak memerlukan peralatan mesin yang kompleks dan bisa digerakkan tenaga manusia. Alat bor auger untuk mengerjakan jenis pondasi satu ini tidak terlalu bising. Berbeda dengan teknik pondasi bor pile yang menggunakan mesin diesel sehingga menimbulkan suara bising saat pekerjaan berlangsung. 

Pondasi Sumuran

Source : Spacestock

Salah satu syarat utama untuk membangun sebuah bangunan adalah merangkai dan memasang pondasi yang kokoh. Setiap bangunan pun akan menggunakan jenis pondasi yang berbeda sesuai dengan jenis konstruksi. Misalnya saja antara apartemen dengan rumah tapak, keduanya akan menggunakan pondasi yang berbeda. 

Hal ini disebabkan apartemen akan memerlukan pondasi yang lebih kuat untuk menopang beban hunian vertikal. Sementara untuk bangunan seperti rumah tapak satu lantai, pondasi yang digunakan pun akan berbeda.

Pondasi sumuran merupakan pondasi yang sering kali digunakan untuk menjadi landasan atau alas membuat bangunan yang besar dan tinggi. Beberapa contoh bangunan yang menggunakan pondasi jenis ini seperti jembatan, apartemen, tower atau rumah susun. 

Pondasi ini disebut juga sebagai cyclop, yang terdiri dari susunan pipa beton yang melingkar sehingga berbentuk silinder seperti sumur. 

Pondasi Tapak

pondasi tapak adalah
Source : Pengadaan.web.id

Pondasi tapak merupakan pondasi suatu bangunan bertingkat dengan bahan utama beton bertulang yang dibentuk menyerupai papan atau telapak yang diletakkan di bagian bawah tiang.

Biasanya, pondasi ini memiliki dimensi yang lebih lebar di bagian bawah, tujuannya untuk meneruskan beban ke lapisan tanah lebih optimal.

Pins akan dengan mudah menemukan pondasi ini pada gedung bertingkat dua atau tiga bahkan lebih karena sifatnya yang bisa menahan beban bangunan agar bangunan tetap berdiri kokoh dan stabil.

Selain menjadi pondasi untuk gedung bertingkat, pondasi tapak juga menjadi pondasi terbaik yang sering digunakan pada bangunan yang dibangun di atas tanah lembek untuk menjadi tumpuan struktur kolom.

Pondasi Raft

Pondasi rumah terbaik
Source : Qhomemart

Pondasi Raft merupakan jenis pondasi yang digunakan untuk menyebarkan beban struktur pada area yang luas. Pondasi ini dibuat dengan mengecor permukaan tanah dengan beton atau material lainnya sehingga dapat menopang beban rumah. Kelebihannya adalah mampu menopang beban pada area yang luas dengan kondisi tanah yang lunak atau longgar. Namun, Pondasi ini memerlukan biaya yang cukup tinggi dan kurang cocok digunakan untuk lahan dengan kondisi tanah yang keras atau stabil.

Pondasi Sarang Laba-Laba

Pondasi rumah terbaik
Source : Ilmu Beton

Pondasi Sarang Laba-laba adalah jenis pondasi yang dinamakan demikian karena bentuknya yang mirip dengan sarang laba-laba. Pondasi ini digunakan untuk menopang beban rumah di atas lahan yang tidak stabil. Pembesian plat pondasi dalam konstruksi ini terlihat seperti jaring laba-laba yang digabungkan dalam satu kesatuan.

Hal ini dilakukan karena plat konstruksi dalam pondasi ini didesain multi fungsi seperti septic tank, lantai pondasi tangga, bak reservoir, dinding, ataupun kolom. Kelebihannya adalah mampu menopang beban rumah dengan baik pada lahan yang tidak stabil dan praktis. Namun, Pondasi ini memerlukan pemboran yang cukup dalam dan memerlukan biaya yang cukup tinggi.

Pondasi Piers

Pondasi rumah terbaik
Source : Eticon Rekayasa Teknik

Pondasi Piers adalah jenis pondasi yang digunakan untuk meneruskan beban struktural rumah. Pondasi ini dibuat dengan menggunakan penggalian dalam di lokasi yang diinginkan. Setelah lubang dalam terbentuk, struktur pondasi Piers dipasangkan ke dalam lubang tersebut, sehingga dapat membantu menopang beban rumah.

Kelebihannya adalah mampu menopang beban rumah dengan baik pada lahan yang tidak stabil dan memerlukan sedikit biaya. Namun, Pondasi ini memerlukan penggalian dalam yang cukup dalam dan memerlukan biaya yang cukup tinggi.

Selain jenis-jenis pondasi diatas, masih terdapat tipe-tipe pondasi lainya baik yang sudah ada maupun hasil inovasi-inovasi baru dan pengembangan desain. Struktur pondasi ini sebagai upaya penghematan biaya struktur namun dengan kekuatan pondasi yang maksimal serta dilihat dari aspek keindahan bangunan untuk pondasi yang dapat dilihat nantinya.

Untuk mendapatkan hasil yang baik diperlukan perencanaan serta pelaksanaan yang baik pula sehingga dapat tercipta sebuah struktur pondasi dengan kualitas maksimal, berikut ini beberapa tips agar menghasilkan pondasi yang baik.

Baca juga: Cara Membuat Pondasi Rumah Tingkat yang Aman

Tips Agar Pekerjaan Pondasi Rumah Mendapatkan Hasil Terbaik

Pastikan struktur tanah dimana akan dibangun pondasi nantinya dalam keadaan baik, jika tidak baik maka diperlukan pekerjaan perbaikan struktur tanah sebelumnya.

Perencanaan pondasi dilakukan terlebih dahulu, sehingga tidak ada pekerjaan bongkar pasang kedepan, perencanaan ini menghasilkan ukuran pondasi yang hemat dan kuat.

  • Pilih jenis pondasi yang sesuai dengan struktur bangunan yang akan dibangun.
  • Pilih material yang baik.
  • Pilih metode kerja pelaksanaan pondasi yang baik

Selain tips-tips tersebut dapat digunakan juga hal-hal lain yang Pins telah ketahui diluar sana.


Temukan pilihan rumah terlengkap di Aplikasi Pinhome. Dapatkan properti idaman melalui program NUP untuk akses eksklusif. Untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti bergabunglah menjadi rekan agen properti bersama kami dan iklankan properti kamu di sini. 

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai properti di Property Academy by Pinhome. Gabung menjadi Rekan Jasa Pinhome melalui aplikasi Rekan Pinhome di App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Copied to clipboard
bottom-sidebar-banner
left footer bannerright footer banner
left footer bannerright footer banner

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok
          sticky banner
          sticky banner
          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download