Pinhome

Tips Properti

Penyebab permukaan beton keropos setelah di Cor

Dipublikasikan oleh Pinhome ∙ 17 January 2021 ∙ 2 menit membaca

Apakah gerangan yang menjadi penyebab permukaan beton keropos atau retak setelah di cor? ini perlu kita selidiki lebih jauh karena dengan mengetahui masalahnya maka kita bisa melakukan tindakan yang tepat sebagai upaya pencegahan, Ya.. banyak hal bisa menyebabkan beton keropos dari mulai pengaruh bekisting sebagai cetakan, dari adukan beton, sampai dengan kesalahan dalam pelaksanaan. o.k kita buat macam-macam kemungkinanya disini 🙂

Macam-macam penyebab permukaan beton keropos

Beton Keropos

Bekisting kotor
Ini bisa terjadi pada penggunakan bekisting untuk yang kedua, ketiga atau kesekian kali, masalahnya yaitu ada sisa beton yang menempel pada permukaan bekisting dan tidak dibersihkan dengan sempurna, sehingga ketika digunkanan untuk cetakan beton selanjutnya maka menyebabkan beton tidak rapi.
Kurang Air
Kekurangan air pada adukan semen bisa menyebabkan agregat tidak bisa tercampur dengan sempurna sehingga beton berpotensi keropos.
Kurang Semen
Kekurangan bahan perekat bisa menyebabkan material pasir atau kerikil tidak bisa merekat dengan sempurna.
Adukan tidak tercampur rata
Kasusnya hampir sama pada kekeroposan akibat kekurangan semen, bedanya disini adalah yang kerpos hanya terletak pada sisi yang tidak tercampur dengan bagus.
Pemadatan kurang sempurna
Ini terjadi saat pelaksanaan pengecoran, dimana ada sisi ruang kosong yang tidak terisi oleh adukan.
Struktur tidak kuat
Bisa jadi ada tambahan beban diatas batas perencanaan, atau memang struktur yang dibuat tidak memenuhi persyaratan kekuatan yang dibutuhkan sehingga mengalami kegagalan struktur berupa kerusakan beton.

Beskiting tidak rapat
ini menyebabkan air semen keluar sehinga pasir dan koral kekurangan bahan perekat.

Sengaja membuat keropos beton

Barangkali karena pertimbangan estetika, atau menginginkan teksture material tertentu sehingga menginginkan bida beton yang tidak halus.

Nah.. jika kita sudah mengetahui beberapa hal yang mungkin menyebabkan beton keropos maka bisa melakukan langkah antisipasi agar menghasilkan material beton yang bagus, perbaikan pada struktur beton yang keropos bisa menggunakan bahan injeksi grouting untuk kerusakan ringan, atau dibobok dan diganti ulang untuk keropos yang parah, pekerjaan perbaikan ini tentunya membutuhkan tambahan waktu serta biaya yang tidak sedikit 🙂


Bagi Pins yang sedang bingung mencari rumah yang tepat, ayo temukan beragam pilihan rumah terlengkap di Daftar Properti & iklankan properti Kamu di Jual Properti. Bergabunglah bersama Kami di aplikasi Rekan Pinhome untuk Anda Agen properti independen atau Kantor Properti.

Hanya di Pinhome.id yang memberikan Anda kemudahan membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Tags :

Bagikan Artikel