Kamus Istilah Properti

Pondasi Dangkal

istilah properti

Pondasi Dangkal

Pondasi dangkal atau shallow foundation merupakan pondasi yang kedalamannya relatif dangkal. Umumnya kedalaman pondasi ini hanya sekitar 3 meter. Pondasi ini sering digunakan pada wilayah yang kondisi tanahnya kuat untuk menampung beban bangunan. 

Mengenal Pondasi Tipe Dangkal

(Harian Bisnis)

Fungsi  pondasi  tipe dangkal yaitu untuk meneruskan  beban  dari  dinding  dan  bangunan  ke  tanah  dengan tekstur keras. Maksudnya, wilayah dengan tanah keras diharapkan mampu menopang beban bangunan di atasnya. 

Artinya tidak semua tanah bisa menggunakan pondasi tipe ini. Developer rumah biasanya harus melakukan observasi dulu terhadap suatu area atau lahan sebelum akhirnya menentukan jenis pondasi.

Syarat pengerjaan sebuah pondasi

Secara umum, terdapat syarat dan ketentuan dalam pengerjaan sebuah pondasi. Berikut ini penjelasan selengkapnya,

  • Luas pada bagian  dasar  pondasi  harus  dirancang  sesuai  dengan  kebutuhan. Tujuannya adalah  untuk menahan  beban   bangunan. Selain itu pondasi pun  harus  diletakkan  pada  lapisan  tanah  yang keras.
  • Hindari memasang pondasi pada sebagian tanah keras dan sebagian di tanah yang lembek.
  • Pondasi harus dipasang menerus di bawah semua dinding dan kolom bangunan. Artinya pondasi harus sejajar dan lurus dengan bangunan, tidak boleh miring dan jangan sampai ada patahan.
  • Pondasi harus menggunakan bahan yang awet saat berada di dalam tanah. Tujuannya agar pondasi tidak lapuk di dalam tanah. 
  • Jika lapisan tanah keras tidak seimbang kedalamannya, maka seluruh pondasi harus diletakkan pada kedalaman yang sama.

Jenis-jenis Pondasi Dangkal

pondasi dangkal
(Korba Pos Online)

Pondasi tipe ini mempunyai banyak jenis yang sering digunakan oleh developer atau kontraktor. Berikut ini adalah beberapa jenis pondasi dangkal,

  • Pondasi Setempat (Single Footing)
  • Pondasi Menerus (Continuous Footing)
  • Pondasi Pelat (Plate Foundation)
  • Pondasi Cakar Ayam
  • Pondasi Sarang Laba-laba

Setiap pondasi di atas mempunyai tujuan penggunaan dan fungsi masing-masing, jadi harus menyesuaikan dengan kondisi tanah pula.

Kelebihan Pondasi Dangkal

pondasi dangkal
(Dinas PUPR)

Sebuah bangunan rumah perlu memiliki pondasi, tujuannya agar bangunan dapat kuat berdiri. Pondasi pun harus kokoh agar mampu menopang beban bangunan yang besar. Berikut ini ada beberapa keunggulan dari pondasi dangkal.

Penggalian pondasi sedikit

Pondasi ini hanya memerlukan sedikit proses penggalian. Artinya tidak diperlukan penggalian yang terlalu dalam. Perlu diperhatikan pondasi ini bisa digunakan atau diaplikasikan pada tanah yang kuat dan tidak berpotensi longsor. Dengan begitu, ini pun akan menekan budget atau dana. Kamu pun tidak perlu merogoh biaya yang lebih besar. Hal ini karena proses penggalian tanah dan pembuatan pondasi pun tidak memerlukan biaya yang lebih besar dibandingkan pondasi lain,

Peralatan mudah ditemukan dan murah

Peralatan atau perlengkapan yang digunakan untuk menggali tanah dan membuat pondasi pun mudah ditemukan. Selain itu hal ini juga berpengaruh pada material yang digunakan. Penggunaan pondasi tipe ini bisa menekan budget sehingga biayanya lebih murah.

Pondasi bisa dibangun dalam waktu singkat

Pengerjaan pondasi ini terbilang cepat. Hal ini tentu akan menghemat waktu dalam membangun pondasi. Proses pengerjaan pondasi ini pun akan menguntungkan kamu. Apabila proses pembangunan pondasi dilakukan pada musim hujan, kamu pun bisa mempercepat pembuatan pondasi. Kamu bisa menutup bagian pondasi dengan terpal supaya cepat kering dan melindunginya dari air hujan. 

Mampu melindungi kondisi tanah

Konstruksi pada pondasi tersebut tidak terlalu dalam, artinya bagian tanah yang digali pun tidak terlalu banyak. Hal ini akan mengurangi kerusakan pada tanah. Dikarenakan penggalian pada pondasi jenis ini tidak terlalu dalam, maka eksploitasi ekosistem tanah pun tidak akan terlalu membahayakan. 

Proses penggalian lebih efektif

Beberapa penggalian tanah mungkin akan memerlukan alat berat. Namun, pada pondasi dangkal, alat berat tidak terlalu diperlukan. Biasanya proses penggalian hanya menggunakan cangkul. 

Kekurangan Pondasi Dangkal

pondasi dangkal
(Sailendra Land)

Selain kelebihan pondasi tersebut , ada juga kekurangan dari pondasi jenis ini. Berikut ini beberapa kekurangan pondasi dangkal yang perlu kamu ketahui. 

Hanya Bisa Digunakan di Area Tertentu

Seperti yang kita ketahui pembangunan pondasi jenis ini hanya bisa dilakukan di tanah yang kuat. Artinya, jika ingin membangun hunian dengan pondasi dangkal pastikan dulu tanah mempunyai kekuatan yang memenuhi standar. Pastikan juga tidak ada potensi longsor di area tersebut. Pondasi jenis ini tentu tidak bisa digunakan di atas tanah yang lembab seperti di dekat sungai atau dekat laut.

Kurang cocok untuk bangunan bertingkat

Bangunan bertingkat mempunyai beban yang lebih besar. Hal ini memerlukan pondasi yang kuat untuk menopang beban rumah atau bangunan terseebut. Oleh karena itu, pondasi jenis ini kurang cocok untuk menjadi basis atau dasar dari hunian bertingkat atau ruko. 

Pondasi hanya bisa menopang bangunan seimbang

Apabila kamu berniat untuk membangun rumah dengan gaya kontemporer atau minimalis modern, sepertinya pondasi ini kurang cocok. Mengingat bangunan bangunan tersebut biasanya mengaplikasikan desain atau konstruksi yang asimetris. Konstruksi seperti ini biasanya akan tidak seimbang di sisi-sisi tertenu. Oleh karena itu pondasi jenis ini kurang cocok menopang bangunan yang tidak seimbang. 

Nah, itu saja informasi yang bisa Pinhome berikan mengenai pondasi dangkal. Semoga penjelasan tentang pondasi di atas bisa bermanfaat ya Pins bagi kamu yang sedang ingin membangun rumah!


Temukan beragam pilihan rumah terlengkap di daftar properti & iklankan properti kamu di Jual Beli Properti Pinhome. Bergabunglah bersama kami di aplikasi Rekan Pinhome untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti. 

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai Properti di Property Academy by Pinhome. Download aplikasi Rekan Pinhome melalui App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.