Pinhome

Teknik Sipil

Detail Pondasi Cakar Ayam Rumah 2 Lantai

Dipublikasikan oleh Pinhome ∙ 17 November 2021 ∙ 3 menit membaca

Detail pondasi cakar ayam rumah 2 lantai – Rumah 2 Lantai akan membutuhkan struktur pondasi yang kokoh dan lebih kuat. Seperti penggunaan cakar ayam yang harus menyesuaikan dengan desain rumah serta beban yang akan ditanggung.

Contohnya, untuk rumah bertingkat yang lantai atasnya hanya berupakan ruangan. Tentu membutuhkan dimensi serta penggunaan material pondasi yang lebih kecil.

Terutama dari rumah yang berada di lantai duanya dan memiliki beban berat. Seperti kolam renang, tandon air, mesin atau sejenisnya. Berikut contoh gambar beserta penjelasannya untukmu.

Baca juga: Cara Membuat Pondasi Rumah, Bagus, Kokoh dan Tahan Gempa

Pondasi Cakar Ayam Rumah 2 Lantai

detail pondasi cakar ayam rumah 2 lantai

Pada gambar tersebut dapat dilihat  bagian bawah adalah denah sedangkan dibagian atasnya berupa detail potongan. Sebenarnya pondasi dengan detail seperti ini lebih tepat disebut sebagai foot plat.

Namun masyarakat umum terutama para tukang bangunan lebih banyak menyebutnya sebagai cakar ayam. Kolomnya dibuat dengan ukuran 15 cm x 40 cm dengan maksud agar rata dengan dinding.

Baca juga: Struktur Ukuran Sloof Rumah 2 Lantai

Ukuran Pondasi Untuk Cakar Ayam Rumah 2 Lantai

Jika ruangan di lantai atas hanya standar berupa ruang tidur, ruang keluarga, dan sejenisnya maka Bisa dibuat dengan ukuran 60 cm x 60 cm dengan ketebalan 20 cm.

Tetapi jika beban di lantai 2 melebihi standar seperti dipakai untuk kolam renang maka pondasinya harus dibuat lebih besar. Jika jumlah ringkatnya lebih banyak apakah itu 3 atau 4 lantai maka sudah pasti ukuran pondasinya harus lebih besar.

Baca juga: Cara Menghitung Volume Pondasi Batu Kali

Ukuran Besi Pondasi yang Digunakan

Besinya bisa mememakai yang minimal berdiameter 10 mm dipasang setiap jarak 20 cm. Atau bisa juga memakai besi diameter 12 mm dipasang sejarak 15 cm.

Ukuran Beton Pondasi yang Digunakan

Presentase takaran pasir, semen, dan koral perlu disesuaikan agar bisa menghasilkan beton dengan kualitas yang cukup. Bisa menggunakan perbandingan 1pc:2ps:3kr yaitu setiap 1 takaran portland cement berbanding 2 pasir dan 3 kerikil.

Demikian gambaran berserta penjelasan tentang struiktur detail pondasi cakar ayam rumah 2 lantai yang kuat, dan tidak boros. Semoga bisa menjadi referensi dalam membangun rumah impian keluarga yang kuat, indah, serta nyaman.

Baca juga: Menentukan Struktur Rumah Idaman


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Dapatkan properti idaman melalui program NUP untuk akses eksklusif. Untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti bergabunglah menjadi rekan agen properti bersama kami dan iklankan properti kamu di sini. 

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai properti di Property Academy by Pinhome. Gabung menjadi Rekan Jasa Pinhome melalui aplikasi Rekan Pinhome di App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome PINtar jual beli sewa properti.

Tags :

Bagikan Artikel