BlogPemilik PropertiDesain HunianStruktur Pondasi Cakar Ayam Rumah 2 Lantai
0
0

Struktur Pondasi Cakar Ayam Rumah 2 Lantai

Dipublikasikan oleh Aodhira Fawwaz Syah dan Diperbarui oleh Pandu Pamungkas

Jan 18, 2024

3 menit membaca

Copied to clipboard
detail pondasi cakar ayam rumah 2 lantaitop-right-banner

Rumah 2 Lantai akan membutuhkan struktur pondasi yang kokoh dan lebih kuat. Seperti penggunaan cakar ayam yang harus menyesuaikan dengan desain rumah serta beban yang akan ditanggung. Cakar ayam atau disebut foot plat ini menjadi penting karena akan menjadi komponen yang menopang beban struktur bangunan kamu Pins. Simak artikel ini untuk mengetahui struktur pondasi cakar ayam rumah 2 lantai!

Kamu dapat memiliki rumah dengan kualitas bagus tanpa harus direnovasi di perumahan baru di Kabupaten Bogor dan di rumah bekas Kec Bandung. Kamu juga bisa memiliki rumah yang mewah edisi terbaik dari Pinhome melalui Rumah Ekslusif.

Baca juga: Cara Membuat Pondasi Rumah, Bagus, Kokoh dan Tahan Gempa

Struktur Pondasi Cakar Ayam Rumah 2 Lantai

detail pondasi cakar ayam rumah 2 lantai

Pada penggunaannya untuk rumah bertingkat yang lantai atasnya hanya berupakan ruangan, tentu membutuhkan dimensi serta penggunaan material pondasi yang lebih kecil. Terutama dari rumah yang berada di lantai duanya dan memiliki beban berat. Seperti kolam renang, tandon air, mesin atau sejenisnya.

Pada gambar tersebut dapat dilihat bagian bawah adalah denah, sedangkan di bagian atasnya berupa detail potongan. Sebenarnya pondasi dengan detail seperti juga disebut sebagai foot plat.

Cakar ayam merupakan tata letak dinding yang digunakan sebagai penopang struktur bangunan. Cakar ayam dikenal juga sebagai foot plat. Penggunaan cakar ayam sangat tepat dengan kondisi struktur dan geologis tanah di Indonesia terutama pada tanah yang rawan runtuh dan rawan gempa, karena menjadi pondasi yang mencengkram.

Namun, masyarakat umum terutama para tukang bangunan lebih banyak menyebutnya sebagai cakar ayam. Kolomnya dibuat dengan ukuran 15 cm x 40 cm dengan maksud agar rata dengan dinding.

Baca juga: Struktur Ukuran Sloof Rumah 2 Lantai

Kelebihan Struktur Pondasi Cakar Ayam Rumah 2 Lantai

  • Dapat digunakan untuk mencengkram permukaan tanah, termasuk tanah yang lembek dan berair seperti bekas rawa,
  • Proses pemasangannya lebih cepat dibandingkan dengan jenis pondasi lainnya,
  • Tidak perlu membangun sistem drainase tambahan karena komponennya terbuat dari beton padat,
  • Sesuai dengan kondisi struktur dan geologis di seluruh wilayah Indonesia,
  • Menjaga ketahanan bangunan terhadap guncangan.

Menghitung Kebutuhan Pondasi Cakar Ayam Rumah 2 Lantai

Source : iStock

Kebutuhan struktur pondasi cakar ayam rumah 2 lantai dapat diketahui, jika ruangan di lantai atas hanya standar berupa ruang tidur, ruang keluarga, dan sejenisnya maka Bisa dibuat dengan ukuran 60 cm x 60 cm dengan ketebalan 20 cm.

Tetapi jika beban di lantai 2 melebihi standar seperti dipakai untuk kolam renang maka pondasinya harus dibuat lebih besar. Jika jumlah ringkatnya lebih banyak apakah itu 3 atau 4 lantai maka sudah pasti ukuran pondasinya harus lebih besar.

Baca juga: Cara Menghitung Volume Pondasi Batu Kali

Menghitung Jarak Pondasi Cakar Ayam Rumah 2 Lantai

Source : iStock

Tidak memilki standar yang pasti dalam menentukan jarak struktur pondasi cakar ayam di rumah 2 lantai. Hal ini dikarenakan perhitungan jarak tersebut akan menyesuaikan dengan luas area dan beban di lantai ke-2.

Jika rumah berukuran standar, kamu dapat mempertimbangkan jarak 2,5 meter – 3 meter pada pondasi cakar ayamnya.

Tingkat Kedalaman Pondasi Cakar Ayam Rumah 2 Lantai

Source : iStock

Untuk menentukan tingkat kedalaman struktur pondasi cakar ayam di rumah 2 lantai, kamu dapat menggali tanah hingga kedalamannya mencapai 1 meter. Perlu untuk kamu ingat, tingkat kedalaman peletakkan pondasi cakar ayam bergantung terhadap karakteristik tanah di area pembangunan hunian kamu.

Apabila karakteristik tanah di area pembangunan hunian kamu memiliki kualitas yang buruk, maka kamu membutuhkan tingkat yang semakin dalam. Di negara kita Indonesia, terdapat batas maksimal penggalian tanah untuk pondasi cakar ayam yaitu 4 meter.

Angka tingkat kedalaman ini digunakan pada wilayah-wilayah dengan tanah yang memiliki resiko tinggi terhadap bencana alam, seperti gempa atau bangunan di dataran tinggi.

Ukuran Besi dan Beton Pondasi yang Digunakan

Source : iStock

Direkomendasikan menggunakan besi dengan minimal berdiameter 10 mm yang dipasang setiap jarak 20 cm, atau bisa juga menggunakan besi diameter 12 mm yang dipasang sejarak 15 cm sebagai elemen tulangnya. Hal ini bertujuan untuk meningkatkan kestabilan dan ketahanan struktur pondasi cakar ayam rumah 2 lantai terhadap potensi kerusakan.

Kamu perlu memperhatikan pedoman Standar Nasional Indonesia (SNI), tentang mutu beton yang ideal untuk proses pengecoran adalah mutu K225. Mutu K225 menunjukkan bahwa beton memiliki kekuatan tekanan hingga mencapai 255 kilogram per meter persegi.

Presentase takaran pasir, semen, dan koral perlu disesuaikan agar bisa menghasilkan beton dengan kualitas yang cukup. Bisa menggunakan perbandingan 1pc:2ps:3kr yaitu setiap 1 takaran portland cement berbanding 2 pasir dan 3 kerikil.

Panduan Membangun Pondasi Cakar Ayam Rumah 2 Lantai

BLKP memberikan panduan tentang membuat pondasi cakar ayam yang memiliki ketahanan akan gempa:

  1. Pilihlah lokasi pembangunan rumah yang berada di atas tanah yang memiliki kekuatan dan stabilitas yang baik,
  2. Untuk meningkatkan kekokohan pondasi rumah 2 lantai, pertimbangkan penggunaan campuran antara pondasi batu kali dan pondasi cakar ayam
  3. Saat merencanakan pembangunan rumah 2 lantai, upayakan agar kedalaman minimal dari pondasi mencapai 60 cm
  4. Pertimbangkan untuk menerapkan pondasi menerus yang dapat meratakan distribusi beban ke seluruh struktur pondasi.
    Panduan di atas bertujuan untuk meningkatkan daya tahan pondasi rumah 2 lantai terhadap gempa dan memberikan stabilitas yang lebih baik pada bangunan kamu Pins.

Demikian gambaran berserta penjelasan tentang struktur pondasi cakar ayam rumah 2 lantai yang kuat dan tidak boros. Semoga bisa menjadi referensi dalam membangun rumah impian keluarga yang kuat, indah, serta nyaman.

Baca juga: Menentukan Struktur Rumah Idaman

Feature Source Image: Sage


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Cek properti pilihan kami Panorama Bekasi Residence dan temukan keunggulan, fasilitas menarik dan promo menguntungkan lainnya cuma di Pinhome! Cari tahu juga tips penting persiapan beli rumah dan KPR di Property Academy by Pinhome.   

Hanya Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome PINtar jual beli sewa properti.

Copied to clipboard
bottom-sidebar-banner
left footer bannerright footer banner
left footer bannerright footer banner

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok
          sticky banner
          sticky banner

          © www.pinhome.id

          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download