BlogPemilik PropertiDesain HunianPenting! Inilah Bagian Struktur Rumah yang Harus Kuat!
0
0

Penting! Inilah Bagian Struktur Rumah yang Harus Kuat!

Dipublikasikan oleh Pinhome  dan Diperbarui oleh Syahya Rembulan

Apr 4, 2023

3 menit membaca

Copied to clipboard
struktur rumah yang harus kuattop-right-banner

Rumah yang kuat dan kokoh tentunya dapat memberikan rasa aman dan nyaman bagi penghuninya, meskipun rumah dibuat seindah mungkin jika terjadi keretakan, miring atau bahkan runtuh pada bagian struktur rumah tentu akan membuat rasa takut untuk masuk ke dalam rumah.

Apalagi pada daerah yang sering terjadi bencana longsor, banjir maupungempa yang sebaiknya dibuat struktur rumah yang lebih kuat dibanding rumah standar, lalu apa saja bagian-baigian struktur rumah yang harus kuat tersebut, uraian berikut barangkali dapat berguna.

Baca juga: Apa itu Stainless Steel Wire Mesh dan Harganya di Tahun 2021

Struktur Rumah yang Harus Kuat

struktur rumah yang harus kuat

Pondasi Rumah

Meskipun bagian struktur rumah ini nantinya tidak terlihat setelah rumah berdiri namun cara menghitung kebutuhan pondasi yang kuat merupakan sebuah keharusan yang tidak bisa ditawar lagi.

Struktur pondasi rumah harus direncakan sekuat mungkin untuk menahan beban-beban rumah yang harus ditahan serta berbagai macam beban lain yang mungkin terjadi seperti beban gempa, beban angin kencang dan sebagainya.

Berbagai macam tipe pondasi dapat dipilih menyesuaikan bentuk dan ketinggian rumah yang akan dibangun, penggunaan pondasi rumah yang tidak kuat dapat menyebabkan keretakan dinding, rumah miring, rumah amblas, atau bahkan roboh.

Baca juga: Pondasi Rumah Terbaik dan Termurah

Balok Sloof

Bagian struktur rumah ini berfungsi untuk mengikat beberapa kolom dan pondasi serta meratakan beban-beban dari kolom untuk disalurkan ke pondasi.

Balok sloof dapat dibuat dengan bentuk persegi empat dengan ukuran dan penggunaan material sesuai dengan kekuatan yang direncanakan. Pembuatan sloof yang kurang baik dapat menimbulkan dinding retak, rumah mniring, kolom amblas.

Baca juga: Cara Menghitung Kebutuhan Besi Begel Pada Sloof Balok

Kolom Rumah

struktur rumah yang harus kuat

Kolom berfungsi sebagai tiang penopang berdirinya rumah, menahan beban atap untuk kemudian disalurakan ke pondasi yang terlebih dahulu diratakan oleh balok sloof.

Ukuran kolom harus dibuat sesuai kekuatan yang dapat menahan beban – beban diatasnya, dengan penggunaan material sesuai kekuatan yang direncanakan.

Baca juga: Ukuran Kolom Rumah 2 Lantai

Balok Tembok / Ring Balok

Bagian strukutr ini berfungsi sebagi pengikat kolom pada bagian atas serta sebagai dudukan rangka atap rumah sehingga dapat berdiri dengan kokoh.

Plat Lantai

Khusus untuk rumah bertingkat digunakan plat lantai yang harus kuat untuk menahan beban –beban diatasnya seperti furnitur, penghuni rumah dan beban – beban lainya.

Lantai yang tidak kuat dapat menimbulkan rasa takut seperti terjadi pergoyangan pada lantai dan akibat terburuk tentunya keruntuhan lantai yang tidak dikehendaki.

Baca juga: Ukuran besi untuk cor dak beton plat lantai 2

Kuda-kuda dan Rangka Atap

Kuda-kuda befungsi sebagi struktur penahan atap serta rangka atap sehingga sebuah atap dapat diletakan dengan posisi yang kuat, kuda-kuda dapat dibuat dari bahan beton bertulang, kuda-kuda kayu, rangka baja dengan ukuran sesuai untuk menahan beban atap yang harus dipikul.

Dengan membuat sebaik mungkin bagian struktur rumah yang harus kuat tersebut, Pins dapat menghindari terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan dikemudian hari. Sekian ulasan dari Pinhome kali ini, semoga bermanfaat!

Baca juga:

Editor: Syahya Rembulan


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Dapatkan properti idaman melalui program NUP untuk akses eksklusif. Untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti bergabunglah menjadi rekan agen properti bersama kami dan iklankan properti kamu di sini. 

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai properti di Property Academy by Pinhome. Gabung menjadi Rekan Jasa Pinhome melalui aplikasi Rekan Pinhome di App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome PINtar jual beli sewa properti.

Copied to clipboard
bottom-sidebar-banner
left footer bannerright footer banner
left footer bannerright footer banner

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok
          sticky banner
          sticky banner

          © www.pinhome.id

          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download