Pinhome

  • Blog
  • Properti
  • Jenis Pondasi Rumah 1 Lantai, Kuat dan Tahan Lama

Jenis Pondasi Rumah 1 Lantai, Kuat dan Tahan Lama

Dipublikasikan oleh Pinhome ∙ 20 September 2021 ∙ 3 menit membaca

Pondasi rumah 1 lantai bisa menggunakan berbagai macam alternatif pilihan sesuai bangunan dan jenis tanah yang akan dibangun. Masing-masing mempunyai kelebihan dan kekurangan tersendiri.

Sehingga harus benar-benar tepat dalam memilih pondasi agar rumah dapat berdiri kokoh tanpa kerusakan seperti retak-retak, miring atau bahkan roboh.

Baca Juga: Cara Menghitung Pemasangan Volume Pondasi Batu Kali

Mengingat pentingnya struktur pondasi ini, meskipun letaknya seringkali terpendam tanah sehingga tidak terlihat. Oleh karena itu, disini kami akan mencoba menuliskan jenis pondasi rumah 1 lantai yang bisa dipilih sebagai dasar dudukan rumah idamanmu.

Baca juga: Pondasi Rumah 2 Lantai Agar Kokoh dan Kuat

Jenis Pondasi Rumah 1 Lantai

jenis pondasi rumah 1 lantai
(Shutterstock)

1. Pondasi Batu Kali

Dibuat dengan menyusun pondasi batu kali dengan penampang trapesium, persegi empat atau bentuk lainya dengan perekat berupa adukan beton. Cocok digunakan pada tanah keras yang bagus.

2. Pondasi Rollag

Terbuat dari tumpukan pasangan batu bata yang dirangkai dengan pengikat adukan beton. Digunakan pada konstruksi bangunan yang tidak terlalu berat seperti pagar halaman rumah, atau bagian rumah yang terbuat dari material ringan seperti kayu dan bambu.

3. Pondasi Plat Jalur

Merupakan konstruksi beton bertulang yang dibuat memanjang. Dipakai pada konstruksi bangunan dengan beban berat sehingga tetap dapat berdiri kokoh diatasnya.

4. Pondasi Foot Plat

Jenis ini banyak yang salah menyebutnya sebagai pondasi cakar ayam, namun ada perbedaan pada bentuk strukturnya. Pondasi foot plat dapat digunakan pada titik kolom yang direncanakan tumbuh menjadi 2 lantai dikemudian hari.

5. Pondasi Cakar Ayam

Pondasi cakar ayam ini merupakan hasil oleh pikir teknologi putra bangsa yang terinspirasi dari akar pohon kelapa yang mampu menahan pohon yang tinggi menjulang di tepi pantai, meskipun struktur tanahnya lunak.

Jadi, jenis pondasi cakar ayam ini cocok digunakan untuk bangunan yang berdiri diatas tanah lunak.

6. Pondasi Cerucuk Bambu

Terbuat dari beberapa bambu yang ditancapkan dengan kuat kedalam tanah lalu bagian atasnya disatukan menggunakan tali atau beton bertulang.

Penggunaan bambu bisa digantikan oleh pipa pvc yang didalamnya diisi dengan adukan beton sehingga bisa lebih kuat, awet dan mudah dibuat.

Baca Juga: Menentukan Kontruksi Bangunan Yang Tepat Untuk Dipakai

Gambar Pondasi Batu Kali 

Contoh gambar pondasi batu kali untuk rumah satu lantai adalah sebagai berikut

contoh pondasi rumah 1 lantai

Beragam inovasi dan keratifitas selalu memunculkan hal baru, khususnya dalam hal pondasi rumah 1 lantai ini. dimulai dari kemauan untuk coba-coba, menganalisa dan merencanakan konstruksi pondasi yang kuat, murah dan tahan lama. Selamat mewujudkan rumah idamanmu!


Temukan beragam pilihan rumah terlengkap di daftar properti & iklankan properti kamu di Jual Beli Properti Pinhome. Bergabunglah bersama kami di aplikasi Rekan Pinhome untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti. 

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai Properti di Property Academy by Pinhome. Download aplikasi Rekan Pinhome melalui App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Tags :

Bagikan Artikel