BlogPembeli Properti PemulaPanduan Beli PropertiKekurangan dan Kelebihan Rumah Susun atau Apartemen yang Harus Kamu Ketahui!
0
0

Kekurangan dan Kelebihan Rumah Susun atau Apartemen yang Harus Kamu Ketahui!

Dipublikasikan oleh Nur Dwi Ratnasari dan Diperbarui oleh Pandu Pamungkas

Jan 6, 2024

7 menit membaca

Copied to clipboard
top-right-banner

Isu hunian kini semakin menarik untuk dibicarakan, apalagi buat kaum muda yang tinggal di ibu kota. Bagaimana tidak, lahan semakin terbatas sedangkan harga tanah pun semakin melambung tinggi. Ini menjadi kelebihan rumah susun atau apartemen yang sekarang sudah tinggi peminatnya.

Kebingungan mulai muncul saat harus memilih salah satunya. Kira-kira bagaimana ya menilai plus minus rumah susun dan apartemen? Tenang, Pins, jangan galau. Mau rumah susun atau apartemen semuanya sama-sama bagus. Tergantung dari kebutuhan dan beberapa hal yang menjadi pertimbangan.

Sama halnya dengan Pinhome yang selalu andal membantumu melakukan Pengajuan KPR. Fitur pencariannya juga menampilkan rumah second di Kec Bandung Kidul, jual rumah baru di Kabupaten Bekasi, properti dekat Terminal Kampung Rambutan sekelas Cimanggis Golf Estate atau lainnya.

Plus Minum Rumah Susun atau Apartemen

Cari tahu perbedaan keduanya di sini, kemudian cek juga apa saja yang harus dipikirkan saat akan memilih tempat tinggal tersebut. Yuk kita bahas kelebihan dan kekurangan rumah susun atau apartemen!

1. Fasilitas Dasar

Source : Pxhere

Kekurangan rumah susun sering diilustrasikan sebagai apartemen versi sederhana. Ini gak sepenuhnya salah, tapi sebenarnya rumah susun adalah bangunan vertikal atau bertingkat yang difungsikan sebagai hunian dan memiliki fasilitas dasar bersama. Sedangkan apartemen konsepnya hampir mirip, hanya saja fasilitas yang disediakan lebih lengkap.

Baca juga: Cerita Aruhouse: Kisah Tinggal Di Apartemen Berukuran Mini Sebagai Pasangan Muda

2. Fasilitas Kebutuhan Primer

Fasilitas rumah susun atau apartemen di sini adalah kebutuhan standar, seperti lahan parkir, jaringan listrik dan telepon, serta beberapa ada yang menyediakan taman bermain, mushola, mini market, hingga klinik atau fasilitas kesehatan. Seluruh penghuni rumah susun wajib membayar IPL (Iuran Pemeliharaan Lingkungan) per bulannya dengan besaran yang sudah disepakati sebelumnya.

3. Area Parkir

kelebihan rumah susun atau apartemen
Source : Pxhere

Kalau Pins memilih tinggal di apartemen, semua fasilitas di atas sudah pasti ada karena dianggap sebagai kebutuhan dasar. Sebagai tambahannya, kelebihan apartemen akan mendapat lahan parkir lebih luas, akses ke tempat gym, hingga pengawasan satpam yang lebih ketat. Tidak perlu membayar IPL lagi sebab biasanya sudah dimasukkan ke biaya sewa.

4. Lokasi Bangunan

Perbedaan rumah susun atau apartemen lainnya adalah dari lokasi bangunan. Apartemen umumnya dibangun di tengah kota dan lingkungan elit. Wajar saja karena peminatnya para eksekutif muda, pasangan baru menikah kelas menengah ke atas, atau sebagai investasi.

Sedangkan rumah susun, meskipun di tengah kota lingkungannya tidak se-bonafide apartemen. Untuk harga yang lebih terjangkau, ada banyak rumah susun yang tersedia di pinggiran kota.

5. Lokasi

kelebihan rumah susun atau apartemen
Source : Detik Finance

Di bagian atas saat membandingkan rumah susun atau apartemen, sekilas dibahas tentang lokasi bangunan. Apartemen banyak didirikan di lokasi strategis karena memang sasaran pasarnya adalah masyarakat menengah ke atas.

Kesan modern dan elit sangat dikedepankan di sini untuk menarik perhatian. Sebaliknya, kelebihan rumah susun diperuntukkan bagi yang perekonomiannya menengah ke bawah, makanya lokasinya pun bukan di pusat perkotaan.

Walaupun begitu, saat ini banyak rumah susun yang dibangun dekat dengan fasilitas umum, seperti stasiun, halte busway, mall, dan lainnya. Jadi, meskipun gak hidup di jantung kota bukan berarti jauh dari peradaban. Melainkan terdapat akses transportasi yang mudah untuk dimanfaatkan.

Baca juga: Ingin Memilih Lokasi Tempat Tinggal Strategis? Perhatikan Hal Ini!

6. Biaya

Dilihat dari lokasinya, sudah pasti kalau biaya sewa rumah susun atau apartemen berbeda. Kekurangan apartemen pasti lebih mahal dibandingkan rumah susun. Tapi harga yang dibayarkan sebanding dengan fasilitas yang didapat, lingkungan, serta privilege lainnya, seperti privacy.

Ada macam-macam sistem sewa apartemen, yaitu harian, bulanan, dan tahunan. Supaya lebih hemat, lebih baik pilih sewa tahunan untuk rencana jangka panjang. Buat Pins yang budget-nya gak begitu banyak, bisa pilih rumah susun. Bahkan sebenarnya ada beberapa orang yang mampu menyewa apartemen justru memilih rumah susun.

Mereka menyisihkan budget-nya untuk kebutuhan lain atau ditabung. Jadi sesuaikan kemampuan saat mempertimbangkan rumah susun atau apartemen.

7. Fasilitas

kelebihan rumah susun atau apartemen
Source : Pxhere

Sebenarnya tinggal di rumah susun udah cukup kok selama Pins gak mau yang aneh-aneh, misalnya nge-gym setiap hari, jogging pagi-pagi, atau craving makanan tertentu. Sebab fasilitas rumah susun sudah memenuhi kebutuhan dasar seseorang.

Beda kasusnya kalau Pins mau hal-hal lain yang disebutkan tadi. Maka bisa butuh waktu lebih untuk memilih rumah susun atau apartemen. Tapi tidak dapat dipungkiri memang fasilitas-fasilitas di apartemen bikin tinggal lebih nyaman dan mudah. Keamanan pun lebih terjamin karena ada satpam dan kamera CCTV yang siap memantau keadaan apartemen selama 24 jam.

8. Lingkungan

Urusan lingkungan, baik rumah susun atau apartemen, bisa disesuaikan dengan standar dan selera Pins. Kalau Pins kurang nyaman tinggal di lingkungan yang cenderung padat penghuni dan ramai, maka apartemen adalah pilihannya.

Meskipun dalam satu gedung apartemen penuh penghuni, mereka cukup tenang dan masing-masing alias individualis. Para penghuni di rumah susun umumnya mengenal satu sama lain karena lebih suka mengobrol dengan tetangga sebelah atau lain gedung.

Sebenarnya ini sedikit banyak dipengaruhi oleh penghuninya yang rata-rata ibu rumah tangga atau pekerja yang tidak begitu sibuk. Jadi kalau senang ngerumpi, Pins gak akan kesepian tinggal di rumah susun.

9. Single atau Berkeluarga

kelebihan rumah susun atau apartemen
Source : Pexels

Nah, ini juga penting nih. Gak banyak yang mempertimbangkan status mereka, apakah masih single atau sudah berkeluarga, apalagi punya anak. Kalau masih single mungkin lebih fleksibel mau tinggal di rumah susun atau apartemen.

Tapi bagaimana buat yang sudah berkeluarga? Pins harus lebih selektif dan berdiskusi dulu nih dengan pasangan.

Tidak selamanya rumah susun lingkungannya buruk untuk yang sudah berkeluarga, begitu pun dengan apartemen. Bisa jadi suasana guyub di rumah susun justru men-support kehidupan berkeluarga di tengah ibu kota.

Sedangkan lingkungan apartemen yang cenderung individualis mungkin saja membuat para ibu muda merasa kesepian. Jadi memutuskan rumah susun atau apartemen harus berdiskusi dengan pasangan dulu ya.

Baca juga: Cara Atur Duit Agar Tidak Bingung Saat Mencicil Rumah

Tips Agar Tidak Salah Pilih

kelebihan rumah susun atau apartemen
Source : Phillyaptrentals

Ada beberapa cara yang Pins bisa lakukan untuk menentukan hunian yang tepat, khususnya di ibu kota, apakah rumah susun atau apartemen. Banyaknya pilihan memang menguntungkan jadi punya macam-macam referensi sebelum menyewa. Simak langkah-langkahnya di bawah ini!

1. Cek Budget

Menyesuaikan budget adalah langkah pertama dalam menentukan pilihan rumah susun atau apartemen. Hanya karena ingin dapat fasilitas enak, tinggal di lingkungan elit, dan gengsi, lantas berhutang untuk bayar sewa apartemen.

Ini gak disarankan ya, Pins! Kalau budget hanya cukup untuk sewa rumah susun ya gak apa-apa. Pins bisa kok memilih lingkungan rumah susun dengan suasana yang nyaman.

2. Survei Tempat

Ini pun harus dilakukan supaya Pins tahu betul tempat tinggalnya nanti. Jangan cuma cari online rumah susun atau apartemen terus langsung deal. Survey lapangan dulu sekali – dua kali supaya yakin apakah benar mau tinggal di sana.

Kalau sudah yakin, baru lah bikin perjanjian dengan si pemilik atau pengelola. Survey tempat juga penting supaya Pins bisa merasakan atmosfer tempat yang akan dihuni.

3. Minta Rekomendasi

Kalau punya teman atau kerabat di daerah yang akan dituju, maka minta lah rekomendasi mereka. Tanya di mana rumah susun atau apartemen yang sesuai budget dan kriteria Pins.

Barangkali teman atau kerabat Pins punya kenalan jadinya dapat harga diskon. Bertanya pada orang lokal biasanya dapat informasi lebih lengkap daripada cari di internet.

4. Pikirkan Plan Jangka Panjang

Gak semua orang kepikiran untuk jangka panjang. Padahal ini juga mempengaruhi apakah Pins seharusnya menyewa rumah susun atau apartemen saja.

Plan jangka panjang ini bermacam-macam, ada yang mempertimbangkan rencana menikah, berapa lama akan bekerja di daerah itu, dan masih banyak lagi. Coba duduk tenang dan prediksi rencana Pins ke depannya mau bagaimana.

Tinggal dan bekerja di ibu kota adalah impian hampir setiap orang. Pasti terbayang kehidupan yang serba gemerlap, gaji tinggi, pekerjaan bergengsi, dan tinggal di tempat mewah. Padahal tidak selamanya kenyataannya seperti itu.

Hunian di ibukota kerap menjadi isu bagi beberapa orang. Rumah susun atau apartemen kerap menjadi pilihan bagi beberapa orang untuk solusi tempat tinggal.

Demikianlah kekurangan dan kelebihan rumah susun atau apartemen yang perlu kamu ketahui sebelum membelinya, jangan sampai salah pilih ya, Pins! Sekian artikel Pinhome kali ini, semoga bermanfaat!

Baca juga:

Feature Image Source: Pxhere


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Cek informasi Daun Village dan dapatkan hunian idaman kamu sekarang juga. Cari tahu juga tips penting persiapan beli rumah dan KPR di Property Academy by Pinhome.

Hanya Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Copied to clipboard
bottom-sidebar-banner
left footer bannerright footer banner
left footer bannerright footer banner

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok
          sticky banner
          sticky banner

          © www.pinhome.id

          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download