Kamus Istilah Properti

Konstruksi Bangunan

istilah properti

Konstruksi Bangunan

Menurut KBBI definisi konstruksi bangunan adalah susunan, model, atau tata letak suatu bangunan jembatan, rumah, dan sebagainya. Sedangkan menurut kamus Oxford, diartikan sebagai proses membangun sebuah bangunan, jembatan atau jalanan. 

Apa itu Konstruksi Bangunan?

(Asiacon)

Konstruksi adalah istilah yang sering kita dengar dalam kehidupan sehari-hari. Konstruksi bangunan pada dasarnya terdiri dari dua kata yang digabungkan, namun tetap mempunyai makna sendiri-sendiri. 

Konstruksi (construction) diartikan sebagai membangun, sementara bangunan adalah sesuatu yang dibangun seperti rumah, vila, kantor puskesmas, rumah sakit atau apartemen. Konstruksi bangunan dapat disimpulkan sebagai suatu teknik dalam membangun sebuah bangunan. Teknik membangun sebuah bangunan akan dimulai melalui proses sketsa pada gambar teknik, kemudian perencanaan budget, penentuan konsep, proses pelaksanaan hingga pengawasan.

Jenis-jenis Konstruksi Bangunan

(Ahlikuli)

Untuk mengenal konstruksi bangunan, kamu pun harus memahami jenis-jenis konstruksi bangunan yang ada di sekitar. Berikut ini jenis-jenis konstruksi bangunan tersebut, 

Konstruksi Gedung 

Konstruksi gedung mengarah pada penjelasan mengenai proses pendirian atau pembangunan sebuah gedung. Proses ini meliputi konsep pembangunan dalam gambar teknik, perencanaan dan penyediaan bahan baku, hingga pembangunan sebuah gedung. Umumnya, konstruksi gedung ini terjadi di hampir seluruh area karena meliputi gedung perkantoran, gedung sekolah, museum, perpustakaan, bangunan untuk fasilitas umum, hiburan, pusat perbelanjaan dan lain-lain. 

Konstruksi Teknik

Konstruksi teknik melibatkan perencanaan pembangunan yang sudah dikonsep dengan melibatkan banyak hal mulai dari fungsi, desain, dan ekonomi. Nantinya konstruksi teknik ini akan berkaitan dengan infrastruktur untuk masyarakat. Konstruksi teknik dibagi menjadi konstruksi berat dan jalan.  

Konstruksi berat berkaitan dengan proyek-proyek fasilitas suatu negara seperti bendungan, pemasangan pipa bawah tanah, jalur transportasi seperti tol dan jembatan layang, jalur udara dan jalur air. Sementara konstruksi jalan berkaitan dengan pembuatan jalan raya dan jalur di pedesaan untuk membantu dan memudahkan masyarakat beraktivitas dan berpindah dari suatu area ke area lain.

Konstruksi Rumah

Konstruksi rumah mengedepankan unsur kenyamanan, kelayakan untuk ditinggali dan juga estetika. Pembangunan sebuah bangunan menyesuaikan dengan fungsi masing-masing. Untuk konstruksi rumah tentu sangat mengutamakan keamanan dan kenyamanan penghuni rumah, misalnya penggunaan atap segitiga untuk mencegah panas matahari saat siang dan memudahkan air mengalir ke bawah dari genteng. 

Konstruksi Industri

Konstruksi industri berkaitan dengan hal-hal atau proyek industri yang memerlukan spesifikasi dan syarat-syarat khusus. Misalnya pemerintah membangun kilang minyak, area tambang, area tenaga nuklir dan lain-lain. 

Elemen yang Terlibat dalam Proses Konstruksi Bangunan

(WallpaperUP)

Di dalam proses membangun sebuah bangunan, ada elemen-elemen yang terlibat di dalamnya. Berikut ini beberapa elemen yang terlibat,

Elemen Perencanaan 

Pada tahap perencanaan biasanya akan berkaitan dengan proses untuk merencanakan sebuah bangunan. Di dalam fase ini, kontraktor atau pihak yang memegang proyek akan menentukan bahan baku yang dibutuhkan, budget yang diperlukan, konsep infrastruktur dalam bentuk gambar teknik dan lain-lain. 

Elemen Penyediaan logistik

Setelah melalui perencanaan, elemen yang perlu ada dalam proses pembangunan adalah penyediaan logistik mulai dari alat berat, bahan bangunan, tim lapangan yang akan membantu proses pelaksanaan dan monitoring. Penyediaan bahan baku perlu diawasi dengan detail hal ini untuk memastikan kualitas bahan baku yang digunakan. Proyek yang tidak memperhatikan kualitas bahan baku akan sangat berbahaya di masa depan. 

Elemen Pelaksanaan 

Pelaksanaan pembangunan terdiri dari aktivitas melakukan atau mengeksekusi bangunan yang sudah direncanakan. Misalnya, di awal akan direncanakan untuk membangun sebuah gedung kantor di area pusat kota. Maka proses pelaksanaannya meliputi pembuatan fondasi, pemasangan lantai, dinding, pagar, gerbang dan lain-lain. Pada fase pelaksanaan, diperlukan Standard Operating Procedure (SOP) untuk keamanan hal ini agar dapat melindungi para pekerja yang sedang bertugas membangun sebuah proyek. SOP ini perlu diikuti dan diimplementasikan demi memberikan keselamatan. Umumnya bentuk dari pelaksanaan SOP adalah menggunakan helm pelindung, jaket, sepatu khusus, pelindung mata dan juga celana panjang.

Elemen Pengawasan

Pengawasan berfungsi sebagai elemen penting untuk mengatur, memeriksa kualitas, dan memastikan semua proses pelaksanaan berjalan lancar. Di dalam pengawasan, akan ada tenaga ahli seperti Quantity Surveyor, Kontraktor, dan lain-lain yang akan berperan sebagai Project Manager sebuah proyek. 

Jurusan Konstruksi 

(Economy Okezone)

Di dalam dunia pendidikan dikenal pula jurusan konstruksi yang fokus pada perencanaan, pelaksanaan dan perbaikan bangunan. Pada jurusan konstruksi S1 biasanya akan mempelajari bagaimana proses membuat sebuah bangunan dengan mengedepankan aspek fungsi, struktur, estetika, dan ekonomi.

Mengambil jurusan konstruksi pada dasarnya mempunyai potensi dan keuntungan di masa depan. Salah satu alasan valid yang bisa mendukung hal tersebut adalah Indonesia yang sedang gencar melakukan pembangunan infrastruktur sehingga kebutuhan tenaga ahli di bidang konstruksi bangunan terbuka lebar.

Selain itu, sektor properti di Indonesia juga berpotensi untuk berkembang lebih pesat lagi. Hal ini menyebabkan munculnya banyak developer baru dan proyek perumahan untuk residensial. Untuk membangun proyek perumahan residensial diperlukan para ahli konstruksi untuk memastikan proyek hunian tersebut aman bagi masyarakat yang akan membeli properti.

Nah, sudah jelas mengenai apa itu konstruksi bangunan? Semoga informasi di atas bisa memberikan informasi yang bermanfaat bagi kamu ya, Pins. 


Temukan beragam pilihan rumah terlengkap di daftar properti & iklankan properti kamu di Jual Beli Properti Pinhome. Bergabunglah bersama kami di aplikasi Rekan Pinhome untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti. 

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai Properti di Property Academy by Pinhome. Download aplikasi Rekan Pinhome melalui App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.