BlogPemilik PropertiDesain Hunian5 Posisi Saklar Listrik yang Benar dan Cara Memasangnya
0
0

5 Posisi Saklar Listrik yang Benar dan Cara Memasangnya

Dipublikasikan oleh Nabila Azmi dan Diperbarui oleh Nabila Azmi

Apr 5, 2023

5 menit membaca

Copied to clipboard
posisi saklar yang benartop-right-banner

Saklar merupakan elemen penting dalam unsur terciptanya listrik yang aman di rumah. Pasalnya, alat ini berfungsi menyambung dan memutuskan aliran listrik yang mengalir dari sumber listrik menuju alat elektronik maupun instalasi listrik di rumah. Maka dari itu, posisi dan cara memasang saklar yang benar harus diperhatikan agar terhindar dari konsleting listrik.

Penasaran bagaimana menentukan posisi saklar untuk menyalakan lampu dan cara memasangnya? Simak ulasan lengkap di bawah ini, ya!

Posisi Saklar Listrik yang Benar

Seperti yang sudah dijelaskan, proses pemasangan saklar listrik harus benar, terutama pada bagian posisinya. Sembarangan memasang saklar listrik bisa berakibat fatal dalam waktu yang lama.

Itu sebabnya, Pins perlu menentukan tempat dan posisi saklar listrik yang benar agar fungsinya berjalan dengan baik. Berikut ini deretan posisi saklar yang bisa Pins sesuaikan dengan kebutuhan.

Baca juga: Anggaran Biaya Instalasi Listrik Rumah yang Harus Disiapkan

Pada Ketinggian 140-150 cm

Idealnya, ketinggian penempatan saklar kontak di atas lantai adalah 140 sampai 150 centimeter. Ketinggian ini biasanya cukup mudah dijangkau dengan posisi tegak lurus di depan tangan.

Posisi saklar ini juga sejajar dengan tubuh sehingga bisa Pins gunakan untuk menghidupkan lampu pada ruangan. Tidak hanya lampu, posisi saklar pada ketinggian ini bisa Pins manfaatkan untuk menghidupkan atau mematikan kipas angin, lho.

Di Bawah Dinding

Posisi saklar lainnya yang benar adalah pada dinding bagian bawah. Posisi ini biasanya dipasang sebagai saklar on off listrik kulkas, Wifi, telepon, hingga televisi.

Jika Pins memilih posisi ini, sebaiknya pasang pada ketinggian maksimal 30 centimeter. Ketinggian posisi ini cocok untuk semua rumah untuk menata aliran listrik yang lebih rapi.

Di Tengah Dinding

Posisi saklar di tengah dinding umumnya terpasang di kamar tidur atau ruang keluarga. Pasalnya, posisi ini cocok dipakai untuk mengisi baterai alat elektronik seperti ponsel, laptop, dan kulkas.

Pins bisa memasang saklar di tengah-tengah dinding dengan posisi yang hampir sejajar dengan tubuh, tetapi sedikit ke bawah lagi. Selain itu, letak pemasangan saklar sebaiknya berada di samping meja agar mudah dijangkau, ya.

Pada Bagian Atas Dinding

Bagi Pins yang hendak memasang AC, teknisi pastinya akan menyarankan posisi saklar listrik pada bagian atas dinding. Ini karena AC tidak pernah diputus arus listriknya sehingga pemasangan di dinding bagian atas sangat disarankan.

Kamu bisa memasang saklar pada posisi atas dengan jarak maksimal 20 cm dari plafon rumah. Hal ini bertujuan merapikan kabel listrik AC karena tidak akan terlalu ke bawah atau ke atas.

Baca juga: Tagihan Listrik Membengkak? Ini 11 Cara Menghemat Listrik di Rumah!

Di Lantai

Posisi saklar listrik terakhir yang benar adalah di lantai. Namun, posisi saklar yang satu ini lebih cocok dipasang di luar rumah, kafe, atau restoran. Jika memilih memasang saklar di lantai, kamu perlu menggunakan pengaman tambahan untuk mencegah korsleting. Posisi saklar ini juga cocok ketika Pins hendak memasang lampu di taman rumah, nih.

Cara Memasang Saklar

Setelah memahami apa saja posisi saklar yang benar dan menentukannya, tentu Pins harus tahu bagaimana cara memasang saklar, bukan? Sebenarnya cara memasang saklar tidak begitu sulit, tetapi memerlukan ketelitian agar tidak mudah korsleting di masa mendatang.

Berikut ini beberapa tahapan memasang saklar listrik maupun lampu yang bisa Pins terapkan di rumah!

Menyiapkan Alat dan Bahan yang Diperlukan

Pertama-tama, Pins perlu menyiapkan alat dan bahan yang dibutuhkan untuk memasang saklar lampu, antara lain:

  • Tang kombinasi
  • Saklar ganda
  • Obeng
  • Kabel NYM
  • Fitting lampu
  • Box saklar
  • Klem pipa
  • Tespen
  • Isolasi
  • Pipa instalasi.

Mematikan Aliran Listrik

Jika alat dan bahan sudah siap, Pins bisa mulai dengan mematikan daya ke sirkuit saklar. Hal ini bisa dilakukan dengan mematikan pemutus sirkuit di kotak pemutus rumah.

Bila panel yang dimiliki adalah sekring, buka alat tersebut dan lepaskan dari panel. Pada saat mematikan aliran listrik, Pins harus berhatih-hati karena sangat memungkinkan salah membaca label sirkuit. Jadi, selalu periksa daya listrik setelah mematikan sirkuit, ya.

Baca juga: 7+ Cara Menghitung Pemakaian Listrik Bulanan & Trik Penghematannya

Membuat Lubang pada Tempat Pemasangan Saklar

Selanjutnya, tentukan letak posisi pemasangan saklar. Bila sudah, lubangi dinding yang akan dialiri listrik dan buat jalur untuk pipa di dinding dari plafon menuju lubang saklar.

Mencocokkan Kabel Listrik

Setelah itu, Pins bisa memasang kabel phase dari sumber listrik ke saklar. Jangan lupa cocokkan kabel keluaran tersebut dari saklar menujung fitting lampu.

Hal ini bisa dilakukan dengan memasang kedua ujung kabel pada batu terminal kabel pada saklar. Lalu, ikat kabel dengan kencang pada baut pengikat dan pastikan kabel berlabel netral sudah terpasang dari sumber listrik menuju fiting lampu.

Jika memasang saklar ganda, Pins perlu menambah satu kabel keluaran menuju satu lampu lainnya. Metode pemasangan saklar ganda juga memerlukan tiga kabel, yakni kabel phase dari sumber listrik ke dalam saklar dan dua kabel phase yang tersambung ke fiting lampu satu dan dua.

Jika sudah yakin dengan pemasangan kabel, Pins bisa mulai masuk ke tahap finishing dengan membereskan kabel dan menutup lubang dengan saklar. Bila sudah rapi, tutup lubang dengan saklar dan pasang sekrup pada bagian dua sisi yang sudah disediakan.

Untuk merapikan bagian tampilan luar, kamu bisa menggunakan semen dan campuran pasir. Jadi deh saklar listrik dan lampu yang bisa kamu pasang sendiri di rumah!

Nah, itu tadi sederet posisi dan cara memasang saklar listrik yang benar dan bisa Pins terapkan di rumah. Semoga bermanfaat, ya!

Baca juga:


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti bergabunglah menjadi rekan agen properti bersama kami dan iklankan properti kamu di sini. 

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai properti di Property Academy by Pinhome. Gabung menjadi Rekan Jasa Pinhome melalui aplikasi Rekan Pinhome di App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome PINtar jual beli sewa properti.

Copied to clipboard
bottom-sidebar-banner
left footer bannerright footer banner
left footer bannerright footer banner

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok
          sticky banner
          sticky banner

          © www.pinhome.id

          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download