Kamus Istilah Properti

Rumah Tapak

istilah properti

Rumah Tapak

Rumah tapak adalah hunian yang dibangun langsung di atas tanah.

Apa Itu Rumah Tapak?

(propertyindonesia.id)

Dalam memilih hunian, rumah tapak adalah salah satu jenis rumah yang paling banyak diminati masyarakat selain apartemen. Pada dasarnya, rumah tapak hampir sama dengan rumah lainnya. 

Pengertian rumah tapak adalah hunian yang dibangun langsung di atas tanah. Setiap unit rumah tapak (landed house) berdiri secara mandiri tanpa hitungan tingkat. 

Berbeda dengan apartemen yang letaknya di gedung bertingkat sehingga sering juga disebut juga hunian vertikal. 

Salah satu alasan rumah tapak banyak diminati karena status kepemilikan terhadap lahan rumah tersebut. Sementara apartemen atau rumah susun yang hanya dilengkapi dengan Hak Guna Bangunan (HGB) saja. 

Kelebihan Rumah Tapak

rumah tapak adalah
(esingaporeproperty.sg)

Ada banyak kelebihan rumah tapak yang membuatnya menjadi favorit kebanyakan orang. Berikut ini beberapa kelebihan rumah tapak yang patut dipertimbangkan:

Status Kepemilikan Rumah Beserta Lahan 

Sebagaimana sudah disebutkan sebelumnya, jika Pins membeli sebuah rumah tapak, maka akan sekaligus memiliki kepemilikan terhadap lahan rumah yang dimiliki.

Hal ini tentunya berbeda dengan apartemen atau rumah susun yang hanya memberikan hak guna bangunan saja.

Bebas Mendesain Rumah Sesuai Keinginan  

Kelebihan ini tidak akan Anda dapatkan jika membeli hunian apartemen. Membeli rumah tapak membuat Anda bisa bebas mendesain dan merenovasi rumah sesuka hati. Jadi, jika Pins memiliki gaya dan desain hunian tertentu yang diinginkan, bisa diterapkan. 

Asalkan mengikuti peraturan dan undang-undang setempat. Apartemen sudah memiliki standar desain yang ditentukan oleh pengelola apartemen tersebut, sehingga desain interior menjadi satu-satunya ruang berkreasi untuk hunian apartemen. 

Biaya Perawatan Lebih Rendah 

Ketika Anda tinggal di apartemen, Pins harus bersiap membayar iuran fasilitas gedung yang nominalnya tidaklah sedikit. Belum lagi memikirkan biaya umum lainnya seperti air dan listrik. 

Namun, di rumah tapak, selain tentunya biaya air dan listrik, Pins hanya perlu memikirkan iuran keamanan dan kebersihan yang cenderung lebih rendah. 

Tersedianya Garasi Pribadi dan Halaman Rumah 

Salah satu keunggulan memiliki rumah tapak dibandingkan apartemen adalah Pins bisa memiliki halaman rumah dan terkadang garasi pribadi.  

Halaman rumah bisa dijadikan taman dan ruang terbuka hijau yang akan membuat suasana hunian menjadi lebih segar dan teduh. Kalau di apartemen memang tersedia fasilitas parkir, tapi areanya terpisah di area gedung parkir sehingga membuat rumah tapak jadi lebih praktis untuk Anda yang memiliki kendaraan.

Bisa Memelihara Hewan Peliharaan

Memelihara hewan peliharaan seperti anjing dan kuncing akan mudah jika di rumah tapak. Berbeda dengan apartemen karena terdapat keterbatasan dalam memelihara hewan peliharaan karena peraturan-peraturan operasional.

Tetapi di rumah tapak biasanya tidak ada batasan atau aturan-aturan yang mengikat penghuninya seperti di apartemen.  

Memiliki Nilai Investasi Jangka Panjang

Rumah tapak adalah jenis investasi yang mudah diperjualbelikan. Masyarakat dari berbagai kalangan ekonomi pasti membutuhkan rumah tapak untuk dihuni maupun sebagai objek investasi.

Apalagi mengingat harga tanah yang cenderung terus naik membuat harga jual rumah tapak juga menjadi jauh lebih cepat naik dibandingkan dengan apartemen. 

Ini artinya, rumah tapak sangat tepat untuk dijadikan sebagai investasi jangka panjang.

Kekurangan Rumah Tapak

rumah tapak adalah
(asiaone.com)

Meskipun kelebihannya cukup banyak, tetapi Anda juga harus bersiap dengan segala kekurangan yang dimiliki hunian jenis rumah tapak. 

Adapun kekurangan rumah tapak adalah sebagai berikut:

  • Seiring dengan semakin mahalnya harga tanah, rumah tapak kini dibangun bergandengan dengan rumah lainnya sehingga sering kali berdempetan.
  • Sistem keamanan rumah tapak bergantung pada koordinasi sistem keamanan di lingkungan setempat. Jika tak memadai, maka rumah tapak rawan mengalami tindak kriminalitas.
  • Ketidaknyamanan jika membeli rumah tapak di permukiman padat penduduk. 
  • Harus memiliki waktu ekstra merawat seisi rumah. 
  • Masalah teknis yang terjadi di rumah (misalnya kebocoran pipa air, sistem kelistrikan rusak, dan lainnya) harus ditangani secara mandiri. Hal ini sangat berbeda dengan apartemen yang memiliki tim maintenance khusus untuk menangani masalah kerusakan bersifat teknis.

Tips Memilih Rumah Tapak Terbaik

rumah tapak adalah
(Pinterest)

Memilih hunian, apapun jenisnya, tak bisa asal. Ada berbagai hal yang harus dipertimbangkan agar tidak salah dan menyesal di kemudian hari. 

Biar Pins tidak menyesal nantinya, yuk simak tips memilih rumah tapak berikut ini:

Pertimbangkan Lokasi Rumah 

Lokasi rumah tapak menjadi pertimbangan utama saat memutuskan membeli maupun menyewa rumah. Ketika memilih lokasi, pertimbangan banyak hal, seperti:

  • Lokasi daerah bebas banjir.
  • Daerah yang aman dan kriminalitas. 
  • Akses rumah apakah dekat dengan fasilitas transportasi? 
  • Berapa jarak rumah terhadap lokasi usaha atau kerja? 
  • Apakah dekat dengan fasilitas umum, seperti minimarket, laundry, dan lain-lain? 
  • Bagaimana lingkungan di sekitar rumah tersebut? 

Perhatikan Spesifikasi Material Bangunan Rumah

Setelah menentukan lokasi, jangan lupa untuk memperhatikan material bahan bangunan rumah dengan lebih spesifik. Hal ini akan sangat berguna untuk Pins, karena penggunaan bahan bangunan bisa menentukan usia dari rumah tersebut.  

Tips beli rumah ini sangat berguna untuk Pins agar mengetahui bahan bangunan mana yang lebih kokoh dan tahan lama. Atau bahan mana yang sesuai dengan struktur dan kondisi tanah di daerah tersebut. 

Jadi, Pins bisa memperkirakan berapa tahun lagi rumah tersebut membutuhkan perbaikan atau renovasi. 

Harga dan Skema Pembayaran

Tips yang satu ini tampaknya akan menjadi hal yang paling utama untuk Pins pertimbangkan. Saat membeli rumah tentu, harus ada harga yang Pins sepakati dan ketentuan pembayarannya. Dengan begitu Pins bisa memiliki rumah impian Pins seutuhnya. Oleh karena itu, tips beli rumah kali ini mengharuskan Pins untuk membandingkan harga rumah-rumah yang Pins incar.

Pastikan harga tersebut sudah sesuai dengan semua fasilitas dan kualitas yang rumah ini miliki dan tentunya sesuai dengan keadaan keuangan Pins. Yang tidak kalah penting, Pins juga harus mempertimbangkan skema pembayaran tersebut apakah ingin tunai atau menggunakan KPR.

Cari Rumah Sendiri Atau Gunakan Agen Properti

Tips beli rumah selanjutnya adalah Pins harus mencari rumah sendiri atau menggunakan jasa agen properti. Kalau Pins mencari informasi tentang rumah-rumah yang dijual sendiri, Pins bisa tahu secara langsung apa saja kekurangan dan kelebihan rumah tersebut. Tapi, tentunya Pins harus memiliki banyak waktu untuk melakukan hal tersebut.

Menggunakan jasa agen properti lebih mudah karena Pins tidak harus menghabiskan waktu untuk berkeliling sana-sini. Agen properti akan membantu Pins untuk mencarikan rumah dengan kriteria yang Pins inginkan.

Jangan lupa konsultasikan dengan anggota keluarga tentang bagaimana kriteria membeli rumah yang baik menurut masing-masing, perbedaan alur pikir dapat disatukan dengan jalan musyawarah dan penjelasan mengenai alasan masing-masing dalam memilih rumah yang baik, sehingga pilihan rumah nantinya dapat diterima oleh berbagai pihak.