Pinhome

Tips Properti

Menentukan Struktur Rumah Idaman

Ditulis oleh Pinhome ∙ 17 January 2021 ∙ 3 menit membaca

Dalam membangun sebuah rumah, ada banyak sekali aspek-aspek yang harus diperhatikan dalam menciptakan sebuah hunian yang nyaman dan sempurna. Salah satu aspek yang harus anda perhatkan adalah struktur rumah. Aspek ini dapat mempengaruhi tingkat kenyamanan rumah anda, sehingga sebelum anda memutuskan untuk membuat rumah dengan desain tertentu, anda juga harus mempertimbangkan struktur-struktur dalam rumah anda.

Oleh karena desain rumah akan dimulai dari sistem strukturnya, anda harus pastikan bahwa anda memilih struktur rumah yang efisien dan tepat guna. Hal ini akan mempengaruhi besarnya biaya yang akan anda keluarkan pembangunan rumah anda. Pada umumnya biaya untuk strktur rumah ini berkisar antara 40 sampai 50 persen dari total keseluruhan yang harus anda keluarkan.

Struktur utama dalam sebuah struktur rumah yang perlu anda ketahui meliputi struktur atap dan struktur lantai. Untuk struktur atap, jika anda memiliki budget yang terbatas, sangat disarankan untuk menggunakan atap yang berbahan fiber semen yang tidak mengandung asbestos. Jika anda menggunakan atap jenis ini, anda tidak memerlukan kaso dan reng yang biasanya digunakan dalam struktur atap genteng. Tentu saja , ini akan sangat membantu anda dalam menenekan biaya untuk pembangunan rumah anda. Apalagi bagi anda yang memiliki lebar tanah yang tidak lebih dari 400cm, anda tidak akan memerlukan struktur kuda-kuda yang dapat menambah biaya pengeluaran anda.

Sedangkan untuk struktur rumah lantai, anda dapat memilih jenis lantai yang dapat memberikan kesan luas dalam ruangan. Untuk pemilihan bahannya, anda dapat menggunakan keramik denga harga terjangkau, namun tetap tidak mengesampingkan kualitas. Pilihlah warna keramik yang senada dengan dinding dan ruangan luar sehingga akan membantu anda dalam menciptakan ruangan-ruangan yang terlihat lebih luas. Anda harus memperhatikan juga kesatuan-kesatuan antara struktur yang satu dengan yang lainnya. Misalnya, anda dapat memilih lantai dengan warna gelap, atap plafon dengan warna terang, dan dinding dengan warna sedang. Ini akan membuat rumah anda memiliki kesan yang teratur dan lapang.

Bagi anda yang berencana membangun struktur rumah berlantai dua, anda harus mengetahui strukstur rumah lantai dua yang akan anda buat. Struktur lantai dua dapat mempergunakan struktur rangka dengan kombinasi lantai multipleks berlapis cor semen tipis yang dilengkapi dengan pelapis yang berbahan keramik. Ini akan menciptakan struktur lantai yang lebih ringan daripada lantai beton, namun tetap kokoh. Selain itu, untuk struktur rumah berlantai dua, anda harus memperhatikan jarak antara lantai satu dengan lantai dua. Pada umumnya jarak tersebut sekitar 250cm. Anda dapat menyesuaikan jarak tersebut dengan desain bangunan rumah anda. Untuk penempatan ruangan-ruangannya, anda harus mendesainnya seefektif dan seefisien mungkin sehingga anda akan mempunyai rumah yang tidak hanya nyaman tetapi juga fungsional.

Tags :

Bagikan Artikel