BlogPembeli Properti PemulaPanduan Beli PropertiBagaimana Cara Menentukan Struktur Rumah Idaman?
0
0

Bagaimana Cara Menentukan Struktur Rumah Idaman?

Dipublikasikan oleh Nur Dwi Ratnasari dan Diperbarui oleh Pandu Pamungkas

Nov 11, 2023

2 menit membaca

Copied to clipboard
top-right-banner

Dalam membangun rumah, ada banyak sekali aspek-aspek yang harus diperhatikan dalam menciptakan sebuah hunian yang nyaman dan sempurna. Salah satu aspek yang harus Pins perhatikan adalah struktur bangunan rumah. 

Aspek ini dapat mempengaruhi tingkat kenyamanan rumah. Oleh karena itu, sebelum kamu memutuskan untuk membuat rumah dengan desain tertentu, Pins juga harus mempertimbangkan struktur-struktur dalam rumah tersebut.

Jika tidak ingin repot dengan struktur rumah idaman dari nol, maka kamu bisa mengunduh aplikasi Pinhome. Ada fitur Pengajuan KPR untuk mewujudkan mimpi memiliki rumah dengan struktur idaman. Pins juga bisa membeli rumah bekas di Bogor ataupun perumahan di Jagakarsa seperti Vasa Jagakarsa di aplikasi Pinhome.

Baca juga: Tips Membuat Rumah Hemat Energi Sebelum Membangun Rumah

Apa Itu Struktur Bangunan?

Source : Freepik

Struktur bangunan merupakan rangkaian bagian-bagian yang saling terkait dalam menciptakan suatu bangunan. Setiap bagian struktur punya komponen tersendiri sehingga membentuk satu kesatuan. Bagian ini terdiri dari:

1. Atap

Ada banyak pilihan atap saat ini. Kamu bisa sesuaikan dengan kebutuhan dan bujet. Pilihannya mulai dari fiber semen, genteng, dan lain sebagainya. Pemilihan material atap bisa Pins diskusikan langsung dengan tukang atau pihak yang meng-handle pembangunan rumah.

2. Lantai

Pilihlah warna keramik yang senada dengan dinding dan ruangan luar sehingga membantu menciptakan kesan lebih luas.  Pins juga harus memperhatikan kesatuan-kesatuan antara struktur yang satu dengan yang lainnya. Misalnya, kamu dapat memilih lantai dengan warna gelap, atap plafon dengan warna terang, dan dinding dengan warna sedang. Ini akan membuat rumah memiliki kesan yang teratur dan lapang.

Baca juga: Tips Merawat Lantai Kayu Rumah Terbaik

3. Pondasi

Biasanya pondasi terdiri dari 3 jenis yakni pondasi dalam, dangkal, dan sumuran. Pondasi memiliki fungsi sebagai penyangga struktur bangunan di atasnya sehingga langsung bertumpu dengan tanah.

Baca juga: Cara Menghitung Kebutuhan Besi Sloof Pondasi

4. Kolom dan Balok

Dalam konstruksi bangunan, kolom seperti kerangka manusia. Salah satu saja bagian kolom rusak, maka bisa berpengaruh terhadap keseluruhan bangunan. Fungsi utama kolom adalah penerus beban secara langsung ke pondasi. Material besi dan beton adalah pilihan paling kuat untuk kolom.

Sementara itu, balok penguat horizontal dari bangunan. Fungsinya sebagai pengikat kolom lantai atas dan dudukan lantai. Dalam bidang konstruksi, struktur bangunan adalah hal yang sangat vital. Kesalahan perhitungan atau perencanaan akan menimbulkan hal fatal.

Baca juga: Tips Membangun Rumah Murah Berkualitas

Perhatikan Ini Saat Menentukan Struktur Bangunan Rumah Idaman

Ketika ingin membangun atau merenovasi rumah, maka Pins perlu memperhatikan struktur bangunannya. Berikut adalah beberapa hal yang perlu kamu perhatikan:

1. Biaya yang Diperlukan

Source : Freepik

Setiap desain rumah akan dimulai dari sistem strukturnya. Pins harus memastikan bahwa rumah memilih struktur yang efisien dan tepat guna. 

Hal ini akan mempengaruhi besarnya biaya yang akan dikeluarkan saat proses pembangunan rumah. Pada umumnya biaya untuk struktur rumah idaman ini berkisar antara 40 sampai 50 persen dari total keseluruhan bujet yang harus kamu keluarkan.

Berikut adalah beberapa contoh perencanaan bujet terkait material yang Pins pakai dalam pembangunan:

Struktur Atap

Jika Pins memiliki budget yang terbatas, sangat disarankan untuk menggunakan atap yang berbahan fiber semen yang tidak mengandung asbestos. Penggunaan atap jenis ini, membuat Pins tidak memerlukan kaso dan reng yang biasanya digunakan dalam struktur atap genteng. Tentu saja ini akan sangat membantu dalam menekan biaya pembangunan rumah

Apabila lebar tanah yang kamu miliki tidak lebih dari 4 meter, maka Pins juga tidak memerlukan struktur kuda-kuda yang dapat menambah biaya pengeluaran.

Baca juga: 5 Tips Membangun Rumah Mungil Sehat dan Nyaman

Struktur Lantai

Sedangkan untuk struktur rumah lantai, Pins dapat memilih jenis lantai yang dapat memberikan kesan luas dalam ruangan. Untuk pemilihan bahannya, kamu dapat menggunakan keramik dengan harga terjangkau, namun tetap tidak mengesampingkan kualitas. 

Baca juga: Tips Jitu Memangkas Dana Saat Membangun Rumah

2. Struktur Bangunan Bertingkat

Source : Freepik

Penting untuk memperhatikan struktur rumah yang akan ditingkat. Struktur lantai dua dapat mempergunakan struktur rangka dengan kombinasi lantai multipleks berlapis cor semen tipis yang dilengkapi dengan pelapis yang berbahan keramik. 

Ini akan menciptakan struktur lantai yang lebih ringan daripada lantai beton, namun tetap kokoh. Selain itu, untuk struktur rumah berlantai dua, Pins harus memperhatikan jarak antara lantai satu dengan lantai dua. 

Pada umumnya jarak tersebut sekitar 250cm. Kamu dapat menyesuaikan jarak tersebut dengan desain bangunan rumah. Untuk penempatan ruangan-ruangannya, Pins harus membuat desain dengan seefektif dan seefisien mungkin agar hasilnya rumah tidak hanya nyaman tetapi juga fungsional.

Baca juga: Bagian Struktur Rumah yang Harus Kuat

3. Pemilihan Tukang

Source : Freepik

Dalam proses pengerjaan, Pins tentu membutuhkan bantuan tukang. Pastikan untuk memilih tukang yang profesional dan berpengalaman agar kamu tidak mengalami masalah berarti.

Memilih tukang dengan karakteristik di atas juga menghindarkan kamu dari masalah seperti penipuan karena sudah melakukan pembayaran tapi ternyata pengerjaan tidak berjalan dan lain sebagainya. 

Jika pembangunan rumah ditangani oleh ahli, tentunya Pins tidak perlu khawatir terjadi kesalahan yang bisa membuat hasil rumah yang dibangun jauh dari ekspektasi. Sebagai pemilik, kamu juga harus monitor secara berkala ya!

Baca juga: Ukuran Kolom Rumah 2 Lantai

4. Konsep Desain Rumah

Source : Freepik

Saat biaya dan tukang sudah dipersiapkan, maka kamu perlu menentukan konsep desain rumah. Ada banyak pilihan yang bisa Pins lakukan, mulai dari mencari inspirasi di internet hingga konsultasi langsung ke penyedia jasa desain rumah.

Konsep desain rumah ini sebenarnya sangat detail dan butuh ketelitian tinggi. Setidaknya ada 3 kelompok atau kategori yang perlu kamu persiapkan dalam mengonsep desain rumah.

  • Pertama adalah struktur dan konstruksi bangunan yakni pondasi, dinding, dan atap.
  • Kedua, mengelompokkan ruang bangunan berdasarkan besarnya ruang, jenis ruang, hingga hubungan antar ruang satu dan lainnya.
  • Ketiga yakni persyaratan dalam ruang bangunan seperti sirkulasi udara, pencahayaan, dan juga akustik.

Dari informasi di atas, kini kamu tentu paham bahwa proses pembangunan rumah tidaklah sepele. Ada banyak hal yang harus dipikirkan dan dipertimbangkan, khususnya mengenai struktur bangunan rumah idaman. Semoga informasi di atas bermanfaat ya!

Baca juga:


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Cek informasi Panorama Bekasi Residence dan dapatkan hunian idaman kamu sekarang juga. Cari tahu juga tips penting persiapan beli rumah dan KPR di Property Academy by Pinhome.

Hanya Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Copied to clipboard
bottom-sidebar-banner
left footer bannerright footer banner
left footer bannerright footer banner

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok
          sticky banner
          sticky banner

          © www.pinhome.id

          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download