Mengenal Macam-Macam Bentuk Rumah Minimalis - Pinhome

Pinhome


Deprecated: Elementor\Scheme_Color is deprecated since version 2.8.0! Use Elementor\Core\Schemes\Color instead. in /var/www/www.pinhome.id/blog/wp-includes/functions.php on line 5412

Deprecated: Elementor\Scheme_Typography is deprecated since version 2.8.0! Use Elementor\Core\Schemes\Typography instead. in /var/www/www.pinhome.id/blog/wp-includes/functions.php on line 5412

Mengenal Macam-Macam Bentuk Rumah Minimalis

Dipublikasikan oleh Iko ∙ 8 December 2021 ∙ 5 menit membaca

Bentuk rumah minimalis adalah desain rumah yang saat ini sedang populer di kalangan masyarakat. Banyak sekali orang yang lebih memilih desain rumah ini karena tampilannya yang lebih sederhana, modern dan sangat cocok bagi Pins yang tidak memiliki lahan terlalu besar.

Ya, desain rumah yang satu ini memang sangat cocok bagi kamu yang tidak memiliki lahan luas, karena rumah ini lebih mengedepankan fungsi dengan tampilan modern yang sederhana. 

Meski sederhana, rumah minimalis memiliki berbagai bentuk yang tentunya dapat membuatmu kebingungan saat ingin membangun rumah.

Nah, bagi Pins yang penasaran bagaimana macam-macam bentuk rumah minimalis, berikut informasi tentang macam-macam rumah minimalis sederhana yang dapat menjadi inspirasi dalam membangun atau merenovasi rumah.

Baca juga: Inspirasi Hiasan Dinding Ruang Tamu Minimalis Dan Cara Membuatnya

Bentuk Rumah Minimalis

bentuk rumah minimalis
(Pinterest)

Split-Grow Houses

Split-grow houses adalah bentuk rumah minimalis modern yang masih menyisakan ruang atau lahan untuk kebutuhan di kemudian hari.

Jadi sang pemilik rumah telah merancang rumah secara keseluruhan, hanya saja tidak semua rencana dilaksanakan, melainkan ditunda hingga kebutuhan itu benar-benar tiba suatu hari. 

Bentuk rumah minimalis ini cukup sederhana namun terlihat sangat modern dengan lahan yang cukup luas. Dengan lahan yang luas ini membuat kamu dapat memanfaatkan lahan tersebut untuk hal lain seperti taman, tempat bersantai dan masih banyak lagi.

Pada split-grow houses, rumah dibangun dengan prinsip daya tahan yang lama dan kekuatan yang baik agar jika suatu saat dilakukan pembangunan lagi rumah dapat tetap bertahan atau tidak mudah rusak.

Baca juga: 10 Inspirasi Design Interior Rumah Minimalis Untuk Keluarga Muda Di Lahan Sempit

Rumah Persegi

(Pinterest)

Bentuk rumah sederhana selanjutnya yang dapat menjadi inspirasi adalah rumah persegi. Bentuk rumah yang satu ini sangat sederhana hanya dengan berbentuk persegi tanpa banyak tambahan komponen-komponen lain. 

Tidak seperti kebanyakan rumah di Indonesia yang memiliki atap genteng, rumah persegi ini dibangun tanpa memiliki atap genteng sehingga akan mempermudah dan menambahkan fungsi lain pada bagian atas rumah, misalnya seperti menjadikan bagian atap sebagai taman rooftop dan masih banyak lagi. 

Karena lebih sederhana, pada rumah persegi ini kamu dapat menambahkan jendela atau pintu kaca yang cukup besar agar cahaya dengan mudah masuk ke dalam rumah.

Meski tampilannya sangat sederhana karena bentuknya yang dibuat persegi tanpa banyak tambahan lain, bentuk rumah sederhana ini justru terlihat sangat menarik dan cantik lho!

Baca juga: 10 Desain Dapur Minimalis 2×2 Untuk Lahan Mungil

Rumah dengan Atap Kaca

(Pinterest)

Selain split-grow house dan rumah persegi, inspirasi bentuk rumah minimalis sederhana selanjutnya adalah rumah dengan atap kaca. Ya, atap kaca memang saat ini sering digunakan pada atap-atap rumah minimalis.

Fungsinya adalah untuk membuat cahaya matahari lebih mudah masuk ke dalam rumah, sehingga pencahayaan akan lebih banyak. Bentuk rumah dengan atap kaca biasanya dibuat sederhana dengan model persegi, segi lima atau segitiga seperti bentuk atap rumah yang umum di Indonesia.

Rumah dengan model yang satu ini sangat sederhana namun dapat membuat rumah terlihat cantik, modern dan sehat karena cahaya matahari yang masuk ke dalam rumah. 

Baca juga: Jenis Atap Polycarbonate Beserta Harga Terbarunya

Rumah Geometri

bentuk rumah minimalis
(Pinterest)

Bentuk rumah minimalis sederhana yang dapat menjadi pilihanmu untuk merenovasi atau membangun rumah adalah bentuk rumah geometri. Bentuk rumah minimalis ini memiliki berbagai macam bentuk geometri yang dipadukan menjadi satu. 

Tambahan jendela kaca berukuran besar dan pintu kaca membuat rumahmu tampak lebih modern dan membuat cahaya jadi lebih mudah masuk ke dalam rumah. Selain itu, rumah dengan model ini membuat rumahmu tampak mewah meski sederhana.

Komponen kaca pada bagian jendela dan pintu dengan sedikit pepohonan akan membuat rumah juga terlihat asri dan natural. Dengan adanya pepohonan di rumah, tentunya akan membuat area rumah lebih sejuk dan natural.

Baca juga: Ini Dia Nama dan Bentuk Rumah Adat Kalimantan Barat

Diagonal Flat Roof

bentuk rumah minimalis
(Pinterest)

Inspirasi bentuk rumah minimalis sederhana selanjutnya adalah diagonal flat roof. Bentuk rumah minimalis yang satu ini menggunakan atap datar atau flat roof. Tidak seperti atap kebanyakan rumah di Indonesia yang berbentuk segitiga, atap rumah ini dibuat datar secara keseluruhan atau sebagian.

Meski berbeda, atap datar ini lebih mudah dan material yang digunakan jauh lebih sedikit dibandingkan jika kamu menggunakan atap segitiga pada umumnya. Selain itu material atap flat roof biasanya lebih kuat seperti plat beton atau hanya dengan dak saja.

Baca juga: Inspirasi dalam Membuat Model Rumah Sederhana tapi Indah

Rumah Kontainer

bentuk rumah minimalis
(Pinterest)

Jika Pins sering melihat kontainer digunakan pada restoran atau kafe-kafe, ternyata kontainer bisa dijadikan sebagai rumah juga lho! Ya, sebenarnya rumah kontainer ini sudah banyak dibangun. Kamu dapat mendesain kontainer sebagus mungkin agar rumah dapat terlihat lebih cantik.

Misalnya kamu dapat memotong satu sisi kontainer dan menggantinya dengan kaca agar cahaya mudah masuk dan membuat tampilan rumah kontainer lebih modern.

Membangun rumah dengan memanfaat kontainer tentunya juga membutuhkan biaya yang lebih sedikit dibandingkan dengan membangun rumah pada umumnya.

Itulah macam-macam rumah minimalis sederhana yang dapat menjadi inspirasimu dalam membangun atau merenovasi rumah. Semoga bermanfaat!

Baca juga:

Koordinator: Aileen

Editor: Syahya Rembulan


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Dapatkan properti idaman melalui program NUP untuk akses eksklusif. Untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti bergabunglah menjadi rekan agen properti bersama kami dan iklankan properti kamu di sini. 

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai properti di Property Academy by Pinhome. Gabung menjadi Rekan Jasa Pinhome melalui aplikasi Rekan Pinhome di App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome PINtar jual beli sewa properti.

Tags :

Bagikan Artikel