Pinhome

  • Blog
  • Lifestyle
  • Ingin Punya Rumah Minimalis Sederhana Bergaya Estetis? Cukup Lakukan Hal Ini!

Lifestyle

Ingin Punya Rumah Minimalis Sederhana Bergaya Estetis? Cukup Lakukan Hal Ini!

Dipublikasikan oleh Jay ∙ 23 June 2020 ∙ 4 menit membaca

Bagi kita yang baru saja memiliki rumah baru, menata rumah minimalis sederhana bisa jadi tantangan tersendiri. Bagaimana ya cara kita menyeimbangkan desain interior rumah dengan kepentingan seluruh penghuni rumah sehari-harinya? Simak artikel berikut ini!

Pinhome – Tak bisa dipungkiri, rumah minimalis sederhana umumnya memiliki ruangan berukuran kecil yang membuat kita kebingungan, lalu bertanya, apakah bisa mengubahnya menjadi fungsional bagi seluruh penghuni rumah. Pins, ada lho beberapa tips jitu yang bisa kamu terapkan ketika mengubah ruangan-ruangan yang sempit menjadi  fungsional, dan tentunya nyaman untuk ditinggali bersama keluarga.

Baca Juga: Inilah 10 Desain Rumah Minimalis 2020 Terkeren! Simak Di Sini!

Berikut ini tips dan trik yang bisa Pins lakukan untuk mendapatkan rumah minimalis sederhana idaman.

1. Hilangkan sekat dan pembatas yang ada di dalam rumah

Tanpa disadari sekat dan pembatas di dalam rumah berukuran minimalis justru akan membuat ruangan semakin terasa sempit. Akan jauh lebih baik untuk menghilangkan sekat dan pembatas yang ada, sehingga membuat ruangan di rumah terhubung satu sama lain. Hal ini dapat memberikan kesan luas dan juga membuat sirkulasi udara di rumah terasa lebih nyaman.

Baca Juga: Desain Rumah Minimalis Yang Sehat

Sebagai contoh, ruang dapur dan ruang makan adalah dua ruangan yang sering digabungkan menjadi satu untuk memberikan kesan luas di dalam rumah. Jika masih memungkinkan, Pins juga bisa menggabungkan kedua ruangan tersebut dengan ruang keluarga. Alhasil, Pins akan memiliki satu ruangan luas serba guna yang bisa membuat rumah minimalis sederhana terasa semakin nyaman.

2. Hati-hati dalam memilih warna

Memilih warna cat dinding rumah yang kita sukai, dan sesuai dengan selera tentunya memiliki pengaruh baik bagi kenyamanan psikologis. Juga sebagai cara memberikan sentuhan karakter personal pada rumah tempat tinggal. Tapi Pins, ada kalanya kita tidak harus memaksakan warna yang kita sukai saja. Pastikan warna yang kita pilih memang cocok diaplikasikan di rumah dengan luas lahan minimalis.

Untuk mendapatkan warna yang tepat, Pins bisa memilih warna-warna terang untuk rumah minimalis sederhana milikmu. Hal ini bisa membuat rumah kita terasa lebih luas. Salah satu warna yang paling sering digunakan adalah warna putih karena merupakan warna terbaik untuk membuat ruangan terasa semakin luas dan juga terang. Pins bisa memilih warna terang seperti krem atau paduan warna muda lainnya.

Jika Pins masih kekeh menginginkan warna gelap, tips nya adalah memakai warna gelap di dekorasi dan aksesoris rumah seperti lampu, karpet, dan lainnya.

3. Pilih bahan material transparan atau bersifat reflektif

Seringkali ruangan yang ada di dalam rumah minimalis terlihat sempit dan sumpek. Salah satu kebiasan yang menyebabkan ini adalah memenuhi ruangan dengan perabotan, furnitur ataupun dekorasi dinding. Agar lebih tertata rapi, ada lho strategi yang tepat pada rumah minimalis sederhana.

Salah satu strategi yang bisa Pins lakukan adalah menggunakan perabotan, furnitur ataupun dekorasi yang bersifat reflektif ataupun berbahan transparan. Karakter bahan ini mampu memberikan efek ruangan yang lebih luas. Pins bisa memilih bahan arkilik, kaca transparan ataupun cermin untuk memantulkan cahaya agar ruangan tidak terasa sesak ataupun sumpek karena perabotan di rumah.

4. Maksimalkan efisiensi dengan barang multi fungsi

Furnitur, perabotan dan dekorasi menjadi salah satu faktor yang bisa membuat rumah minimalis kita terasa sempit. Cobain pakai furnitur multi fungsi, deh. Misalnya meja lipat untuk bekerja yang sangat fleksibel ditempatkan dimana saja, atau sofa bed, yang tidak hanya bisa dijadikan tempat duduk dan berkumpul, tapi juga bisa dijadikan tempat beristirahat.

5. Maksimalkan pencahayaan alami ke dalam rumah

Faktor pencahayaan seringkali terlupakan dari penataan rumah minimalis sederhana. Padahal, pencahayaaan yang cukup tidak hanya membuat rumah terasa lebih nyaman tapi juga terasa lebih luas. Cobalah untuk memaksimalkan jumlah jendela yang ada di rumah atau pintu yang memiliki aksen kaca sehingga cahaya tetap bisa masuk ke dalam ruangan.

6. Hindari penggunaan pola atau tekstur berlebih dan menonjol

Pola atau tekstur yang terlalu menonjol dan berlebihan dapat membuat ruangan rumah kita terkesan berantakan. Kalau memang ingin memilih pola, maka cobalah memakai pola sederhana terlebih dahulu pada karpet ataupun wallpaper ruangan. Pola horizontal juga bisa dijadikan pilihan karena akan membuat dinding kita terkesan lebih tinggi sementara disisi lain pola vertikal bisa membuat ruangan terasa lebih luas, jadi sebaiknya pilihlah pola dan tekstur yang sesuai dengan keadaan rumahmu ya.


Temukan beragam pilihan rumah terlengkap di Daftar Properti & iklankan properti Kamu di Jual Properti. Bergabunglah bersama Kami di aplikasi Rekan Pinhome untuk Kamu Agen properti independen atau Agen kantor properti. Download aplikasi Rekan Pinhome melalui App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan Kamu kemudahan membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Tags :

Bagikan Artikel