Pinhome

  • Blog
  • Tips Properti
  • Ingin Menerapkan Feng Shui? Lakukan Ini Pada Denah Rumah Minimalis Milikmu!

Tips Properti

Ingin Menerapkan Feng Shui? Lakukan Ini Pada Denah Rumah Minimalis Milikmu!

Dipublikasikan oleh Pinhome ∙ 17 January 2021 ∙ 5 menit membaca

Tidak hanya denah rumah minimalis biasa, denah yang digambar berdasarkan Feng Shui sudah ditata sedemikian rupa agar bisa memberikan keuntungan pada seluruh penghuni rumah. Tidak hanya dibuat berdasarkan keindahan, perencanaan denah rumah minimalis yang dikombinasikan dengan Feng Shui juga mempertimbangkan setiap elemen dan peletakkan ruang satu dengan ruang lainnya. Menarik bukan? Yuk cari tahu lebih banyak!

Sebagai perkenalan singkat, Feng Shui adalah ilmu topografi dari Tiongkok yang cukup memberikan pengaruh besar dan positif bagi aspek-aspek kehidupan para penganutnya. Salah satu pengaruhnya adalah ketika membangun rumah.

Feng Shui dalam denah rumah minimalis mengajarkan tata letak terbaik pada setiap ruangan, menyesuaikan rumahmu dengan alam agar mampu menciptakan rumah yang tidak hanya berfungsi dengan baik tapi juga sehat, nyaman dan tentunya memberikan energi positif kepada setiap penghuni rumahnya. Denah rumah minimalis yang dibuat berdasarkan pertimbangan Feng Shui juga memberikan aura-aura yang memunculkan keberuntungan.

Nah, untuk bisa mewujudkan denah rumah minimalis yang sesuai, Pins sebaiknya memperhatikan beberapa aspek berikut:

1. Perhatikan bentuk kavling rumahmu

Denah Rumah Minimalis
(pexels.com)

Menurut ilmu Feng Shui, kavling yang baik adalah berbentuk persegi panjang. Tidak hanya itu saja, sebisa mungkin kavling yang dipilih adalah yang tidak mengecil ke arah belakang.

Baca juga: 5 Mitos Rumah Tusuk Sate, Apa Saja?

2. Perhatikan kontur tanah

Denah Rumah Minimalis
(homestolove.com)

Dalam Feng Shui, kontur tanah yang sesuai untuk hunian rumah adalah yang bagian belakangnya lebih tinggi. Kenapa? Karena kontur tanah yang semakin tinggi ke bagian belakang dapat memberikan kemakmuran lebih kepada seluruh penghuni rumahnya.

3. Jangan sembarangan menata

Denah Rumah Minimalis
(dwell.com)

Feng Shui mengajarkan agar kita tidak sembarangan menata setiap detail ruangan ketika akan membangun rumah. Salah satu hal yang paling penting adalah menjaga agar kamar mandi, tangga dan dapur tidak boleh berada di bagian tengah rumah. Hal ini bukan dibuat tanpa alasan, Pins. Dalam Feng Shui, sangat disarankan untuk melakukan pemisahan antara unsur panas dan unsur dingin. Hal ini penting untuk dilakukan demi mengundang lebih banyak keberuntungan.

Di dapur biasanya oven, kulkas dan microwave diletakkan berdekatan, hal ini bagus untuk mendapatkan Feng Shui positif. Apalagi jika diletakan tanaman di antara barang-barang tersebut. Satu hal lagi, akan jauh lebih baik bila memposisikan unsur dingin kulkas menghadap timur, sementara kompor, oven dan microwave dengan unsur panasnya menghadap ke arah utara. Kompor dan wastafel mewakilkan api dan air, jadi berikan jarak antara keduanya.

Baca juga: Kamar Mandi Feng Shui, Apa Saja?

4. Letakkan pintu masuk dengan baik

Untuk urusan pintu masuk utama, Pins harus camkan bahwa arah pintu masuk utama harus disesuaikan dengan perhitungan angka KUA Feng Shui yang memang terbaik bagi para seluruh penghuni rumah. Seperti yang kita ketahui, dalam Feng Shui aliran udara dalam rumah mengundang banyak rejeki, dan hal ini dimulai dari pintu masuk rumah. Pintu masuk utama sebagai awal jalan masuk keberuntungan harus dikondisikan selalu lega dan bersih dari berbagai barang-barang yang menghalangi. Jika hal ini bisa dipenuhi, maka energi baik akan semakin mudah masuk ke dalam rumah. Untuk memaksimalkan efeknya, Pins bisa meletakkan cermin yang tentunya tidak lebih besar dari keseluruhan tubuh pada bagian kiri pintu masuk utama. Perubahan kecil ini bisa menarik lebih banyak kekayaan pada seluruh penghuni rumah. Tapi ingat, jangan meletakkan cerminnya pada kedua sisi karena justru membuat aura positif yang ada jadi terpecah dan tersebar.

5. Perhatikan juga waktu pembangunannya

Tahun-tahun jiong merupakan salah satu waktu terbaik untuk mendirikan rumah karena waktu tersebut memberikan banyak keuntungan.

6. Terapkan konsep rumah terbuka

Dalam ilmu Feng Shui, rumah yang terbuka berarti mengundang kemakmuran dan orang-orang dengan pemikiran dan dampak positif. Rumah yang menerapkan konsep terbuka juga mengundang banyak energi positif. Jadi sebisa mungkin, buatlah denah rumah minimalis yang membuat rumah hunian kita nantinya terkesan luas dan juga teratur.

7. Terapkan juga pada kamar tidur

Denah Rumah Minimalis
(pexels.com)

Dalam Feng Shui, usahakan agar bagian kepala tempat tidur tidak menghadap pintu kamar tidur secara langsung karena bisa mengganggu ketenangan istirahat. Posisikan badan saat tidur dengan menghadap ke arah utara ataupun selatan demi mengundang keberuntungan masuk. Satu hal lagi, posisikan bagian kepala tempat tidur agar tidak menghadap langsung ke arah cermin dan jendela kaca yang ada di dalam kamar tidur.

8. Letakkanlah tanaman pada ruang tamu

Denah Rumah Minimalis
(pexels.com)

Penambahan tanaman hias ke dalam ruang tamu sangat berguna untuk menghadirkan suasana harmonis ke dalam ruang tamu. Dalam Feng Shui, kedua elemen ini dipercaya bisa menambah aura dan energi positif yang mengundang banyak rejeki. Jika Pins ingin mempunyai pohon besar di area rumah, pastikan pohon besar itu berada di area timur, timur laut ataupun selatan dari rumah kita.


Nah, itulah beberapa aspek yang perlu Pins perhatikan jika ingin membuat denah rumah minimalis yang baik. Penerapan Feng Shui pada desain dan rumah tidak terbatas kepada kepercayaan semata, Pins. Tujuan dari Feng Shui adalah membuat rumah yang terasa sehat dan juga rapi. Tertarik untuk menerapkannya pada rumah kamu?

Bagi Pins yang sedang bingung mencari rumah yang tepat, ayo temukan beragam pilihan rumah terlengkap di Daftar Properti & iklankan properti Kamu di Jual Properti. Bergabunglah bersama Kami di aplikasi Rekan Pinhome untuk Anda Agen properti independen atau Kantor Properti.

Hanya di Pinhome.id yang memberikan Anda kemudahan membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Tags :

Bagikan Artikel