5 Alasan Menggunakan Jasa Arsitek Desain Rumah Beserta Tips Memilihnya

Dipublikasikan oleh Pandu Pamungkas ∙ January 12, 2023 ∙ 5 menit membaca

Ketika membangun rumah sangat wajar jika Pins ingin mendapatkan hasil yang maksimal. Itulah kenapa jasa arsitek desain rumah sangat diperlukan. Dengan menggunakan jasa arsitek ketika membangun rumah, Pins jadi bisa mengimplementasikan semua ide yang Pins inginkan dan Pins tidak perlu takut ketika mengeksekusi. Karena jasa arsitek desain rumah tidak hanya memberikan gambar dari rumah yang ingin Pins buat. Melainkan mereka juga mengurusi dalam menghitung luas tanah hingga berapa banyak bahan yang diperlukan beserta material yang cocok untuk digunakan dalam membangun hunian Pins.

Nah, kapan jasa arsitek diperlukan. Lalu bagaimana memilih jasa arsitek yang tepat dan benar? Tidak perlu khawatir, Pinhome telah membuat beberapa tips yang bisa Pins terapkan sebelum memilih jasa arsitek desain rumah.

Baca Juga: 

Alasan Pins Harus Menggunakan Jasa Arsitek Desain Rumah

Alasan menggunakan jasa arsitek desain rumah
(Pixabay)

Banyak dari Pins yang tidak ingin menggunakan jasa arsitek karena dirasa cukup mahal. Namun ada alasannya kenapa Pins harus menggunakan jasa arsitek desain rumah.

Mendesain Sesuai Karakter Pins

Pada umumnya, seorang arsitek tidak harus menyediakan rancangan denah rumah. Akan tetapi jika memang diperlukan Pins bisa memintanya untuk membuatkan desain rumah yang sesuai dengan karakter. Selain karena sesuai karakter Pins, desain yang dibuat juga pasti bisa diimplementasikan dengan baik. Jadi Pins tidak perlu khawatir desainnya tidak rasional atau tidak bisa buat.

Menghindari Kesalahan

Dalam membangun rumah, penting bagi Pins memahami peraturan yang berlaku. Misalnya seperti di Amerika Serikat dimana orang hanya boleh membangun rumah dengan desain yang telah ditetapkan oleh pemerintah setempat. Sama halnya di Indonesia, ada banyak peraturan yang berlaku untuk membangun sebuah rumah.

Dengan menggunakan jasa arsitek, mereka akan membantu dan memberikan saran yang tepat. Dengan begitu hunian yang Pins buat tidak akan melanggar peraturan yang berlaku.

Hemat Biaya

Banyak dari Pins yang mungkin tidak ingin menggunakan jasa arsitek dengan alasan menghemat biaya. Jangan salah, menggunakan jasa arsitek desain rumah justru membantu Pins dalam menghemat biaya. Pins tentu tidak bisa membangun rumah sendiri, misalnya ketika membuat desain rumah. Bagi Pins yang tidak bisa membuat desain rumah tentu akan menggunakan freelancer yang harganya tidak murah.

Dengan menggunakan jasa arsitek, mereka akan membantu Pins dalam mendesain rumah. Selain itu jasa arsitek telah berpengalaman. Sehingga perencanaan mereka ketika membangun rumah akan juah lebih matang dan cepat.

Hemat Waktu

Jika Pins menggunakan jasa arsitek, mereka akan membantu mengurusi semua hal bahkan yang terkecil sekalipun. Hal ini bisa membuat Pins bisa fokus untuk bekerja atau melakukan kegiatan lain. Pins hanya perlu memonitor apakah pekerjaan mereka sesuai jalur dan keinginan Pins.

Baca juga: Contoh Denah Rumah Modern Minimalis

Membantu Ketika Mengalami Kendala Selama Proses Pembangunan

Alasan terakhir kenaa Pins harus menggunakan jasa arsitek mereka bisa membantu menangani masalah Pins. Ketika membangun rumah, kerap kali ada masalah yang muncul selama pembangunan. Jika Pins menggunakan jasa arsitek, tentu saja mereka akan membantu dan mencarikan solusi yang tepat untuk menyelesaikan masalah tersebut.

Mendesain sebuah arsitektur rumah membutuhkan perencanaan dan perhitungan yang matang. Jika Pins bukan seseorang yang ahli arsitek atau orang yang memahami desain rumah, maka Pins lebih baik menggunakan jasa desainer atau konsultan untuk membantu dalam mendesain rumah idaman Pins. Tugas seorang desainer tidak hanya sekedar menggambar rumah secara keseluruhan saja, namun juga dapat membantu dalam komposisi ruangan seperti memilih perabotan yang cocok untuk sebuah ruangan. Hal ini tentunya dapat menguntungkan Pins.

Baca juga: Bangun Rumah Dengan Atap Baja Ringan?

Tips Memilih Jasa Arsitek Rumah

tips memilih jasa arsitek desain rumah
(Pixabay)

Pins sudah memahami kenapa Pins harus menggunakan jasa arsitek desain rumah. Namun tidak semua arsitek bisa Pins ajak kerjasama. Jika tidak ingin mengalami kesalahan, ikuti tips memilih jasa arsitek berikut ini.

Lakukan Survei Terlebih Dahulu

Sebelum memilih jasa arsitek, lakukanlah survey terlebih dahulu terhadap beberapa arsitek sekaligus. Pins bisa bandingkan hasil kerja mereka dan pengalaman kerja yang sudah pernah mereka kerjakan. Hal ini sangat penting untuk dilakukan karena merekalah yang akan merancang rumah impian Pins. Dengan melihat hasil karya mereka, Pins dapat mengetahui arstiek mana yang dapat menghasilkan desain seperti yang Pins inginkan.

Baca Juga: Simak, Cara Membuat Desain Rumah Bagus

Memastikan Keaktivan dan Profesionalitasnya

Pastikan juga arsitek yang Pins hire merupakan anggota dari sebuah organisasi profesional seperti IAI (Ikatan Arsitek Indonesia) ataupun organisasi yang lainnya. Jika seorang arsitek tergabung dalam sebuah organisasi profesional, maka dia akan melakukan pekerjaannya dengan standar yang tinggi.

Cari tahu juga proyek yang sedang mereka kerjakan. Seorang arsitek yang handal biasanya memiliki banyak proyek dan bisa saja rumah Pins merupakan proyek yang kesekian kalinya buat mereka. Oleh karena itu pastikan rumah Pins merupakan salah satu prioritas utama mereka. Pins tentu tidak ingin rumah yang dibangun tidak sesuai ekspektasi Pins.

Baca Juga: Inspirasi Desain Rumah Minimalis 2021

Perhatikan Fee yang Dibutuhkan di Awal Sampai Akhir

Biasanya seorang arsitek memasang fee sekitar 5-10% dari total anggaran. Jadi semakin mahal biaya mereka, maka semakin besar pula fee untuk arsitek tersebut. Oleh karena itu, lakukan perjanjian dengan arsitek dalam perhitungan biaya dan fee agar nantinya biaya yang Pins keluarkan tidak berubah. Jangan lupa membahas apabila biaya berubah, apakah fee juga akan berubah.

Itulah 5 alasan kenapa Pins harus menggunakan jasa arsitek dan tips memilihnya. Ingat meskipun Pins sudah menggunakan jasa arsitek, Pins juga tetap sesekali memonitor pekerjaan mereka. Semoga bermanfaat.

Baca Juga:


Temukan beragam pilihan rumah terlengkap di daftar properti & iklankan properti kamu di Jual Beli Properti Pinhome. Bergabunglah bersama kami di aplikasi Rekan Pinhome untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti. 

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai Properti di Property Academy by Pinhome. Download aplikasi Rekan Pinhome melalui App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Tags :

Artikel Pilihan

Berita Pinhome
Berita Pinhome Hadir di Denpasar, Pinhome Home Service Solusi Satu Langkah Mudah Bersih-Bersih Rumah

Jakarta, 9 Juli 2021 – Layanan Pinhome Home Service (PHS), hasil kolaborasi Pinhome dengan PT. Ap

Berita Pinhome
Berita Pinhome Hadir di Bandar Lampung dan Yogyakarta, Pinhome Home Service: Solusi Satu Langkah Mudah Bersih-bersih Rumah

Jakarta – Layanan Pinhome Home Service (PHS), hasil kolaborasi Pinhome dengan PT. Aplikasi 

Berita Pinhome
Berita Pinhome Buka Booth Free Massage di Acara CoHive Pop Up Market, Layanan Pinhome Home Service Diminati Lebih dari 150 Orang

Jakarta, 14 Juli 2022 - Pinhome selaku e-commerce properti, penyedia jasa rumah tangga, dan gaya hi

Berita Pinhome
Berita Pinhome KPR Lewat Pinhome, Agen Properti Bisa Klaim Seluruh Komisi!

Jakarta, 9 Agustus 2021 – Pinhome sebagai e-commerce properti memiliki misi untuk menjadikan prop

Berita Pinhome
Berita Pinhome Mau Bangun Usaha? Berikut Tips Pengecekan Properti untuk Tempat Usaha dari Pinhome

Jakarta, 1 November 2021 – Memahami aspek hukum pada properti merupakan hal yang krusial sebelum

Artikel Terkini

Lifestyle
Lifestyle 13 Rekomendasi Aplikasi Belanja Online Terbaik

Seiring berkembangnya teknologi, belanja kebutuhan sehari-hari menjadi sangat mudah. Saat ini banya

Finansial
Finansial Mau Tahu Perbandingan Bunga KPR di 10 Bank Ternama Ini?

Per Januari 2023, banyak bank yang menawarkan suku bunga KPR yang rendah. Setidaknya, terdapat 10 b

Finansial
Finansial Masa Berlaku BI Checking Hanya 5 Tahun? Apa Benar?

BI checking adalah salah satu hal yang dipertimbangkan lembaga keuangan bank pada saat nasabah meng

Gadget
Gadget 12 Rekomendasi HP Xiaomi 3 Jutaan Terbaik di Kelasnya

Menyiapkan anggaran Rp3 jutaan untuk membeli handphone merupakan budget yang cukup. Paling tidak, P

Arsitektur & Desain
Arsitektur & Desain 5 Desain Rumah Kayu Ulin yang Mewah

Memiliki rumah dengan nuansa alami yang sejuk dan segar sepertinya terlihat sangat menyenangkan, ya

Ikuti Media Sosial Kami

Pinhome Indonesia