Pinhome

  • Blog
  • Properti
  • Alat untuk Menggambar Rumah, Desain, dan Denah Arsitektur

Alat untuk Menggambar Rumah, Desain, dan Denah Arsitektur

Dipublikasikan oleh Pinhome ∙ 25 October 2021 ∙ 3 menit membaca

Mau menggambar rumah? Apa saja macam-macam alat yang digunakan untuk menggambar rumah? Ini rahasianya!

Uraian dibawah ini mungkin dapat memberikan gambaran tentang peralatan yang digunakan oleh seorang arsitek dalam membuat desain rumah.

Menggambar rumah dapat menggunakan cara manual maupun dengan bantuan software komputer yang masing-masing membutuhkan peralatan yang berbeda.

Baca juga:

Alat Untuk Menggambar Rumah Manual

alat untuk menggambar rumah
(Shutterstock)

Pensil Mekanik Khusus Gambar

Pensil mekanik digunakan untuk menggambar sketsa, atau menggambar rumah sebelum dipertebal dengan menggunakan tinta rapidho.

Hal ini untuk memudahkan apabila ada revisi gambar yang masih dapat dihapus menggunakan setib, ukuran pensil mekanik sendiri bermacam-macam di pasaran dengan ukuran milimeter.

Baca juga: Membuat Gambar Rumah Sebagai Perencanaan Rumah

Bolpoin / Rapidho

Ukuran rapidho dari dapat kita temui dipasaran dari mulai 0.1 mm, 0.2 mm, 0.5 mm, 0.7 mm, 1 mm , masing-masing jenis rapidho tersebut berfungsi untuk membuat berbagai macam ketebalan garis.

Misalnya, rapidho ukuran 0.1 mm digunakan untuk membuat garis arsiran karena menghasilkan coretan garis yang tipis, harga masing-masing ukuran bolpoin tersebut sekitar Rp.100.000.

Hal ini mungkin salah satu penyebab banyaknya biaya pendidikan untuk kuliah jurusan arsitektur atau jika dibangku sekolah teknologi menengah adalah teknik gambar bangunan.

Meja Gambar

Meja gambar yang khusus digunakan untuk membuat gambar arsitektur adalah jenis meja gambar yang dapat dilipat sehingga memungkinkan seorang arsitek untuk membuat gambar dengan cara berdiri maupun dengan duduk.

Penggaris Segitiga

Penggaris ini digunakan untuk membuat garis sejajar dalam kegiatan membuat desain rumah, ketegakan serta kerapian setiap garis pada gambar

Penggaris Panjang

Dalam pembuatan gambar desain rumah lebih banyak menggunakan penggaris segitiga dibanding penggaris panjang yang fungsinya lebih banyak digunakan untuk mengukur skala gambar.

Baca juga: 

Jangka

Digunakan untuk membuat lingkaran dengan bantuan penggaris untuk menentukan diameter lingkaran yang akan dibuat.

Alat untuk menggambar rumah manual lainya antara lain:

  • Penghapus / Setib
  • Mal Huruf : Digunakan untuk membuat tulisan huruf yang rapi.
  • Mal lengkung/ pola garis tidak beraturan.
  • Kalkulator

Alat Untuk Menggambar Rumah dengan Komputer

desain rumah autocad

Menggambar rumah dengan komputer dapat lebih memudahkan kegiatan, serta efisiensi peralatan yang digunakan, adapun peralatan yang digunakan untuk menggambar rumah dengan komputer terdiri dari hardware dan sofware yang antara lain:

Seperangkat Komputer Arsitektur

Kenapa kita namakan komputer arsitektur, karena komputer yang dapat digunakan untuk membuat gambar rumah harus dengan spefikasi tinggi baik dari segi kecepatan loading maupun kualitas VGA gambar yang dihasilkan.

Sehingga kegiatan menggambar dapat dilakukan dengan cepat serta menghasilkan kualitas gambar yang bagus.

Seperangkat Printer Arsitektur

Printer yang digunakan dalam membuat gambar rumah harus dari jenis printer yang dapat menghasilkan garis serta warna yang baik.

Alat-alat diatas hanya sebagai gambaran, masih banyak peralatan lain yang dapat digunakan untuk membuat gambar rumah, selamat berinovasi dan berkreasi, semoga artiket ini bermanfaat untuk kalian semua!

Baca juga:


Temukan beragam pilihan rumah terlengkap di daftar properti & iklankan properti kamu di Jual Beli Properti Pinhome. Bergabunglah bersama kami di aplikasi Rekan Pinhome untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti. 

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai Properti di Property Academy by Pinhome. Download aplikasi Rekan Pinhome melalui App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Tags :

Bagikan Artikel