BlogPemilik PropertiDesain HunianInspirasi Hiasan Menyambut Ramadhan untuk Mempercantik Rumah
0
0

Inspirasi Hiasan Menyambut Ramadhan untuk Mempercantik Rumah

Dipublikasikan oleh Aileen Velishya dan Diperbarui oleh Achlisia Putri

Apr 4, 2023

6 menit membaca

Copied to clipboard
hiasan menyambut ramadhantop-right-banner

Dalam menyambut bulan Ramadhan kita perlu menghidupkan suasana tersebut menjadi momen yang berkesan. Selain mempersiapkan diri, alangkah baiknya Pins juga mempersiapkan lingkungan rumah yang bertema dengan bulan Ramadhan. Menghias rumah dengan dekorasi yang memberikan kesan terhadap bulan suci ini, salah satunya dengan memajang hiasan dinding bertema Ramadhan.

Pinhome – Bulan Ramadhan merupakan bulan suci untuk umat agama Islam seluruh dunia terutama Indonesia. Bulan Ramadhan mewajibkan kita sebagai umat Muslim untuk berpuasa selama kira-kira 12 hingga 13 jam dari setelah subuh sampai adzan magrib di Indonesia. Maka, persiapan berserta pernak pernik yang tematik juga sering digunakan.

Baca Juga:

Hiasan Menyambut Ramadhan

Dengan datangnya bulan Ramadhan yang satu kali dalam setahun ini membuat kita perlu mempersiapkannya dengan baik. Niat dan semangat serta antusiasme menyambut bulan Ramadhan perlu kita semarakkan di dalam dan di luar rumah. Dengan begitu, kita dapat menjalankan puasa di bulan suci Ramadhan dalam keadaan batin dan jasmani yang siap. Termasuk menyiapkan dekorasi menyambut Ramadhan yang sesuai.

Lentera Desain Nuansa Ramadhan

hiasan menyambut ramadhan

(Pinterest)

Hiasan pertama yang cukup mencolok untuk menghiasi rumah Pins dengan tema bulan Ramadhan adalah dengan meletakkan beberapa lentera yang berbentuk unik. Dari bentuknya sudah sangat mengesankan akan bulan Ramadhan. 

Pins dapat meletakkan lentera atau lampion ini di beberapa spot rumah Pins seperti di anak tangga, digantung di teras rumah, atau ditaruh dekat dengan meja tamu agar menambah keindahan dekorasi ruangan untuk menyambut Ramadhan. Selain indah, lentera ini juga dapat menjadi penerangan tambahan ruangan rumah Pins. 

Pins dapat memilih jenis lampu dari lentera tersebut, jika ingin cukup terang Pins dapat menggunakan lampu jenis LED. Namun jika hanya untuk sekedar menghias, Pins cukup gunakan lampu bohlam kuning yang tidak terlalu terang. 

Baca Juga:

Kalender Ramadhan Multifungsi

(Pinterest)

Hiasan selanjutnya untuk ruangan rumah Pins yang paling tepat supaya menggambarkan kesan bulan Ramadhan adalah dengan kalender edisi bulan Ramadhan. 

Kalender dapat digantung di dinding ruangan sebagai pengingat hari dan penanda akan hadirnya hari Idul Fitri. Penanggalan dalam kalender ini berisikan angka yang menggunakan tulisan angka Arab yang semakin mengesankan bulan Ramadhan. 

Kalender yang selain desainnya yang indah, juga mempunyai fungsi yang beragam. Biasanya kalender edisi bulan Ramadhan juga mencantumkan tanggal dan tahun Hijriyah. 

Terlebih dari itu, kalender ini juga membantu Pins mengingat akan jam sahur dan jam buka puasa yang berbeda-beda setiap harinya. 

Maka dari itu, selain sebagai hiasan, kalender ini juga memiliki banyak fungsi yang dapat membantu Anda sebagai pengingat hari dan waktu.

Baca juga:

Kaligrafi Ayat dan Nama Allah SWT

hiasan menyambut ramadhan

(Pinterest)

Hiasan berikutnya yang dapat Anda gunakan untuk menyambut bulan suci Ramadhan adalah kaligrafi. Kaligrafi merupakan seni tulisan khas Arab yang indah dengan keelokan dalam teknik menulisnya. 

Kaligrafi biasa digunakan pada dinding-dinding masjid atau mushola. Hiasan yang satu ini bisa Pins gantung dengan bingkai foto pada dinding ruang tamu atau di ruang kumpul keluarga. 

Seni tulisan kaligrafi ini sangat menghidupkan suasana bulan Ramadhan dengan ayat-ayat Al Quran yang tercantum atau juga nama-nama Allah SWT. 

Kaligrafi tidak hanya melulu tentang penulisan kalimat suci pada dinding rumah lho. Pins juga dapat menggunakan ornamen kaligrafi yang berbahan plastik akrilik yang berdesain elegan. 

Ornamen tersebut dapat Pins letakkan di meja tamu atau di meja tempat hiasan sehingga sering dipandang oleh mata. 

Baca Juga:

Gantungan Hiasan Ramadhan

(Pinterest)

Memberi gantungan sebagai hiasan bulan Ramadhan dapat menjadi salah satu cara yang tepat untuk Pins aplikasikan pada ruangan rumah Pins. 

Gantungan dapat berupa bungkus ketupat asli namun tidak terisi nasi, gantungan kertas berpola bulan dan bintang, atau dapat juga berbentuk lafadz Allah SWT dan Nabi Muhammad SAW yang dapat Anda gantung pada langit-langit ruangan kamar atau ruang kumpul keluarga. 

Dalam membuat hiasan gantung Pins tidak perlu mengeluarkan biaya banyak untuk membuatnya lho. Untuk bungkus ketupat Pins cukup gunakan kertas HVS yang diwarnai lalu dianyam membentuk ketupat. 

Selanjutnya, jika Pins ingin membuat hiasan gantung seperti bulan dan bintang Pins hanya perlu sediakan kertas origami dan gunting kertas tersebut membentuk pola bulan dan bintang. 

Lalu tempelkan pada tali wol untuk menyangkutkan hiasan ke langit-langit plafon rumah. 

Baca juga:

Bunting Flag Tema Ramadhan

hiasan menyambut ramadhan

(Pinterest)

Hiasan dinding tema Ramadhan untuk mempercantik ruangan yang satu ini termasuk yang paling menarik dan banyak digunakan orang-orang. 

Pada dasarnya bunting flag biasa digunakan sebagai hiasan pada acara ulang tahun seseorang. Gantungan dengan bendera-bendera yang di setiap polanya terdapat huruf yang saling menyambung merangkai suatu kata. 

Membuat Bunting flag ternyata tidak serumit kelihatannya lho. Memang jika Pins lihat, acara yang menggunakan bunting flag terkesan lebih meriah. 

Namun, jika Anda ingin membuatnya tidak perlu repot karena hanya membutuhkan kertas warna, tali wol, gunting, dan lem kertas. Kertas warna bisa Pins potong sesuai dengan pola yang Pins inginkan dan gunting juga huruf-huruf yang ingin Pins rangkai. 

Untuk tambahan Pins juga dapat membuat pola bulan dan bintang agar semakin ramai. Kemudian sambungkan setiap pola yang sudah jadi dengan tali wol yang tersedia. 

Bunting flag ini dapat Pins letakkan pada dinding dekat meja hiasan atau meja makan ruangan rumah Pins. 

Itulah beberapa inspirasi hiasan dinding tema bulan Ramadhan yang dapat mempercantik dekorasi ruangan Pins dan memberi kesan mendalam akan bulan suci ini. Semoga pembahasan di atas dapat bermanfaat dan menginspirasi Pins dalam menghias rumah. 

Baca Juga:


Temukan pilihan rumah terlengkap di Aplikasi Pinhome. Dapatkan properti idaman melalui program NUP untuk akses eksklusif. Untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti bergabunglah menjadi rekan agen properti bersama kami dan iklankan properti kamu di sini.

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai properti di Property Academy by Pinhome. Gabung menjadi Rekan Jasa Pinhome melalui aplikasi Rekan Pinhome di App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome PINtar jual beli sewa properti.

Last Edited: Voni Sri Wijayanti

Copied to clipboard
bottom-sidebar-banner
left footer bannerright footer banner
left footer bannerright footer banner

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok
          sticky banner
          sticky banner
          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download