BlogPemilik PropertiDesain Hunian9 Desain Apartemen Tipe 36 yang Simple
0
0

9 Desain Apartemen Tipe 36 yang Simple

Dipublikasikan oleh Nabila Azmi dan Diperbarui oleh Nabila Azmi

Jul 7, 2023

7 menit membaca

Copied to clipboard
desain apartemen tipe 36top-right-banner

Apartemen tipe 36 adalah pilihan yang populer bagi mereka yang tinggal di perkotaan, misalnya apartemen di Jakarta Pusat dan sekitarnya. Dengan luas terbatas, penting untuk merancang desain apartemen tipe 36 yang efisien dan fungsional tanpa mengorbankan gaya dan kenyamanan.

Jika Pins berencana membeli apartemen, misalnya Daan Mogot City, dengan luas 36 meter persegi, desain di bawah ini adalah pilihan tepat. Kamu bisa memilih beragam desain apartemen yang simple, tapi tetap menarik dan fungsional. Simak daftar rekomendasinya di sini!

Rekomendasi desain apartemen tipe 36 yang simple

Selain rumah tapak, apartemen kini kerap menjadi pilihan untuk orang yang ingin punya tempat tinggal di tengah kota. Hal ini juga berlaku ketika seseorang tengah mengajukan KPR dan menunggu rumah tapaknya selesai dibangun.

Sayangnya, apartemen di tengah kota seringkali hanya menawarkan lokasi strategis, tanpa area yang cukup luas. Contohnya, apartemen tipe 36 merupakan salah satu tipe apartemen yang paling sering banyak ditawarkan.

Mengingat lahannya terbatas, Pins perlu memilih desain apartemen tipe 36 dengan tata ruang khusus yang memaksimalkan setiap area. Hal ini bertujuan agar kamu dan anggota lainnya bisa tetap nyaman di ruangan yang terbatas. Berikut ini beberapa rekomendasi desain interior apartemen 36 yang sederhana dan patut dicoba!

Baca juga: 18 Desain Apartemen Studio Minimalis Bikin Nyaman

1. Desain apartemen dengan 2 kamar

desain apartemen tipe 36
Source : Scmp

Desain apartemen tipe 36 dengan layout ini biasanya terdiri dari 2 kamar tidur, 1 ruang tamu sekaligus ruang keluarga. Tidak lupa pula 1 dapur, dan 1 kamar mandi yang berada di area luar kamar.

Desain untuk tipe ini memerlukan tatanan khusus karena area yang cukup terbatas. Untuk mendesain apartemen 2 kamar ini kamu bisa coba mencoba gaya desain di atas.

2. Desain apartemen dengan interior dan furnitur khusus

Source : Archello

Apartemen tipe 36 dengan model 2 kamar biasanya memerlukan furniture khusus untuk memaksimalkan setiap area yang ada atau biasa disebut juga dengan smart furniture. Pemaksimalan desain interior biasanya diutamakan pada area ruang keluarga dan dapur. Dengan adanya interior khusus, setiap area di ruangan tidak menjadi sia-sia.

Area ruang keluarga juga bisa dimaksimalkan untuk rak-rak tempat penyimpanan. Namun, Pins perlu menyiapkan budget khusus untuk membuat smart furniture agar apartemen dengan ruang terbatas ini bisa maksimal.

3. Desain apartemen tipe 36 dengan cat warna terang

desain apartemen tipe 36
Source : Home World Design

Desain apartemen bisa dibuat menarik pula dengan cara memberi pewarnaan cat dinding yang sesuai dengan ruangan. Penggunaan cat dinding berwarna terang untuk area ruang publik, khususnya ruang keluarga, membuat ruangan terlihat lebih luas.

Bagian dinding di area ruangan ini juga sebaiknya ditata dengan penggunaan dekorasi seminimal mungkin. Hal ini bertujuan menghindari kesan ruangan yang terlalu padat. Selain itu, pengaplikasian cat warna terang ini berlaku untuk warna cat furniture ataupun interior kamu ya Pins.

Baca juga: 10 Ide Interior Ruang Tamu Apartemen Mewah Warna Pastel

4. Desain apartemen yang fleksibel

Source : Womens Weekly

Salah satu alternatif desain apartemen tipe 36 dengan model 2 kamar adalah dengan membuat area ruang keluarga bisa menjadi lebih fleksibel. Seperti contohnya adalah membuatnya serbaguna tidak hanya untuk tempat bersantai. Pada area ruang keluarga model ini bisa dialihfungsikan menjadi area tidur untuk tamu.

Penggunaan desain smart furniture seperti pada contoh di atas sangat menghemat tempat. Sofa bersantai bisa sekaligus digunakan sebagai tempat untuk tidur.

5. Desain apartemen tipe 36 minimalis

desain apartemen tipe 36
Source : Brit

Layout untuk desain apartemen tipe 36 dengan model 2 kamar biasanya cenderung lebih sempit di area publik. Sebagai alternatif desain, ada baiknya menggunakan furnitur yang fleksibel ataupun furnitur yang tidak memakan banyak ruang. Salah satunya adalah furnitur bergaya minimalis.

6. Desain apartemen 1 kamar

Source : Planet of Hotels

Selain dengan model apartemen 2 kamar, tata ruang dari apartemen tipe 36 juga hadir dengan tipe layout 1 kamar. Pada tipe ini, kamu bisa lebih bereksplorasi dalam melakukan desain apartemen tipe 36.

Tipe apartemen seperti ini biasanya hadir dengan 1 kamar tidur, 1 ruang tamu mencakup ruang keluarga, 1 dapur dan juga 1 kamar mandi. Dengan tipe apartemen 1 kamar ini kamu bisa lebih leluasa dalam mendesain area publik.

Baca juga: 10 Trik Jitu Desain Balkon Apartemen Kecil

7. Desain apartemen 36 dengan mezzanine

desain apartemen tipe 36
Source : Brickunderground

Apartemen tipe 36 dengan model 1 kamar seringkali dibuat dengan desain unik seperti penambahan mezzanine atau dibuat seperti memiliki 2 lantai. Area bawah dibuat untuk area publik, sedangkan area privat atau kamar tidur dibuat di atas.

Penggunaan model seperti ini dapat memaksimalkan interior apartemen untuk rak penyimpanan yang pastinya tidak sedikit. Namun hal yang perlu diperhatikan adalah ceiling apartemen kamu yang cukup tinggi untuk dibuat menjadi 2 lantai ya Pins!

8. Desain apartemen dengan sekat kaca

Source : Idesignarch

Berbeda dengan tipe studio yang memiliki ruangan kamar tanpa sekat, apartemen tipe 36 dengan model 1 kamar biasanya memiliki ruangan kamar tersendiri. Salah satu desain apartemen tipe 36 yang simpel dan nyaman juga bisa dengan membuat sekat ruangan tidur dengan menggunakan material kaca.

Dengan model desain ini memungkinkan kita untuk bisa melihat ke area ruangan keluarga. Tidak hanya itu, ornamen kaca membuat kesan lowong walaupun ruangan tersekat.

9. Desain apartemen dengan level tinggi

desain apartemen tipe 36
Source : Interiorzine

Desain berikut ini cocok untuk tipe apartemen 1 kamar tanpa penyekat antara ruang kamar dan area publik. Pembuatan level untuk area tidur merupakan salah satu cara pemanfaatan ruang menjadi lebih maksimal.

Penggunaan desain furnitur khusus seperti ini membuat area dibawah kasur dapat dimanfaatkan sebagai storage ataupun lemari pakaian. Dengan begitu, kasur dengan level lebih tinggi seperti ini tidak lagi membutuhkan dipan sebagai pondasi dasar kasur.

Nah, bagaimana Pins inspirasi desain apartemen tipe 36 versi Pinhome kali ini? Dengan desain yang sesuai, area apartemen tipe 36 tetap bisa membuat kamu merasa nyaman bukan? Selain itu, juga bisa membuat kamu tidak bosan dan selalu betah di rumah. Semoga menginspirasi!

Baca juga: 8 Inspirasi Apartemen Minimalis Beserta Keunggulan dan Penataannya


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Cek properti pilihan kami dan temukan keunggulan, fasilitas menarik dan promo menguntungkan lainnya cuma di Pinhome! Cari tahu juga tips penting persiapan beli rumah dan KPR di Property Academy by Pinhome.

Hanya Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Copied to clipboard
bottom-sidebar-banner
left footer bannerright footer banner
left footer bannerright footer banner

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok
          sticky banner
          sticky banner

          © www.pinhome.id

          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download