Pinhome

Desain Apartemen Tipe 36 yang Simple Tapi Tetap Nyaman

Dipublikasikan oleh Ramanda Salsa ∙ 11 November 2021 ∙ 5 menit membaca

Apartemen tidak hanya identik dengan hunian tengah kota, tetapi juga hunian yang cukup terjangkau untuk lokasi strategis. Namun sayangnya, apartemen di tengah kota seringkali hanya menawarkan lokasi strategis, tapi tidak dengan area yang cukup luas. Karena itu apartemen dengan tipe 36 sering kali menjadi pilihan menarik. Desain apartemen tipe 36 pun bisa lebih bermacam-macam sesuai dengan layout yang ada.

Pinhome – Dikarenakan lahan yang terbatas, desain apartemen tipe 36 memerlukan tata ruang khusus yang memaksimalkan setiap area. Hal tersebut berguna untuk kenyaman tempat tinggal dari penghuninya. Walaupun sempit, dengan layout yang baik akan membuat apartemen layak untuk ditinggali. Tipe desain apartemen tipe 36 dengan gaya minimalis berikut ini bisa kamu ikuti Pins!

Desain Apartemen Tipe 36 2 Kamar

(Scmp)

Desain apartemen tipe 36 dengan layout ini biasanya terdiri dari 2 kamar tidur, 1 ruang tamu sekaligus ruang keluarga, 1 dapur, dan 1 kamar mandi yang berada di area luar kamar. Desain untuk tipe ini memerlukan tatanan khusus karena area yang cukup terbatas. Untuk mendesain tipe apartemen 2 kamar ini kamu bisa coba mencoba gaya desain berikut.

Penggunaan Interior Khusus

desain apartemen tipe 36
(Archello) 

Apartemen tipe 36 dengan model 2 kamar biasanya memerlukan furniture khusus untuk memaksimalkan setiap area yang ada atau biasa disebut juga dengan smart furniture. Pemaksimalan desain interior biasanya diutamakan pada area ruang keluarga dan dapur. Dengan adanya interior khusus, setiap area di ruangan tidak menjadi sia-sia. Area ruang keluarga juga bisa dimaksimalkan untuk rak-rak tempat penyimpanan. Namun perlu kamu ketahui, untuk pembuatan interior khusus kamu juga harus mempersiapkan budget tersendiri ya Pins.

Cat Warna Terang

desain apartemen tipe 36
(Home World Design)

Desain apartemen bisa dibuat menarik pula dengan cara memberi pewarnaan cat dinding yang sesuai dengan ruangan. Penggunaan cat dinding berwarna terang untuk area ruang publik khususnya untuk ruang keluarga akan membuat ruangan terlihat lebih luas. Bagian dinding di area ruangan ini juga sebaiknya ditata dengan penggunaan dekorasi seminimal mungkin untuk menghindari kesan ruangan yang terlalu padat. Selain itu, pengaplikasian cat warna terang ini juga berlaku untuk warna cat furniture ataupun interior kamu ya Pins.

Area Ruang Keluarga Yang Fleksibel

desain apartemen tipe 36
(Womens Weekly)

Salah satu alternatif desain apartemen tipe 36 dengan model 2 kamar adalah dengan membuat area ruang keluarga bisa menjadi lebih fleksibel. Seperti contohnya adalah membuatnya serbaguna tidak hanya untuk tempat bersantai. Pada area ruang keluarga model ini bisa dialihfungsikan menjadi area tidur untuk tamu. Penggunaan desain smart furniture seperti pada contoh di atas sangat menghemat tempat. Sofa bersantai bisa sekaligus digunakan sebagai tempat untuk tidur.

Penggunaan Furnitur Minimalis

(Brit)

Layout untuk desain apartemen tipe 36 dengan model 2 kamar biasanya cenderung lebih sempit di area publik. Sebagai alternatif desain, ada baiknya menggunakan furnitur yang fleksibel ataupun furnitur yang tidak memakan banyak ruang. Salah satunya adalah furnitur bergaya minimalis

Desain Apartemen Tipe 36 1 Kamar

desain apartemen tipe 36
(Planet of Hotels)

Selain dengan model apartemen 2 kamar, tata ruang dari apartemen tipe 36 juga hadir dengan tipe layout 1 kamar. Pada tipe ini, kamu bisa lebih bereksplorasi dalam melakukan desain apartemen tipe 36. Tipe apartemen seperti ini biasanya hadir dengan 1 kamar tidur, 1 ruang tamu mencakup ruang keluarga, 1 dapur dan juga 1 kamar mandi. Dengan tipe apartemen 1 kamar ini kamu bisa lebih leluasa dalam mendesain area publik. Seperti pada beberapa contoh di bawah ini!

Konsep Mezzanine

desain apartemen tipe 36
(Brickunderground)

Apartemen tipe 36 dengan model 1 kamar seringkali dibuat dengan desain unik seperti penambahan mezzanine atau dibuat seperti memiliki 2 lantai. Area bawah dibuat untuk area publik, sedangkan area privat atau kamar tidur dibuat di atas. Penggunaan model seperti ini dapat memaksimalkan interior apartemen untuk rak penyimpanan yang pastinya tidak sedikit. Namun hal yang perlu diperhatikan adalah ceiling apartemen kamu yang cukup tinggi untuk dibuat menjadi 2 lantai ya Pins!

Baca Juga:

10 Desain Rumah Mezzanine Dalam Rumah Hemat Ruang

Penggunaan Sekat Kaca

(Idesignarch)

Berbeda dengan tipe studio yang memiliki ruangan kamar tanpa sekat, apartemen tipe 36 dengan model 1 kamar biasanya memiliki ruangan kamar tersendiri. Salah satu desain apartemen tipe 36 yang simpel dan nyaman juga bisa dengan membuat sekat ruangan tidur dengan menggunakan material kaca. Dengan model desain ini memungkinkan kita untuk bisa melihat ke area ruangan keluarga. Tidak hanya itu, ornamen kaca membuat kesan lowong walaupun ruangan tersekat.

Baca Juga:

Kaca Es: Rumah Tampak Terang Namun Tetap Punya Privasi

Area Tidur Dengan Level Tinggi

(Interiorzine)

Desain berikut ini cocok untuk tipe apartemen 1 kamar tanpa penyekat antara ruang kamar dan area publik. Pembuatan level untuk area tidur merupakan salah satu cara pemanfaatan ruang menjadi lebih maksimal. Penggunaan desain furnitur khusus seperti ini membuat area dibawah kasur dapat dimanfaatkan sebagai storage ataupun lemari pakaian. Dengan begitu, kasur dengan level lebih tinggi seperti ini tidak lagi membutuhkan dipan sebagai pondasi dasar kasur.

Nah, bagaimana Pins inspirasi desain apartemen tipe 36 versi Pinhome kali ini? Dengan desain yang sesuai, area apartemen tipe 36 tetap bisa membuat kamu merasa nyaman bukan? Selain itu, juga bisa membuat kamu tidak bosan dan selalu betah di rumah. Semoga menginspirasi!


Temukan pilihan rumah terlengkap di Aplikasi Pinhome. Dapatkan properti idaman melalui program NUP untuk akses eksklusif. Untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti bergabunglah menjadi rekan agen properti bersama kami dan iklankan properti kamu di sini. 

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai properti di Property Academy by Pinhome. Gabung menjadi Rekan Jasa Pinhome melalui aplikasi Rekan Pinhome di App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome PINtar jual beli sewa properti.

Bagikan Artikel