BlogPemilik PropertiDesain HunianBegini 6 Cara Pasang Pigura Besar di Dinding dengan Mudah
0
0

Begini 6 Cara Pasang Pigura Besar di Dinding dengan Mudah

Dipublikasikan oleh Ade Ardian dan Diperbarui oleh Nur Dwi

Apr 24, 2024

5 menit membaca

Copied to clipboard
Ilustrasi pigura besar.top-right-banner

Cara pasang pigura besar di dinding seringkali dianggap rumit, namun sebenarnya dengan beberapa langkah sederhana. Kamu bisa mengubah dinding kosong menjadi galeri seni pribadi yang menakjubkan.

Pigura besar adalah cara yang fantastis untuk menghias ruang, menambahkan sentuhan pribadi, dan memamerkan karya seni favorit. Dan dalam artikel ini, terdapat 3 mudah untuk memasang pigura besar di dinding.

Akan tetapi sebelum melanjutkan pembahasan yang satu ini, perlu diketahui bahwa salah satu Rumah Ekslusif yang minimalis dan direkomendasikan adalah The Agathis. Untuk mendapatkan informasi lebih lanjut, Kamu cukup mengunjungi PinValue.

Selain itu, Kamu juga bisa mendapatkan berbagai informasi jika ingin hunian perumahan di Depok, sekitar Taman Balekambang atau pun rumah second di Kota Tangerang Selatan yang bisa jadi alternatif.

Baca juga: 10 Kreasi Desain Macrame Wall Hanging untuk Hiasan Dinding Ruangan

Cara Pasang Pigura Besar di Dinding

Source : frameiteasy

Bagi Kamu yang ingin mengetahui tentang cara pasang pigura besar di dinding, berikut adalah penjelasannya:

1. Menentukan Letak Pigura dengan Tepat

Langkah pertama dalam memasang pigura besar di dinding adalah menentukan letak yang tepat. Kamu perlu memilih dinding yang sesuai untuk menampilkan pigura tersebut.

Pertimbangkan faktor-faktor seperti tinggi mata orang yang akan melihat pigura tersebut, pencahayaan ruangan, dan dekorasi lainnya yang ada di sekitar dinding tersebut. Gunakan level atau alat pengukur untuk memastikan bahwa pigura akan tergantung dengan lurus dan rapi.

Sebaiknya tandai titik pusat pigura di dinding dengan pensil atau pita kertas sehingga Kamu tahu di mana tepatnya pigura akan ditempatkan. Dengan demikian, Kamu dapat membuat pigura besar menjadi hiasan dinding simple dan keren.

2. Pilih Perangkat Penggantung

Memilih perangkat penggantung yang tepat adalah langkah penting berikutnya. Terdapat beberapa pilihan, seperti kait pigura, kawat gantung, atau bracket dinding khusus.

Pastikan perangkat penggantung yang Kamu pilih mampu menahan bobot pigura secara aman. Baca petunjuk produsen mengenai berat maksimum yang bisa ditahan oleh perangkat tersebut.

Jika pigura sangat berat, pertimbangkan untuk menggunakan kait dinding yang dipasang di stud dinding untuk memastikan kestabilan.

3. Menggantung dan Meluruskan Posisi Pigura

Setelah menentukan letak dan memilih perangkat penggantung yang tepat, saatnya untuk menggantung pigura. Pastikan untuk menggunakan alat pengukur atau level untuk memastikan pigura tergantung dengan lurus.

Kamu dapat meminta bantuan seseorang agar lebih mudah dalam mengatur posisi pigura. Periksa kembali apakah pigura tergantung dengan baik dan aman.

Jika pigura memiliki multiple frame atau bagian yang harus sejajar, pastikan semuanya sejajar dengan tepat. Namun sebelum dipasang, pastikan dinding bersih dan Kamu tahu cara mudah membersihkan noda di dinding.

4. Letakkan Bingkai Foto Berukuran Besar di Tengah

Cara memasang pigura besar di dinding bisa diletakan pada posisi tengah. Sementara sekelilingnya dapat diletakan pigura berbentuk persegi dengan ukuran lebih kecil. Kesan rapi akan terasa dan mampu memuat lebih banyak pigura foto.

5. Konsepkan Cerita

Buat tema dan konsep cerita seperti meletakan foto-foto perjalanan hidup dengan pasangan. Kamu dapat meletakan foto sejak zaman pacaran, menikah hingga punya anak. Kombinasikan dengan foto prestasi atau momen istimewa lainnya seperti wisuda hingga reuni keluarga.

6. Pasang Foto Berukuran Jauh Lebih Kecil dari Ukuran Bingkai

Cara memasang pigura besar di dinding namun ingin memberikan kesan minimalis dapat memasang foto yang berukuran jauh lebih kecil. Adanya space kosong di sekeliling foto akan membuatnya tampak lebih rapi.

Baca juga: Inspirasi 15 Hiasan Dinding dari Barang Bekas

Kelebihan Memasang Pigura Besar di Dinding

Kelebihan dari cara pasang pigura besar di dinding.
Source : Freepik

Sebelum memasang pigura besar di dinding, perlu juga mempertimbangkan berbagai kelebihannya. Simak selengkapnya di bawah ini:

1. Peningkatan Estetika

Salah satu kelebihan utama memasang pigura besar di dinding adalah peningkatan estetika ruangan. Pigura besar bisa menjadi karya seni yang memukau dan membuat ruangan terlihat lebih indah.

Hal ini bisa menjadi pusat perhatian dan memberikan sentuhan artistik yang kuat pada interior rumah atau ruangan.

2. Personalisasi Ruangan

Pigura besar memungkinkan Kamu untuk mengpersonalisasi ruangan dengan cara yang unik. Kamu dapat memilih gambar atau karya seni yang memiliki makna khusus, sehingga ruangan tersebut menjadi lebih pribadi dan bermakna.

3. Tampak Lebih Besar

Pigura besar dapat menciptakan ilusi optik ruangan yang lebih besar. Hal ini dapat mengubah persepsi ukuran ruangan dengan cara yang positif, membuatnya terasa lebih luas dan terbuka.

4. Dapat Dicocokkan dengan Tema

Pigura besar dapat dipilih sesuai dengan tema dekorasi ruangan Anda. Ini memungkinkan Kamu untuk menciptakan ruangan yang konsisten dalam gaya dan warna, menciptakan suasana yang diinginkan.

Baca juga: 7 Cara Membuat Hiasan Dinding, Dekor Rumah Jadi Lebih Cantik

Kekurangan Memasang Pigura Besar di Dinding

Source : Free3d

Sementara itu, memasang pigura besar di dinding juga memiliki berbagai kekurangan. Diantaranya adalah:

1. Pemasangan yang Sulit

Memasang pigura besar di dinding bisa menjadi tugas yang sulit terutama jika Kamu tidak memiliki pengalaman. Memerlukan peralatan tambahan, seperti perangkat penggantung yang kuat, dan harus memastikan agar pigura tergantung dengan lurus dan aman.

2. Biaya

Pigura besar seringkali lebih mahal daripada dekorasi dinding lainnya. Selain biaya pigura itu sendiri, Kamu juga perlu mempertimbangkan biaya pemasangan jika Kamu membutuhkan bantuan profesional.

3. Keterbatasan Ruang

Pigura besar dapat mengambil banyak ruang pada dinding, yang mungkin tidak selalu cocok untuk semua ruangan. Ini bisa menjadi masalah jika ruang terbatas atau jika Kamu ingin menggantinya dengan dekorasi lain di masa depan.

4. Pemeliharaan

Pigura besar dapat menarik debu dan kotoran, dan membersihkannya bisa menjadi tugas yang cukup sulit terutama jika pigura tersebut memiliki permukaan yang tekstur atau berbahan khusus.

5. Kerusakan Potensial

Memasang pigura besar di dinding dapat meninggalkan lubang atau bekas perekat hingga retak jika Kamu memutuskan untuk menggantinya atau memindahkannya.

Ini perlu diperhatikan jika Kamu menyewa tempat atau jika Kamu ingin menjual rumah di masa depan. Namun jangan khawatir, karena ada solusi jika dinding rumah retak.

Itulah 3 cara pasang pigura besar di dinding yang penting untuk diketahui. Dengan mengikuti langkah-langkah di atas, Kamu dapat memasang pigura besar di dinding dengan mudah dan efektif.

Namun sebelum mengikuti cara pasang pigura besar di dinding di atas, pertimbangkan juga tentang kelebihan dan kekurangan memasang pigura besar di dinding apakah sesuai kebutuhan, preferensi, dan situasi.

Baca juga: Unik Banget! Ini Cara Pasang Dekorasi Piring di Dinding

    Source Feature Image: Freepik


    Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Cek informasi Villa Jatiluhur dan dapatkan hunian idaman kamu sekarang juga. Cari tahu juga tips penting persiapan beli rumah dan KPR di Property Academy by Pinhome.

    Hanya Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

    Copied to clipboard

    Properti Rekomendasi

      Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
      Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
        Rp 181 Juta
        Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
          Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
          Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

          Properti Eksklusif: Green Paradise City

          Parung Panjang, Kab. Bogor
            Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
            Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

            Properti Eksklusif: The Agathis

            Pancoran Mas, Kota Depok
            sticky banner
            sticky banner

            © www.pinhome.id

            Pinhome App

            Coba Aplikasi Pinhome

            Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
            Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

            iOS PCA DownloadAndroid PCA Download