BlogPemilik PropertiDesain Hunian7 Cara Membuat Hiasan Dinding, Dekor Rumah Jadi Lebih Cantik
0
0

7 Cara Membuat Hiasan Dinding, Dekor Rumah Jadi Lebih Cantik

Dipublikasikan oleh Nabila Azmi dan Diperbarui oleh Nabila Azmi

Jun 16, 2023

5 menit membaca

Copied to clipboard
cara membuat hiasan dindingtop-right-banner

Membuat atau menggunakan hiasan dinding di rumah adalah salah satu cara yang efektif untuk memperindah dekorasi rumah. Dinding yang tadinya terlihat kosong dan polos bisa Pins ubah jadi area yang menarik dan penuh gaya. Ini tentu sangat membantu, terutama ketika kamu ingin pasang iklan jual rumah di platform online untuk menarik perhatian calon pembeli.

Maka dari itu, ada beragam cara yang mudah dan sederhana untuk membuat hiasan dinding sehingga rumah jadi lebih cantik. Dengan mengikut panduan di bawah ini, kamu bisa menciptakan suasana unik, seperti rumah di The Icon Acropolis 2.

Cara membuat hiasan dinding di rumah

Dekorasi pada hunian bisa menjadi faktor penunjang estetika. Selain dari desain eksterior, desain interior memainkan peranan penting untuk mengkategorikan, apakah rumah menarik atau tidak. Pasalnya, dekorasi membuat hunian kian hidup dan berwarna.

Salah satu cara untuk menciptakan suasana tersebut adalah membuat hiasan dinding dari rumah, baik dengan barang baru maupun bekas. Penggunaan barang bekas mungkin tidak membutuhkan biaya banyak, sedangkan beli di toko hiasan dinding cenderung lebih praktis. Itu sebabnya, kamu bisa memilih beberapa cara tersebut di bawah ini!

Baca juga: Desain Lampu Hiasan Rumah Terbaik dan Unik

Menggunakan kardus

Salah satu barang yang paling memungkinkan dijadikan hiasan dinding adalah kardus bekas. Kardus yang sudah tidak terpakai bisa PIns buat jadi beragam hiasan sampai perabotan yang menarik. Terlebih lagi, kardus dengan bahan yang tebal menawarkan banyak opsi untuk dijadikan dekorasi.

Misalnya, Pins bisa menyusun kardus dengan baik untuk membuat pondasi yang sempurna, seperti pajangan dinding, bingkai foto, sampai tempat penyimpanan buku. Walau terkesan rumit dan memakan waktu, hasil dekorasi ini pasti akan sangat memuaskan.

Di sisi lain, kardus memiliki material yang kokoh sehingga hiasan dinding milik Pins bisa lebih tahan lama. Jika tertarik mencoba, kamu bisa mempelajari tips membuat hiasan dinding kamar sederhana berbentuk bulan sabit dengan kardus di bawah ini.

  1. Potong kardus membentuk gambar bulan sabit
  2. Warnai kardus dengan cat atau tetap mempertahankan warna asli dari kardus
  3. Tempel kardus pada bagian kamar dengan campuran simbol lainnya, seperti bintang atau hati.

Memakai kertas origami

Siapa yang tidak mengenal kertas origami? Kertas yang penuh dengan warna indah satu ini memang memiliki daya tariknya tersendiri. Hiasan dinding dari kertas origami dapat Pins bentuk menyerupai hewan hingga dilipat menyerupai hal yang kamu senangi. Idenya pun beragam yang dapat disesuaikan dengan tema dalam kamar tidurmu.

Kamu bisa menambahkan material lain, seperti tali maupun ranting ataupun hanya sebatas kertas origami. Bila menggunakan tali, Pins bisa membuat hiasan berbentuk hati pada setiap kertas dan sejajarkan vertikal membentuk gantungan.

Jika memakai ranting, cobalah buat kertas lipat berbentuk burung dan tempel pada ranting yang sebelumnya sudah ditempel. Hasil akhir dekorasi ini mirip burung yang tengah bertengger pada batang pohon, nih.

Memanfaatkan kertas kado

cara membuat hiasan dinding
Source : udsregep

Cara membuat hiasan dinding dari kertas kado menjadi aktivitas termudah dibandingkan membuatnya dari benda lainnya. Pasalnya, kertas kado sudah memiliki motif dan warna yang menarik. Alhasil, kamu bisa menggantung bentuk-bentuk kertas kado di dinding rumah. Selain itu, Pins dapat memilih dari ribuan motif yang tersedia di pasaran maupun menggabungkannya antara satu dengan lainnya.

Jadi, usahakan untuk tidak membuang sisa kertas kado. Bila digabungkan, sisa-sisa kertas kado ini bisa menjadi lukisan artistik. Untuk membuatnya, kamu cukup menggunakan dasar hiasan, misalnya kayu, karton, atau frame. Begini caranya.

  1. Sediakan lem untuk menempelkan kertas kado.
  2. Buat sesuai kreasi.
  3. Tambahkan barang-barang lain yang ada di rumah, seperti kancing, pita, atau kain bekas.

Cara-cara di atas setidaknya membuat gambar artistik pada dinding kian menawan, sama seperti deretan rumah baru di Jakarta Selatan, ya!

Baca juga: 18 Ide Hiasan Kamar Buatan Sendiri, Cepat dan Mudah!

Mengkreasikan diri dengan sedotan

Cara buat hiasan dinding selanjutnya dengan menggunakan sedotan. Sedotan yang tanpa sengaja memenuhi hunian dapat didaur ulang menjadi dekorasi rumah sederhana. Kamu bisa memasangnya pada dinding ruang baca maupun ruang keluarga. Dijamin suasana akan lebih menarik dan menyenangkan.

Jika bingung harus mulai dari mana, begini cara membuat hiasan dari sedotan untuk hunian yang lebih menarik dan cantik.

  1. Siapkan sedotan bekas pakai atau beli yang baru.
  2. Pilih sedotan sesuai dengan motif yang diinginkan atau satu warna sesuai selera.
  3. Lapisi sedotan dengan cat.
  4. Bial sudah siap, bentuk sedotan sesuai dengan pola yang diinginkan.
  5. Tempelkan sedotan di dinding
  6. Tambahkan sedikit pita agar dekorasi semakin cantik

Memakai koran bekas

Selain beberapa barang di atas, Pins bisa mengulik kembali barang-barang di rumah yang sempat disia-siakan. Salah satunya koran bekas. Koran yang memiliki ciri khas warna yang unik, sudah bisa menjadi hiasan dinding yang menarik. Warna monokrom hitam putih yang ditimbulkan kertas satu ini, cocok menghiasi rumah minimalis. Begini caranya.

  1. Lipat koran seperti sebuah kipas membentuk lingkaran penuh atau setengah lingkaran.
  2. Tempel beberapa koran dengan ukuran yang beragam pada salah satu dinding rumah yang kosong.
  3. Gunakan double tape untuk menempel koran untuk mengurangi risiko bekas lem pada dinding.

Membuat dinding tali

Dinding tali adalah cara kreatif untuk menghias dinding dan menampilkan barang-barang favorit kamu. Pasang tali melintang pada dinding dan gunakan klip atau jepitan untuk menggantung foto-foto, kartu pos, atau item dekoratif lainnya. Pins juga dapat menambahkan lampu-lampu kecil untuk memberikan sentuhan hangat pada hiasan dinding ini.

Menggantung koleksi piringan hitam

cara membuat hiasan dinding
Source : Pexels

Bagi Pins yang menyukai musik, cobalah hias dinding dengan koleksi piringan hitam. Gantung piringan hitam favorit menggunakan kait atau rak khusus untuk piringan hitam. Selain menjadi hiasan dinding yang unik, koleksi piringan hitam dapat menjadi topik pembicaraan menarik saat tamu datang.

Nah, itu tadi sederet cara membuat hiasan dinding di rumah agar lebih menarik yang bisa dicoba. Pins bisa memanfaatkan barang-barang bekas yang ada atau membeli barang baru untuk mempercantik rumah. Jadi, mana yang bisa kamu mulai dulu, nih?

Baca juga: 5 Tips Dekorasi Rumah Supaya Tamu Betah Berlama-Lama


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Cek properti pilihan kami dan temukan keunggulan, fasilitas menarik dan promo menguntungkan lainnya cuma di Pinhome! Cari tahu juga tips penting persiapan beli rumah dan KPR di Property Academy by Pinhome.

Hanya Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Copied to clipboard
bottom-sidebar-banner

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok
          sticky banner
          sticky banner

          © www.pinhome.id

          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download