Pinhome

5 Cara Membuat Hiasan Dinding Sederhana untuk Dekorasi Rumah

Dipublikasikan oleh Ramanda Salsa ∙ 23 February 2022 ∙ 5 menit membaca

Dekorasi pada hunian bisa dikatakan faktor penunjang estetika. Suatu hunian dapat dikatakan menarik tidak hanya tampilan dari luarnya saja melainkan tata letak interior di dalamnya. Dekorasi lah yang membuat hunian kian hidup dan berwarna. Cara membuat hiasan dinding sendiri pun masuk dalam kriteria terbaik dalam pemilihan dekorasi.

Untuk Pins yang sedang mencari ide dalam pembuatan dekorasi rumah. Beberapa cara di bawah ini tentu akan membantu Pins mempermudah. Kamu tidak perlu mengeluarkan biaya berlebih hanya dengan mengambil dari barang-barang bekas pakai, maupun hal simpel di rumah. Seperti apa? Simak yuk, cara membuat hiasan dinding sederhana di bawah ini. Pastinya unik dan tidak ada duanya!

Baca juga: Melirik Inspirasi Dekorasi Ruang Tamu Sederhana Tapi Menarik

Cara Membuat Hiasan Dinding dari Kardus

(dictio.id)

Pertama tentunya yang terpikirkan adalah kardus bekas. Barang yang satu ini memang sangat menarik dan kaya manfaat. Kardus yang sudah tidak terpakai, bisa kamu buat menjadi ragam hiasan bahkan furniture menarik! Apalagi untuk kriteria kardus dengan bahan yang tebal, kardus satu ini bisa dibuat berbagai kreasi yang menyenangkan.

Tidak perlu ragu lagi akan kekuatan material kardus, kardus yang disusun dengan baik akan membuat pondasi yang sempurna. Mulai dari pajangan dinding, bingkai foto sampai rak buku anak yang dapat menggantikan tempat penyimpanan buku dalam kamar. Walau terkesan lebih rumit, namun hasilnya pasti akan memuaskan.

Kokohnya material kardus, membuat hiasan dinding milik Pins lebih tahan lama. Tertarik mencobanya? Mulailah dari hal sederhana, seperti mempelajari cara buat hiasan dinding kamar sederhana berbentuk bulan sabit dengan kardus.

Pins bisa memotong kardus membentuk gambar bulan sabit. Setelahnya warnai dengan cat ataupun tetap mempertahankan warna asli dari kardus. Mulai tempel pada bagian kamar dengan campuran simbol lainnya seperti bintang atau hati. 

Hiasan Dinding Dari Kertas Origami

cara membuat hiasan dinding
(craftsy)

Siapa yang tidak mengenal kertas origami? Kertas yang penuh dengan warna indah satu ini memang memiliki daya tariknya tersendiri. Hiasan dinding dari kertas origami dapat kamu bentuk menyerupai hewan hingga dilipat menyerupai hal yang kamu senangi. Idenya pun beragam yang dapat disesuaikan dengan tema dalam kamar tidurmu.

Kamu bisa menambahkan material lainnya seperti tali maupun ranting ataupun hanya sebatas kertas origami. Bila menggunakan tali, cara buat hiasan bisa dengan membuat bentuk hati pada setiap kertas dan dijejerkan vertikal membentuk gantungan.

Namun, bila menggunakan ranting, kamu bisa membuat kertas lipat burung dan ditempel pada ranting yang sebelumnya telah kamu tempel di dinding. Tampilan akhirnya selayaknya burung yang sedang bertengger pada batang pohon.

Cara Membuat Hiasan Dinding dari Kertas Kado

(udsregep)

Cara buat hiasan dinding dari kertas kado menjadi aktivitas termudah dibandingkan membuatnya dari benda lainnya. Kertas kado yang pada dasarnya sudah memiliki motif dan warna yang menarik, bisa Pins gantung pada hiasan dinding dalam hunian. Kamu bisa memilih dari ribuan motif yang tersedia di pasaran maupun menggabungkannya antara satu dengan lainnya. 

Kertas kado sisa membungkus pun jangan segera dibuang. Bila digabungkan juga bisa menjadi lukisan artistik lho! Untuk membuatnya, Pins bisa menggunakan dasar hiasan berupa kayu, karton, ataupun frame yang sudah ada kedudukannya.

Sediakan lem untuk menempelnya dan buatlah sesuai kreasimu. Selain itu, kamu pun bisa menambahkan barang-barang lainnya yang ada di rumah seperti kancing, pita maupun kain bekas. Ini akan membuat gambar artistik pada dinding kian menawan.

Baca juga: 7 Jenis Batu Alam untuk Dinding Rumah Modern

Hiasan Dinding Dari Sedotan

cara membuat hiasan dinding
(thriftyfun)

Cara buat hiasan dinding selanjutnya dengan menggunakan sedotan. Sedotan yang tanpa sengaja memenuhi hunian dapat didaur ulang menjadi dekorasi rumah sederhana. Kamu bisa memasangnya pada dinding ruang baca maupun ruang keluarga. Dijamin suasana akan lebih menarik dan menyenangkan.

Bagaimana cara membuatnya? Pins hanya perlu menyiapkan sedotan bekas pakai ataupun membelinya. Beberapa sedotan kini sudah berwarna cantik dengan motif yang menarik. Namun, bila Pins ingin membuat sedotan satu warna dengan pengaplikasian warna yang diinginkan tentu juga bisa.

Kamu hanya perlu melapisinya dengan cat. Setelah sedotan siap, kamu hanya perlu membentuknya sesuai pola yang pins inginkan dan rekatkan pada dinding. Kamu dapat menambahkan sedikit pita agar dekorasi makin cantik.

Baca juga: Inspirasi 12 Hiasan Dinding dari Barang Bekas

Hiasan Dinding Dari Koran Bekas

cara membuat hiasan dinding
(infoceria)

Selain beberapa barang di atas, Pins pun bisa mengulik kembali barang-barang di rumah yang sempat disia-siakan. Salah satunya koran bekas. Koran yang memiliki ciri khas warna yang unik, sudah bisa menjadi hiasan dinding yang menarik. Warna monochrome hitam putih yang ditimbulkan kertas satu ini, cocok menghiasi hunian minimalis.

Kamu hanya perlu melipatnya seperti sebuah kipas membentuk lingkaran penuh maupun setengah lingkaran. Tempel beberapa dengan ukuran yang beragam pada salah satu bagian dinding rumah yang kosong. Bisa menggunakan double tape. Hal tersebut untuk meminimalisir timbulnya bekas lem pada dinding. Jadi, coba lebih memperhatikan barang-barang di rumah ya, siapa tahu bisa bermanfaat untuk dekorasi.

Itulah ke-5 cara membuat hiasan dinding untuk dekorasi sederhana dalam hunian. Selamat mencoba bersama keluarga di rumah ya!

Baca juga:


Temukan beragam pilihan rumah terlengkap di daftar properti & iklankan properti kamu di Jual Beli Properti Pinhome. Bergabunglah bersama kami di aplikasi Rekan Pinhome untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti. 

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai Properti di Property Academy by Pinhome. Download aplikasi Rekan Pinhome melalui App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Artikel Pilihan

Finansial
Finansial Memahami Pengertian Pajak dan Jenis-jenisnya

Demi berjalannya sebuah negara, seluruh warga negara sebisa mungkin harus ikut berkontribusi. Salah

Berita Pinhome
Berita Pinhome Vasa Jagakarsa Hunian Modern Tropis Strategis Berkonsep Townhouse

Menentukan rumah idaman memang bukanlah perkara mudah. Pasalnya banyak hal yang harus dipertimbangk

Finansial
Finansial Mengenal Analisis SWOT Untuk Mengembangkan Bisnis

Membangun sebuah bisnis yang sukses tidak bisa terjadi dalam semalam. Ada banyak unsur dan juga keg

Properti
Properti 3 Contoh Rumah Idaman dan Populer Saat Ini

Desain atau contoh rumah idaman bagi tiap-tiap orang tentunya tidak sama. Ada yang mendefinisikan r

Properti
Properti Ingin Memilih Lokasi Tempat Tinggal Strategis? Perhatikan Hal Ini!

Memilih lokasi tempat tinggal strategis bukanlah perkara mudah, banyak yang harus kita pertimbangka

Artikel Terkini

Lifestyle
Lifestyle Intip Kediaman Sule di Tambun: Besar Bak Istana!

Siapa tidak kenal dengan Entis Sutisna? Komedian berdarah sunda satu ini kerap dikenal dengan nama

Arsitektur & Desain
Arsitektur & Desain 10 Pagar Lipat Dorong Minimalis dengan Kesan Modern

Pins tentunya sudah sangat familiar dengan pagar. Sejatinya, pagar berfungsi untuk memberikan defin

Arsitektur & Desain
Arsitektur & Desain Jenis-Jenis Atap Kanopi dan Kisaran Harganya

Pins pasti sudah sering mendengar yang namanya kanopi. Iya, penutup atap yang satu ini kebanyakan t

Properti
Properti 6 Contoh Kwitansi Jual Beli Tanah yang Sah

Dalam jual beli property, transaksi yang terjadi memiliki nominal yang sangat besar. Oleh sebab itu

Properti
Properti 5 Rekomendasi Perumahan di Bogor

Kota Bogor sering dijadikan destinasi wisata, terutama bagi orang-orang yang tinggal ibukota. Se

Ikuti Media Sosial Kami

Pinhome Indonesia