Dijamin Bagus, Inilah Cara Membuat Rak Buku Dari Kardus Bekas Pakai

Dipublikasikan oleh Rizko Fatra ∙ 12 June 2021 ∙ 5 menit membaca

Banyak hal dapat kita lakukan di rumah untuk membuat suasana rumah berwarna. Mulai dari mengganti warna cat dinding rumah, mengubah dekorasi pada ruangan, sampai mengganti perabot rumah tangga. Cara-cara ini memang terbukti dapat menambah mood baik saat berada di dalam rumah. Namun, apa Pins pernah terfikir untuk membuat perabot rumah sendiri? Kardus pun bisa diubah menjadi sebuah rak serbaguna. Intip yuk cara membuat rak buku dari kardus bekas pakai di bawah ini!

Pinhome – Bagi kamu dan keluarga yang senang dengan koleksi buku bacaan di rumah. Pasti kalian ingin menaruhnya di tempat terbaik. Rak buku menjadi barang wajib yang harus ada di rumah untuk kamu yang memang sehari-hari tidak pernah terlewat membaca buku. Dengan membuat rak buku sendiri yang tidak ada duanya, koleksi buku keluarga akan lebih spesial dan menarik. Cara membuat rak buku dari kardus mie instan atau kardus bekas lainnya misalnya, dapat kalian adaptasi untuk material rak buku favoritmu.

Baca Juga: Cara Membuat Kerajinan Dari Kardus Bekas Yang Mudah

(Bobvila)

Baca Juga: Ini Dia Lemari Bawah Tangga Yang Cocok Untuk Menyimpan Berbagai Barang

Namun pertanyaannya adalah apakah kuat dan tahan lama? Nah, di bawah ini Pinhome sajikan langkah-langkah cara buat rak buku dari kardus bekas pakai yang pastinya kokoh dan tahan lama. Seperti apa? Terlampir ulasannya.

Alat dan Bahan yang Digunakan

  • Kardus bekas pakai yang kokoh dan tebal
  • Gunting/ cutter
  • Penggaris/ meteran
  • Pensil atau pulpen
  • Amplas
  • Lem kardus/ lem tembak/ lem cair atau lem fox
  • Selotip
  • Cat akrilik, kuas, dan wadah
  • Majalah/ koran bekas

Langkah-Langkah Membuat Rak Buku Dari Kardus Bekas

(youtube/momdoesdiy)

Dalam membuat sebuah rak buku unik dari bahan bekas, kamu pertama harus mencari bahan-bahan dan menyiapkan kelengkapannya agar tidak ada yang tertinggal. Pilihlah bahan dasar yang berkualitas baik, agar rak buku dapat bertahan lama. Cara membuat rak buku dari kardus mie instan contohnya, dapat kamu lakukan dengan menempelkan beberapa buah kardus agar kokoh dan kuat.

Gunting dan Lepaskan Bagian yang Tidak Diperlukan

(youtube/momdoesdiy)

Setelah kamu mengumpulkan kardus-kardus yang sudah tidak digunakan, kamu dapat memotong bagian kuping-kuping kardus yang tidak diperlukan. Untuk cara lebih cepat, kamu dapat menggunakan cutter tajam tetapi selalu ingat keamanannya saat menggunakannya ya Pins dan jauhkan dari jangkauan anak-anak.

Pengukuran Awal

(youtube/momdoesdiy)

Pertama buatlah gambar ukuran serta pengaplikasian ukuran tersebut pada kardus yang telah kamu potong. Kamu dapat melakukan pengukuran menggunakan meteran maupun penggaris dan potong sesuai arahan dengan cutter atau gunting yang ada di rumahmu. Kamu dapat melihat ukuran kasar yang dapat kamu contoh pada document yang disediakan oleh Mom Does Diy terlampir.

Lapiskan Beberapa Layer Kardus

(youtube/momdoesdiy)

Kemudian, buatlah 3 lapisan untuk kardus yang dirasa tidak tebal. Cara membuat rak buku dari kardus mie instan yang telah disebutkan di atas, memerlukan banyak lapisan agar kokoh, berbeda bila Pins menggunakan kardus bekas lemari es atau barang-barang elektronik. Kamu dapat menggunakan lem perekat sesuai kebutuhan untuk melapisi semua kardus.

Gunakan Amplas Untuk Pinggiran Kardus

(youtube/momdoesdiy)

Untuk membuatnya aman dan rapi, kamu dapat mengamplas bagian ujung dan pinggiran kardus dengan amplas yang telah disediakan. Ini akan membuat ujung kardus yang tajam menjadi tumpul dan semuanya terlihat rapi. Bila dirasa belum halus, kamu dapat mengamplasnya sesuai keinginan.

Tutup dengan Selotip Bagian Pinggiran Kardus

(youtube/momdoesdiy)

Setelah dirasa halus dan rapi, lapisi kembali semua pinggiran yang telah diamplas dengan selotip agar antar lapisan kardus benar-benar menempel dengan kuat. Ini juga menjadi cara terbaik untuk merekatkan kardus.

Kerangka Rak Buku Siap Dirakit

(youtube/momdoesdiy)

Bila semua kardus sudah terkumpul sesuai pola yang dibuat di awal, berarti ini saatnya kamu untuk merakitnya satu persatu sesuai contoh. Cek kembali dari awal untuk semua pola agar tidak ada pola yang tertinggal dibuat.

Lem Semua Sisi Rak Buku

(youtube/momdoesdiy)

Pasang satu persatu rangka rak buku kardus dengan perekat yang disediakan, dan pastikan agar bagian satu dengan lainnya benar-benar merekat. Pins bisa menunggunya semalaman untuk hasil yang lebih maksimal. Keesokan harinya, kamu bisa kembali mengecek kekuatannya, untuk menghindari adanya salah satu bagian yang terlepas. 

Pengecekan ini dilakukan untuk menghindari adanya kerobohan saat buku sudah mulai ditaruh. Kamu bisa memulainya dengan menggunakan contoh beberapa buku dan Pins tinggal tidur kembali.

Lapisi Dengan Majalah/ Koran Bekas

(youtube/momdoesdiy)

Setelah sudah dirasa kokoh dan mampu menampung buku-buku yang tersedia, kini saatnya beralih ke tahap finishing. Pada tahap ini, kamu memerlukan majalah atau koran bekas untuk melapisi kardus. Mulailah dari bagian pinggir dan ujung-ujung kardus. Setelahnya barulah kamu melapisi pada bagian tengah. Kamu dapat menggunakan lem dalam pelapisan. Contoh cara membuat rak buku dari kardus bekas mie ini memang layak diperhitungkan lho Pins! Cocok sekali untuk menghiasi rumah bergaya industrial.

Perindah Rak Bukumu dengan Menggunakan Cat

(youtube/momdoesdiy)

Langkah terakhir, kamu hanya perlu melapisi seluruh bagian rak buku yang sudah kamu rakit dengan cat yang dapat diaplikasikan pada kardus salah satu contohnya adalah cat akrilik. Warnailah sesuai dengan warna favoritmu dan tempatkan pada sudut ruang baca mu. Selamat mencoba!

Bagaimana Pins, cukup mudah bukan? Selain mengasah kreativitas mu selama berada di rumah, cara membuat rak buku dari kardus mie instan maupun kardus bekas pakai lainnya juga bisa menjadi kegiatan menghibur diri. Cobalah untuk melakukan ragam kegiatan lainnya selama di rumah yang bermanfaat ya!


Temukan pilihan rumah terlengkap di Aplikasi Pinhome. Untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti bergabunglah menjadi rekan agen properti bersama kami dan iklankan properti kamu di sini.

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai properti di Property Academy by Pinhome. Gabung menjadi Rekan Jasa Pinhome melalui aplikasi Rekan Pinhome di App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Koordinator: Ramanda Salsa

Editor: Iko

Tags :

Artikel Pilihan

Berita Pinhome
Berita Pinhome Vasa Jagakarsa Hunian Modern Tropis Strategis Berkonsep Townhouse

Menentukan rumah idaman memang bukanlah perkara mudah. Pasalnya banyak hal yang harus dipertimbangk

Finansial
Finansial Mengenal Analisis SWOT Untuk Mengembangkan Bisnis

Membangun sebuah bisnis yang sukses tidak bisa terjadi dalam semalam. Ada banyak unsur dan juga keg

Properti
Properti 3 Contoh Rumah Idaman dan Populer Saat Ini

Desain atau contoh rumah idaman bagi tiap-tiap orang tentunya tidak sama. Ada yang mendefinisikan r

Properti
Properti Ingin Memilih Lokasi Tempat Tinggal Strategis? Perhatikan Hal Ini!

Memilih lokasi tempat tinggal strategis bukanlah perkara mudah, banyak yang harus kita pertimbangka

Artikel Terkini

Teknik Sipil
Teknik Sipil 16 Motif Keramik Dinding Luar yang Awet

Keramik adalah salah satu material yang sering digunakan untuk lapisan dekorasi dinding. Pins dapat

Teknik Sipil
Teknik Sipil 10 Model Keramik Kamar Mandi Abu-Abu

Interior kamar mandi dapat menggunakan material keramik untuk bagian lantai maupun dinding. Pemilih

Teknik Sipil
Teknik Sipil 10 Desain Roster Keramik Mewah dan Manis

Roster atau lubang angin merupakan ventilasi yang dibutuhkan setiap rumah agar ruangan di dalamnya

Teknik Sipil
Teknik Sipil 12 Inspirasi Keramik Hitam Cocok untuk Ruangan Apapun

Material keramik banyak digunakan untuk melengkapi interior rumah, baik di ruang tamu, kamar, dapur

Lifestyle
Lifestyle Contoh Surat Perjanjian Jual Beli Mobil, Simak Cara Membuatnya!

Ingin membeli mobil? Atau malah sedang ingin menjual mobil yang kamu miliki? Eits, jangan sampai ke

Ikuti Media Sosial Kami

Pinhome Indonesia