10 Desain Rumah Type 45 yang Bikin Keluarga Nyaman

Diperbarui oleh Omri Cristian ∙ December 1, 2022 ∙ 8 menit membaca

Pins, desain rumah type 45 masih lebih memungkinkanmu untuk melakukan ekspresi penataan yang agak luas sesuai selera. Selain itu, rumah type 45 disukai karena beberapa alasan, di antaranya harganya yang terjangkau, ukuran rumah yang lebih simpel, serta model minimalis yang beragam sehingga punya banyak pilihan. Namun, tetap penting untuk Pins dapat mendesain rumah agar nyaman dihuni.

Baca juga: 

Tips Desain Rumah Type 45

Rumah type 45 memungkinkan Pins membersihkan rumah di segala sudut tanpa harus memerlukan bantuan asisten rumah tangga. Selain itu ketika Pins berniat untuk mendekorasi ulang atau mengecat bangunan, Pins tidak perlu mengeluarkan biaya yang banyak karena luas bangunan yang lebih sederhana. Nah, berikut ini tips desain rumah tipe 45 yang bisa kamu pakai untuk model rumah impian.

Tips Desain Rumah Type 45 untuk Interior

desain rumah type 45

Pada bagian depan desain rumah tipe 45 di sebelah dalam tentunya adalah bagian ruang tamu yang bisa kamu tata dengan berbagai tema desain yang kamu sukai. Bisa minimalis modern, modern klasik, dan sebagainya, tergantung dari seleramu.  Desain ruang tamu jangan dibuat terlalu luas karena masih akan ada desain ruangan yang akan ditawarkan selanjutnya. Setelah ruang tamu, maka desain ruang berikutnya adalah ruang keluarga.

Di sini suasananya juga dirancang sesuai selera, tentunya tetap dipadu padankan dengan gaya tema yang kamu terapkan di ruang tamu. Desain interior selanjutnya yang bisa kamu terapkan adalah kamar tidur sebanyak dua buah dengan ukuran sepadan. Rancangan kamar tidur tetap mengacu pada tema ruangan-ruangan lain yang kamu pilih.

Pada bagian akhir desain rumah type 45 interior adalah dapur dan kamar mandi. Dapur dikemas seminimal mungkin, dapur pada desain rumah type 45 bisa difungsikan sebagai ruang makan. Tentunya dengan tetap memperhatikan model desain ruangan yang ada.

Baca juga: 

Tips Desain Rumah Type 45 untuk Eksterior

desain rumah type 45

Untuk desain rumah tipe 45 di bagian eksterior, bisa kamu buat taman di bagian belakang rumah. Taman ditata semenarik mungkin sesuai dengan komponen-komponen yang mendukung keindahan sebuah taman seperti, pohon, bunga, kursi, lampu, aliran air dan sebagainya.

Pada bagian depan rumah desain rumah tipe 45 Pins dapat menambahkan beranda sekedarnya sebagai teras awal menyambut tamu yang berkunjung ke rumah. Beberapa tanaman hias kecil juga bisa dipadukan untuk mempercantik beranda rumah.

Ide Desain Rumah Type 45

Setelah mengetahui beberapa tips desain, apakah Pins masih kebingungan untuk mendesain rumah type 45? Apabila iya, simak beberapa ide desain yang telah Pinhome rangkum di bawah ini:

Desain Rumah dengan Balkon di Sisi-sisi Ruangan

(Dekoruma)

Mempunyai rumah yang simpel menjadi pilihan beberapa orang yang mempunyai mobilitas tinggi. Walaupun rumah berukuran kecil, namun Pins harus tetap memberikan akses udara dan area untuk bersantai. Seperti pada desain rumah di atas, terdapat empat area balkon yang tersebar di penjuru rumah.

Fungsi balkon tersebut bisa menjadi area santai duduk-duduk di sore hari. Pins bisa menambahkan kursi dan tanaman hijau. Selain itu, Pins bisa memberikan ventilasi yang cukup sebagai aliran udara. Di balkon bagian kamar bisa Pins manfaatkan sebagai ventilasi sehingga pertukaran udara akan membuat kamar menjadi sejuk. Pins pun tidak perlu terus-terusan menggunakan AC atau kipas angin.

Baca juga: 9 Inspirasi Model Pagar Balkon Rumah, Cantik dan Klasik!

Desain Rumah dengan Jendela Melengkung ke Luar

(Dekoruma)

Pins dapat membuat sedikit modifikasi pada desain jendela rumah agar tidak dnampak membosankan. Nah, di desain rumah minimalis type 45 yang kedua ini Pins akan melihat bentuk jendela melengkung sehingga berbentuk setengah lingkaran.

Jendela tersebut membuat kamar dan ruang makan menjadi lebih lapang. Selain itu area rumah pun terasa lebih dinamis dan tidak kaku. Penggunaan kaca pun sengaja dibuat full hingga bawah. Pins bisa menggunakan tirai lebar yang menutupi jendela secara keseluruhan di malam hari. Tips penting untuk pemakaian jendela rumah seperti ini adalah pilih kaca anti peluru yang kuat sehingga tidak mudah untuk dibobol orang. Pastikan juga rumah Pins dikelilingi pagar untuk melindungi rumah.

Desain Rumah yang Basic Namun Bikin Nyaman

(Dekoruma)

Terkadang desain basic bisa membuat Pins nyaman. Apabila Pins adalah tipe orang yang hidup mandiri dan mempunyai mobilitas tinggi, maka desain rumah di atas sangat cocok untuk Pins. Satu kamar luas yang terhubung dengan kloset pakaian serta kamar mandi, akan memudahkan Pins dalam beraktivitas di rumah.

Untuk mempermanis rumah, Pins bisa menggunakan warna hijau tosca muda di bagian ruang santai. Pasang juga lukisan hijau dan dirikan balkon di dekat ruang nonton TV agar suasana nyaman makin terasa.

Baca juga: Cara Mendapatkan Rumah Idaman untuk Keluarga

Desain Rumah Minimalis dengan Garasi Mobil dan Taman

(Pinterest)

Siapa bilang desain rumah type 45 tidak bisa bergarasi? Pins tetap dapat mendesain rumah dengan garasi dan taman, namun dengan catatan tetap mengukur kebutuhan dan luas setiap ruangan agar seimbang. Jangan sampai Pins salah hitung, yang ada ukuran taman dan garasi malah lebih besar dari ruangan kamar dan dapur.

Area rumah yang mungil seperti ini, menuntut Pins untuk berpikir kreatif. Pins bisa menggunakan meja makan yang menempel ke dinding seperti bar untuk memastikan dapur tetap luas dan tidak mengganggu mobilitas. DI bagian taman Pins bisa menanam tanaman dalam pot atau polybag. Hindari menanam tanaman pohon yang besar seperti mangga dan rambutan agar tidak memakan luas halaman.

Desain Rumah dengan Kamar Anak Dua Orang

(Komunitas Sikatbis)

Apabila Pins mempunyai anak kembar atau dua anak laki-laki, atau dua anak perempuan maka menyatukan mereka dalam satu kamar tidak ada salahnya. Pins bisa memanfaatkan ini hingga mereka menyentuh bangku sekolah menengah pertama. Untuk menghemat ruangan Piins bisa menghapus sekat pada dapur masak dengan ruang tamu. Di saat yang bersamaan, ruang tamu pun bisa berfungsi sebagai ruang keluarga yang nyaman untuk menonton televisi. Tambahkan balkon dengan tanaman hijau untuk memberikan kesan segar pada rumah Pins.

Baca juga: 17 Inspirasi Desain Air Mancur Minimalis Untuk Taman Rumahmu!

Minimalis Modern dengan Dominasi Biru

rumah type 45
(Pinterest)

Pins bisa memanfaatkan warna biru sebagai cat dinding dan perabotan rumah dan memadukannya dengan elemen kayu agar bisa menciptakan suasana nyaman yang tetap segar. Selain itu, Pins bisa mempunyai 3 kamar tidur dengan desain di atas. Beberapa area yang bisa Pins pangkas seperti ukuran kamar kecil dan menghilangkan area untuk taman.

Sebagai pengganti taman, Pins bisa meletakkan tanaman di beberapa sudut ruangan. Selain itu penggunaan kaca jendela yang lebar perlu dilakukan agar rumah tetap segar dan sejuk karena aliran udara lancar.

Rumah Simpel dengan Dominasi Putih dan Cokelat

rumah type 45
(Dekoruma)

Hal menarik dengan rumah type 45 bisa menjadi sangat atraktif jika Pins paham cara mengelolanya. Contoh rumah di atas bisa menjadi pilihan tepat jika Pins kehabisan ide. Seperti pada type 45 lainnya, rumah di atas tidak ada sekat antara ruang dapur, makan, dan ruang keluarga. Fungsi ruang keluarga lagi-lagi bisa dimanfaatkan sebagai ruang tamu.

Pins bisa juga berkreasi dengan lantai. Seperti yang bisa Pins lihat rumah di atas menggunakan keramik dengan aksen unik di bagian dalam, dan menggunakan marmer cokelat di luar. Jenis pintu utama juga unik sehingga tidak akan membuat Pins bosan.

Baca juga: 10 Inspirasi Design Interior Rumah Minimalis untuk Keluarga Muda di Lahan Sempit

Desain Rumah Krem yang Hangat

rumah type 45
(Deagam Design)

Penggunaan dominasi warna krem seperti di atas tentu akan membuat ruangan tampak hangat. Pins bisa memilih desain rumah di atas sebagai referensi rumah Pins. Untuk memberikan kesan yang berbeda dan agar tidak bosan, Pins bisa membedakan lantai kamar dan di luar kamar. Pemakaian lantai vinyl cokelat seperti kayu membuat kamar Pins lebih berbeda.

Penggunaan warna hitam pada ruang televisi juga memberikan kesan eksklusif dimana ruangan ini cocok untuk menjadi tempat berbicara yang intim antara keluarga atau tuan rumah dan tamu spesial.

Rumah dengan Dominan Warna Putih

Tidak ada salahnya jika Pins menginginkan rumah serba putih apalagi warna ini identik dengan kebersihan, kesucian, dan kepolosan. Hal ini tentunya bisa mewakili karakter bahwa pemilik rumah lebih menyukai hal yang rapi, bersih dan terorganisir dengan baik. Pemakaian warna putih pada cat dinding, keramik dan perabotan membuat rumah semakin luas dan lapang.

Ditambah lagi dengan sekat yang minim sehingga rumah makin teras lebar. Penambahan balkon di belakang rumah juga memberikan fungsi lain dari rumah tersebut. Area balkon bisa menjadi tempat pribadi untuk bersantai atau bercengkrama dengan sahabat atau keluarga.

Baca juga: 10 Tips Siasati Isi Rumah Pertama Lahan Minimalis

Rumah dengan Pemanfaatan Area Belakang

rumah type 45
(Insinyur Bangunan)

Apabila letak rumah Pins berada pada lokasi yang tidak simetris, maka ini menjadi tantangan sendiri. Pins bisa memanfaatkan area belakang menjadi balkon atau ruangan lain yang lebih fungsional. Penggunaan warna cokelat dan krem menjadikan rumah di atas terasa nyaman untuk ditempati. Penempatan dapur di bagian depan dekat dengan ruang tamu memberikan kesan praktis. Desain rumah seperti ini cocok untuk Pins yang berada di area urban dengan mobilitas tinggi.

Nah, demikian tips dan ide desain rumah type 45 yang bisa Pins jadikan referensi. Rumah type 45 rupanya dapat memberi banyak peluang untuk Pins berkreasi dalam menciptakan hunian nyaman. Semoga penjelasan mengenai rumah minimalis type 45 ini bisa membantu Pins saat akan renovasi rumah.

Baca juga:


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Dapatkan properti idaman melalui program NUP untuk akses eksklusif. Untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti bergabunglah menjadi rekan agen properti bersama kami dan iklankan properti kamu di sini. 

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai properti di Property Academy by Pinhome. Gabung menjadi Rekan Jasa Pinhome melalui aplikasi Rekan Pinhome di App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome PINtar jual beli sewa properti.

Tags :

Artikel Pilihan

Berita Pinhome
Berita Pinhome Hadir di Denpasar, Pinhome Home Service Solusi Satu Langkah Mudah Bersih-Bersih Rumah

Jakarta, 9 Juli 2021 – Layanan Pinhome Home Service (PHS), hasil kolaborasi Pinhome dengan PT. Ap

Berita Pinhome
Berita Pinhome Hadir di Bandar Lampung dan Yogyakarta, Pinhome Home Service: Solusi Satu Langkah Mudah Bersih-bersih Rumah

Jakarta – Layanan Pinhome Home Service (PHS), hasil kolaborasi Pinhome dengan PT. Aplikasi 

Berita Pinhome
Berita Pinhome Buka Booth Free Massage di Acara CoHive Pop Up Market, Layanan Pinhome Home Service Diminati Lebih dari 150 Orang

Jakarta, 14 Juli 2022 - Pinhome selaku e-commerce properti, penyedia jasa rumah tangga, dan gaya hi

Berita Pinhome
Berita Pinhome KPR Lewat Pinhome, Agen Properti Bisa Klaim Seluruh Komisi!

Jakarta, 9 Agustus 2021 – Pinhome sebagai e-commerce properti memiliki misi untuk menjadikan prop

Berita Pinhome
Berita Pinhome Mau Bangun Usaha? Berikut Tips Pengecekan Properti untuk Tempat Usaha dari Pinhome

Jakarta, 1 November 2021 – Memahami aspek hukum pada properti merupakan hal yang krusial sebelum

Artikel Terkini

Lifestyle
Lifestyle 30 Ucapan Ulang Tahun Untuk Adik Perempuan Tercinta

Hai Pins, apakah kamu memiliki adik perempuan? Memiliki adik perempuan bisa dibilang menyenangkan a

Gadget
Gadget 15 Rekomendasi HP Realme 2 Jutaan Spesifikasi Gacor!

Rekomendasi HP Realme 2 jutaan terbaik merupakan pilihan varian smartphone yang layak untuk dibeli.

Finansial
Finansial Kenali Apa itu DYOR dalam Crypto dan Cara Menerapkannya

Ada banyak sekali istilah yang mungkin baru pertama kali kamu dengar saat mempelajari investasi seb

Uncategorized
Uncategorized Mengenal Apa itu Crypto Luna atau Terra Luna dalam Crypto

Sektor transaksi digital kawasan Asia mengalami pertumbuhan sangat pesat dengan banyak sekali pemai

Finansial
Finansial Begini Cara Kerja Bitcoin yang Perlu Diketahui Oleh Pemula

Meningkatnya kesadaran masyarakat akan investasi membuat aktivitas tersebut semakin tinggi peminatn

Ikuti Media Sosial Kami

Pinhome Indonesia