Pinhome

  • Blog
  • Hobi
  • 13 Jenis Tanaman Semak yang Dapat Mempercantik Rumahmu

13 Jenis Tanaman Semak yang Dapat Mempercantik Rumahmu

Dipublikasikan oleh Ramanda Salsa ∙ 5 November 2021 ∙ 5 menit membaca

Wilayah halaman rumah biasanya melibatkan kombinasi berbagai jenis tanaman semak dan bunga. Dengan beragamnya ukuran, bentuk, bunga, dan dedaunan yang sangat besar, jenis tanaman semak atau bisa juga disebut jenis tanaman perdu, dapat mengubah lanskap yang kosong menjadi tampilan yang indah dan dinamis.

Pinhome – Tanaman semak sendiri memiliki berbagai model yang cantik. Seperti tanaman semak hijau yang memberikan kesegaran dalam keseharian maupun semak berbunga dengan warna musiman yang dapat membuat halaman lebih berwarna. Ketertarikan dari jenis satu ini memang sangat beragam dengan pilihan yang dapat disesuaikan. 13 jenis tanaman semak pilihan Pinhome di bawah ini akan menambah daya tarik rumah milik kamu. Yuk langsung lihat!

Baca Juga:

5 Jenis Tanaman Pengusir Nyamuk Paling Ampuh

Jenis Tanaman Semak Bunga Tibadadi

(Wikimedia)

Bunga Tibadadi merupakan nama lokal dari jenis tanaman perdu kalanchoe atau juga dikenal dengan cocor bebek. Ciri khas daunnya cukup tebal berwarna hijau dengan bunga merah kecil yang cantik. Bunga tibadadi dapat bertahan dengan asupan air yang cukup rendah, maka dari itu tidak heran tanaman satu ini menjadi jenis tanaman hias rumahan. Tidak hanya itu Pins, tanaman semak ini juga cocok sekali ditempatkan pada daerah tropis seperti Indonesia.

Bunga Pukul Empat

(Greeners)

Bunga pukul empat ini merupakan jenis tanaman perdu yang berasal dari Peru, Amerika Selatan. Bunga pukul empat ini biasa dikenal dengan sebutan Mirabilis Jalapa atau Four O’clock, Sweet Marvel of Peru. Disebut bunga pukul empat karena karakter bunga ini yang mekar sempurna pada pukul empat sore dan akan kembali kuncup ketika fajar. Jenis tanaman semak hias ini memiiki banyak warna-warna indah dan mencolok seperti merah, kuning, putih dan ungu.

Bunga Pagoda

(Redkank)

Bunga pagoda adalah jenis tanaman semak yang dijadikan tanaman hias. Disebut bunga pagoda, karena bentuk bunganya yang bergerombol keatas membentuk seperti piramida dan keluar dari ujung tangkai. Tanaman semak hias ini akan bermekaran secara serentak, dan hanya akan bertahan selama satu minggu saja, setelah itu bunganya akan mulai berguguran.

Jenis Tanaman Semak Gandasuli

(Wikipedia)

Tanaman gandasuli merupakan tanaman semak hias yang bunganya tumbuh di pucuk batang. Sedangkan bentuk daunnya memanjang dengan bagian bawah yang agak berbulu dan tangkai daunnya berlidah. Tanaman gandasuli merupakan jenis tanaman perdu subur di daerah lembab kurang lebih di ketinggian hingga 1900 meter di atas permukaan laut. Selain sebagai tanaman semak hias, tanaman gandasuli juga bisa dijadikan sebagai tanaman pembatas.

Tanaman Philodendron

(Titik Dua)

Tanaman philodendron merupakan jenis tanaman semak yang sering juga disebut sebagai bunga daun karena bentuk daunnya yang indah. Tanaman ini sangat cocok untuk menghiasi area rumah yang sempit. Biasanya jenis tanaman perdu ini diletakkan di dalam pot di sekitar depan pintu rumah.

Jenis Tanaman Semak Rembosa Mini

(Bibit Bunga)

Tanaman rembosa mini adalah jenis tanaman semak yang banyak dijual untuk menghiasi rumah. Sesuai dengan namanya, tanama semak hias ini merupakan tanaman perdu kecil dengan daun yang rimbun dan berbunga putih kecil berbentuk seperti bintang. Rembosa mini ini merupakan tanaman yang sangat tahan panas dan kering, cocok digunakan untuk penutup tanah, tanaman pagar, tanaman border atau pembatas. 

Tanaman Bromelia

jenis tanaman semak
(Athome)

Bentuk tanaman perdu ini sekilas akan mengingatkan kita pada buah nanas, karena memang masih dalam satu rumpun dengan nanas. Daun dari tanaman semak hias ini sangat indah karena memiliki corak dan warna yang beragam. Jenis tanaman perdu ini jika berbunga akan menghasilkan warna-warni merah, merah tua, merah maroon, pink, dan ungu. 

Tanaman Mirten

jenis tanaman semak
(Shopee)

Mirten adalah tanaman bonsai yang populer dijadikan tanaman semak hias. Bunga kecil-kecil yang tumbuh dari tanaman ini sangat menggemaskan berwarna putih dengan beberapa corak berwarna kuning. Tanaman mirten yang mempunyai nama latin Malphigia Caccigera ini bisa tumbuh mudah di pot tanpa memerlukan perawatan khusus lho Pins! Batangnya tidak besar dengan ranting kecil yang menopang bunganya.

Baca Juga:

10 Cara Merawat Bonsai Agar Subur Di Rumah

Tanaman Ekor Tupai

jenis tanaman semak
(Backyardboss)

Tanaman ekor tupai merupakan jenis tanaman semak yang masih satu rumpun dengan asparagus, dengan nama latin asparagus foxtail fern. Ciri khas tanaman semak hias ini adalah memiliki daun kecil yang rimbun dan mengerucut seperti ekor tupai. Perawatan tanaman ekor tupai ini harus ekstra hati-hati, dikarenakan tanamannya ini sangat rapuh sehingga mudah patah. Tanaman ekor tupai juga sebaiknya jangan terkena sinar matahari secara langsung ya!

Bunga Kacapiring

jenis tanaman semak
(Kebun Pedia)

Bunga kacapiring atau yang dikenal juga sebagai gardenia merupakan salah satu tanaman semak hias yang sering digunakan untuk mempercantik pekarangan rumah. Tanaman cantik ini memiliki bunga berwarna putih dan aroma yang harum semerbak. Permukaan dari daun kacapiring ini juga licin dan mengkilap. 

Jenis Tanaman Semak Lili Paris

jenis tanaman semak
(Ilmu Kebun)

Sering disebut dengan nama lili paris, tanaman perdu satu ini ternyata berasal dari Afrika Selatan. Tanaman lili paris dengan nama latin Chlorophytum Comosum termasuk dalam tanaman semak hias yang memiliki daun berbentuk runcing sederhana tetapi sangat disukai oleh banyak orang. Jenis semak hias lili paris ini biasa ditaruh di pot atau di taman.

Tanaman Sutra Bombay

jenis tanaman semak
(Fauna dan Flora)

Terakhir adalah sutra bombay yang tergolong tanaman mudah dalam perawatan. Dengan nama Latin Portulaca Grandiflora, tanaman sutra bombay bukan berasal dari India tetapi dari Amerika Selatan. Bentuk mahkota bunga dari tanaman semak hias ini adalah seperti bunga mawar dalam ukuran kecil dengan warna merah muda, magenta, merah tua, oranye, kuning, dan juga putih.

Nah Pins, itulah beberapa jenis tanaman perdu yang cocok untuk menghiasi halaman rumah kamu. Semoga bisa inspirasi kamu ya!

Baca Juga:

10 Tanaman Hias Kekinian Untuk Mempercantik Halaman Rumah

Temukan pilihan rumah terlengkap di Aplikasi Pinhome. Dapatkan properti idaman melalui program NUP untuk akses eksklusif. Untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti bergabunglah menjadi rekan agen properti bersama kami dan iklankan properti kamu di sini. 

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai properti di Property Academy by Pinhome. Gabung menjadi Rekan Jasa Pinhome melalui aplikasi Rekan Pinhome di App Store atau Google Play Store sekarang!


Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome PINtar jual beli sewa properti.

Tags :

Bagikan Artikel