BlogBerita PinhomeMengenal Konsep Rumah Tumbuh, Keuntungan dan Tipsnya
0
0

Mengenal Konsep Rumah Tumbuh, Keuntungan dan Tipsnya

Dipublikasikan oleh Nabila Azmi dan Diperbarui oleh Voni Wijayanti

Apr 5, 2023

7 menit membaca

Copied to clipboard
konsep rumah tumbuhtop-right-banner

Konsep rumah tumbuh atau growing house sangat umum di Indonesia. Konsep rumah tumbuh adalah proses pembangunan rumah baru dengan membagi prosesnya menjadi beberapa tahap. Cara ini biasanya dipakai oleh pasangan muda atau keluarga yang berjumlah dua hingga empat orang. Alasan membuat konsep growing house adalah karena kondisi keuangan tak memungkinkan untuk membangun rumah secara keseluruhan. Prosesnya pun umumnya diselesaikan dalam jangka waktu yang panjang.  

Pembangunan rumah tumbuh dilakukan dengan menyisakan sedikit lahan yang nantinya akan dikembangkan untuk sebuah ruang di masa mendatang. Melalui konsep growing house, maka bisa disesuaikan dengan budget yang dimiliki dan memaksimalkan lahan yang ada. Misalnya, Pins memiliki sebuah tanah dengan luas 100 m2 dan ingin membangun sebuah rumah. Sayangnya, anggaran yang dimiliki hanya cukup untuk membangun rumah dengan luas 60 m2 saja. Maka, agar penggunaan lahan bisa maksimal dengan budget yang seadanya ini, Pins bisa menerapkan konsep rumah tumbuh.

Baca juga:

Jenis Rumah Tumbuh

Source : Artstation

Konsep rumah tumbuh terdiri dari dua jenis yaitu secara horizontal dan vertikal. Berikut ini penjelasan jenis growing house

Rumah Tumbuh Horizontal

Kalau Pins memiliki lahan luas, maka bisa menerapkan konsep rumah tumbuh horizontal. Untuk bisa menjalankan pembangunan rumah bertahap secara horizontal, pemilik rumah memerlukan lahan setidaknya 2 kali luas bangunan awal. 

Penambahan ruangan secara menyamping menjadikan konsep growing house ini tidak memerlukan pondasi rumah atau struktur bangunan sangat kuat. Namun, lebih baik membiarkan tulang struktur tetap keluar agar memudahkan penyambungan struktur di tahap pengembangan berikutnya. Pembangunan rumah tumbuh horizontal biasanya lebih mudah dan cepat selama pemilik rumah sudah memperhitungkan denah ruangan dengan tepat. 

Rumah Tumbuh Vertikal

Tipe growing house vertikal cocok untuk pemilik rumah yang memiliki luas lahan yang terbatas karena hunian ini tumbuh ke atas atau bertingkat. Maka dari itulah, ketika merencanakan pembangunan jenis ini memerlukan pondasi yang sangat kuat. Tujuannya ketika di masa depan ingin menambah lantai, pemilik rumah tidak perlu lagi membongkarnya dari awal lagi. 

Selain pondasi, pemilik rumah juga harus memastikan kekuatan struktur bangunan lain, termasuk kolom dan balok-balok penunjang di dalamnya.  Jika kekuatan sudah maksimal, pemilik rumah tidak perlu lagi membuang banyak waktu untuk melakukan injeksi beton bertulang pada struktur supaya memperkuat bangunan di tahap pengembangan ruangan berikutnya.

Kelebihan Konsep Rumah Tumbuh

rumah tumbuh
Source : Kompas

Kehadiran konsep growing house menjadi solusi dalam membangun rumah yang diimpikan, terutama bagi Pins yang memiliki keterbatasan anggaran. Tak hanya itu, pembangunan rumah secara bertahap memiliki beberapa keunggulan, antara lain:

Bisa Menyesuaikan dengan Anggaran

Tentu keuntungan utama dari proses membangun rumah tumbuh adalah bisa menyesuaikan kemampuan anggaran yang ada. Ketika budget untuk melanjutkan pembangunan sudah terkumpul, Pins tak perlu membongkar atau merenovasi rumah ulang. Pemilik rumah hanya perlu meneruskan proses pembangunan yang disesuaikan dengan konsep desain dan denah awal.

Pemilik Rumah Bisa Mengatur Sendiri Jadwal Pembangunan

Kelebihan konsep rumah tumbuh berikutnya terkait penentuan jadwal pembangunan. Dengan memilih konsep ini, Pins selaku pemilik rumah, memiliki wewenang dan kontrol penuh untuk bisa menentukan jadwal pembangunan rumah. 

Menariknya, jadwal ini bisa disesuaikan dengan kondisi finansial atau keuangan pemilik rumah. Misalnya, setelah pembangunan tahap awal jadi, Pins bisa melanjutkan pembangunan setelah anak-anak akan tumbuh besar dan membutuhkan kamar tidur khusus di mana saat ini masih bisa menggunakan kamar bersama.  

Lebih Fleksibel dalam Penentuan Kebutuhan Ruangan

Memilih konsep growing house menjadikan para pemilik rumah bisa bebas mengatur dan menentukan kebutuhan ruang sesuai dengan waktunya. Keuntungan ini dapat dirasakan oleh Pins yang memiliki usaha. Jika di kemudian hari membutuhkan lantai tambahan untuk ruang usaha, maka rancangan growing house bisa bermanfaat. 

Dengan cara ini kebosanan desain rumah di kemudian hari bisa diantisipasi sehingga pemilik rumah bisa bebas untuk mencari suasana baru dengan membangun rumah ulang.

Menyesuaikan dengan Tren di Masa Depan

Kelebihan terakhir dari sisi desain di mana konsep pembangunan rumah dapat disesuaikan dengan kebutuhan dan tren di masa mendatang atau futuristik.  Selain itu, dari sisi kenyamanan, rumah tumbuh akan tetap sehat karena tidak memaksakan adanya ruang tambahan dalam lahan yang terbatas, secara struktural dijamin tetap kuat. 

Baca juga: 20 Cara Membangun Rumah Murah yang Bagus

Tips Penting dalam Membangun Growing House

rumah tumbuh
Source : Arch Daily

Jika Pins memutuskan untuk menerapkan konsep growing house, maka ada beberapa hal yang harus diperhatikan. Berikut ini diantaranya:  

Menentukan Arah Perluasan Rumah Tumbuh

Growing house haruslah dibuat secara konsisten sehingga sejak awal sangatlah penting untuk menentukan arah perluasan rumah yang akan dibangun. Caranya, Pins bisa menyesuaikan desain rumah tumbuh dengan luas lahan yang dimiliki. Kalau lahan tidak terlalu luas, maka solusinya bisa merancang rumah yang tumbuh ke atas. Sebaliknya, jika lahan yang dimiliki lebih luas, maka Pins bisa menerapkan pertumbuhan baik secara vertikal maupun horizontal.   

Rencanakan Seluruh Pembangunan Sejak Awal

Sebaiknya, sejak awal perencanaan membangun rumah, apalagi di lahan kosong, konsep rumah tumbuh sudah digagas. Matangnya perencanaan sejak awal sangat mempengaruhi kekuatan struktur bangunan yang akan dikembangkan pada tahap selanjutnya.

Termasuk perencaan pondasi rumah yang harus berdasarkan rumah tahap berikutnya. Boleh jadi pondasi yang dibuat dalam membangun rumah tahap pertama terlalu besar atau terlalu boros. Namun, hal itu merupakan simpanan dikemudian hari agar pondasi rumah mampu menahan beban bangunan ketika selesai membangun rumah bertahap.

Tentukan Skala Prioritas

Setelah menentukan konsepnya, apakah vertikal atau horizontal, Pins bisa menentukan skala prioritas dengan cara menentukan ruangan apa saja yang akan dibangun terlebih dahulu pada tahapan awal seperti kamar tidur, kamar mandi, dan dapur.

Jika lahan terbatas, Pins bisa menciptakan ruang multifungsi seperti membuat ruang tamu sekaligus sebagai ruang keluarga. Untuk memudahkan penentuan skala prioritas ini, Pins bisa membuat denah. Nantinya, denah ini akan dipakai ketika hendak IMB (Izin Mendirikan Bangunan). 

Buat Rencana Anggaran Bangunan Dengan Detail

Apapun konsepnya, anggaran biaya pembangunan menjadi hal penting yang harus diperhatikan. Buat gambaran kasar biaya-biaya yang akan dikeluarkan dalam pembangunan, seperti biaya material dan upah tukang. 

Yang tak kalah penting dalam membuat rumah tumbuh adalah perhitungan di mana terjadinya kenaikan biaya akibat inflasi di masa yang akan datang. Terlebih mengingat pembangunan growing house bisa terjadi dalam jangka waktu panjang hingga bertahun-tahun lamanya.  

Nah, itulah demikian informasi yang bisa disampaikan terkait konsep rumah tumbuh. Konsep ini sangat tepat bagi Pins yang ingin memiliki rumah impian dalam dana dan luas lahan yang terbatas. 

Rencanakan Denah Sejak Awal

Sejak awal, cobalah untuk rencanakan dengan denah rumah secara lengkap, dan kira-kira sejauh mana rumah ini dapat dibangun dengan tetap memperhatikan kesehatan bangunan. Pondasi model rumah tumbuh ini sama seperti pondasi rumah biasa, hanya perlu diperhatikan bahwa pondasi ini harus dapat menunjang pembangunan selanjutnya, misalnya di tingkat.

Prioritaskan Penggunaan Ruang Primer

Prioritas tahap pembangunan merupakan kunci utama untuk model rumah tumbuh, mana yang dibangun pertama dan terakhir saat perluasan. Biasanya denah rumah yang didahulukan adalah ruang-ruang primer seperti ruang tamu, ruang keluarga, ruang tidur secukupnya, kamar mandi dan dapur.

Penataan ruang juga perlu dibuat sedemikian rupa, misalnya perencanaan dimana letak tangga, letak toilet, letak taman, letak tendon air, dan sebagainya. Memang dalam hal ini faktor model rumah sangat menentukan pada awal pembangunan. Setelah rumah inti dibangun, maka selanjutnya pengembangan rumah dapat dilakukan.

Gunakan Furnitur Multifungsi

Konsep interior model rumah tumbuh bisa mengikuti konsep bertumbuh eksteriornya. Dalam arti penataan interior ruangan harus lebih fleksibel, dapat diganti, dirubah dan ditata dengan mudah. Interior rumah tumbuh, sama seperti interior rumah biasa, dapat disesuaikan dengan fungsi ruang yang ada, misalnya ruang duduk, diisi dengan perabot untuk duduk, membaca, dan sebagainya.

Jika Pins ingin konsep pembangunan berjalan dengan baik, sebaiknya menggunakan jasa profesional sejak awal mulai dari arsitek dan jasa kontraktor. Dengan memanfaatkan jasa profesional akan membuat seluruh desain dan konstruksi bangunan tetap berjalan dengan baik sekalipun hanya bisa dikerjakan pada beberapa tahun mendatang. 

Baca juga: Berapa Biaya Jasa Arsitek Rumah? Ini Tips dan Perhitungannya!

Featured image source: interiordesign.id


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Cek properti pilihan kami Perumahan Eastwell Avenue Jakarta Timur dan temukan keunggulan, fasilitas menarik dan promo menguntungkan lainnya cuma di Pinhome! Cari tahu juga tips penting persiapan beli rumah dan KPR di Property Academy by Pinhome.   

Hanya Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Copied to clipboard
bottom-sidebar-banner
left footer bannerright footer banner
left footer bannerright footer banner

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok
          sticky banner
          sticky banner

          © www.pinhome.id

          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download