BlogPemilik PropertiDesain Hunian12 Desain Rumah Tanpa Sekat Mulai dari yang Mungil Hingga Luas
0
0

12 Desain Rumah Tanpa Sekat Mulai dari yang Mungil Hingga Luas

Dipublikasikan oleh Intania Haura dan Diperbarui oleh Intania Haura

Jul 31, 2023

5 menit membaca

Copied to clipboard
Rumah Tanpa Sekattop-right-banner

Mempunyai ukuran tanah yang tidak cukup luas dapat diakali dengan desain rumah yang cocok, salah satunya menggunakan desain rumah tanpa sekat. Sekat di dalam sebuah rumah memang dapat membuat rumah terasa sempit jika ukuran tanahnya tidak cukup luas.

Oleh karena itu trend desain rumah saat ini untuk ukuran tanah yang tidak cukup luas yaitu menghindari sekat antar ruangan. Akan tetapi untuk kamar tidur lebih baik tetap ada sekat agar privasi selalu terjaga.

Desain rumah tanpa sekat biasanya diaplikasikan pada ruang keluarga, dapur, ruang makan, dan ruang tamu. Hal ini bertujuan agar rumah terasa lebih luas, suasana yang lebih nyaman, dan tentunya pencahayaan tersebar lebih merata.

Kamu yang ingin tinggal di rumah eksklusif Pinhome seperti Pesona Ciputih atau rumah second di Bogor lainnya bisa mencari informasi sebagai referensi untuk membeli rumah.  Sementara kamu yang sedang jual rumah juga bisa lewat Pinhome. Yuk cari tahu lebih lanjut.

Baca juga: 

Desain Rumah Tanpa Sekat

Desain rumah tanpa sekat umumnya digunakan pada rumah yang berukuran kecil nyaman. Karena desain yang minimalis ini, pemilik rumah dapat menggunakan setiap sudut ruangan yang ada di dalam rumah lebih maksimal. Berikut beberapa desain rumah tanpa sekat yang bisa kamu jadikan sebagai inspirasi.

1. Dapur yang Menyatu dengan Ruang Makan

Source : Pinterest

Penempatan yang efisien dan cerdas ini dapat diwujudkan dari tata ruangnya. Seperti yang bisa kamu lihat, dapur dan ruang makan di atas menyatu dengan ruang santai belakang rumah. Tone warna yang dipakai di dalam ruangan tanpa sekat ini juga memberikan kesan modern sekaligus minimalis.

2. Ruang Keluarga dan Ruang Tamu yang Menyatu

Source : Pinterest

Desain rumah tanpa sekat berikutnya yaitu dengan menggabungkan ruang keluarga dengan ruang tamu pada bagian belakang rumah. Ruangan akan terlihat lebih luas karena pencahayaan alami yang masuk dari area taman yang berada di belakang rumah.

3. Ruang Keluarga Tanpa Sekat

Source : Pinterest

Walaupun tidak menggunakan sekat, kamu dapat mengaplikasikan beberapa fungsi yang berbeda di dalam ruang tengah. Kuncinya yatu penataan perabotan dan juga pembagian area yang tepat agar rumah kecil terlihat lebih luas.

4. Day Bed Sofa di Tengah Ruangan

Source : Pinterest

Kamu juga dapat menggunakan day bed sofa di dalam ruang tamu yang menyatu dengan meja makan dan dapur di dalam rumah. Hal ini berguna agar ruangan terasa lebih luas akan tetapi tetap efisien dalam kegunaanya.

5. Ruang Kerja di Ruang Tengah

Source : Pinterest

Untuk interior pada rumah yang berukuran kecil, kamu perlu menggunakan perabotan yang mempunyai banyak fungsi sekaligus. Dengan begitu, kamu dapat lebih memaksimalkan setiap sudut yang ada di dalam rumah. Bahkan kamu dapat menata ruang kerja di rumah kecil seperti contoh desain diatas.

6. Vintage Minimalis

Source : Pinterest

Desain berikutnya yang dapat kamu terapkan pada rumah kamu yaitu Vintage Minimalis. Sesuai dengan namanya, vintage minimalis lebih mengutamakan penggunaan perabot lama alias ‘jadul’ yang tetapi memiliki nilai fungsi yang lebih maksimal.

Vintage minimalis merupakan desain yang lebih berfokus pada penataan ruangan dengan beberapa perabot yang memang mempunyai fungsi krusial di dalamnya dan mengurangi penggunaan perabot yang hanya berguna untu keestetikaan saja.

7. Desain Jawa

Source : Pinterest

Masih seputar desain vintage yang trendi akan tetapi masih kental dengan budaya Indonesia, sangat cocok bagi kamu yang suka dengan penataan rumah yang lebih padat dengan perabot jadul.

Walaupun terlihat sederhana, akan tetapi justru harga dari setiap perabotnya mempunyai nilai yang tinggi dan fungsional. Penataan ruangannya dibuat lebih berisi dengan adanya lemari-lemari penyimpanan yang mempunyai gaya khas Jawa.

8. Ruangan Minimalis dengan Mini Bar

Source : Pinterest

Pada ruang tamu yang kecil kamu dapat menggabungkan fungsinya dengan ruang makan. Dengan penggunaan mini bar seperti penataan di kafe-kafe yang dapat membuat terlihat lebih estetik. Penataan ruang gabungan seperti ini dapat memberikan kesan yang lebih praktis untuk saudara atau teman yang berkunjung.

Kamu tidak perlu susah-susah mengantarkan minuman dan makanan pada tamu. Mereka dapat merasa dilayani karena seolah-olah berada di kafe dengan cara yang unik.

9. Minimalis Memanjang

Source : Pinterest

Desain berikutnya yang dapat kamu coba yaitu bentuk desain rumah yang memanjang. Ukuran rumah yang kecil dapat diatasi dengan menggunakan desain rumah yang memanjang, agar semua kebutuhan ruangannya dapat terpenuhi. Pada ruangan yang memanjang ini kamu dapat memasukkan beberapa ruangan menjadi satu area saja.

10. Rak Berlubang

Rumah Tanpa Sekat
Source : Pinterest

Zaman sekarang tipe rak yang lebih sering digunakan yaitu jenis rak dengan lubang yang besar. Jika dibandingkan dengan rak yang tertutup rapat dapat membuat ruangan terasa sempit, rak dengan lubang besar dapat memberikan keindahan yang lebih estetik dan juga lebih menunjukkan keindahan dari barang yang ada pada raknya.

11. Ruang Keluarga Lesehan

Rumah Tanpa Sekat
Source : Pinterest

Desain berikutnya untuk mencipatkana ruangan yang luas pada rumah mungil yaitu dengan membuat ruang keluarga lesehan. Ruang keluarga pada umumnya mempunyai keistimewaan sebagai tempat berkumpulnya anggota keluarga.

Desain ini bisa kamu jadikan pilihan dengan membuat ruang keluarga lesehan. Sehingga kamu tidak lagi memerlukan kursi atau sofa lagi yang bisa membuat rumah kamu terasa lebih sempit.

Kamu dapat menggunakan karpet yang nyaman dengan berbagai perlengkapan. Contohnya bantal yang dapat membuat kamu lebih nyaman.

12. Ruang Keluarga Dijauhkan dari Ruang Tamu

Rumah Tanpa Sekat
Source : Pinterest

Walaupun tanpa menggunakan sekat, kamu dapat memaksimalkan manfaat dari area yang lebar dengan menjauhkan TV dari ruang tamu, hal ini akan membuat rumah terasa tetap luas akan tetapi tetap mempunyai privasi

Itu dia pembahasan tentang desain rumah tanpa sekat, kamu dapat menjadikan beberapa desain di atas sebagai inpirasi bagi kamu yang saat ini masih mempunyai rumah yang mungil. Semoga bermanfaat!

Baca juga:

Source Feature Image: Pinterest


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Cek informasi Paradise Serpong City 2 dan dapatkan hunian idaman kamu sekarang juga. Cari tahu juga tips penting persiapan beli rumah dan KPR di Property Academy by Pinhome.

Hanya Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Copied to clipboard
bottom-sidebar-banner
left footer bannerright footer banner
left footer bannerright footer banner

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok
          sticky banner
          sticky banner

          © www.pinhome.id

          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download