BlogPemilik PropertiDesain Hunian5 Contoh Desain dan Denah Rumah Type 60
0
0

5 Contoh Desain dan Denah Rumah Type 60

Dipublikasikan oleh Aileen Velishya dan Diperbarui oleh Syahya Rembulan

Apr 5, 2023

5 menit membaca

Copied to clipboard
rumah type 60top-right-banner

Hunian memang tersedia dalam berbagai ukuran luas. Hal ini disesuaikan dengan keinginan dan kebutuhan pemilik hunian. Namun umumnya hunian terdiri dari beberapa tipe, salah satunya adalah tipe 60. Mendengar namanya saja mungkin Pins sudah langsung mengetahui bahwa rumah type 60 ini adalah rumah dengan luas 60 meter persegi. 

Pinhome – Namun ukurannya tidak selalu pasti pada setiap rumah. Selain itu biasanya rumah ini juga tidak sepenuhnya memiliki 60 meter persegi. Misal pada rumah dengan type 60/120 maka rumah memiliki luas 60 meter persegi di lahan dengan luas 120 meter persegi. Meski tidak terlalu luas, namun rumah dengan type 60 ini harus didesain sebaik mungkin agar bisa memenuhi kebutuhan ruang kamu dan anggota keluarga. 

Tidak hanya itu, desain yang bagus dan tepat tentu dapat membuat tampilan rumah dengan ukuran yang tidak terlalu luas ini akan lebih cantik dan menarik. Jadi Pins tidak perlu khawatir tidak bisa memenuhi kebutuhan ruang keluarga meski luas rumah terbatas. Nah kali ini Pinhome ingin membagikan informasi mengenai 5 contoh desain dan denah rumah type 60 yang bisa menjadi pilihan kamu jika ingin membangun rumah dengan tipe ukuran ini!

Baca juga: Denah Rumah Tipe 21

Rumah 1 Lantai dengan 2 Kamar

(Pinterest)

Pada desain rumah type 60 yang satu ini, rumah mungkin akan terasa lebih luas karena jumlah kamar yang sedikit. Pins bisa membuat kamar bersebelahan yang dipisahkan oleh kamar mandi. Kemudian, kamu juga bisa meletakkan dapur di bagian belakang rumah dan ruang tamu yang terletak di depan rumah tepat setelah pintu masuk. 

Jika masih memungkinkan, Pins bisa memiliki garasi untuk meletakkan kendaraan bermotor yang kamu miliki. Namun jika tidak memungkinkan untuk membuat garasi, kamu masih bisa membangun teras yang disertai taman kecil minimalis sehingga bisa membuat rumah type 60 kamu terlihat lebih cantik dan rapi.

Rumah 1 Lantai dengan 3 Kamar

(Net House Plans)

Denah rumah type 60 ini mungkin agak terasa lebih sempit dibandingkan dengan desain rumah type 60 sebelumnya. Namun jangan khawatir karena rumah ini memiliki 3 kamar tidur yang mana cocok bagi Pins yang memiliki anggota keluarga sedang. Pins bisa membuat dua kamar bersebelahan yang dipisahkan dengan kamar mandi. 

Selain itu, satu kamar lainnya bersebelahan dengan dapur yang mana dapur terletak di sisi belakang rumah. Sedangkan, untuk ruang tamu terletak di bagian depan rumah tepat setelah pintu masuk rumah. Pins bisa membuat ruang tamu dan dapur saling berhadapan namun tanpa sekat sehingga akan memberikan kesan ruangan yang lebih luas.

Rumah 2 Lantai dengan 4 Kamar

(Pinterest)

Jika Pins memiliki budget yang cukup besar, desain rumah type ini bisa menjadi pilihan kamu. Terlebih jika Pins memiliki anggota keluarga yang cukup banyak. Dengan rumah 2 lantai ini memungkinkan Pins memiliki jumlah kamar tidur yang lebih banyak, begitu juga dengan ruangan lain. Jadi Pins tidak perlu khawatir jika salah satu anggota keluarga akan tidak kedapatan kamar. 

Pins bisa meletakkan seluruh kamar tidur pada lantai 2 dan membuat ruang tamu, ruang keluarga dan dapur di lantai 1 guna menghemat ruang. Selain itu, dengan desain ini juga akan membuat lantai satu rumah terasa lebih luas dan lantai 2 rumah terasa lebih personal. Jika Pins suka sekali untuk memasak, maka Pins bisa membuat dapur yang lebih besar. Berikut contoh dapur rumah type 30 60 yang bisa kamu aplikasikan.

Rumah 1 Lantai dengan 3 Kamar dan Teras

(Pinterest)

Dengan menggunakan desain rumah bertipe 60 ini, Pins akan mendapatkan teras yang cukup luas. Pins bisa membuat dua kamar saling bersebelahan. Selain itu Pins juga bisa membuat ruang tamu, ruang makan dan dapur tanpa sekat sehingga dapat memberikan kesan luas pada rumah. Sedangkan, satu kamar tidur lainnya dibangun bersebelahan dengan kamar mandi. 

Oleh karena itu, Pins bisa membangun teras yang cukup luas untuk bersantai ataupun digunakan sebagai garasi kendaraan bermotor milik kamu. Namun jika tidak memungkinkan untuk membangun garasi, Pins bisa membangun taman kecil dengan konsep vertikal yang akan membuat tampilan denah rumah bertipe 60 milik kamu akan terlihat lebih cantik.

Baca juga: 7 Sketsa Denah Rumah 4 Kamar untuk Keluarga Besar

Rumah 1 Lantai dengan 2 Kamar, Garasi dan Taman Minimalis

(Pinterest)

Nah bagi kamu yang memiliki anggota keluarga dengan jumlah yang sedikit, type rumah 60 ini sangat cocok untuk Pins! Kamu bisa membuat kedua kamar tidur bersebelahan yang dipisahkan oleh kamar mandi. Sedangkan, untuk ruang tamu dan dapur dibuat tanpa sekat sehingga memberikan kesan luas. 

Kemudian, untuk garasi bisa dibangun di depan rumah. Jika memungkinkan Pins bisa membangun taman kecil minimalis tepat di sebelah garasi. Namun jika tidak, kamu masih bisa membangunnya di belakang rumah dengan konsep vertikal sehingga akan jauh lebih menghemat ruang.

Itulah informasi mengenai denah rumah bertipe 60 yang bisa menjadi pilihan Pins dalam membangun rumah. Semoga dengan berbagai macam denah rumah di atas bisa membuat Pins tidak kebingungan lagi dan semakin matang dalam mendesain setiap ruangan yang ada di rumah type 60 milik kamu!

Baca juga: Cara Membuat Desain Rumah Minimalis

Editor: Syahya Rembulan


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Dapatkan properti idaman melalui program NUP untuk akses eksklusif. Untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti bergabunglah menjadi rekan agen properti bersama kami dan iklankan properti kamu di sini. 

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai properti di Property Academy by Pinhome. Gabung menjadi Rekan Jasa Pinhome melalui aplikasi Rekan Pinhome di App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome PINtar jual beli sewa properti.

Copied to clipboard
bottom-sidebar-banner
left footer bannerright footer banner
left footer bannerright footer banner

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok
          sticky banner
          sticky banner

          © www.pinhome.id

          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download