Pinhome

Tips Properti

Desain Rumah Berkarakter Kayu

Dipublikasikan oleh Pinhome ∙ 17 January 2021 ∙ 2 menit membaca

Penggunaan kayu sebagai karakter utama pada rumah kayu menjadi ciri khas rumah yang ramah lingkungan dan mencerminkan sikap hidup back to nature. Konsep alami yang ditawarkannya pun rasanya sangat bersahabat dengan alam sekitarnya. Kini banyak orang yang mulai melirik konsep rumah kayu ini sebagai bentuk kepedulian terhadap kelestarian bumi dan lingkungan hidup disekitarnya.

Beberapa masalah yang terjadi biasanya adalah kuat tidaknya kayu sebagai material bangunan. Kayu sebagaimana yang kita ketahui tentu tidaklah sekuat besi ataupun baja. Maka pemilihan kayu berkualitas tinggi dan awet sebagai material bangunan rasanya wajib Anda lakukan jika Anda berkeinginan untuk membangun konsep rumah yang ramah lingkungan ini. Seperti memilih kayu besi (knock down, kayu tahan air dan anti rayap).

Desain Rumah Kayu

Ada beberapa desain rumah yang dapat Anda aplikasikan pada rumah berkarakter kayu, yaitu desain rumah konvensional, desain rumah kayu modern, dan desain rumah tropis.

Desain rumah kayu konvensional biasanya diadaptasi oleh pondok peristirahatan dan gazebo. Konsep konvensional ini betul-betul memanfaatkan kayu sebagai material dan struktur bangunan secara utuh dan efisien. Untuk beberapa hal, rumah kayu konvensional ini cocok sebagai tempat istirahat dan wisata, bukan rumah tinggal. Karena ada beberapa elemen rumah yang seharusnya tidak terbuat dari kayu, yaitu dapur, dan kamar mandi.

Sedangkan desain kayu modern biasa kita temui pada rumah-rumah ramah lingkungan di kawasan perkotaan. Rumah kayu modern dengan desain terdiri dari dua lantai, dengan ukuran yang lebih luas ternyata banyak diminati oleh masyarakat perkotaan yang ingin menghadirkan konsep asri di rumah mereka. Rumah kayu dengan konsep modern masih menggunakan bahan lain sebagai penguat srtuktur bangunan maupun material, namun hal yang paling ditonjolkan adalah elemen kayu.

Sedangkan konsep rumah kayu bergaya tropis biasanya diadaptasi oleh masyarakat tertentu dengan biaya bangun yang tinggi karena konsep yang diusung adalah konsep tropis dengan luas rumah dan halaman yang cukup luas. Konsep rumah tropis memiliki banyak bukaan dan taman di sekeliling bangunan sehingga sirkulasi dan pencahayaan ke dalam rumah bisa maksimal. Sedangkan bangunan dibuat lebih tinggi agar kesan sejuk terasa di dalam rumah. Anda tertarik?

Tags :

Bagikan Artikel