12 Cara Menata Ruangan Kamar yang Sempit Menjadi Luas

Dipublikasikan oleh Omri Cristian ∙ 14 September 2021 ∙ 7 menit membaca

Dekorasi kamar sederhana dapat terwujud dengan niat dan biaya yang telah diperhitungkan. Jika ingin lakukan penataan kamar tidur namun luas ruangan kamar tak cukup luas, kamu tak perlu khawatir Pins! Kamu bisa mengetahui cara menata ruangan kamar yang sempit menjadi terlihat luas, nyaman dan tetap estetik.

Dengan kamar yang nyaman, pastinya menambah kualitas tidur dan istirahat seseorang. Tak perlu bingung dan khawatir dengan luas ruangan yang tak cukup besar. Kamu tetap bisa menata kamar sempit menjadi terlihat luas dan nyaman. Nah, untuk kamu yang miliki ruang kamar dengan luas yang tergolong sempit, ini dia cara menata ruangan kamar yang sempit agar tetap terlihat luas!

Baca Juga:

Pilih Warna Cerah dan Senada Pada Ruangan

cara menata ruangan kamar yang sempit
(Interior Fun)

Salah satu cara untuk menata atau mendekorasi kamar tidur sempit adalah dengan memilih warna cat dinding yang cerah dan senada dengan furniture lainnya. Pins dapat memilih warna yang cerah seperti putih tulang, broken white, dan putih susu agar memberikan kesan yang lapang pada sebuah ruangan. Jangan kelewatan juga untuk memilih berbagai perabotan atau furniture dengan warna yang senada. Seperti ranjang dengan warna coklat kayu muda, lampu tidur dengan warna coklat, sprei berwarna putih, dan lain sebagainya.

Baca Juga:

Menggunakan Ranjang yang Rendah di Kamar

cara menata ruangan kamar yang sempit
(Lowe\\\\\\\’s Canada)

Selain warna, peran ranjang dan kasur pada ruang tidur juga penting nih Pins! Salah satu strategi tepat untuk menata kamar sempit yaitu dengan cara memilih ranjang kasur yang rendah. Hal ini dikarenakan dengan desain kasur yang tinggi akan memberikan tampilan kamar yang lebih padat dan sempit. Namun, dengan kasur yang rendah justru memberikan kesan penataan kamar yang lebih lapang.

Kini sudah banyak sekali pilihan ranjang dan kasur yang rendah. Apalagi jika Pins ingin menampilkan desain kamar minimalis, jenis atau model kasur ini akan memaksimalkan dekorasi kamar tidurmu.

Baca juga: Cara Membuat Desain Rumah Minimalis

Letakkan Kasur di Posisi Pinggir Ruangan

penataan kamar tidur
(Remodelista)

Ternyata memposisikan kasur di pinggir ruangan bisa memberikan kesan lebih luas pada kamar, lho! Dekorasi kamar tidur sempit ini bisa kamu siasati dengan peletakkan atau posisi dari kasur itu sendiri. Dengan memposisikannya di pojok ruangan, memungkinkan kamu untuk memiliki space yang lebih luas untuk menaruh berbagai furniture lainnya. Seperti untuk menaruh meja kasur, meja rias, atau mendekorasi kamar dengan karpet yang unik.

Baca Juga:

Pilih Warna Sprei yang Netral

penataan kamar tidur
(Finding Silver Pennies)

Selain dari furniturenya sendiri, kamu juga perlu memikirkan perabotan lainnya Pins! Salah satunya adalah sprei. Salah satu cara menata ruangan kamar yang sempit adalah memilih warna sprei, sarung bantal dan guling, serta bed cover dengan warna yang netral. Selain warna netral kamu juga disarankan untuk memilih dengan motif yang tidak ramai, atau minim. Pins bisa memilih sprei dengan motif polos, atau polkadot yang simple. Jangan sampai motif sprei yang terlalu ramai justru membuat tampilan kamar menjadi sempit.

Atur Pencahayaan yang Cukup

penataan kamar tidur
(Pexels)

Cara menata ruangan kamar yang sempit berikutnya adalah dengan memperhatikan pencahayaan di kamar. Cahaya juga merupakan salah satu faktor penentu yang dapat menciptakan ilusi ruangan yang luas pada kamar. Semakin redup atau gelap cahaya di kamar, akan terlihat lebih sempit. Sedangkan jika pencahayaan cukup dan terang bisa membuat kamar terlihat lebih lapang.

Usahakan kamu memiliki kamar yang berjendela, agar memiliki pencahayaan alami di pagi hari. Selain itu, kamu juga bisa memilih lampu yang sesuai dan bisa menjadi sumber cahaya di kamar saat malam hari. Selain pemilihan lampu yang tepat, peletakannya pun juga perlu diperhatikan Pins! Jangan sampai salah memposisikan lampu yang justru membuat desain kamar jadi terlihat sempit.

Baca Juga:

Manfaatkan Cermin Sebagai Ilusi Ruangan

penataan kamar tidur
(Indonesia Design)

Berikutnya adalah dengan menggunakan cermin pada ruang tidurmu. Menata kamar sempit bisa disiasati dengan penaruhan cermin untuk tampilan desain kamar yang lebih luas. Seperti contohnya Pins bisa menaruh cermin besar pada bagian sisi kasur. Kamu juga bisa memilih lemari pakaian yang dilengkapi cermin pada tiap pintu lemari. Dengan demikian, cermin bisa memberikan ilusi pada ruangan agar terlihat lebih luas. Ternyata, cermin bukan hanya berguna untuk kita merias dan mengoreksi penampilan saja, melainkan juga bisa menjadi ilusi pada sebuah ruangan!

Penataan Kamar Tidur Menggunakan Rak Gantung

penataan kamar tidur
(Teabook.eu)

Salah satu inspirasi dekorasi kamar tidur sempit berikutnya adalah dengan menggunakan rak gantung. Untuk kamu yang memiliki beberapa koleksi buku, kamu bisa memanfaatkan rak gantung untuk menata sekaligus mempercantik ruangan sempit ini di rumah. Jika kamu memiliki desain kamar tidur minimalis, rak gantung juga bisa jadi salah satu pilihan utama, lho! Kamu bisa memilih rak gantung dengan warna yang senada dengan furniture lainnya.

Baca Juga:

Menggunakan Rak Vertikal

Pins juga dapat melakukan efisiensi ruangan dengan menggunakan rak yang diletakkan di sudut-sudut kamar. Supaya tidak terlalu penuh, pastikan bahwa barang yang ada di tak tidak terlalu banyak ya, Pins. Jangan lupa juga untuk menyusunnya secara rapi.Penataan seperti ini bisa membuat ruangan kamar Pins terlihat lebih lapang.

Pemilihan Gorden yang Tepat

penataan kamar tidur
(Sunblinds)

Jika kamu pemilik kamar tidur sempit, pemilihan gorden juga harus diperhatikan Pins! Hindari gorden yang panjang dan berbahan tebal, terlebih gorden yang menjuntai hingga menyentuh ubin atau lantai. Pilihlah gorden yang simpel dan tidak terlalu panjang. Namun, jika jendela di kamarmu cukup panjang, kamu bisa gunakan gorden minimalis tanpa vitrase. Seperti salah satunya gorden kayu yang cara penggunaannya di putar. Gorden tersebut sangat hemat ruang, minimalis, dan memberikan kesan modern pada ruangan. Sehingga tak heran model gorden tersebut jadi pilihan banyak orang.

Penataan Kamar Tidur Sempit dengan Pintu Geser

penataan kamar tidur
(Archify)

Jika kamar tidurmu memiliki kamar mandi dalam, kamu bisa gunakan pintu geser untuk menghemat space. Dengan model pintu bukaan yang pada umumnya dipakai justru memakan ruang lebih untuk pintu atau papan pintunya. Sedangkan untuk pintu geser akan jauh menghemat tempat. Penggunaan pintu geser membuat tampilan kamar tidur akan terlihat lebih simpel, minimalis dan tetap modern.

Baca Juga:

Gunakan Perabotan Berukuran Kecil

Penataan kamar tidur juga sangat bergantung pada perabotan yang Pins gunakan. Supaya kamar yang Pins buat tidak terlalu penuh, Pins sebaiknya memilih barang-barang atau perabotan yang berukuran tidak besar. Barang-barang dengan ukuran besar bisa memberi kesan ruangan menjadi sangat penuh.

Pins dapat memilah barang-barang yang berfungsi secara baik namun berukuran kecil untuk tetap ditempatkan di kamar. Setelah itu, Pins dapat mengatur penempatan perabotan tersebut secara rapi.

Hindari Perabotan yang Tidak Dibutuhkan

penataan kamar tidur
(Reddit)

Seringkali kita melihat sebuah perabotan atau barang yang bagus dan unik dan langsung membelinya. Hal tersebut terkadang membuat kita pun bingung dimana akan menaruhnya. Nah, jika kamu pemilik kamar tidur yang sempit, hindarilah membeli sebuah barang yang tidak memiliki fungsi di kamar. Dengan menaruh perabotan yang terlalu banyak di kamar justru jadi faktor utama kamar terlihat sangat sempit dan tidak rapi. Kamar yang luas pun juga bisa terlihat sempit dan berantakan jika banyak ditaruh berbagai perabotan yang tak terpakai.

Itu dia Pins berbagai inspirasi dekorasi dan cara menata ruangan kamar yang sempit. Kamu tetap bisa wujudkan kamar tidur yang nyaman dan luas dengan menata kamar sempit dengan cara yang tepat!

Baca Juga: Desain Kamar Tidur Sederhana untuk Pasangan Muda


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Dapatkan properti idaman melalui program NUP untuk akses eksklusif. Untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti bergabunglah menjadi rekan agen properti bersama kami dan iklankan properti kamu di sini. 

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai properti di Property Academy by Pinhome. Gabung menjadi Rekan Jasa Pinhome melalui aplikasi Rekan Pinhome di App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome PINtar jual beli sewa properti.

Tags :

Artikel Pilihan

Berita Pinhome
Berita Pinhome Vasa Jagakarsa Hunian Modern Tropis Strategis Berkonsep Townhouse

Menentukan rumah idaman memang bukanlah perkara mudah. Pasalnya banyak hal yang harus dipertimbangk

Finansial
Finansial Mengenal Analisis SWOT Untuk Mengembangkan Bisnis

Membangun sebuah bisnis yang sukses tidak bisa terjadi dalam semalam. Ada banyak unsur dan juga keg

Properti
Properti 3 Contoh Rumah Idaman dan Populer Saat Ini

Desain atau contoh rumah idaman bagi tiap-tiap orang tentunya tidak sama. Ada yang mendefinisikan r

Properti
Properti Ingin Memilih Lokasi Tempat Tinggal Strategis? Perhatikan Hal Ini!

Memilih lokasi tempat tinggal strategis bukanlah perkara mudah, banyak yang harus kita pertimbangka

Artikel Terkini

Berita Pinhome
Berita Pinhome Buka Booth Free Massage di Acara CoHive Pop Up Market, Layanan Pinhome Home Service Diminati Lebih dari 150 Orang

Jakarta, 14 Juli 2022 - Pinhome selaku e-commerce properti, penyedia jasa rumah tangga, dan gaya hi

Berita Pinhome
Berita Pinhome KPR Lewat Pinhome, Agen Properti Bisa Klaim Seluruh Komisi!

Jakarta, 9 Agustus 2021 – Pinhome sebagai e-commerce properti memiliki misi untuk menjadikan prop

Lifestyle
Lifestyle 7 Cara Menyalakan Lampu pada Keyboard Laptop Sesuai Brand

Series laptop keluaran baru sudah banyak yang mengusung fitur yang canggih. Salah satunya adalah ba

Teknik Sipil
Teknik Sipil 10 Inspirasi Keramik Abu-Abu Muda Cocok untuk Segala Ruangan

Keramik abu-abu sering dianggap terlalu biasa, suram dan pucat. Padahal warna keramik tersebut bisa

Arsitektur & Desain
Arsitektur & Desain Ini Dia Standar Jarak Tinggi Kran Shower dari Lantai

Tidak hanya ukuran jendela kamar mandi, tapi ternyata banyak aspek yang wajib diperhatikan untuk pe

Ikuti Media Sosial Kami

Pinhome Indonesia