Pinhome

Cara Mendapatkan Rumah Idaman untuk Keluarga

Dipublikasikan oleh Nabila Azmi ∙ 17 November 2021 ∙ 6 menit membaca

Membeli rumah ketika sudah berkeluarga merupakan proses yang cukup rumit. Bagaimana tidak, Pins perlu mempertimbangkan banyak hal dan menyesuaikan keinginan, serta kebutuhan keluarga. Bingung harus mulai dari mana? Begini panduan mendapatkan rumah idaman untuk keluarga kamu!

Pinhome – Bila membeli rumah untuk ditinggali, Pins mungkin ingin terus tinggal di sana selama beberapa tahun ke depan. Artinya, Pins tidak hanya membeli rumah untuk diri sendiri, melainkan juga seiring perkembangan hidup kamu. Bagi sebagian orang mungkin ini berarti mereka perlu mencari rumah idama ketika ingin punya keluarga. 

(Pinhome)

Jadi, Pins benar-benar perlu memikirkan bagaimana kebutuhan akan terus berubah yang tentu memengaruhi ruang dalam rumah. Demi memudahkan Pins dalam mencari rumah impian, berikut beberapa tipsnya!

Memilih lokasi sesuai kebutuhan

Salah satu hal yang perlu dipertimbangkan ketika membeli rumah idaman keluarga yaitu lokasi perumahan. Pins ternyata juga perlu memikirkan jenis jalan lokasi perumahan. 

Sebagai contoh, rumah yang terletak di jalanan yang sepi mungkin lebih ramah anak ketimbang di jalan utama. Pasalnya, jalanan yang sepi cenderung minim kendaraan, tetapi perlu berkendara lebih jauh untuk pergi ke supermarket atau kantor. 

Selain itu, lokasi perumahan menentukan komunitas masyarakat yang nantinya Pins pilih. Misal, tinggal di kota besar menawarkan akses transportasi umum yang mudah, tetapi minim ruang terbuka hijau, seperti taman. 

Sementara itu, hunian di pinggir kota cenderung memiliki fasilitas taman yang lebih banyak meski membutuhkan waktu lama untuk ke kota besar. Itu sebabnya, Pins perlu memilih lokasi hunian berdasarkan kebutuhan yang nantinya muncul di masa datang. 

Mencari tahu pilihan sekolah terdekat

Selain lokasi hunian, pilihan sekolah terdekat ternyata juga penting dipertimbangkan saat membeli rumah idaman keluarga. Ini terutama penting untuk Pins yang hendak memiliki anak. 

Bagaimana tidak, pemilihan sekolah saaat ini memiliki sistem zonasi. Artinya, peluang masuk sekolah negeri akan tinggi ketika rumah Pins dekat dengan sekolah tersebut.

Oleh sebab itu, cari tahu terlebih dahulu apa saja pilihan sekolah di dekat hunian yang akan ditinggali. Bahkan, nilai rumah yang berlokasi dekat dengan sekolah cenderung lebih tinggi sehingga Pins bisa anggap ini sebagai investasi, bukan?

Mencari hunian yang aman

(Pinhome)

Keamanan merupakan prioritas utama dalam mendapatkan rumah impian, baik yang ingin berkeluarga maupun tidak. Usahakan untuk memilih lokasi perumahan dengan standar keamanan yang baik. 

Sebagai contoh, kebanyakan kompleks perumahan menerapkan sistem lapor 1×24 jam untuk tamu yang datang. Beberapa tempat bahkan juga mewajibkan penghuni rumah memiliki kartu akses sehingga hanya orang-orang tertentu saja yang bisa bebas masuk. 

Tidak hanya itu, lingkungan perumahan yang difasilitasi dengan CCTV cenderung lebih aman. Bila terjadi kecelakaan atau perampokan, setidaknya ada kamera CCTV yang bisa digunakan untuk melacak pelaku atau memeriksa kronologi kejadian. 

Memperhitungkan ukuran rumah

Bila Pins berencana punya keluarga di dalam rumah idaman ini, rumah yang lebih besar mungkin pilihan yang baik. Ukuran rumah yang besar setidaknya memiliki banyak ruangan, mulai dari ruang penyimpanan hingga ruang bermain anak. 

Hal ini terutama perlu dipertimbangkan bagi Pins yang ingin memiliki keluarga besar di rumah tersebut. Pins perlu memikirkan, apakah rumah tersebut cukup besar untuk memenuhi kebutuhan di masa depan. 

Faktor lain yang perlu diperhitungkan yaitu denah lantai rumah yang perlu menyesuaikan dengan gaya hidup keluarga. Misal, orang yang ingin tidur dekat dengan anak mereka cenderung memilih kamar tidur di lantai yang sama dengan anak. 

Mempertimbangkan isi dalam rumah

Beberapa faktor eksternal di atas memang penting dalam memilih rumah idaman untuk keluarga. Hanya saja, rumah impian tidak akan lengkap bila melewatkan pertimbangan isi di dalam rumah. 

Ada beberapa ruangan di dalam rumah yang ternyata memainkan peranan penting dalam pertumbuhan keluarga. Begini penjelasannya. 

Halaman

(Pinhome)

Apakah rumah yang akan dibeli memiliki halaman yang bisa jadi tempat bermain anak? Jalanan beraspal mungkin tidak cocok menjadi tempat bermain anak, terutama ketika rasa ingin tahu si kecil diimbangi dengan kemampuannya untuk berjalan. 

Halaman mungkin menjadi hal yang langka di daerah padat penduduk. Pasalnya, banyak perumahan yang dipadatkan dalam satu blok lahan. Bila hunian tidak memiliki halaman belakang, coba lihat apakah ada halaman depan yang dipagari. 

Jangan lupa untuk memastikan apakah halaman tersebut bisa terlihat dari dalam rumah. Ini bertujuan memudahkan Pins mengawasi anak-anak yang lebih besar ketika mereka ingin bermain sendiri di luar. 

Bila tidak ada halaman depan maupun belakang, periksa apakah hunian berada dalam jarak berjalan kaki menuju taman terdekat. Dengan begitu, Pins masih bisa memiliki tempat untuk bermain di luar dengan aman meskipun berada di luar rumah. 

Tangga

Isian rumah yang juga perlu diperiksa ketika memilih rumah idaman keluarga yaitu jumlah tangga. Pasalnya, rumah dengan anak tangga yang tinggi dan banyak mungkin lebih tidak aman, terutama ketika Pins punya balita atau anak yang aktif. 

Walaupun demikian, Pins masih bisa menyesuaikan masalah tangga ini dengan memasang pagar pengaman. Namun, tetap pertimbangkan jumlah tangga ketika membeli rumah, ya!

Dapur

Tidak hanya koki yang harus memiliki dapur dengan fungsi yang baik, Pins yang suka memasak dan ingin berkeluarga pun memerlukan hal yang sama. Bagaimana tidak, anak-anak perlu makan dan bahkan membantu orangtuanya memasak. 

Sementara itu, dapur kecil dengan ruangan yang terbatas mungkin tidak cocok untuk keluarga dengan anak-anak yang banyak. Bila memungkinkan, carilah dapur dengan ruangan penyimpanan yang cukup dan bagian dari ruang keluarga yang terbuka. 

Dengan begitu, Pins bisa memasak sembari mengawasi anak-anak yang lebih kecil bermain di ruangan tersebut.  

Kamar mandi

Kamar mandi menjadi ruangan yang cukup penting dalam membeli rumah idaman keluarga. Ini dikarenakan semakin banyak anak, semakin sulit bagi sebuah keluarga untuk mandi terutama ketika hanya punya satu kamar mandi. 

Untuk itu, jumlah kamar mandi dalam rumah ternyata perlu dipertimbangkan. Bila tidak memungkinkan, cobalah membuat kamar mandi dengan ukuran yang agak besar. 

Ini bertujuan menjaga kebersihan kamar mandi dan menyediakan ruang yang cukup untuk mengeringkan tubuh setlah mandi. 

Memikirkan jumlah ventilasi udara

Bila Pins ingin menciptakan rumah idaman untuk keluarga, jangan lewatkan ventilasi udara. Semakin banyak ventilasi udara dalam rumah, semakin baik pertukaran udara di dalamnya. 

Umumnya, rumah menghasilkan udara yang buruk akibat debu, serbuk sari, dan polutan lainnya. Ini bisa memicu masalah kesehatan yang serius bila mengendap terlalu lama di dalam rumah. 

Oleh sebab itu, ventilasi seperti jendela diperlukan untuk sirkulasi udara yang lebih baik. Setiap pagi Pins bisa merasakan udara yang lebih segar dengan membiarkan udara dari luar masuk dan udara hangat keluar.


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Dapatkan properti idaman melalui program NUP untuk akses eksklusif. Untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti bergabunglah menjadi rekan agen properti bersama kami dan iklankan properti kamu di sini. 

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai properti di Property Academy by Pinhome. Gabung menjadi Rekan Jasa Pinhome melalui aplikasi Rekan Pinhome di App Store atau Google Play Store sekarang!

Bagi kamu yang ingin punya rumah bersih dan terawat, pesan jasa kebersihan dan pemeliharaan rumah via Aplikasi Pinhome sekarang juga. 

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Tags :

Bagikan Artikel