Pinhome

8 Dekorasi Masjid yang Buat Suasana Menjadi Lebih Syahdu

Dipublikasikan oleh Ramanda Salsa ∙ 18 November 2021 ∙ 5 menit membaca

Jenis tempat ibadah beraneka ragam seiring dengan perbedaan agama yang dianut setiap manusia. Masjid salah satunya, tempat ibadah para umat Islam ini menjadi salah satu tujuan utama ibadah yang dapat diartikan pula sebagai tempat sujud. Ketenangan di dalamnya serta suasana sejuk menerpa menjadi kesan pertama saat kamu memasukinya. Inilah mengapa dekorasi masjid menjadi salah satu elemen yang dapat membuat masjid bernuansa nyaman.

Pinhome – Tidak perlu dekorasi yang berlebihan dengan mahligai emas, dekorasi masjid sederhana pun mampu membuat suasana ruang lebih syahdu. Beberapa ornamen yang ada di dalam masjid pun terkadang tidak berharga fantastis namun justru kaya akan manfaat. Berbeda dengan isi dari perumahan mewah. Nah, apa saja kira-kira dekorasi masjid terbaik, Pinhome akan sajikan pilihannya hanya untuk kamu.

Baca Juga:

8 Model Mihrab Masjid Terindah Di Dunia. Yuk Intip!

Roster dengan Motif Cantik

(Grckharismaperkasa)

Membuat ruangan syahdu dan sejuk memang menjadi prioritas utama di dalam masjid. Hal tersebut untuk membuat para umatnya nyaman saat sedang beribadah. Roster yang menjadi salah satu dekorasi menarik pada dinding masjid adalah salah satunya. Roster bisa ditempatkan pada dinding luar masjid sebagai penambah estetika sekaligus membuat ruangan di dalamnya terasa sejuk. Jenis roster pun kini sudah beraneka ragam dari tipe minimalis hingga corak yang ramai. Materialnya pun banyak mulai dari GRC, tanah liat hingga beton.

Baca Juga:

Rekomendasi Roster Beton Minimalis Hunian Beserta Fungsinya Lengkap

Dekorasi Masjid Keramik Motif

(123rf)

Keramik bermotif memang cocok ditempatkan dalam ruangan. Material satu ini menjadi penambah estetika ruangan terbaik tanpa harus dengan pemikiran yang tinggi. Keramik motif pada masjid menjadi salah satu dekorasi pada masjid yang cocok. Sudah seperti Adam dan Hawa, keramik motif selalu menjadi pelengkap keindahan pada masjid. Selain digunakan pada lantai, dinding yang dibuat dari keramik motif pun membuat suasana masjid menarik. Apalagi dengan ciri khas langit-langit di dalamnya yang tinggi. Kamu pasti akan terpana begitu memasukinya.

Pemilihan Bahan Karpet yang Nyaman

(Soft Carpet)

Dekorasi pada masjid tidak serta merta mementingkan keindahan saja, kenyamanan juga menjadi salah satu elemen yang diperhitungkan. Salah satunya adalah karpet masjid. Bagian utama dalam masjid ini, termasuk dalam dekorasi masjid sederhana yang pastinya digunakan dalam masjid. Karpet ini berfungsi sebagai alas ibadah dan tentunya menambah kenyamanan pada umat muslim saat sedang beribadah. Pemilihan karpet dengan motif dan bahan yang nyaman juga bisa menjadi perhitungan. 

Arsitektur Interior yang Adem

dekorasi masjid
(Pikist)

Tampilan interior maupun eksterior pada masjid menjadi kesan pertama yang selalu diingat saat sedang beribadah. Setiap dekorasi dan tampilan di dalamnya berbeda antara satu masjid dan masjid lainnya. Dekorasi pada ruang ibadah dapat pula dibuat dari bentuk arsitektur ruang. Mulai dari pemakaian pilar, bentuk ruangan, tampilan eksterior, hingga pemakaian material dalam ruang. Hal tersebut menjadi pendukung terciptanya masjid yang indah. Pemilihan desain jendela dan pintu pun termasuk di dalamnya. 

Dekorasi Masjid Sederhana Kaligrafi Dinding

dekorasi masjid
(Youtube/zulhaizam)

Pernah melihat dekorasi kaligrafi pada masjid? Kaligrafi tulisan Arab memang erat kaitannya dengan dekorasi ruang dalam masjid. Dekorasi masjid sederhana ini dapat membuat suasana ruang berbeda. Makna dari setiap tulisan yang dicantumkan pun berbeda antar masjid. Seni kaligrafi merupakan seni yang cukup diperhitungkan lho Pins! Hasil kreativitas setiap pekerja seni menghasilkan tulisan indah yang membuat hati tenang. Inilah mengapa dekorasi satu ini sering dijumpai di dalam masjid.

Penggunaan Kaca Mozaik

dekorasi masjid
(Mvslim)

Nah, kalau melihat kaca satu ini pasti Pins akan menyukainya. Kaca mozaik membuat tampilan ruang terlihat estetik dan tentunya menarik. Inilah mengapa banyak beberapa bangunan megah menggunakannya sebagai dekorasi yang menarik perhatian. Tidak terkecuali untuk masjid. Penggunaan jendela dengan kaca mozaik bisa menjadi pilihan dekorasi. Kaca mozaik akan membuat masjid kian berwarna dan membawa suasana menyenangkan dalam ruang. Mood yang baik juga membuat ibadah kian khusyuk.

Pajangan Menarik dalam Dekorasi Masjid

dekorasi masjid
(Pinterest)

Pajangan dinding, baik berupa kaligrafi berbahan kayu maupun jam memang sering dijumpai sebagai dekorasi sederhana dalam ruang masjid. Dengan pemakaian pajangan dinding, masjid akan terlihat indah dan tentunya tidak monoton. Pajangan-pajangan yang dijual di pasaran pun kini kian bervariasi dan tentunya unik. Seperti contohnya piring kaca dengan tulisan arab, lukisan timbul, hingga gambar pemandangan yang menenangkan.

Penempatan Cahaya Lampu dalam Ruang

dekorasi masjid
(Tripadvisor)

Selain sirkulasi udara dalam masjid yang harus dipikirkan, pencahayaan dalam ruang pun menjadi salah satu elemen yang cukup penting. Bila malam hari tiba, tentunya Pins tidak bisa hanya memanfaatkan cahaya dari luar seperti pada waktu siang hari. Lampu menjadi penyelamat penerang ruangan. Dengan dekorasi dan pemilihan model lampu yang tepat, maka suasana di dalam masjid akan lebih terasa. Usahakan untuk tidak memilih warna lampu yang membuat ruang berhawa panas ya Pins. Hal tersebut justru akan membuat para pengunjung tidak nyaman.

Ternyata cukup banyak dekorasi dalam masjid yang dapat membuat suasana menjadi lebih syahdu. Semua elemen berketerkaitan satu dengan yang lainnya. Hal yang paling penting tetap memperhatikan dari segi anggaran dan juga manfaatnya ya Pins. Jangan sampai berlebihan!

Baca Juga:

Ciri-ciri Desain Rumah Islami

Temukan pilihan rumah terlengkap di Aplikasi Pinhome. Dapatkan properti idaman melalui program NUP untuk akses eksklusif. Untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti bergabunglah menjadi rekan agen properti bersama kami dan iklankan properti kamu di sini. 

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai properti di Property Academy by Pinhome. Gabung menjadi Rekan Jasa Pinhome melalui aplikasi Rekan Pinhome di App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Bagikan Artikel