BlogPemilik PropertiDesain Hunian8 Dekorasi Masjid Agar Suasana Lebih Syahdu
0
0

8 Dekorasi Masjid Agar Suasana Lebih Syahdu

Dipublikasikan oleh Syahya Rembulan dan Diperbarui oleh Syahya Rembulan

Apr 5, 2023

6 menit membaca

Copied to clipboard
dekorasi masjidtop-right-banner

Masjid merupakan salah satu tempat ibadah untuk para umat Islam. Ketenangan di dalamnya serta suasana sejuk yang menerpa menjadi kesan pertama saat kamu memasuki masjid. Inilah mengapa dekorasi masjid menjadi salah satu aspek yang sangat penting untuk dipertimbangkan.

Sebagai tempat ibadah, masjid tidak perlu dekorasi yang berlebihan dengan mahligai emas, dekorasi masjid sederhana pun mampu membuat suasana ruangan lebih syahdu. Beberapa ornamen yang ada di dalam masjid pun tidak selalu harus memiliki harga fantastis.

Berbeda halnya saat kamu ingin melakukan dekorasi rumah mewah, ini mungkin membutuhkan beberapa ornamen yang membuat rumah terlihan mewah dan elegan. Lantas, seperti apa dekorasi masjid yang bisa kamu lakukan untuk menciptakan suasana lebih syahdu? Simak ulasan lengkapnya di bawah ini!

Baca juga: 8 Model Mihrab Masjid Terindah di Dunia. Yuk Intip!

8 Dekorasi Masjid yang Bagus

Hal pertama yang harus kamu perhatikan sebelum memilih dekorasi masjid adalah nilai dari dekorasi itu sendiri. Sebagai tempat ibadah, setiap dekorasi yang ada di dalam masjid perlu memiliki nilai-nilai religi untuk menambah kesan suci dan bersih di dalamnya. Berikut ini 8 dekorasi masjid terbaik yang bisa kamu terapkan:

Roster dengan Motif Cantik

Source : Grckharismaperkasa

Membuat ruangan syahdu dan sejuk memang menjadi prioritas utama di dalam masjid. Hal tersebut untuk membuat para umatnya nyaman saat sedang beribadah. Roster yang menjadi salah satu dekorasi menarik pada dinding masjid.

Roster bisa ditempatkan pada dinding luar masjid sebagai penambah estetika religi sekaligus membuat ruangan di dalamnya terasa sejuk. Jenis roster pun kini sudah beraneka ragam, mulai dari tipe minimalis hingga corak yang ramai. Materialnya pun banyak mulai dari GRC, tanah liat, hingga roster beton.

Dekorasi Masjid Keramik Motif

Source : 123rf

Keramik bermotif memang cocok ditempatkan dalam ruangan. Material satu ini menjadi penambah estetika ruangan terbaik tanpa harus dengan pemikiran yang tinggi. Motif keramik lantai bisa menjadi salah satu dekorasi masjid yang cocok untuk kamu pilih.

Sudah seperti Adam dan Hawa, keramik motif selalu menjadi pelengkap keindahan pada masjid. Pemilihan motif keramik lantai dan dinding yang tepat mampu membuat suasana masjid menjadi lebih menarik. Apalagi dengan ciri khas langit-langit di dalamnya yang tinggi. Kamu pasti akan terpana begitu memasukinya.

Pemilihan Bahan Karpet yang Nyaman

Source : Soft Carpet

Dekorasi masjid tidak serta merta mementingkan keindahan saja, kenyamanan juga menjadi salah satu elemen yang diperhitungkan. Salah satunya adalah karpet masjid. Bagian utama dalam masjid ini, termasuk dalam dekorasi masjid sederhana yang pastinya digunakan dalam masjid.

Karpet ini berfungsi sebagai alas ibadah dan tentunya menambah kenyamanan pada umat muslim saat sedang beribadah. Pemilihan karpet dengan motif dan bahan yang nyaman juga bisa menjadi perhitungan. 

Baca juga: Inspirasi Desain Mushola Minimalis Untuk di Dalam Gedung

Arsitektur Interior yang Sejuk

dekorasi masjid
Source : Pikist

Tampilan interior maupun eksterior pada masjid menjadi kesan pertama yang selalu diingat saat sedang beribadah. Setiap tampilan di dalamnya berbeda antara satu masjid dan masjid lainnya. Dekorasi pada ruang ibadah dapat pula dibuat dari bentuk arsitektur ruang.

Mulai dari pemakaian pilar, bentuk ruangan, tampilan eksterior, hingga pemakaian material dalam ruang. Hal tersebut menjadi pendukung terciptanya masjid yang indah. Pemilihan desain jendela dan pintu pun termasuk di dalamnya. 

Dekorasi Masjid Sederhana Kaligrafi Dinding

dekorasi masjid
Source : Youtube/zulhaizam

Pernah melihat model orname kaligrafi pada masjid? Kaligrafi tulisan Arab memang erat kaitannya dengan dekorasi ruang dalam masjid. Dekorasi sederhana ini dapat membuat suasana ruang berbeda. Makna dari setiap tulisan yang dicantumkan pun berbeda antar masjid.

Seni kaligrafi merupakan seni yang cukup diperhitungkan lho, Pins! Hasil kreativitas setiap pekerja seni menghasilkan tulisan indah yang membuat hati tenang. Inilah mengapa dekorasi kaligrafi satu ini sering dijumpai di dalam masjid.

Baca juga: 10 Inspirasi Kaligrafi Simple Untuk Hiasan Ruangan

Penggunaan Kaca Mozaik

dekorasi masjid
Source : Mvslim

Nah, kalau melihat kaca satu ini pasti Pins akan menyukainya. Kaca mozaik membuat tampilan ruang terlihat estetik dan tentunya menarik. Inilah mengapa banyak beberapa bangunan megah menggunakannya sebagai dekorasi yang menarik perhatian, tidak terkecuali untuk masjid.

Penggunaan jendela dengan kaca mozaik bisa menjadi pilihan dekorasi masjid. Kaca mozaik akan membuat masjid kian berwarna dan membawa suasana menyenangkan dalam ruang. Mood yang baik juga membuat ibadah kian khusyuk.

Pajangan Menarik dalam Dekorasi Masjid

dekorasi masjid
Source : Pinterest

Pajangan dinding, baik berupa kaligrafi berbahan kayu maupun jam memang sering dijumpai sebagai dekorasi sederhana dalam ruang masjid. Dengan pemakaian pajangan dinding, masjid akan terlihat indah dan tentunya tidak monoton.

Pajangan-pajangan yang dijual di pasaran pun kini kian bervariasi dan tentunya unik. Seperti contohnya piring kaca dengan tulisan Arab, lukisan timbul, hingga gambar pemandangan yang menenangkan.

Penempatan Cahaya Lampu dalam Ruang

dekorasi masjid
Source : Tripadvisor

Selain sirkulasi udara dalam masjid yang harus dipikirkan, pencahayaan dalam ruang pun menjadi salah satu elemen yang cukup penting. Bila malam hari tiba, tentunya Pins tidak bisa hanya memanfaatkan cahaya dari luar seperti pada waktu siang hari.

Lampu menjadi penyelamat untuk penerang ruangan. Dengan pemilihan model lampu yang tepat, maka suasana di dalam masjid akan lebih terasa. Usahakan untuk tidak memilih warna lampu yang membuat ruangan berhawa panas ya Pins. Hal tersebut justru akan membuat para pengunjung tidak nyaman.

Ternyata cukup banyak dekorasi yang dapat membuat suasana menjadi lebih syahdu. Semua elemen berketerkaitan satu dengan yang lainnya. Hal yang paling penting tetap memperhatikan dari segi anggaran dan juga manfaatnya ya Pins. Jangan sampai berlebihan!

Baca juga:


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti bergabunglah menjadi rekan agen properti bersama kami dan iklankan properti kamu di sini. 

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai properti di Property Academy by Pinhome. Gabung menjadi Rekan Jasa Pinhome melalui aplikasi Rekan Pinhome di App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome PINtar jual beli sewa properti.

Copied to clipboard
bottom-sidebar-banner
left footer bannerright footer banner
left footer bannerright footer banner

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok
          sticky banner
          sticky banner

          © www.pinhome.id

          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download