BlogPemilik PropertiDesain Hunian10 Referensi Desain Ruang Tamu Islami yang Menenangkan
0
0

10 Referensi Desain Ruang Tamu Islami yang Menenangkan

Dipublikasikan oleh Intania Haura dan Diperbarui oleh Pandu Pamungkas

Nov 21, 2023

5 menit membaca

Copied to clipboard
top-right-banner

Tidak sekedar nyaman saja, desain ruang tamu Islami terkenal dengan keindahan dan keserasiannya. Sebagai salah satu area yang cukup penting di dalam rumah, tentunya ruang tamu harus didesain sesuai denga syariat Islam. Apalagi jika mengingat fungsi utama dari ruangan yang satu ini untuk menjamu kerabat ataupun kolega yang sedang bertamu ke rumah. Pada artikel kali ini, Pinhome telah merangkum beberapa referensi desian ruang tamu Islami yang menenangkan.

Mendesain sebuah rumah tidak hanya bertujuan untuk nyaman ditinggali saja. Akan tetapi, konsep rumah yang dibangun akan bernilai lebih indah dan menenangkan jika selaras dengan nuansa Islami. Hampir semua orang menginginkan bentuk desain rumah yang nyaman dan indah. Apalagi, bagian pertama yang menjadi fokus dalam mendesain suatu rumah yaitu ruang tamu.

Jika kamu mencari rumah eksklusif kamu seperti New Abaya Village atau perumahan di BSD lain jadi makin estetik. Warna yang sama juga bisa diterapkan untuk kamu yang baru beli rumah second di Jakarta Timur.

Baca juga:

Referensi Desain Ruang Tamu Islami yang Menenangkan

Ruang tamu merupakan hal yang terpenting untuk membentuk desain rumah. Ditambah, jika pemilik rumah terbilang orang yang mengerti agama. Tentunya ruang ramu yang diinginkan akan selaras dengan nuansa Islami. Walaupun demikian, desiannya perlu mengedepankan konsep modern juga. Selain akan terlihat terlihat lebih indah, desain ruang tamu Islami dapat memberikan jarak atau batasan kepada tamu ketika sedang berkunjung kerumah.

Jika Kamu tertarik untuk menggunakan desian ruang tamu Islami yang menenangkan dirumah Kamu. Berikut ini beberapa referensi yang dapat Kamu contoh.

1. Desain Ruang Tamu Islami Minimalis yang Indah

Source : Etsy

Referensi desian ruang tamu Islami yang pertama yaitu desain ruang tamu minimalis Islami yang dimana merupakan pendekatan yang sedang populer di dalam dunia desain interior modern. Hal ini mengedepankan kesederhanaan, ketertiban dan berfokus pada fungsi. Untuk membuat ruang tamu minimalis Islami yang indah, Kamu harus menghindari dekorasi yang berlebihan dan memilih hiasan dinding ruang tamu yang mempunyai nuansa estetik.

2. Desain Ruang Tamu dengan Musala

Source : Etsy

Referensi berikutnya yaitu ruang tamu dengan musala. Musala adalah salah satu tempat ibadah bagi para umat Islam. Jika Kamu mempunyai cukup ruang, Kamu juga dapat membuat area kecil untuk musala di dalam ruang tamu. Kamu bisa menambahkan sajadah, rak untuk Al-Quran dan beberapa elemen-elemen spritual lainnya, hal ini bertujuan untuk menciptakan area khusus untuk area beribadah.

3. Desain Ruang Tamu dengan Hiasan Kaligrafi

Source : Behance

Kaligradi merupakan sebuah seni tulisan yang cukup dikenal oleh banyak umat Muslim. Kamu juga bisa menggunakan kaligrafi sebagai elemen dekoratif di dalam ruang tamu. Hal ini dapat berupa kaligrafi ayat-ayat Al-Quran, atau kata-kata bijak yang menggunakan bahasa Arab. Kaligrafi bisa diletakkan di dinding, ditempelkan selayaknya sebuah wallpaper rumah, atau bisa juga dicetak di dalam kanvas untuk lebih memperindahnya.

4. Desain Ruang Tamu dengan Tumbuhan

Source : Youtube

Tumbuhan merupakan dekorasi yang indah dan dapat memberikan nuansa yang segar dan lebih hidup di dalam rumah. Kamu dapat memilih tanaman dalam rumah yang cocok dengan desain interiornya seperti lidah mertua, kaktus, ataupun begonia. Jangan sampai Kamu lupa untuk merawat tumbuhan tersebut dengan baik karena tumbuhan juga termasuk kedalam makhluk ciptaan Allah SWT.

5. Desain Ruang Tamu Yang Memanjang

Source : Amazn

Ruang tamu yang memanjang dapat memberikan fleksibilitas dalam penataan interior Islami. Kamu bisa mengatur perabotan sedemikian rupa, untuk membuat aliran udara yang baik dan memberikan ruang yang cukup untuk menerima para tamu yang sedang berkunjung. Pastikan untuk tetap menjaga kesederhanaan dan menghindari desain yang berlebihan. Di dalam desain ruang tamu Islami, yang paling pernting yaitu membuat atmosfer yang penuh ketenangan dan kedamaian.

6. Desain Ruang Tamu Serba Putih

Source : Vladimirs Design

Ruang tamu islami serba putih adalah pilihan yang sangat aman untuk Kamu aplikasikan, karena warna tersebut sangat cocok dengan berbagai desain interior rumah yang Kamu gunakan. Warna putih menggambarkan kebersihan dan kesucian, di mana keduanya merupakan hal yang sangat penting di dalam ajaran Islam. Desain serba putih dapat membuat ruang yang damai dan menenangkan. Sebagai tambahan, Kamu bisa memilih dekorasi yang menggunakan material kayu atau tekstil.

7. Desain Ruang Tamu Berwarna Hijau

Source : Fancy House-design

Selain warna putih, warna hijau juga mempunyai makna khusus di dalam ajaran Islam. Hijau merupakan warna alam dan juga dikaitkan dengan Nabi Muhammad SAW. Imam An-Nasa’i meriwayatkan, “Rasullah pernah menemui kami di dalam keadaan memakai dua pakaian (atas dan bawah) yang berwarna hijau.”

Di dalam QS. Ar-Rahman (64) juga dikatakan bahwa warna surga adalah warna hijau. “ Kedua surga itu (kelihatan) hijau tua warnanya. Kedua surga yang lain itu tampak hijau tua warnanya karena lebat-nya pepohonan.”

8. Ruang Tamu Dengan Sentuhan Lukisan Alam

Source : Youtube

Alam merupakan ciptaan Allah yang begitu indah, sehingga banyak umat muslim yang menghargai pesonanya. Di dalam penerapan desain ruang tamu Islami, Kamu dapat meletakkan lukisan pemandangan alam pada area ruang tamu, alih-alih menggunakan lukisan makhluk bernyawa. Guna memperindah interior, Kamu juga dapat menggunakan sofa minimalis seperti sofa bed.

9. Desain Ruang Tamu Tanpa Patung

Source : Behance

Islam sangat melarang penggunaan patung sebagai dekorasi rumah. Hal ini dimaksudkan sebagai penghormatan kepada Allah sebagai Tuhan Yang Maha Esa. Di dalam desain ruang tamu Islami, Kamu juga harus menghindari penggunaan patung pada ruang tamu.

10. Desain Ruang Tamu dengan Partisi

Source : Youtu

Konsep desain rumah Islami yaitu menjaga privasi penghuni rumah, hal ini berarti harus memperhatikan konstruksi dan tata letak atau denah rumah. Oleh karena itu, Kamu dapat menggunakan partisi untuk pemisah isi rumah dengan ruang tamu. Hal ini bertujuan untuk menjaga privasi pemilik rumah.

Itu dia beberapa referensi ruang tamu Islami yang menenangkan. Semoga informasi yang Pinhome sampaikan dapat bermanfaat untuk Kamu semua.

Baca juga:

Featured Image Source: Pixabay


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Cek informasi Daun Village dan dapatkan hunian idaman kamu sekarang juga. Cari tahu juga tips penting persiapan beli rumah dan KPR di Property Academy by Pinhome.

Hanya Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Copied to clipboard
bottom-sidebar-banner

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok
          sticky banner
          sticky banner

          © www.pinhome.id

          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download