BlogPemilik PropertiDesain HunianKelebihan dan Kekurangan Lantai Marmer, Wajib Tahu!
0
0

Kelebihan dan Kekurangan Lantai Marmer, Wajib Tahu!

Dipublikasikan oleh Nur Dwi Ratnasari dan Diperbarui oleh Nabila Azmi

Okt 27, 2023

6 menit membaca

Copied to clipboard
top-right-banner

Marmer adalah salah satu jenis batu alam yang sering digunakan sebagai lantai, dinding bahkan dijadikan bahan baku furniture. Dengan menggunakan marmer, tentu rumah akan jadi terlihat sangat cantik, elegan dan mewah. Namun terdapat beberapa hal yang harus menjadi pertimbangan kamu sebelum menggunakan marmer untuk lantai di rumah. Yuk simak kelebihan dan kekurangan dari lantai marmer lewat ulasan di bawah ini!

Sebelum itu jangan lupa unduh aplikasi Pinhome sekarang juga karena terdapat fitur Pengajuan KPR bahkan simulasinya. Dari aplikasi ini kamu bisa memperoleh informasi rumah bekas di Kab Mojokerto maupun perumahan baru di Kabupaten Bekasi paling lengkap seperti Orchard Village.

Mengenal Apa Itu Marmer

Source : Pinterest

Marmer adalah salah satu jenis batu alam yang sering digunakan sebagai bahan baku rumah maupun digunakan sebagai bahan furnitur di rumah. Marmer adalah batuan metamorf yang dihasilkan oleh rekristalisasi batu kapur

Dari proses tersebut, marmer mendapatkan corak-corak yang khas yang tidak bisa disamaratakan karena terbentuknya corak-corak pada marmer terjadi secara alami. Jadi batu alam yang satu ini memang memiliki harga yang cukup mahal jika dibandingkan dengan material bangunan lainnya karena proses pembentukan batu yang tidak bisa dibuat oleh tangan manusia.

Jika Pins ingin menggunakan batu marmer untuk lantai, kamu tidak perlu khawatir karena batu alam yang satu ini terkenal akan awet dan tahan lama. Selain itu, penggunaan keramik marmer lantai juga sangat mudah dibersihkan. Namun untuk membuat pilihan kamu semakin matang, berikut kelebihan dan kekurangan batu marmer yang sebaiknya masuk ke dalam daftar pertimbangan Pins.

Baca juga:

Kelebihan Marmer

Memiliki rumah dengan interior yang bagus, tentu menjadi impian banyak orang. Banyak orang rela merogoh kocek lebih demi mendapatkan interior yang bagus dan membuat rumah menjadi semakin cantik. Biasanya orang akan mempercantik tampilan rumah mulai dari lantai hingga dinding, salah satunya dengan menggunakan lantai marmer. Ketahui juga kelebihan lantai marmer sebelum menggunakannya.

1. Kuat dan Awet

Source : Pinterest

Selain coraknya yang cantik dan unik, hal yang menjadi daya tarik dari lantai marmer adalah kekuatannya yang membuat marmer ini menjadi sangat awet dan tahan lama. Hal ini karena proses pembuatan batu alam yang tentunya memakan waktu yang cukup panjang. 

Terlebih batu alam juga beradaptasi dengan berbagai kondisi cuaca sehingga batu ini tidak mudah lapuk ataupun tergores. Kelebihan-kelebihan tersebutlah yang membuat marmer menjadi batu alam yang cocok digunakan sebagai interior atau eksterior rumah.

Baca juga: Rekomendasi Model Keramik Lantai Minimalis Untuk Rumah Kamu

2. Perawatan yang Mudah

kelebihan dan kekurangan lantai marmer
Source : Okezone

Kelebihan lain dari lantai marmer adalah kemudahan dalam membersihkannya. Marmer memiliki permukaan yang halus sehingga akan mudah dibersihkan. Bahkan marmer untuk lantai rumah ini dapat dibersihkan hanya dengan lap basah. Jadi kamu tidak perlu khawatir dengan perawatan batu alam ini karena marmer tidak memerlukan perawatan khusus.

3. Dapat Digunakan untuk Semua Ruangan

kelebihan dan kekurangan lantai marmer
Source : Arsitur

Marmer memang memiliki daya tariknya tersendiri, bahkan salah satu hal yang membuat banyak orang suka dengan batu alam yang satu ini adalah karena dapat digunakan untuk semua ruangan. Ya, lantai marmer ini bisa digunakan untuk lantai kamar mandi, ruang tamu, teras, kamar bahkan dapur. Jadi Pins bisa menggunakan ruangan ini untuk lebih dari satu ruangan karena mudah dipadukan dengan interior lain.

4. Tahan Panas

Source : Pexels

Selain tampilannya yang cantik, ternyata marmer juga tahan terhadap panas. Tidak hanya itu, penggunaan marmer untuk lantai di rumah bisa memberikan efek sejuk pada ruangan lho! Jadi bagi kamu yang ingin membuat rumah terasa sejuk bisa menggunakan keramik marmer lantai.

5. Bervariasi

Source : Grid

Batu marmer memang memiliki corak yang khas namun tidak sama antara satu batu dengan batu lainnya karena proses pembentukannya yang terjadi secara alami. Oleh karena itu batu alam ini memiliki banyak sekali corak yang sangat bervariasi, bahkan warna. Jadi Pins tidak perlu khawatir kalau tampilan marmer untuk lantai di rumah akan terlihat sangat biasa.

Baca juga:

Kekurangan Marmer

kelebihan dan kekurangan lantai marmer
Source : Pinterest

Jika sebelumnya kita telah membahas kelebihan dari batu marmer, maka selanjutnya Pinhome akan membagikan daftar kekurangan dari marmer. Berikut ini penjelasan lengkapnya:

1. Harga yang Relatif Mahal

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, meski memiliki banyak sekali kelebihan, marmer  memiliki beberapa kekurangan yang harus menjadi pertimbangan sebelum kamu membelinya. Salah satu kekurangan dari marmer adalah harganya yang relatif mahal. Bagi Pins yang memiliki budget tidak terlalu besar mungkin harus memikirkan kembali penggunaan marmer untuk lantai di rumah.

2. Licin

Kekurangan dari batu alam marmer selanjutnya adalah licin. Ya, marmer bisa menjadi licin jika tidak dilapisi dengan coating anti licin. Tentu hal ini sangat berbahaya, terutama jika batu alam yang satu ini digunakan sebagai lantai kamar mandi atau kolam renang. Oleh karena itu penting untuk memeriksa coating marmer sebelum kamu membeli batu ala yang satu ini untuk lantai di rumah.

3. Proses Pemasangan yang Sulit

Tampilannya yang cantik juga sebanding dengan kesulitan dari proses pemasangan lantai marmer yang tidak mudah. Kamu mungkin akan membutuhkan jasa tukang untuk pemasangan lantai berbahan marmer ini di rumah. Karena pemasangan marmer harus dilakukan dengan teliti agar presisi.

Itulah beberapa daftar kelebihan dan kekurangan lantai marmer yang harus kamu ketahui sebelum kamu menggunakannya sebagai lantai di rumah. Semoga dengan ulasan di atas membuat pertimbangan kamu semakin matang dalam menggunakan batu alam ini sebagai lantai di rumah.

Baca juga:

Feature Image Source: Pexels


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Cek properti pilihan kami Mutiara Gading City dan temukan keunggulan, fasilitas menarik dan promo menguntungkan lainnya cuma di Pinhome! Cari tahu juga tips penting persiapan beli rumah dan KPR di Property Academy by Pinhome.

Hanya Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Copied to clipboard
bottom-sidebar-banner
left footer bannerright footer banner
left footer bannerright footer banner

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok
          sticky banner
          sticky banner

          © www.pinhome.id

          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download