BlogPemilik PropertiDesain Hunian5 Desain Mushola dan Tempat Wudhu dalam Rumah yang Simple
0
0

5 Desain Mushola dan Tempat Wudhu dalam Rumah yang Simple

Dipublikasikan oleh Ramanda Salsa dan Diperbarui oleh Ramanda Salsa

Apr 5, 2023

5 menit membaca

Copied to clipboard
top-right-banner

Mushola dan tempat wudhu dalam rumah bisa disebut dua hal yang tak terpisahkan. Walau beberapa rumah sering melakukan wudhu di kamar mandi, tapi ketersediaan tempat wudhu tersendiri cukup memudahkan. Hal tersebut dikarenakan biasanya berada bersebelahan dengan mushola dalam rumah secara langsung.

Jadi, seperti apa desain mushola dan tempat wudhu dalam rumah yang sesuai kebutuhan tapi tetap estetik dan menambah sisi dekorasi yang baik? Mari kita simak beberapa rekomendasinya!

Mushola dan Tempat Wudhu dalam Rumah Nuansa Kayu

Source : Pinterest

Mushola dan tempat wudhu nuansa kayu sering jadi pilihan terbaik. Itu karena, material kayu tidak licin serta ada yang cepat menyerap air sehingga ruangan tidak mudah lembab. Untuk bagian mushola, coba terapkan aksen-aksen kayu di bagian dindingnya yang cantik dengan dekorasi lafaz islami ataupun dekorasi ramadhan simple yang menyejukkan.

Untuk bagian tempat wudhu dengan nuansa kayu, material alami ini bisa diterapkan di bagian lantai dengan satu atau dua keran untuk berwudhu jika memiliki area lebih luas, atau cukup satu keran saja. 

Pada area ruang wudhu, dekorasinya juga tetap bisa simpel dengan menambahkan lampu beraksen kayu atau berwarna cokelat. Kamu pun juga bisa menambahkan karpet dengan motif gradasi cokelat ke putih agar lebih indah.

Baca juga: 8 Dekorasi Masjid Agar Suasana Lebih Syahdu

Mushola dan Tempat Wudhu Bawah Tangga

Source : Booking.com

Inspirasi ruang bawah tangga di dalam rumah juga bisa dimanfaatkan sebagai tempat sholat atau mushola kecil. Tempatkan rak-rak minimalis untuk meletakkan sajadah, sarung, mukena, Al-Quran sampai barang-barang dekoratif lainnya agar terlihat lebih cantik.

Berikan level atau trap lebih tinggi untuk area mushola ini agar menjadi pembeda dengan area sekitarnya. Untuk bagian tempat wudhunya, bisa dibuat di samping area bawah tangga atau mengambil sedikit area kamar mandi di samping mushola mini tersebut.

Dengan adanya pemanfaatan area di bawah tangga sebagai mushola, tentu tidak perlu repot lagi membuat atau mengalokasikan sebuah ruangan baru di rumah. Namun kekurangannya, area di bawah tangga tidak cocok ditutup sehingga mushola ini akan terekspos. Namun Kamu bisa mengakalinya dengan memberi partisi atau sekat minimalis sebagai pembatas.

Baca juga: 20 Rekomendasi Sekat Ruang Tamu Minimalis Modern

Mushola dan Tempat Wudhu Dalam Rumah Semi Outdoor

mushola dan tempat wudhu dalam rumah
Source : Pinterest

Area beribadah yang memiliki konsep semi outdoor seperti ini sangat unik dan menarik. Selain itu pula juga bisa menyesuaikan dengan area rumah yang ada. Sebagai contoh, mushola berada di dalam ruangan yang di sampingnya adalah tempat wudhu di luar ruangan atau yang menyatu dengan tempat cuci baju.

Gaya minimalis dengan tanaman-tanaman hijau bisa dipilih menemani tempat wudhu agar terlihat lebih estetik. Untuk pijakannya, Kamu bisa memilih batu bata merah karena akan sangat cocok dan manis berpadu dengan tanaman atau rumput di sekelilingnya.

Ide lainnya yang bisa diterapkan pula adalah menempatkan mushola di samping taman belakang. Berbeda dengan ruangan yang dikondisikan dengan kayu, mushola yang berdekatan dengan taman akan bertambah nuansa alaminya. Warna hijau natural dari rumput dan tanaman akan membuat aktivitas beribadah lebih syahdu dan khusyuk.

Mushola dan Tempat Wudhu di Dalam Kamar

mushola dan tempat wudhu dalam rumah
Source : Tokopedia

Untuk tipe mushola dan tempat wudhu satu ini mungkin akan lebih terjaga privasinya karena berada di dalam kamar, khususnya di dalam kamar tidur. Manfaatkan area kecil di sudut kamar yang berbentuk ruangan di dalamnya dan terhubung dengan kamar mandi.

Dekor mushola mini dalam kamar tidur ini dengan ornamen khas islami seperti bingkai atau tulisan di dinding, rak-rak tempat menyimpan perlengkapan sholat dan lain-lain. Tempat wudhunya bisa dibuat kecil sebelum masuk kamar mandi dengan satu keran. Jangan lupa letakkan keset atau karpet pengering agar area mushola tetap higienis dan tidak lembab.

Jika ingin yang lebih unik, mushola di dalam kamar ini bisa menjadi penyambung antara satu kamar dengan kamar yang lain, menggunakan connecting door. Di dalam hal ini, mushola juga sekaligus berfungsi sebagai penghubung ruangan. 

Konsepnya pun bisa beragam untuk dipilih sesuai selera. Misalnya, untuk menghubungkan konsep satu kamar dengan kamar yang lain ataupun penghubung halaman belakang rumah. Jangan lupa coba aplikasikan parket kayu di area mushola penghubung ini ya!

Baca juga: Perhatikan! Ini Bedanya Masjid dan Mushola

Desain Industrialis

mushola dan tempat wudhu dalam rumah
Source : Arsitag

Tema industrialis mungkin jadi favorit belakangan ini. Tidak hanya cocok untuk desain garasi belakang rumah, ternyata konsep minimalis yang cukup maskulin ini juga bagus diaplikasikan di tempat beribadah seperti mushola dalam rumah yang simpel.

Pembuatannya pun cukup mudah karena industrialis lekat dengan konsep semen ekspos sehingga memang terkesan seperti interior yang tidak selesai, tapi justru itu sisi industrialisnya. 

Jika Kamu merasa terlalu biasa, bisa menambahkan aksen pencahayaan di salah satu sudut ruangannya dengan lampu-lampu temaram atau yang tersembunyi di balik dinding sehingga cahayanya syahdu dan tidak terlalu menusuk mata.

Hal-Hal yang Harus Diperhatikan Saat Membuat Mushola di Rumah

Apapun gaya dan tipe mushola serta tempat wudhu yang dipilih, tetap ada beberapa hal yang harus diperhatikan agar kenyamanan beribadah tetap terjaga. Utamanya adalah luas ideal dari mushola dalam rumah yang sebaiknya mengakomodir ruang gerak minimal satu atau dua orang ketika sholat.

Besar minimal sebuah mushola dalam rumah berukuran 70 cm x 140 cm. Namun untuk beberapa kondisi atau seringnya nanti digunakan untuk orang yang lebih banyak, sampai 3 saf misalnya, diperlukan besar ruangan minimal 2.5 m x 4 m.

Setelah rapi dengan luas atau besar ruangan musholanya, yang harus diperhatikan lagi tentu adalah arah kiblat. Hal tersebut dikarenakan belum tentu satu sisi lurus ruangan tersebut adalah arah kiblat. 

Bisa jadi dari ruangan yang dipersiapkan tersebut, arah kiblatnya menyamping atau menyerong yang membuat sebagian area di ruangan bisa tidak terpakai. Itulah mengapa besar ruangan sebaiknya juga menyesuaikan arah kiblatnya terlebih dahulu.

Selamat mencari model mushola dan tempat wudhu dalam rumah yang simpel Ala Kamu ya, Pins!


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti bergabunglah menjadi rekan agen properti bersama kami dan iklankan properti kamu di sini. 

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai properti di Property Academy by Pinhome. Gabung menjadi Rekan Jasa Pinhome melalui aplikasi Rekan Pinhome di App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Featured Image Source: Pinterest

Copied to clipboard
bottom-sidebar-banner
left footer bannerright footer banner
left footer bannerright footer banner

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok
          sticky banner
          sticky banner

          © www.pinhome.id

          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download