BlogPemilik PropertiDesain Hunian10 Model Sekat Mushola dalam Rumah yang Memaksimalkan Desain Interior Ruangan
0
0

10 Model Sekat Mushola dalam Rumah yang Memaksimalkan Desain Interior Ruangan

Dipublikasikan oleh Aodhira Fawwaz Syah dan Diperbarui oleh Aodhira Fawwaz Syah

Jan 28, 2024

5 menit membaca

Copied to clipboard
sekat mushola dalam rumahtop-right-banner

Banyak pemilik rumah yang memutuskan untuk memiliki ruang ibadah di dalam huniannya, agar ibadah bisa lebih tenang dan khusyuk. Dengan kepopuler konsep ruang open space, atau ruang terbuka, kini ruang mushola tidak hanya dibatasi oleh dinding tembok saja. Melainkan juga bisa dengan sekat atau partisi. Simak artikel ini untuk mengetahui sekat mushola dalam rumah yang menarik!

Kamu dapat memiliki rumah minimalis yang bagus di rumah baru di Kabupaten Bogor dan di rumah second Kec Bandung. Bila kamu berencana untuk membangun rumah menggunakan KPR, kamu dapat mengetahui biaya estimasi pembangunannya terlebih dahulu loh di Kalkulator KPR.

Baca juga: Rekomendasi Sekat Dapur Minimalis Cantik & Murah Meriah

Model Sekat Mushola dalam Rumah yang Memaksimalkan Desain Interior Ruangan

Apakah kamu termasuk salah satu pemilik hunian yang sedang mencari sekat mushola dalam rumah, Pins? Untuk memudahkanmu dalam menemukan sekat untuk mushola dalam rumah yang tepat, berikut 10 inspirasi model sekat mushola yang dapat mempercantik rumahmu:

1. Sekat untuk Mushola dalam Rumah

Source : Pinterest

Sekat ini dedesain dalam kombinasi motif berbentuk kubah masjid serta motif khas yang biasa terpasang di dinding mesjid. Dengan melihat desainnya saja memberikan kesan nuansa islami. Sekat ini dapat dipasangkan dengan ruangan mushola dalam berbagai warna dinding. Hal ini dikarenakan warna sekat terbuat dari bahan kayu yang memiliki warna coklat netral.

2. Partisi yang Dihiasi Kaligrafi

Source : Pinterest

Sekat kayu ini memiliki ukiran kaligrafi di setiap setiap papannya. Bahan kayu jati yang digunakan membuat partisi lipat ini tahan lama meski dipakai selama bertahun-tahun. Sekat ini bisa digunakan untuk ruang mushola yang menyatu dengan ruangan dalam rumah, maupun halaman rumah. Meski mengusung model lipat, tapi sekat berukir kaligrafi memiliki bobot yang cukup berat. Jadi dibutuhkan setidaknya 2 orang saat sekat ingin dipindahkan atau disimpan.

Baca juga: 10 Model Ornamen Kaligrafi yang Bagus untuk Mushola di Rumah

3. DIY Macrame

Source : Pinterest

Kerajinan tangan mengikat tali, atau yang dikenal dengan macrame menghasilkan banyak produk indah. Bukan hanya berupa hiasan gantung di dinding, macrame juga bisa menjadi inspirasi dari sekat untuk mushola dalam rumah. Sebagai bingkainya, sekat macrame ini menggunakan bingkai kayu.

Tapi, jika kamu ingin sekat terbuat dari sepenuhnya macrame, kamu bisa memilih sekat model gantung. Sedangkan dari segi warnanya, tersedia juga sekat macrame dalam varian warna  hitam dan coklat.

4. Sekat Daun Palem

Source : Pinterest

Apakah ruang mushola-mu berada di halaman rumah? Pemandangan hijau yang berada di halaman ruman memang sudah menyejukkan mata. Tapi, jika kamu ingin lebih memperkuat lagi nuansa alami pada ruang mushola, kamu bisa mempertimbangkan sekat bermotif daun palem.

Sekat 3 papan yang terbuat dari kayu ini dapat semakin meperkuat konsep ruanganmu. Sekat bertema tumbuhan tropis ini dapat digunakan di ruang mushola berukuran medium hingga besar.

Baca juga: 5 Inspirasi Desain Unik Mushola di Halaman Rumah

5. Multifungsi dan Mudah Dibersihkan

Source : Pinterest

Bagi kamu yang mencari sekat mushola dalam rumah yang bisa digunakan juga sebagai rak hiasan, sekat multifungsi ini cocok untuk menjadi pilihan. Namun, dikarenakan fungsi utamanya adalah sebagai sekat, sebaiknya jangan meletakkan barang yang berat di atas permukaannya. 

Dari segi desainnya, permukaan sekat dibuat dalam model anyaman yang saling terkait di setiap papannya. Sementara itu, untuk perawatannya pun terbilang mudah. Cukup bersihkan sekat dengan lap lembab untuk mengangkat debu yang menempel disela-sela anyaman.

6. Model Bambu yang Unik

Source : Pinterest

Model sekat bambu ini terlihat unik dan dapat mempercantik ruang ibadah. Tambahkan aksen batu koral pada bagian bawah sekat untuk semakin menekankan nuansa alam. Dari segi pemasangannya, penempatan sekat ini memang cukup kompleks, dan begitu dipasang tidak mudah untuk dipindahkan.

Oleh karena itu, sekat bambu ini cocok untuk ruang mushola yang permanen. Jika Pins cukup sering merombak ruang mushola, disarankah untuk lebih memilih sekat yang portable.

7. Minimalis dan Ringan

Source : Pinterest

Sekat mushola dalam rumah yang satu ini cocok menjadi pelengkap dari rumah berdesain minimalis. Terbuat dari kain ivory dan kerangka metal, membuat sekat ini dapat dengan mudah digeser atau disimpan. Jika ruang mushola dipergunakan juga oleh tamu, privasi mereka saat beribadah pun akan terjaga karena bahan sekat ini tidaklah transparan.

Selain 4 papan, sekat berdesain minimalis ini juga tersedia dalam jumlah 3 papan. Pins, bisa menyesuaikan jumlah papan sesuai dengan ukuran mushola.

Baca juga: Desain Minimalis: Konsep, Ciri Khusus, dan Sejarah Singkatnya

8. Berdesain Ketupat nan Fresh

Source : Pinterest

Untuk menambahkan kesan fresh dari ruang mushola, bisa dengan penggunaan sekat berdesain ketupat. Selain memiliki model desain yang menarik, sekat lipat ini terbuat dari kerangka metal. Warna hijau menghiasi permukaan sekat yang berdesain modern ini.

Tak hanya itu, pemilihan kerangka material yang digunakan sekat ini pun ringan dan mudah untuk dipindahkan.

9. Motif Bintang Pelengkap Desain Skandinavia

Source : Pinterest

Memilih desain Skandinavia untuk ruang mushola? Sekat mushola dalam rumah bermotif bintang ini akan semakin memperindah ruangan mushola-mu. Meski didesain dengan warna putih, tapi sekat ini tidak terlihat membosankan dengan pemilihan motif bintang dalam berbagai ukuran.

Sekat yang menempel pada dinding ini cocok untuk ruangan mushola yang berukuran luas.

10. Dinding Persegi dari Bahan Kaca

Source : Pinterest

Selain kayu, plastik, dan kain, terdapat juga sekat yang terbuat dari material kaca. Kaca ini dapat kamu fungsikan sebagai dinding pemisah antara ruang mushola dengan ruangan lainnya. Dari segi desain, sekat kaca dengan permukaan bergaris ini dikombinasikan dengan partisi kayu berbentuk persegi.

Bukan hanya warna, bentuk perseginya pun didesain dalam berbagai ukuran berbeda. Sangat unik, bukan?

Memilih model sekat mushola dalam rumah memang bisa memakan waktu. Tapi, jika sudah ada bayangan mengenai model sekat yang cocok untuk mushola, Pins bisa lebih hemat waktu dalam mempertimbangkannya.

Baca juga: 8 Desain Sekat Tembok Setengah untuk Hunian

Feature Source Image: Pinterest


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Cek properti pilihan kami Pesona Ciputih dan temukan keunggulan, fasilitas menarik dan promo menguntungkan lainnya cuma di Pinhome! Cari tahu juga tips penting persiapan beli rumah dan KPR di Property Academy by Pinhome.   

Hanya Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome PINtar jual beli sewa properti.

Copied to clipboard
bottom-sidebar-banner

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok
          sticky banner
          sticky banner

          © www.pinhome.id

          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download