BlogPemilik Properti30 Masjid Indah di Dunia, Salah Satunya Ada di Indonesia
0
0

30 Masjid Indah di Dunia, Salah Satunya Ada di Indonesia

Dipublikasikan oleh Nur Dwi Ratnasari dan Diperbarui oleh Nabila Azmi

Des 18, 2023

8 menit membaca

Copied to clipboard
top-right-banner

Pins, tahukah kamu bahwa terdapat banyak sekali masjid indah di dunia yang memiliki desain yang cantik, unik, dan aesthetic? Masjid merupakan tempat suci untuk melakukan ibadah bagi umat Islam.

Tidak hanya beribadah, masjid juga digunakan sebagai pusat dari berbagai kegiatan keagamaan maupun komunitas muslim seperti perayaan hari raya, mengaji, maupun berdakwah. Tak terkecuali beberapa masjid indah di dunia yang menjadi pusat perhatian dan peribadatan bagi umat Muslim.

Melalui aplikasi Pinhome, kamu bisa menemukan properti dekat Masjid Al Akbar Surabaya dan lainnya. Kamu juga bisa memanfaatkan fitur PinValue untuk menemukan rumah second di Kota Mojokerto atau rumah di Jagakarsa misalnya Vasa Jagakarsa yang sesuai budget dan preferensimu.

Beberapa Masjid Indah di Dunia

Pada sejarahnya, masjid digunakan dalam berbagai aktivitas termasuk sosial, ekonomi, dan aktivitas militer dalam masa penyebaran dan pertumbuhan agama Islam. Seiring waktu, desain dan tampilan masjid memiliki banyak keragaman seperti pada nama-nama masjid berikut ini:

1. Masjidil Haram, Arab Saudi

masjid indah di dunia
Source : Pinterest

Masjidil Haram merupakan masjid pertama yang dibangun tepatnya pada abad ke-7 dan masih digunakan hingga sekarang. Masjidil Haram di Arab Saudi menjadi masjid paling terkenal dan tertua di Islam.

Baca juga: Masjid Namira Lamongan

2. Masjid Nabawi, Arab Saudi

Source : Pinterest

Masjid Nabawi juga terletak di Arab Saudi tepatnya di kota Madina. Tempat ibadah umat Islam ini merupakan masjid kedua setelah Masjidil Haram yang dibangun dalam sejarah agama Islam. Masjid ini termasuk masjid paling besar di dunia.

3. Masjid Al-Aqsa, Yerusalem

masjid indah di dunia
Source : Pinterest

Masjid al-Aqsa di Kota Tua Yerusalem merupakan salah satu masjid tertua dan terindah ketiga. Masjid Al-Aqsa atau yang dikenal juga sebagai Bayt Al-Muqaddas memiliki kubah yang tersusun dari lapisan timah berwarna perah. Namun sayangnya, kubah yang asli kini sudah tidak ada lagi.

Baca juga: 8 Model Mihrab Masjid Terindah di Dunia

4. Masjid Wazir Khan, Pakistan

Source : Pinterest

Masjid indah di dunia selanjutnya adalah Masjid Wazir Khan di Pakistan tepatnya di kota Lahore. Masjid ini dikenal dengan seni keramik yang indah dan menakjubkan yang menghiasi setiap bagian dari masjid Wazir Khan.

5. Masjid Kul Sharif, Rusia

masjid indah di dunia
Source : Pinterest

Masjid terbesar di Rusia yaitu masjid Kul Sharif yang juga termasuk salah satu masjid yang indah di dunia. Masjid ini didominasi oleh perpaduan warna biru laut dan putih yang indah.

6. Masjid Istiqlal, Indonesia

Source : Pinterest

Indonesia juga memiliki salah satu masjid terindah di dunia yaitu masjid Istiqlal yang berada di Jakarta. Masjid ini memiliki kubah berbentuk setengah bola dengan kerangka polyhedra yang berasal dari Jerman.

7. Masjid Sheikh-Lotfollah, Esfahan, Iran

masjid indah di dunia
Source : Pinterest

Masjid Sheikh-Lotfollah yang berada di Esfahan, Iran merupakan masjid terkenal yang dikenal dengan masjid para wanita. Hal tersebut dikarenakan masjid ini memiliki terowongan yang digunakan oleh para wanita tanpa terlihat oleh orang umum lainnya.

8. Masjid Hazrat Sultan, Kazakhstan

Source : Pinterest

Masjid Hazrat Sultan di Nur-Sultan, Kazakhstan merupakan masjid terbesar se-Asia Tengah. Masjid ini memiliki kubah yang ditopang oleh 4 menara setinggi lebih dari 70 meter.

Baca juga: 8 Dekorasi Masjid yang Membuat Suasana Menjadi Lebih Syahdu

9. Masjid Shah Faisal, Pakistan

masjid indah di dunia
Source : Pinterest

Masjid yang juga berada di wilayah Asia tepatnya Pakistan yaitu Masjid Shah Faisal. Masjid ini memiliki arsitektur Islam modern yang cantik pada fasadnya.

10. Masjid Sultan Omar Ali Saifuddien, Brunei

Source : Pinterest

Masjid Sultan Omar Ali Saifuddien di Brunei merupakan salah satu masjid terbagus se-Asia Tenggara. Masjid ini banyak menarik para wisatawan dari berbagai negara untuk sekedar melihat keindahannya.

11. Masjid Syekh Zayed, Uni Emirat Arab

masjid indah di dunia
Source : Pinterest

Masjid Syekh Zayed di Uni Emirate Arab tepatnya di wilayah Abu Dhabi ini sangat unik karena memiliki 82 kubah dan lebih dari 1000 kolom, serta lampu gantung yang dilapisi dengan emas 24 karat. Masjid ini mampu menampung lebih dari 41.000 jemaah yang beribadah.

12. Masjid Hassan II, Maroko

Source : Pinterest

Masjid terbesar di dunia yang ketiga adalah masjid Hassan II di daerah Casablanca, Maroko. Masjid ini memiliki menara dengan tinggi 210 meter yang menjulang megah.

13. Masjid Jama, India

masjid indah di dunia
Source : Pinterest

Meskipun negara India terkenal dengan mayoritas agama Hindu dan Buddha, namun di India juga memiliki masjid terindah dan terbesar yaitu Masjid Jama. Masjid ini memiliki nuansa budaya Persia dan Fatehpur Sikri yang mempesona.

14. Masjid Sultan Ahmed atau Blue Mosque, Turki

Source : Travel Kompas

Masjid Sultan Ahmed di Turki adalah salah satu masjid terkenal yang kerap dikunjungi oleh para wisatawan. Masjid ini memiliki 6 menara dengan berbagai ornamen berwarna biru sehingga dikenal juga dengan nama masjid biru.

15. Masjid Jami-Ul-Alfar, Sri Lanka

Source : Pinterest

Masjid Jami-Ul-Alfar memiliki arsitektur bergaya Indo-Saracenic yang unik dengan bentuk delima. Pada jaman dahulu, masjid ini dijadikan sebagai acuan para nelayan dan pelaut untuk merapat ke pelabuhan.

Baca juga: Desain Mushola Dalam Rumah yang Membuat Suasana Tenang dan Nyaman

16. Masjid Kristal, Malaysia

masjid indah di dunia
Source : Pinterest

Masjid yang tampak seperti kristal dengan kilauan yang cantik yaitu masjid Kristal di Malaysia. Keunikan dari masjid Kristal adalah kubah dan menara yang dapat berganti warna sesuai dengan pantulan cahaya yang didapatkan.

17. Masjid Bibi-Khanym, Uzbekistan

Source : Republika

Masjid Bibi-Khanym merupakan masjid yang berada di Uzbekistan dan merupakan tanda cinta dari Sang Raja Timur Lenk kepada permaisurinya pada tahun 1399 silam.

Keindahannya tampak pada kubah masijd kembar yang dilengkapi dengan tambur berbentuk silindris. Selain itu, terdapat juga keramik yang disusun sedemikian rupa sehingga membentuk kaligrafi huruf arab yang indah.

18. Masjid Raya Baiturrahman, Indonesia

Source : Kompas

Masjid terindah di dunia lainnya adalah Masjid Raya Baiturrahman yang berlokasi di Aceh. Dibangun pada tahun 1881, masjid ini memiliki luas bangunan sekitar 1,500 meter persegi. Lantai masjid yang diselimuti keramik berwarna abu-abu terang serta halaman yang luas membuat masjid ini merupakan salah satu masjid terbesar di Indonesia.

19. Masjid Raya Sultan Qaboos, Oman

Source : Islampos

Masjid Raya Sultan Qaboos terletak di Muskat, Oman dan diresmikan oleh Sultan Qaboos pada 2001 silam dan sempat mendapatkan rekor dunia sebagai masjid dengan karpet yang terbuat dari tangan terbesar di dunia. Namun, semenjak ada Masjid Agung Sheikh Zayed di Abu Dhabi, masjid ini menduduki peringkat kedua. Masjid ini didominasi oleh warna cokelat yang kalem serta memiliki 3 menara dan 1 kubah.

20. Masjid Sentral Mashkhur Jusup, Kazakhstan

Source : Republika

Terletak di tengah Kota Pavlodar, Kazakhstan, Masjid Sentral Mashkur Jusup merupakan salah satu masjid terbesar di Kazakhstan dengan luas tanah mencapai 6 hektar. Masjid ini dinamai berdasarkan seorang penyair dan sejarawan Kazakhstan, Mashkhur Jusup.

Salah satu hal yang menarik di masjid ini adalah adanya lampu gantung kristal yang disebut sebagai Zumrad. Lampu ini memiliki 434 lampu lainnya yang menerangi seisi masjid yang tersusun dari kombinasi bata dan baja.

21. Masjid Raya Xi’an, China

Source : CNN Indonesia

Masjid Raya Xi’an berlokasi di Kota Xi’an, China dan merupakan masjid tertuan dan terbesar di China. Bangunan ini dibangun pada tahun 742, dalam periode Dinasti Tang. Masjid ini mengolaborasikan gaya arsitektur tradisional China dan Islam dan membentuk sebuah bangunan indah yang harmonis dengan lingkungan sekitarnya.

22. Masjid Central Seoul, Korea Selatan

Source : IDN Times

Masjid Central Seoul berlokasi di Seoul, Korea Selatan dan merupakan salah satu masjid terbesar dan tertuan di Korea Selatan. Dalam bahasa arab, masjid ini dikenal dengan nama Masjid Si’ul Al-Markaz dan memiliki luas tanah sekitar 5000 meter persegi.

Masjid ini memiliki bangunan utama yang terletak di bagian tengah yang diapit dengan 2 menara di bagian depannya. Arsitektur masjid ini didominasi oleh warna putih dengan penggunaan roster di bagian depannya. Indah ya, Pins!

Baca juga: Bacaan Doa Masuk Masjid dan Artinya

23. Tokyo Camii, Jepang

Source : FUN! Japan

Masjid Tokyo Camii berlokasi di Tokyo, Jepang. Tidak hanya berfungsi sebagai masjid, tempat ini juga merupakan pusat kebudayaan Turki, tepatnya di Oyama-cho, Distrik Shibuya. Masjid ini merupakan masjid terbesar di Jepang dan berdekatan dengan tempat wisata, seperti Harajuku, Shinjuku, dan lain sebagainya.

24. Masjid Badshahi, Pakistan

Source : CNN Indonesia

Masjid Badshahi merupakan salah satu masjid terbesar di dunia dan berlokasi Kota Lahore, Pakistan. Masjid ini sangat besar hingga dapat memuat sekitar 100 ribu jamaah.

Tempat ibadah ini sendiri memiliki arti yaitu masjid kerajaan karena dibangun oleh Kaisar Mughal Aurangzeb sekitar tahun 1671 silam. Penggunaan gaya arsitektur timur tengah sangat tampak dalam bangunan yang monumental dan indah ini sehingga membuat masjid ini terlihat menawan dan tak lekang oleh waktu.

25. Masjid Starlit, Doha

Source : Islamic Information

Masjid Starlit merupakan sebuah masjid yang terdapat di Qatar dan memiliki gaya arsitektur yang unik, berbeda dari masjid kebanyakan. Pasalnya, masjid ini menggunakan pola roster yang kecil dan tidak beraturan, sehingga ketika terkena cahaya, masjid ini akan berkerlip seperti sedang beribadah dibawah bintang.

Masjid ini juga merupakan sebuah kampus dengan fakultas studi Islam, maka tidak heran kalau masjid ini sering disebut sebagai Masjid Kota Pendidikan di Doha.

26. Masjid Sentral Cologne, Jerman

Source : Al Fozan

Masjid lainnya yang memiliki arsitektur unik dan futuristik adalah Central Cologne Mosque yang berlokasi di Cologne, Jerman. Masjid ini disahkan oleh Presiden Turki, Erdogan. Desain masjid ini menggunakan konsep neo-ottoman dengan dinding kaca, dua menara, dan satu kubah. Masjid ini memiliki area untuk bazaar sekaligus berfungsi sebagai tempat bersosialisasi antar jamaah.

27. Masjid Nasir Al-Mulk, Iran

Source : Republika

Salah satu masjid paling indah di dunia lainnya berlokasi di Iran, tepatnya di Shiraz. Keindahan dari mushola ini dapat dilihat di bagia interiornya dimana kaca patri yang digunakan sebagai jendela ini meneruskan cahaya matahari dan mengubah warnanya sehingga tampilan dalam mushola seperti diselimuti oleh pelangi yang indah.

28. Masjid Qolsharif, Rusia

Source : DDHK News

Masjid Qolsharif merupakan salah satu masjid terbesar di dunia yang terletak di Rusia, Nama masjid ini juga dikenal sebagai Kul Sharif, seperti seorang tokoh agama yang sedang melakukan pelayanan ibadah di daerah tersebut. Arsitektur masjid ini unik dengan fitur utama atap dan kubah birunya yang indah.

29. Masjid Putra, Malaysia

Source : Republika

Masjid lainnya yang merupakan salah satu masjid paling indah di dunia adalah Masjid Putra di Malaysia. Nama masjid ini diambil dari Perdana Menteri Malaysia yang pertama, Tunku Abdul Rahman Putra Al Haj. Masjid ini juga menjadi salah satu ikon Kota Putrajaya.

30. Masjid Saknt-Peterburg, Rusia

Source : Kumparan

Masjid Sankt-Peterburg terletak di Rusia dan didesain oleh arsitek, Nikolai Vasilyev. Masjid ini rampung pada 1921 dan merupakan salah satu masjid terbesar di Eropa, Masjid ini memiliki menara setinggi 49 meter dan kubah setinggi 39 meter. Selain itu, masjid ini juga dikenal sebaga Blue Mosque,

Itulah beberapa masjid indah di dunia yang begitu terkenal bahkan banyak juga umat Muslim yang ingin mengunjunginya. Selain itu, fasilitas di semua masjid di atas sangat lengkap untuk para jamaah.

Baca juga: Simak, Bacaan Doa di Awal dan Akhir Tahun

Feature Image Source: Pxhere


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Cek properti pilihan kami Paradise Serpong City 2 dan temukan keunggulan, fasilitas menarik dan promo menguntungkan lainnya cuma di Pinhome! Cari tahu juga tips penting persiapan beli rumah dan KPR di Property Academy by Pinhome.

Hanya Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Copied to clipboard
bottom-sidebar-banner
left footer bannerright footer banner
left footer bannerright footer banner

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok
          sticky banner
          sticky banner

          © www.pinhome.id

          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download