30 Masjid Indah di Dunia, Salah Satunya Ada di Indonesia

Diperbarui oleh Bryan Dharmanta ∙ September 30, 2022 ∙ 9 menit membaca

Pins, tahukah kamu bahwa terdapat banyak sekali masjid indah di dunia yang memiliki desain yang cantik, unik, dan aesthetic? Masjid merupakan tempat suci untuk melakukan ibadah bagi umat Islam. Tidak hanya beribadah, masjid juga digunakan sebagai pusat dari berbagai kegiatan keagamaan maupun komunitas muslim seperti perayaan hari raya, mengaji, maupun berdakwah. Tak terkecuali beberapa masjid indah di dunia yang menjadi pusat perhatian dan peribadatan bagi umat Muslim.

Apa saja ya kira-kira masjid terindah di dunia? Apakah Indonesia juga termasuk di dalamnya? Simak selengkapnya dalam ulasan berikut ini!

Baca juga: Masjid Namira Lamongan

Beberapa Masjid Indah di Dunia

Pada sejarahnya, masjid digunakan dalam berbagai aktivitas termasuk sosial, ekonomi, dan aktivitas militer dalam masa penyebaran dan pertumbuhan agama Islam. Seiring waktu, desain dan tampilan masjid memiliki banyak keragaman seperti pada nama-nama masjid berikut ini:

Masjidil Haram di Arab Saudi

masjid indah di dunia
(Pinterest)

Masjidil Haram merupakan masjid pertama yang dibangun tepatnya pada abad ke-7 dan masih digunakan hingga sekarang. Masjidil Haram di aram Saudi menjadi masjid paling terkenal dan tertua di Islam.

Masjid Nabawi, Arab Saudi

(Pinterest)

Masjid Nabawi juga terletak di Arab Saudi tepatnya di kota Madina. Masjid Nabawi merupakan masjid kedua setelah Masjidil Haram yang dibangun dalam sejarah agama Islam. Masjid ini termasuk masjid paling besar di dunia.

Masjid Al-Aqsa, Yerusalem

masjid indah di dunia
(Pinterest)

Masjid al-Aqsa di Kota Tua Yerusalem merupakan salah satu masjid tertua dan terindah ketiga. Masjid Al-Aqsa atau yang dikenal juga sebagai Bayt Al-Muqaddas memiliki kubah yang tersusun dari lapisan timah berwarna perah. Namun sayangnya, kubah yang asli kini sudah tidak ada lagi.

Baca juga: 8 Model Mihrab Masjid Terindah di Dunia

Masjid Wazir Khan, Pakistan

(Pinterest)

Masjid indah di dunia selanjutnya adalah Masjid Wazir Khan di Pakistan tepatnya di kota Lahore. Masjid ini dikenal dengan seni keramik yang indah dan menakjubkan yang menghiasi setiap bagian dari masjid Wazir Khan.

Masjid Kul Sharif, Rusia

masjid indah di dunia
(Pinterest)

Masjid terbesar di Rusia yaitu masjid Kul Sharif yang juga termasuk salah satu masjid yang indah di dunia. Masjid ini didominasi oleh perpaduan warna biru laut dan putih yang indah.

Baca juga: 8 Dekorasi Masjid yang Membuat Suasana Menjadi Lebih Syahdu

Masjid Istiqlal, Indonesia

(Pinterest)

Indonesia juga memiliki salah satu masjid terindah di dunia yaitu masjid istiqlal yang berada di Jakarta. Masjid ini memiliki kubah berbentuk setengah bola dengan kerangka polyhedra yang berasal dari Jerman.

Masjid Sheikh-Lotfollah, Esfahan, Iran

masjid indah di dunia
(Pinterest)

Masjid Sheikh-Lotfollah yang berada di Esfahan, Iran merupakan masjid terkenal yang dikenal dengan masjid para wanita. Hal tersebut dikarenakan masjid ini memiliki terowongan yang digunakan oleh para wanita tanpa terlihat oleh orang umum lainnya.

Masjid Hazrat Sultan, Kazakhstan

(Pinterest)

Masjid Hazrat Sultan di Nur-Sultan, Kazakhstan merupakan masjid terbesar se-Asia Tengah. Masjid ini memiliki kubah yang ditopang oleh 4 menara setinggi lebih dari 70 meter.

Masjid Shah Faisal, Pakistan

masjid indah di dunia
(Pinterest)

Masjid yang juga berada di wilayah Asia tepatnya Pakistan yaitu Masjid Shah Faisal. Masjid ini memiliki arsitektur Islam modern yang cantik pada fasadnya.

Masjid Sultan Omar Ali Saifuddien, Brunei

(Pinterest)

Masjid Sultan Omar Ali Saifuddien di Brunei merupakan salah satu masjid terbagus se-Asia Tenggara. Masjid ini banyak menarik para wisatawan dari berbagai negara untuk sekedar melihat keindahannya.

Masjid Syekh Zayed, Uni Emirat Arab

masjid indah di dunia
(Pinterest)

Masjid Syekh Zayed di Uni Emirate Arab tepatnya di wilayah Abu Dhabi ini sangat unik karena memiliki 82 kubah dan lebih dari 1000 kolom, serta lampu gantung yang dilapisi dengan emas 24 karat. Masjid ini mampu menampung lebih dari 41.000 jemaah yang beribadah.

Masjid Hassan II, Maroko

(Pinterest)

Masjid terbesar di dunia yang ketiga adalah masjid Hassan II di daerah Casablanca, Maroko. Masjid ini memiliki menara dengan tinggi 210 meter yang menjulang megah.

Masjid Jama, India

masjid indah di dunia
(Pinterest)

Meskipun negara India terkenal dengan mayoritas agama Hindu dan Buddha, namun di India juga memiliki masjid terindah dan terbesar yaitu Masjid Jama. Masjid ini memiliki nuansa budaya Persia dan Fatehpur Sikri yang mempesona.

14.  Masjid Sultan Ahmed atau Blue Mosque, Turki

(Travel Kompas)

Masjid Sultan Ahmed di Turki adalah salah satu masjid terkenal yang kerap dikunjungi oleh para wisatawan. Masjid ini memiliki 6 menara dengan berbagai ornamen berwarna biru sehingga dikenal juga dengan nama masjid biru.

Masjid Jami-Ul-Alfar, Sri Lanka

(Pinterest)

Masjid Jami-Ul-Alfar memiliki arsitektur bergaya Indo-Saracenic yang unik dengan bentuk delima. Pada jaman dahulu, masjid ini dijadikan sebagai acuan para nelayan dan pelaut untuk merapat ke pelabuhan.

Baca Juga: Desain Mushola Dalam Rumah yang Membuat Suasana Tenang dan Nyaman

Masjid Kristal, Malaysia

masjid indah di dunia
(Pinterest)

Masjid yang tampak seperti kristal dengan kilauan yang cantik yaitu masjid Kristal di Malaysia. Keunikan dari masjid Kristal adalah kubah dan menara yang dapat berganti warna sesuai dengan pantulan cahaya yang didapatkan.

Masjid Bibi-Khanym, Uzbekistan

(Republika)

Masjid Bibi-Khanym merupakan masjid yang berada di Uzbekistan dan merupakan tanda cinta dari Sang Raja TImur Lenk kepada permaisurinya pada tahun 1399 silam. Keindahannya tampak pada kubah masijd kembar yang dilengkapi dengan tambur berbentuk silindris. Selain itu, terdapat juga keramik yang disusun sedemikian rupa sehingga membentuk kaligrafi huruf arab yang indah.

Baca juga: 4 Inspirasi Gambar Desain Rumah

Masjid Raya Baiturrahman, Indonesia

(Kompas)

Masjid terindah di dunia lainnya adalah Masjid Raya Baiturrahman yang berlokasi di Aceh. Dibangun pada tahun 1881, masjid ini memiliki luas bangunan sekitar 1,500 meter persegi. Lantai masjid yang diselimuti keramik berawarna abu-abu terang serta halaman yang luas membuat masjid ini merupakan salah satu masjid terbesar di Indonesia.

Masjid Raya Sultan Qaboos, Oman

(Islampos)

Masjid Raya Sultan Qaboos terletak di Muskat, Oman dan diresmikan oleh Sultan Qaboos pada 2001 silam dan sempat mendapatkan rekor dunia sebagai masjid dengan karpet yang terbuat dari tangan terbesar di dunia. Namun, semenjak ada Masjid Agung Sheikh Zayed di Abu Dhabi, masjid ini menduduki peringkat kedua. Masjid ini didominasi oleh warna cokelat yang kalem serta memiliki 3 menara dan 1 kubah.

Masjid Sentral Mashkhur Jusup, Kazakhstan

(Republika)

Terletak di tengah Kota Pavlodar, Kazakhstan, Masjid Sentral Mashkur Jusup merupakan salah satu masjid terbesar di Kazakhstan dengan luas tanah mencapai 6 hektar. Masjid ini dinamai berdasarkan seorang penyair dan sejarawan Kazakhstan, Mashkhur Jusup.

Salah satu hal yang menarik di masjid ini adalah adanya lampu gantung kristal yang disebut sebagai Zumrad. Lampu ini memiliki 434 lampu lainnya yang menerangi seisi masjid yang tersusun dari kombinasi bata dan baja.

Masjid Raya Xi’an, China

(CNN Indonesia)

Masjid Raya Xi’an berlokasi di Kota Xi’an, China dan merupakan masjid tertuan dan terbesar di China. Masjid ini dibangun pada tahun 742, dalam periode Dinasti Tang. Masjid ini mengkolaborasikan gaya arsitektur tradisional China dan Islam dan membentuk sebuah bangunan indah yang harmonis dengan lingkungan sekitarnya.

Masjid Central Seoul, South Korea

(IDN Times)

Masjid Central Seoul berlokasi di Seoul, Korea Selatan dan merupakan salah satu masjid terbesar dan tertuan di Korea Selatan. Dalam bahasa arab, masjid ini dikenal dengan nama Masjid Si’ul Al-Markaz dan memiliki luas tanah sekitar 5000 meter persegi. Masjid ini memiliki bangunan utama yang terletak di bagian tengah yang diapit dengan 2 menara di bagian depannya.

Arsitektur masjid ini di dominasi oleh warna putih dengan penggunaan roster di bagian depannya. Indah ya, Pins!

Baca juga: Bacaan Doa Masuk Masjid dan Artinya

Tokyo Camii, Japan

(FUN! Japan)

Masjid Tokyo Camii berlokasi di Tokyo, Jepang. Tidak hanya berfungsi sebagai masjid, tempat ini juga merupakan pusat kebudayaan Turki, tepatnya di Oyama-cho, Distrik Shibuya. Masjid ini merupakan masjid terbesar di Jepang dan berdekatan dengan tempat wisata, seperti Harajuku, Shinjuku, dan lain sebagainya.

Masjid Badshahi, Pakistan

(CNN Indonesia)

Masjid Badshahi merupakan salah satu masjid terbesar di dunia dan berlokasi Kota Lahore, Pakistan. Masjid ini sangat besar hingga dapat memuat sekitar 100 ribu jamaah. Masjid ini sendiri memiliki arti yaitu masjid kerajaan karena dibangun oleh Kaisar Mughal Aurangzeb sekitar tahun 1671 silam. Penggunaan gaya arsitektur timur tengah sangat tampak dalam bangunan yang monumental dan indah ini sehingga membuat Masjid ini terlihat menawan dan tak lekang oleh waktu.

Masjid Starlit, Doha

(Islamic Information)

Masjid Starlit merupakan sebuah masjid yang terdapat di Qatar dan memiliki gaya arsitektur yang unik, berbeda dari masjid kebanyakan. Pasalnya, masjid ini menggunakan pola roster yang kecil dan tidak beraturan, sehingga ketika terkena cahaya, masjid ini akan berkerlip seperti sedang beribadah dibawah bintang.

Masjid ini juga merupakan sebuah kampus dengan fakulitas studi Islam, Maka tidak heran kalau masjid ini sering disebut sebagai Masjid Kota Pendidikan di Doha.

Masjid Sentral Cologne, Jerman

(Al Fozan)

Masjid lainnya yang memiliki arsitektur unik dan futuristik adalah Central Cologne Mosque yang berlokasi di Cologne, Jerman. Masjid ini disahkan oleh Presiden Turki, Erdogan. Desain masjid ini menggunakan konsep neo-ottoman dengan dinding kaca, dua menara, dan satu kubah. Masjid ini memiliki area untuk bazaar sekaligus berfungsi sebagai tempat bersosialisasi antar jamaah.

Masjid Nasir Al-Mulk, Iran

(Republika)

Salah satu masjid terindah di dunia lainnya berlokasi di Iran, tepatnya di Shiraz. Keindahan dari mushola ini dapat dilihat di bagia interiornya dimana kaca patri yang digunakan sebagai jendela ini meneruskan cahaya matahari dan mengubah warnanya sehingga tampilan dalam mushola seperti diselimuti oleh pelangi yang indah.

Masjid Qolsharif, Rusia

(DDHK News)

Masjid Qolsharif merupakan salah satu masjid terbesar di dunia yang terletak di Rusia, Nama masjid ini juga dikenal sebagai Kul Sharif, seperti seorang tokoh agama yang sedang melakukan pelayanan ibadah di daerah tersebut. Arsitektur masjid ini unik dengan fitur utama atap dan kubah birunya yang indah.

Masjid Putra, Malaysia

(Republika)

Masjid lainnya yang merupakan salah satu masjid terindah di dunia adalah Masjid Putra di Malaysia. Nama masjid ini diambil dari Perdana Menteri Malaysia yang pertama, Tunku Abdul Rahman Putra Al Haj. Masjid ini juga menjadi salah satu ikon Kota Putrajaya.

Masjid Saknt-Peterburg, Rusia

(Kumparan)

Masjid Sankt-Peterburg terletak di Rusia dan didesain oleh arsitek, Nikolai Vasilyev. Masjid ini rampung pada 1921 dan merupakan salah satu masjid terbesar di Eropa, Masjid ini memiliki menara setinggi 49 meter dan kubah setinggi 39 meter. Selain itu, masjid ini juga dikenal sebaga Blue Mosque,

Itulah beberapa masjid indah di dunia yang begitu terkenal bahkan banyak juga umat Muslim yang ingin mengunjunginya. Selain itu, fasilitas di semua masjid di atas sangat lengkap untuk para jamaah.

Baca juga: Simak, Bacaan Doa di Awal dan Akhir Tahun


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti bergabunglah menjadi rekan agen properti bersama kami dan iklankan properti kamu di sini. 

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai properti di Property Academy by Pinhome. Gabung menjadi Rekan Jasa Pinhome melalui aplikasi Rekan Pinhome di App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome PINtar jual beli sewa properti.

Tags :

Artikel Pilihan

Berita Pinhome
Berita Pinhome Hadir di Denpasar, Pinhome Home Service Solusi Satu Langkah Mudah Bersih-Bersih Rumah

Jakarta, 9 Juli 2021 – Layanan Pinhome Home Service (PHS), hasil kolaborasi Pinhome dengan PT. Ap

Berita Pinhome
Berita Pinhome Hadir di Bandar Lampung dan Yogyakarta, Pinhome Home Service: Solusi Satu Langkah Mudah Bersih-bersih Rumah

Jakarta – Layanan Pinhome Home Service (PHS), hasil kolaborasi Pinhome dengan PT. Aplikasi 

Berita Pinhome
Berita Pinhome Buka Booth Free Massage di Acara CoHive Pop Up Market, Layanan Pinhome Home Service Diminati Lebih dari 150 Orang

Jakarta, 14 Juli 2022 - Pinhome selaku e-commerce properti, penyedia jasa rumah tangga, dan gaya hi

Berita Pinhome
Berita Pinhome KPR Lewat Pinhome, Agen Properti Bisa Klaim Seluruh Komisi!

Jakarta, 9 Agustus 2021 – Pinhome sebagai e-commerce properti memiliki misi untuk menjadikan prop

Berita Pinhome
Berita Pinhome Mau Bangun Usaha? Berikut Tips Pengecekan Properti untuk Tempat Usaha dari Pinhome

Jakarta, 1 November 2021 – Memahami aspek hukum pada properti merupakan hal yang krusial sebelum

Artikel Terkini

Finansial
Finansial Simple! Begini Cara Membuat Trading Plan untuk Pemula

Tidak berbeda dengan kehidupan, investasi juga memerlukan perencanaan yang matang, sehingga kamu bi

Finansial
Finansial Apa itu White Paper di Cryptocurrency?

Apa itu white paper, termasuk dalam hal ini white paper crypto adalah suatu dokumen yang memiliki p

Finansial
Finansial Apa itu ETF? Pengertian, Keuntungan dan Kerugiannya

Produk investasi memiliki jenis yang sangat beragam. Tentunya, agar tidak salah memilih, kamu harus

Finansial
Finansial Apa itu Stop Loss? Pengertian dan Cara Menggunakannya

Berbicara mengenai dunia investasi dan trading, selalu terdapat istilah-istilah terkait yang mungki

Gadget
Gadget 15 Rekomendasi HP Xiaomi Terbaik Desember 2022, Wajib Punya!

Xiaomi merupakan salah satu produsen smartphone yang cukup terkenal dan sudah mendunia, terutama un

Ikuti Media Sosial Kami

Pinhome Indonesia