BlogPemilik PropertiDesain Hunian8 Model Mihrab Masjid Terindah di Dunia. Yuk Intip!
0
0

8 Model Mihrab Masjid Terindah di Dunia. Yuk Intip!

Dipublikasikan oleh Aodhira Fawwaz Syah dan Diperbarui oleh Aodhira Fawwaz Syah

Mar 11, 2024

7 menit membaca

Copied to clipboard
mihrab masjid terindahtop-right-banner

Masjid adalah tempat di mana semua umat Muslim melakukan ibadah. Masjid digunakan setiap hari untuk umat Muslim melakukan ibadah shalat lima waktu sehari. Oleh karena itu masjid dibuat senyaman mungkin agar umat Muslim bisa menjalankan ibadah dengan tenang dan fokus. Biasanya pada masjid terdapat mihrab, yaitu setengah lingkaran yang berada pada dinding depan masjid. Menurut Pins, masjid apa yang memiliki model mihrab masjid terindah? Simak artikel ini untuk mengetahuinya!

Kamu dapat menemukan rumah idaman yang cocok dengan keinginan kamu di jual rumah baru di Kabupaten Bogor dan di rumah second Kec Bandung. Kamu dapat mengetahui estimasi harga rumah di PinValue tanpa harus menuju ke lapangan di tempat rumah tersebut dijual dan tanpa harus bertanya ke developer.

Baca juga: Jadi Elemen Penting, Ini 5 Desain Kubah dalam Masjid yang Menakjubkan

Mihrab Masjid Terindah

Banyak masjid yang dibangun megah dengan fasilitas lengkap supaya dapat menunjang ibadah para muslimin. Mihrab berfungsi untuk menunjukkan arah kiblat dan dijadikan sebagai tempat imam untuk memimpin shalat berjamaah. Berbagai desain masjid modern juga telah banyak dibangun di berbagai belahan dunia dengan mihrab yang indah. Bagi Pins yang penasaran, yuk simak beberapa model mihrab masjid terindah di dunia:

1. Masjidil Haram

mihrab masjid terindah
Source : Pinterest

Bagi umat Muslim, mungkin Masjidil Haram menjadi masjid yang sangat familiar. Masjidil Haram adalah masjid yang terletak di kota Mekah. Masjid ini adalah masjid dengan arsitektur yang paling terkenal di dunia. Masjid ini memiliki luas 400.800 meter persegi termasuk area luar dan dalam yang bisa menampung hingga 4 juta orang. 

Dahulu Masjidil Haram hanyalah ruang terbuka dengan ka’bah di tengahnya. Kemudian renovasi pertama Ka’bah dilakukan yang mana dibangun tembok-tembok di sekeliling Ka’bah yang didesain dengan berbagai dekorasi. 

Renovasi ini dilakukan beberapa kali hingga saat ini, bahkan lantai Ka’bah diganti dengan marmer berwarna biru dan terdapat tujuh menara di sekelilingnya. Hal ini membuat Masjidil Haram menjadi masjid yang memiliki mihrab masjid terindah di dunia. 

Baca juga: 30 Masjid Indah di Dunia, Salah Satunya Ada di Indonesia

2. Masjid Nabawi

Source : Pinterest

Masih di Arab Saudi, Masjid Nabawi adalah masjid yang terletak di kota Madinah. Masjid yang memiliki mihrab masjid terindah di dunia kedua. Masjid ini juga merupakan masjid kedua yang dibangun dalam sejarah Islam, dan dibangun dengan pagar tinggi yang dihiasi oleh kaligrafi

Di masjid ini juga terdapat raudhah yang mana disebut juga dengan taman surga. Raudhah ini berlapiskan karpet hijau seluas 144 m2. Tidak hanya itu, di bagian luar masjid juga terdapat ratusan payung kerucut terbalik yang dapat meneduhkan jamaah haji yang beristirahat di Masjid Nabawi.

3. Masjid Al-Aqsa

mihrab masjid terindah
Source : Pinterest

Mungkin dari Pins banyak yang juga sangat familiar dengan masjid yang satu ini. Masjid ini terletak di Kota Yerusalem. Jika melihat kubahnya saja, Pins akan melihat kubah berwarna emas yang mana lapisan timah yang kuat. Masjid ini terkenal sebagai tempat suci ketiga bagi umat Islam. 

Hal ini karena Masjid Al-Aqsa merupakan kiblat pertama sebelum ka’bah. Masjid ini memiliki luas 144.000 meter persegi dengan Jami’ Al Aqsa yang mana merupakan masjid berkubah biru yang menjadi bagian dari kompleks Al-Aqsa.

Tidak hanya Jami’ Al-Aqsa, masjid ini memiliki banyak bagian lain yang menawan seperti air mancur Qayt Bay, kubah nabi, kubah kenaikan (mikhraj).

Baca juga: 5 Desain Arsitektur Masjid di Prancis yang Menyejukkan

4. Masjid Syekh Zayed

Source : Pinterest

Masjid Syekh Zayed ini terletak di Abu Dhabi, Uni Emirat Arab. Masjid ini memiliki warna dominan putih dengan ornamen bergaya Maroko yang sangat indah. Pada masjid ini  juga terdapat pilar-pilar yang dihiasi dengan motif bunga. 

Luas dari masjid ini sendiri adalah 22.412 meter persegi yang bisa menampung 40 ribu jama’ah. Pada ruang utama masjid ada 96 pilar yang dihiasi dengan mutiara. Hal tersebutlah yang menjadikan masjid ini menjadi masjid indah di dunia.

5. Masjid Sultan Hassan II

model mihrab masjid
Source : Pinterest

Masjid Sultan Hassan II adalah masjid yang menjadi kebanggan masyarakat Maroko. Banguan ini merupakan peninggalan raja Sultan Hassan II dan terletak di kota Casablanca, Maroko dengan kapasitas yang mampu menampung hingga 25 ribu jama’ah di bagian dalam masjid dan 80 ribu jama’ah pada bagian luar masjid.

Masjid bersejarah ini dibangun mulai tahun 1990 oleh arsitek berkebangsaan Prancis, yaitu Michel Pinseau. Mihrab masjid terindah di dunia ini dibangun mengarah ke Samudra Atlantik yang membuat Masjid Sultan Hassan II ini terlihat seakan-akan berada di lautan.

Baca juga: Perhatikan! Ini Bedanya Masjid dan Mushola

6. Masjid Kul Sharif

mihrab masjid terindah
Source : Pinterest

Masjid Badshahi masuk ke dalam masjid indah di dunia karena bangunannya yang sangat indah. Bangunan ini disebut juga dengan “gerbang Islam” karena merupakan masjid yang sangat monumental di Rusia.

Masjid Kul Sharif adalah masjid terbesar di Rusia yang mana memiliki banyak menara-menara tinggi di sekitarnya. Bangunan ini terletak di Kota Kazan yang mana 50% dari penduduknya beragama Islam.

Masjid ini memiliki warna putih dan biru yang membuat masjid ini terlihat cerah dan mencolok. Langit-langit masjid dihiasi dengan kaligrafi yang bertuliskan ayat-ayat Al-Qur’an. Bahkan mihrab pada masjid ini dihiasi dengan kiswah Ka’bah dengan mimbar yang besar.

7. Masjid Istiqlal

Source : Detik

Tentu dari Pins sudah sangat familiar dengan masjid yang satu ini. Masjid Istiqlal adalah maskid yang dibangn di DKI Jakarta pada 24 Agustus 1951. Bangunan ini dibuat dengan desain yang megah disertai marmer putih dan baja. 

Masjid Istiqlal memiliki kubah berbentuk setengah bola yang menggunakan kerangka polyhedra dari Jerman. Tidak hanya itu, masjid ini juga memiliki 12 pilar dan di bagian kiri kubah terdapat lafadz Muhammad.

Baca juga: 10 Masjid yang Dibangun atau Rancangan Ridwan Kamil

8. Masjid Wazir Khan

mihrab masjid terindah
Source : Oriental Architecture

Masjid Wazir Khan adalah masjid yang terletak di Kota Lahore, Pakistan. Masjid ini dibangun pertama kali pada tahun 1634 pada masa kekuasaan Raja Shah Jehan. Raja Shah Jehan juga meninggalkan Taj Mahal yang juga sangat mendunia.

Masjid Wazir Khan memiliki 5 kubah khas India dengan 4 menara yang berada di sekitarnya. Masjid ini juga memiliki lapangan di bagian tengah komplek masjid. Bangunan masjid ini didominasi oleh warna merah bata yang membuat bangunan ini sangat khas.

9. Masjid Sahib-i Ata

Source : Shutterstock

Masjid Sahib-i Ata, atau yang biasanya dikenal dengan nama Blue Mosque, merupakan masjid yang berlokasi di Konya, Turki. Di dalam masjid ini, ternyata terdapat mihrab yang sangat indah yang bisanya disebut sebagai Blue Altar.

Penggunaan keramik motif serta bentuknya yang tidak seperti mihrab pada umumnya membuat masjid ini menjadi salah sati masjid terindah di dunia. Apalagi ketika downlight lampu warna biru dinyalakan sehingga tampak seperti menyelimuti mihrab tersebut dalam cahaya kebiruan yang menawan.

Baca juga: Doa Masuk dan Keluar Masjid

10. Masjid Al-Nasir Muhammad

Source : Shutterstock

Masjid Al-Nasir Muhammad merupakan salah satu masjid dengan desain mihrab terindah di dunia yang berlokasi di Kairo, Mesir. Penggunaan konsep arsitektur monumental tampak sekali di bangunan ini yang memfokuskan pada besarnya bangunan sehingga membuat orang-orang yang berada di dalamnya terasa sangat kecil. Hal ini selaras dengan masjid di mana umatnya memuja kebesaran Allah itu sendiri.

Perpaduan keramik motif dan penggunaan warna earth tone juga memberikan kesan kalem yang megah dan elegan. Selain itu, arsitekturnya masih terlihat sekali penggunaan material batuan sehingga menunjukkan ciri khas Mesir yang tradisional, antik, dan indah.

Itulah daftar beberapa masjid dengan mihrab terindah di dunia yang perlu kamu ketahui. Semoga dengan ulasan di atas dapat menambah wawasan kamu mengenai masjid-masjid terindah di dunia.

Baca juga:

Feature Source Image: CarthageGroup


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Cek properti pilihan kami The Agathis dan temukan keunggulan, fasilitas menarik dan promo menguntungkan lainnya cuma di Pinhome! Cari tahu juga tips penting persiapan beli rumah dan KPR di Property Academy by Pinhome.

Hanya Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome PINtar jual beli sewa properti.

Copied to clipboard
bottom-sidebar-banner
left footer bannerright footer banner
left footer bannerright footer banner

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok
          sticky banner
          sticky banner

          © www.pinhome.id

          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download