Pinhome

Tips Properti

8 Model Mihrab Masjid Terindah di Dunia. Yuk Intip!

Dipublikasikan oleh Aileen Velishya ∙ 1 October 2021 ∙ 5 menit membaca

Masjid adalah tempat di mana semua umat Muslim melakukan ibadah. Masjid digunakan setiap hari untuk umat Muslim melakukan ibadah shalat lima waktu sehari. Oleh karena itu masjid dibuat senyaman mungkin agar umat Muslim bisa menjalankan ibadah dengan tenang dan fokus. Bahkan banyak masjid dibangun megah dan fasilitas lengkap supaya menunjang ibadah. Biasanya pada masjid terdapat mihrab, yaitu setengah lingkaran yang berada pada dinding depan masjid. Menurut Pins, masjid apa yang memiliki mihrab masjid terindah?

Pinhome – Mihrab berfungsi untuk menunjukkan arah kiblat dan dijadikan sebagai tempat imam untuk memimpin shalat berjamaah. Berbagai desain masjid modern juga telah banyak dibangun di berbagai belahan dunia dengan mihrab yang indah. Bagi Pins yang penasaran, yuk simak 8 model mihrab masjid terindah di dunia.

Masjidil Haram

(Pinterest)

Bagi umat Muslim, mungkin Masjidil Haram menjadi masjid yang sangat familiar. Masjidil Haram adalah masjid yang terletak di kota Mekah. Masjid ini adalah masjid dengan arsitektur yang paling terkenal di dunia. Masjid ini memiliki luas 400.800 meter persegi termasuk area luar dan dalam yang bisa menampung hingga 4 juta orang. 

Dahulu Masjidil Haram hanyalah ruang terbuka dengan ka’bah di tengahnya. Kemudian renovasi pertama Ka’bah dilakukan yang mana dibangun tembok-tembok di sekeliling Ka’bah yang didesain dengan berbagai dekorasi. 

Renovasi ini dilakukan beberapa kali hingga saat ini, bahkan lantai Ka’bah diganti dengan marmer berwarna biru dan terdapat tujuh menara di sekelilingnya. Hal ini membuat Masjidil Haram menjadi masjid yang memiliki mihrab masjid terindah di dunia. 

Masjid Nabawi

(Pinterest)

Masih di Arab Saudi, Masjid Nabawi adalah masjid yang terletak di kota Madinah. Masjid yang memiliki mihrab masjid terindah di dunia kedua. Masjid Nabawi juga merupakan masjid kedua yang dibangun dalam sejarah Islam. Masjid ini dibangun dengan pagar tinggi yang dihiasi oleh kaligrafi. 

Di masjid ini juga terdapat raudhah yang mana disebut juga dengan taman surga. Raudhah ini berlapiskan karpet hijau seluas 144 m2. Tidak hanya itu, di bagian luar masjid juga terdapat ratusan payu kerucut terbalik yang dapat meneduhkan jamaah haji yang beristirahat di Masjid Nabawi.

Masjid Al-Aqsa

(Pinterest)

Mungkin dari Pins banyak yang juga sangat familiar dengan masjid yang satu ini. Masjid ini terletak di Kota Yerusalem. Jika melihat kubahnya saja, Pins akan melihat kubah berwarna emas yang mana lapisan timah yang kuat. Masjid ini terkenal sebagai tempat suci ketiga bagi umat Islam. 

Hal ini karena masjid Al-Aqsa merupakan kiblat pertama sebelum ka’bah.  Masjid ini memiliki luas 144.000 meter persegi dengan Jami’ Al Aqsa yang mana merupakan masjid berkubah biru yang menjadi bagian dari kompleks Al-Aqsa. Tidak hanya Jami’ Al-Aqsa, masjid ini memiliki banyak bagian lain yang menawan seperti air mancur Qayt Bay, kubah nabi, kubah kenaikan (mikhraj).

Baca juga: 8 Contoh Gambar Masjid Sederhana yang Sejuk Dipandang

Masjid Syekh Zayed

(Pinterest)

Masjid Syekh Zayed ini terletak di Abu Dhabi, Uni Emirat Arab. Masjid ini memiliki warna dominan putih dengan ornamen bergaya Maroko yang sangat indah. Pada masjid ini  juga terdapat pilar-pilar yang dihiasi dengan motif bunga. 

Luas dari masjid ini sendiri adalah 22.412 meter persegi yang bisa menampung 40 ribu jama’ah. Pada ruang utama masjid ada 96 pilar yang dihiasi dengan mutiara. Hal tersebutlah yang menjadikan masjid ini menjadi masjid indah di dunia.

Masjid Sultan Hassan II

(Pinterest)

Masjid Sultan Hassan II adalah masjid yang menjadi kebanggan masyarakat Maroko. Masjid ini dibangun oleh sang raja, yaitu Sultan Hassan II. Masjid ini terletak di kota Casablanca, Maroko dengan kapasitas yang mampu menampung hingga 25 ribu jama’ah di bagian dalam masjid dan 80 ribu jama’ah pada bagian luar masjid.

Masjid Sultan Hassan II ini dibangun mulai tahun 1990 oleh arsitek berkebangsaan Prancis, yaitu Michel Pinseau. Masjid terindah di dunia ini dibangun mengarah ke Samudra Atlantik yang membuat masjid Sultan Hassan II ini terlihat seakan-akan berada di lautan.

Masjid Kul Sharif

(Pinterest)

Masjid Badshahi masuk ke dalam masjid indah di dunia karena bangunannya yang sangat indah. Masjid ini disebut juga dengan “gerbang Islam” karena merupakan masjid yang sangat monumental di Rusia. Masjid Kul Sharif adalah masjid terbesar di Rusia yang mana memiliki banyak menara-menara tinggi di sekitarnya. Masjid Kul Sharif terletak di Kota Kazan yang mana 50% dari penduduknya beragama Islam.

Masjid ini memiliki warna putih dan biru yang membuat masjid ini terlihat cerah dan mencolok. Langit-langit masjid dihiasi dengan kaligrafi yang bertuliskan ayat-ayat Al-Qur’an. Bahkan mihrab pada masjid ini dihiasi dengan kiswah Ka’bah dengan mimbar yang besar.

Masjid Istiqlal

(Detik)

Tentu dari Pins sudah sangat familiar dengan masjid yang satu ini. Masjid Istiqlal adalah maskid yang dibangn di DKI Jakarta pada 24 Agustus 1951. Masjid ini dibangun dengan desain yang megah disertai marmer putih dan baja. 

Masjid Istiqlal memiliki kubah berbentuk setengah bola yang menggunakan kerangka polyhedra dari Jerman. Tidak hanya itu, masjid ini juga memiliki 12 pilar dan di bagian kiri kubah terdapat lafadz Muhammad.

Masjid Wazir Khan

(Oriental Architecture)

Masjid Wazir Khan adalah masjid yang terletak di Kota Lahore, Pakistan. Masjid ini dibangun pertama kali pada tahun 1634 pada masa kekuasaan Raja Shah Jehan. Raja Shah Jehan juga meninggalkan Taj Mahal yang juga sangat mendunia.

Masjid Wazir Khan memiliki 5 kubah khas India dengan 4 menara yang berada di sekitarnya. Masjid ini juga memiliki lapangan di bagian tengah komplek masjid. Bangunan masjid ini didominasi oleh warna merah bata yang membuat bangunan ini sangat khas.

Baca juga: 7 Model Ornamen Kaligrafi yang Bagus untuk Mushola di Rumah

Itulah daftar 8 masjid terindah di dunia yang perlu kamu ketahui. Semoga dengan ulasan di atas dapat menambah wawasan kamu mengenai masjid-masjid terindah di dunia.


Temukan pilihan rumah terlengkap di Aplikasi Pinhome. Untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti bergabunglah menjadi rekan agen properti bersama kami dan iklankan properti kamu di sini.

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai properti di Property Academy by Pinhome. Gabung menjadi Rekan Jasa Pinhome melalui aplikasi Rekan Pinhome di App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome PINtar jual beli sewa properti.

Tags :

Bagikan Artikel