11 Model Atap Rumah Memanjang Ke Samping dan Ke Belakang

Pinhome

11 Model Atap Rumah Memanjang Ke Samping dan Ke Belakang

Dipublikasikan oleh Ramanda Salsa ∙ 14 January 2022 ∙ 5 menit membaca

Atap tidak sepenuhnya hanya memenuhi kebutuhan fungsional. Selain sebagai sarana untuk melindungi rumah agar tetap hangat dan kering, atap juga bisa menjadi fitur arsitektural. Namun, hal tersebut justru menjadi salah satu aspek rumah yang paling diabaikan. Model atap rumah memanjang salah satunya. 

Desain tersebut menjadi model yang umum digunakan pada bangunan rumah di Indonesia. Model atap rumah dengan tampilan seperti ini tidak selalu menjadikan bangunan rumah bergaya tradisional klasik, kamu bisa menjadikannya berkonsep bangunan kontemporer maupun modern minimalis. 

Model Atap Rumah Memanjang

Dalam artikel berikut Pinhome akan memberikan inspirasi contoh-contoh model atap rumah memanjang ke samping dan ke belakang yang kekinian dan menjadi tren baru-baru ini. 

Baca Juga: Tips Mendesain Atap Rumah Paling Mudah

Model Atap Rumah Desain Memanjang Ke Samping

(Trendir)

Dalam pembangunan hunian kekinian, penggunaan model atap memanjang ke samping banyak diterapkan. Desain bagian miring yang membuat rumah terlihat lebih tinggi ini cenderung mengusung gaya modern minimalis. Atap hunian dibuat miring ke arah samping karena sebagian penempatannya sengaja dibuat pada dinding yang lebih tinggi. 

Walaupun terkesan sederhana, model atap rumah memanjang ke samping memberikan kesan kemewahan tersendiri pada rumah. Keuntungan lainnya, bagian depan rumah terbebas dari derasnya guyuran air hujan, karena kamu bisa mengatur aliran air hujan untuk jatuh kearah samping rumah.

Model Atap Rumah Miring ke Depan

(stellamariscollege)

Perkembangan rumah modern saat ini memang cukup pesat. Salah satunya adalah keragaman dari desain atap yang cenderung tidak monoton. Misalnya adalah rumah yang menggunakan model rumah atap miring kedepan. Jika dilihat lebih detail, Pins akan menyadari bahwa bagian belakang bangunan rumah menjorok ke atas setinggi atap dan selanjutnya semua atap menjorok ke bagian depan rumah. Hal tersebutlah yang justru menjadikan model atap rumah jenis ini menjadi unik.

Untuk hunian yang memiliki lahan yang terbatas, penggunaan model desain atap rumah miring kedepan ini banyak digunakan. Hal tersebut dikarenakan modelnya mengarah ke satu titik yang membuat aliran air ketika hujan tidak akan menyebar ke semua arah.

Baca Juga: Jenis Atap Polycarbonate Beserta Harga Terbarunya

Model Atap Rumah Memanjang ke Belakang

(Feldcoroofing)

Untuk hunian yang tidak terlalu besar, kamu bisa mencoba menggunakan model atap rumah memanjang ke belakang dengan model miring untuk memberikan kesan segar dan besar pada rumah minimalis. Pada model atap rumah satu ini, atap bagian belakang dibuat lebih rendah dibandingkan atap bagian depan ataupun bisa dengan bentuk rata atau flat design.

Pada model atap rumah memanjang ke belakang seperti ini, ketika musim hujan juga memiliki keuntungan tersendiri, karena atapnya yang miring ke belakang membuat air hujan akan mengalir turun ke belakang. Sehingga area rumah bagian depan akan terlihat lebih bersih karena tidak terkena tampiasan air.

Model Atap Miring Modern

(Desain)

Untuk hunian satu lantai selanjutnya. Model atap rumah miring satu sisi seperti ini bisa mengubah tampilan arsitektur hunian terlihat lebih elegan dan modern. Meskipun berada pada lahan yang terbatas, kombinasi dinding kaca sebagai jendela membuat tampilan hunian menjadi lebih luas.

Model Minimalis Modern

(Desain)

Pada desain rumah minimalis modern, model atap rumah yang dibuat memanjang juga bisa kamu terapkan. Desain atap rumah memanjang dan simpel ini membuat hunian terlihat lebih simpel namun tetap menarik perhatian. Pins bisa mengaplikasian dinding kaca pada jendela dan pintu yang berukuran lebar dan besar untuk melengkapi aksen minimalis modern pada hunian ini.

Baca Juga: Jenis Atap Fiber Serta Kelebihan dan Kekurangannya

Model Atap Rumah Sederhana 

model atap rumah memanjang
(Desain)

Salah satu desain atap rumah yang paling sederhana adalah model atap rumah memanjang ke samping. Model atap seperti ini seringkali kita temukan pada rumah tradisional maupun perkampungan. Namun, dengan penambahan atap yang memanjang ke samping ini membuat desainnya tetap terlihat modern walaupun tetap mengutamakan kesederhanaan.

Model Atap Kupu-Kupu

model atap rumah memanjang
(Deliasphotos)

Atap memanjang ke samping model kupu-kupu seperti di atas juga mulai menjadi tren. Hal tersebut karena estetikanya yang dibuat simetris namun terbalik menjadikan atap ini sangat unik. Model atap seperti ini seolah-olah merupakan kebalikan dari konsep desain atap rumah klasik.

Baca Juga: 12 Desain Rumah Tanpa Plafon yang Menarik

Model Atap Bertingkat

model atap rumah memanjang
(Desain)

Model atap memanjang berikut ini merupakan model modifikasi dari model atap pelana tradisional. Desain rumah menjadi lebih modern dengan adanya penambahan atap model pelana secara bertumpuk. Pins bisa menggunakan warna-warna minimalis sebagai pelengkap.

Model Atap Lurus

model atap rumah memanjang
(Realestate)

Model atap rumah memanjang dengan bentuk lurus juga tidak kalah unik ya, Pins. Atap dengan model lurus mendatar menghasilkan desain yang kontemporer. Sistem pemasangan atap yang tanpa sekrup memberikan tampilan atap yang mulus dan terlihat tanpa celah.

Model Atap Unik

model atap rumah memanjang
(Homedit)

Kalau kamu ingin memiliki hunian dengan konsep yang unik, kamu bisa mencoba model atap dengan jenis memanjang berikut ini. Desain atap rumah minimalis ini dirancang dengan model miring satu sisi, namun memiliki beberapa atap miring yang bertingkat secara tidak beraturan. Dilengkapi dengan dinding kaca dan tembok kayu ekspos membuat tampilan rumah ini menjadi semakin menarik perhatian.

Model Atap Minimalis 1 Lantai

model atap rumah memanjang
(Stellamariscollege)

Dalam membangun hunian, konsep minimalis seringkali masih menjadi pilihan konsep yang populer. Konsep minimalis ini seringkali digunakan pada bangunan perumahan ataupun kluster. Pengaplikasian desain atap minimalis miring ke samping maupun kombinasi pada desain rumah 1 lantai membuat rumah tampak sederhana namun modern.

Demikianlah beberapa inspirasi model atap rumah memanjang ke samping dan ke belakang yang Pinhome bisa rekomendasikan buat kamu. Semoga artikel ini bisa bermanfaat bagi kamu yang sedang merencanakan desain rumah impian. Sampai jumpa di artikel selanjutnya!

Baca Juga: 8 Jenis Atap Rumah Multiroof dan Keunggulannya


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Dapatkan properti idaman melalui program NUP untuk akses eksklusif. Untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti bergabunglah menjadi rekan agen properti bersama kami dan iklankan properti kamu di sini. 

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai properti di Property Academy by Pinhome. Gabung menjadi Rekan Jasa Pinhome melalui aplikasi Rekan Pinhome di App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Bagikan Artikel