BlogPemilik PropertiDesain Hunian13 Model Atap Rumah Memanjang Terbaik 2023
0
0

13 Model Atap Rumah Memanjang Terbaik 2023

Dipublikasikan oleh Aodhira Fawwaz Syah dan Diperbarui oleh Pandu Pamungkas

Jan 22, 2024

7 menit membaca

Copied to clipboard
top-right-banner

Atap tidak sepenuhnya hanya untuk memenuhi kebutuhan fungsional. Selain sebagai sarana untuk melindungi rumah agar tetap hangat dan kering, atap juga bisa menjadi fitur arsitektural. Model atap rumah memanjang adalah salah satu contoh fitur arsitektual yang bisa diterapkan. Simak artikel ini untuk mengetahui model atap rumah memanjang!

Pins bisa mencari rumah idaman di Pinhome yang siap untuk dihuni di rumah baru di Kabupaten Bogor dan di rumah bekas Kec Bandung. Pins juga bisa menggunakan fitur Pengajuan KPR untuk membangun rumah mewah dengan tambahan model atap rumah memanjang sesuai dengan keinginan Pins

Baca juga: 10 Desain Dapur Cantik yang Bikin Ingin Masak Terus

Inspirasi Model Atap Rumah Memanjang

Desain atap rumah memanjang menjadi model yang umum digunakan pada bangunan rumah di Indonesia. Model atap rumah dengan tampilan seperti ini tidak selalu menjadikan bangunan rumah bergaya tradisional klasik, kamu bisa menjadikannya berkonsep bangunan kontemporer maupun modern minimalis. 

Berikut ini beberapa model atap rumah memanjang ke samping dan ke belakang yang kekinian dan menjadi tren baru-baru ini:

1. Model Atap Rumah Desain Memanjang Ke Samping

Source : Trendir

Dalam pembangunan hunian kekinian, penggunaan model atap memanjang ke samping banyak diterapkan. Desain bagian miring yang membuat rumah terlihat lebih tinggi ini cenderung mengusung gaya modern minimalis. Atap hunian dibuat miring ke arah samping karena sebagian penempatannya sengaja dibuat pada dinding yang lebih tinggi. 

Walaupun terkesan sederhana, model atap rumah memanjang ke samping memberikan kesan kemewahan tersendiri pada rumah. Keuntungan lainnya, bagian depan rumah terbebas dari derasnya guyuran air hujan, karena kamu bisa mengatur aliran air hujan untuk jatuh ke arah samping rumah.

Baca juga: Tips Mendesain Atap Rumah Paling Mudah

2. Model Atap Rumah Miring ke Depan

Source : Stellamariscollege

Perkembangan rumah modern saat ini memang cukup pesat. Salah satunya adalah keragaman dari desain atap yang cenderung tidak monoton. Misalnya adalah rumah yang menggunakan model rumah atap miring kedepan.

Jika dilihat lebih detail, Pins akan menyadari bahwa bagian belakang bangunan rumah menjorok ke atas setinggi atap dan selanjutnya semua atap menjorok ke bagian depan rumah. Hal tersebutlah yang justru menjadikan model atap rumah jenis ini menjadi unik.

Untuk hunian yang memiliki lahan yang terbatas, penggunaan model desain atap rumah miring kedepan ini banyak digunakan. Hal tersebut dikarenakan modelnya mengarah ke satu titik yang membuat aliran air ketika hujan tidak akan menyebar ke semua arah.

Baca juga: Jenis Atap Polycarbonate Beserta Harga Terbarunya

3. Model Atap Rumah Memanjang ke Belakang

Source : Feldcoroofing

Untuk hunian yang tidak terlalu besar, kamu bisa mencoba menggunakan model atap rumah memanjang ke belakang dengan model miring untuk memberikan kesan segar dan besar pada rumah minimalis. Pada model atap rumah satu ini, atap bagian belakang dibuat lebih rendah dibandingkan atap bagian depan ataupun bisa dengan bentuk rata atau flat design.

Pada model atap rumah memanjang ke belakang seperti ini, ketika musim hujan juga memiliki keuntungan tersendiri, karena atapnya yang miring ke belakang membuat air hujan akan mengalir turun ke belakang. Sehingga area rumah bagian depan akan terlihat lebih bersih karena tidak terkena tampiasan air.

4. Model Atap Miring Modern

Source : Desain

Model atap rumah miring satu sisi seperti ini bisa mengubah tampilan arsitektur hunian terlihat lebih elegan dan modern. Meskipun berada pada lahan yang terbatas, kombinasi dinding kaca sebagai jendela membuat tampilan hunian menjadi lebih luas.

5. Model Minimalis Modern

Source : Desain

Pada desain rumah minimalis modern, model atap rumah yang dibuat memanjang juga bisa kamu terapkan. Desain atap rumah memanjang dan simpel ini membuat hunian terlihat lebih simpel namun tetap menarik perhatian. Pins bisa mengaplikasian dinding kaca pada jendela dan pintu yang berukuran lebar dan besar untuk melengkapi aksen minimalis modern pada hunian ini.

Baca juga: Jenis Atap Fiber Serta Kelebihan dan Kekurangannya

6. Model Atap Rumah Sederhana 

model atap rumah memanjang
Source : Desain

Salah satu desain atap rumah yang paling sederhana adalah model atap rumah memanjang ke samping. Model atap seperti ini seringkali kita temukan pada rumah tradisional maupun perkampungan. Namun, dengan penambahan atap yang memanjang ke samping ini membuat desainnya tetap terlihat modern walaupun tetap mengutamakan kesederhanaan.

7. Model Atap Kupu-Kupu

model atap rumah memanjang
Source : Deliasphotos

Atap manjang ke samping model kupu-kupu seperti di atas juga mulai menjadi tren. Hal tersebut karena estetikanya yang dibuat simetris namun terbalik menjadikan atap ini sangat unik. Model atap seperti ini seolah-olah merupakan kebalikan dari konsep desain atap rumah klasik.

Baca juga: 12 Desain Rumah Tanpa Plafon yang Menarik

8. Model Atap Bertingkat

model atap rumah memanjang
Source : Desain

Model atap manjang berikut ini merupakan modifikasi dari model atap pelana tradisional. Desain rumah menjadi lebih modern dengan adanya penambahan atap model pelana secara bertumpuk. Pins bisa menggunakan warna-warna minimalis sebagai pelengkap.

9. Model Atap Lurus

model atap rumah memanjang
Source : Realestate

Model atap rumah manjang dengan bentuk lurus juga tidak kalah unik ya, Pins. Atap dengan model lurus mendatar menghasilkan desain yang kontemporer. Sistem pemasangan atap yang tanpa sekrup memberikan tampilan atap yang mulus dan terlihat tanpa celah.

10. Model Atap Unik

model atap rumah memanjang
Source : Homedit

Kalau kamu ingin memiliki hunian dengan konsep yang unik, kamu bisa mencoba model atap dengan jenis memanjang berikut ini. Desain atap rumah minimalis ini dirancang dengan model miring satu sisi, namun memiliki beberapa atap miring yang bertingkat secara tidak beraturan. Dilengkapi dengan dinding kaca dan tembok kayu ekspos membuat tampilan rumah ini menjadi semakin menarik perhatian.

11. Model Atap Minimalis 1 Lantai

model atap rumah memanjang
Source : Stellamariscollege

Dalam membangun hunian, konsep minimalis seringkali masih menjadi pilihan konsep yang populer. Konsep minimalis ini seringkali digunakan pada bangunan perumahan ataupun kluster. Pengaplikasian desain atap minimalis miring ke samping maupun kombinasi pada desain rumah 1 lantai membuat rumah tampak sederhana namun modern.

12. Model Atap Hunian Memanjang dengan Garasi

Source : iStock

Model atap rumah manjang selanjutnya adalah model rumah dengan tambahan garasi. Garasi yang ada akan dibangun menyatu dengan bangunan utama, sehingga penggunaan atap rumah akan memanjang hingga menutupi bagian garasi.

Dengan penggunaan model ini rumah kamu akan terlihat semakin luas Pins.

13. Model Atap Hunian Memanjang ke Atas

Source : iStock

Model atap rumah manjang yang terakhir akan terlihat sangat unik, karena modelnya dibuat memanjang ke atas. Walaupun modelnya dibuat memanjang ke atas, kamu tidak perlu khawatir air akan mengumpul di bagian tengah.

Tentunya ahli pembangunan atap akan membuat aliran pembuangan air di bagian tengah, yang akan membuatnya langsung turun ke bawah saat hujan turun.

Demikianlah beberapa inspirasi model atap rumah memanjang ke samping dan ke belakang yang Pinhome bisa rekomendasikan buat kamu. Semoga artikel ini bisa bermanfaat bagi kamu yang sedang merencanakan desain rumah impian!

Baca juga: 8 Jenis Atap Rumah Multiroof dan Keunggulannya

Feature Source Image: Curbly


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Cek properti pilihan kami Villa Jatiluhur dan temukan keunggulan, fasilitas menarik dan promo menguntungkan lainnya cuma di Pinhome! Cari tahu juga tips penting persiapan beli rumah dan KPR di Property Academy by Pinhome.   

Hanya Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome PINtar jual beli sewa properti.

Copied to clipboard
bottom-sidebar-banner
left footer bannerright footer banner
left footer bannerright footer banner

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok
          sticky banner
          sticky banner

          © www.pinhome.id

          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download