BlogPemilik PropertiDesain Hunian10 Desain Rumah Limasan Bergaya Modern
0
0

10 Desain Rumah Limasan Bergaya Modern

Dipublikasikan oleh Nur Dwi Ratnasari dan Diperbarui oleh Nur Dwi

Feb 28, 2024

5 menit membaca

Copied to clipboard
8 Desain Rumah Limasan Bergaya Moderntop-right-banner

Seiring dengan zaman yang semakin berkembang, kamu pasti menyadari telah terjadi perubahan yang begitu signifikan pada sebagian besar hal-hal yang kamu jumpai. Termasuk dalam bentuk arsitektur rumah. Sekarang ini, desain rumah limasan modern menjadi pilihan rancangan hunian yang sedang naik daun.

Ada banyak sekali pilihan hunian dengan atap ini dekat Upside Down World Bali, rumah di Solo, rumah baru di Kabupaten Bekasi seperti Panorama Bekasi Residence. Gunakan layanan Take Over KPR agar kamu bisa mendapatkan properti dengan harga lebih murah.

Inspirasi Desain Rumah Limasan Modern

Sebenarnya, konsep dari hunian limasan ini berawal dari hasil kombinasi antara rumah tradisional khas Jawa dengan sentuhan rancangan hunian yang modern dan kekinian. Ciri khasnya bisa kamu lihat pada bagian atap rumah yang memiliki bentuk seperti bangun limas yang meruncing hanya ke satu titik pada bagian tengah. 

Penasaran seperti apa inspirasi desain hunian limasan dengan sentuhan modern dan kekinian? Intip, yuk!

Baca juga: Ini Dia Keunikan Rumah Limas yang Berasal dari Palembang

1. Rumah Limasan Modern Klasik

Source : Pinterest

Kamu mungkin mendapati bahwa rumah ada limas Jawa memiliki desain konsep terbuka atau open space dengan beberapa pilar sebagai penyangga. Biasanya, bagian atapnya juga cenderung agak landai pada bagian sudutnya.

Material untuk rumah adat satu ini sudah pasti dari kayu dengan sentuhan warna coklat tuanya yang begitu menonjol. Berbeda dengan desain rumah limasan modern klasik masa kini yang mengadaptasi bagian atapnya saja.

Meski begitu, desain rumah limasan modern menjadi rekomendasi hunian yang cukup populer. Tidak sama dengan rumah limasan Jawa, hunian modern mayoritas sudah menggunakan material batu bata merah, hebel, dan semen untuk dindingnya. 

2. Rumah Limasan 2 lantai

Source : Pinterest

Inspirasi pertama pas untuk kamu yang hendak membangun rumah dua lantai, Pins. Bagian depannya menggunakan pagar kayu horizontal yang tidak terlalu tinggi.

Lalu, bagian dindingnya sedikit lebih tinggi dari pagar, dengan ukiran bernuansa alam, seperti ukuran daun dan bunga. Kemudian, model kusen dan pintu minimalis menggunakan material kayu, begitu pula bagian balkon.

Lalu, pada sisi atas jendela, terdapat ukiran kayu yang menampilkan nuansa klasik yang sangat unik. Sementara bagian atapnya berupa atap limas dengan model yang sama seperti rumah pendopo. 

3. Rumah Limasan Dinding Batu Bata

Source : Pinterest

Ide desain rumah limasan selanjutnya mengadaptasi nuansa tradisional dengan pagar kayu tipis yang sangat sederhana dan minimalis. Bagian dindingnya menggunakan material batu bata.

Supaya aliran udara tetap lancar, kamu bisa menggunakan kombinasi jendela dengan roster berwarna senada dengan dinding. Furniture untuk rumah satu ini juga menggunakan material kayu jati pilihan, Pins.

Namun, rancangan paling menarik dan unik bisa kamu lihat pada bagian atapnya. Menggunakan konsep limasan, bagian bawah atap juga memakai renda yang semakin menonjolkan kesan tradisional yang estetik. 

Baca juga: Cara Menghitung Atap Rumah Limas dengan Tepat

4. Rumah Minimalis Limasan 1 Lantai

Source : Pinterest

Sebenarnya, konsep rumah limasan cocok kamu kombinasikan dengan berbagai desain, Pins. termasuk desain hunian minimalis. Rancangan ini juga masih sangat populer pada rumah-rumah modern masa kini, karena terkenal dengan kesan sederhana tapi tetap estetik dan mewah. 

Khusus untuk rumah limasan modern, kamu bisa memilih warna-warna netral seperti putih atau abu-abu. Lalu, bagian atap limasannya bisa kamu rancang dengan nuansa yang lebih sederhana, misalnya tanpa adanya lengkungan atau mahkota pada sudut bawah dan puncaknya. 

5. Rumah Limasan Tropis

Source : Pinterest

Hunian dengan konsep limasan tropis biasanya memiliki rancangan yang tidak terlalu rumit. Rumah dengan nuansa ini juga kerap memaksimalkan pencahayaan alami karena bisa memberikan kecerahan maksimal pada pagi hingga menjelang sore hari. 

Agar tetap terasa sejuk, kamu bisa membuat area taman depan rumah tanpa pagar atau pada bagian depan atau samping. Sementara itu, supaya privasi kamu tetap terjaga, kamu bisa membuat pagar sederhana. 

6. Rumah Limasan Elegan dan Mewah

Source : Pinterest

Desain rumah limasan modern berikutnya menampilkan konsep mewah dan sangat elegan. Tidak hanya dari pagar temboknya yang menutupi sebagian tinggi rumah, tetapi juga pemilihan eksteriornya yang tepat.

Rumah satu ini memiliki atap limasan model bertingkat, bagian depannya memiliki ukuran kecil, sementara bagian belakang alias tingkatnya memiliki ukuran yang lebih besar. Agar memaksimalkan nuansa mewahnya, kamu bisa memilih kombinasi warna krem dan coklat tua serta abu-abu. 

Baca juga: Alat untuk Menggambar Rumah, Desain, dan Denah Arsitektur

7. Rumah Limasan Model Terbuka

Source : Pinterest

Kalau inspirasi satu ini cukup mirip dengan rumah adat Jawa pada umumnya, Pins. Hanya saja, desain rumah limasan satu ini lebih modern.

Ada susunan tangga dengan material batu alam. Konsep rumahnya sendiri semi panggung, dengan bagian dasarnya juga menggunakan bahan batu alam berwarna gelap.

Sangat kontras dengan warna coklat yang mendominasi rumah itu sendiri. Kamu juga bisa menambah tanaman kecil dari pot yang berbahan dasar batu pada beberapa sudut. 

8. Rumah Limasan Bernuansa Jawa

Source : Pinterest

Salah satu ciri khas rumah limasan bernuansa Jawa adalah memiliki teras dan halaman yang cukup luas. Umumnya, pagar rumah juga terbuat dari kombinasi batu bata, semen, dan kayu, sehingga memberikan kesan klasik, tradisional, dan modern yang sempurna. 

Rumah Jawa juga menggunakan material kayu untuk pagar dalam, dinding, dan pilar penyangga. Supaya kesan tradisionalnya semakin menonjol, berikan lampu berwarna kuning temaram pada sisi kanan dan kiri atas pintu utama, dan pot berbahan kayu berwarna senada dengan cat bangunan utama pada sisi kanan dan kiri tangga.

9. Rumah Limasan Ala Eropa

Source : Pinterest

Kalau kamu suka dengan hunian bergaya Eropa, tidak ada salahnya menggunakan konsep desain rumah limasan modern dan padukan dengan arsitektur bergaya Mediterania Eropa yang khas. 

Salah satu karakteristik gaya bangunan Eropa ini adalah atap limas yang bertumpuk dengan ukuran dan model yang sangat bervariasi, bisa segi enam atau segidelapan. Jendela dengan model lengkung pada sisi atasnya akan membuat rumah kamu elegan, klasik, dan unik. 

10. Rumah Limasan Modern dengan Atap Tinggi

Source : Diadona

Bagian atapnya dibuat lebih tinggi agar dalam ruangan terasa sejuk saat cuaca terik. Sirukulasi udara di dalam rumah lebih baik dan menambah ruang ekstra untuk ventilasi. Hunian ini gabungan antara rumah kontemporer dengan tradisi yang nyaman untuk ditinggali.

Itu tadi beberapa pilihan desain rumah limasan modern yang bisa kamu pertimbangkan, Pins. Jadi, mana desain yang pas untuk rumah idamanmu?

Baca juga: 11 Inspirasi Desain Rumah Hook 2 Muka yang Menarik dan Unik!

Feature Source Image: Pinterest


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Cek properti pilihan kami, Pesona Remboelan dan temukan keunggulan, fasilitas menarik dan promo menguntungkan lainnya cuma di Pinhome! Cari tahu juga tips penting persiapan beli rumah dan KPR di Property Academy by Pinhome.

Hanya Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome PINtar jual beli sewa properti.

Copied to clipboard
bottom-sidebar-banner
left footer bannerright footer banner
left footer bannerright footer banner

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok
          sticky banner
          sticky banner

          © www.pinhome.id

          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download