BlogPemilik PropertiDesain HunianInspirasi Interior Atap Rumah untuk Hunian Masa Kini
0
0

Inspirasi Interior Atap Rumah untuk Hunian Masa Kini

Dipublikasikan oleh Nur Dwi Ratnasari dan Diperbarui oleh Aodhira Fawwaz Syah

Mar 30, 2024

5 menit membaca

Copied to clipboard
top-right-banner

Interior atap merupakan komponen penting dalam menciptakan rumah yang proper, mewah, dan minimalis. Tanpa interior atap, rumah Pins akan terasa panas dan terlihat tidak rapi. Interior atap rumah pada umumnya dibiarkan polos dengan plafon berwarna putih. Padahal, area pada bagian dalam atap ini bisa dikreasikan untuk menambah estetika interior rumah lho. Simak artikel ini untuk mengetahui inspirasi interior atap rumah untuk hunian masa kini!

Kamu dapat memiliki hunian berkonsep mewah dan minimalis di rumah baru di Kabupaten Bogor dan di rumah second Kec Bandung. Manfaatkan Take Over KPR ketika kamu ingin membeli rumah yang masih terikat angsuran KPR dan mengambil alih KPR tersebut.

Baca juga: 13 Inspirasi Cat Warna Biru Langit untuk Rumah

Inspirasi Interior Atap Rumah untuk Hunian Masa Kini

Interior atap menjadi sebuah komponen penting yang akan melengkapi langit-langit hunian kamu agar terlihat lebih rapi. Tanpa adanya interior atap, langit-langit rumah kamu akan nampak struktur atau rangka di bagian atap rumah. Selain mempercantik, adanya interior atap juga akan melindungi dari hujan.

Kamu pun bisa menggunakan gaya dekorasi interior yang berbeda berdasarkan pembagian ruangan. Misalnya saja, ruang tamu dihias dengan interior atap yang elegan, sedangkan dekorasi langit-langit di ruang keluarga dibuat lebih cozy.

Nah, buat kamu yang sedang mencari inspirasi untuk dekorasi interior atap, yuk simak deretan contoh berikut:

1. Dekorasi Interior Atap dengan Kupu-Kupu Kertas

Source : Pinterest

Bagian dalam atap rumah yang ditutup dengan plafon berwarna putih bisa terlihat membosankan. Apalagi kalau dipadu dengan cat tembok dan furnitur yang serba putih.

Nah, untuk menghidupkan suasana, kamu bisa memajang dekorasi cantik berupa kupu-kupu kertas. Cara membuatnya sangat mudah, yaitu dengan menggunting kertas berwarna dengan bentuk kupu-kupu.

Kamu bisa menentukan sendiri warna yang kamu suka, kemudian menggantungnya di langit-langit. Voila! Hasilnya akan tampak seperti ratusan kupu-kupu beterbangan.

Baca juga: 10 Model Plafon Gypsum, Jadikan Rumah Lebih Menawan!

2. Model Interior Atap dengan Wallpaper

Source : Pinterest

Alih-alih membiarkannya kosong, interior atap bisa kamu percantik dengan lukisan atau gambar. Tak mau repot? Ada cara praktis kok, yaitu dengan memanfaatkan wallpaper.

Untuk menonjolkan kesan artistik dan berkelas, kamu juga bisa membuat sekat-sekat kotak pada plafon. Kemudian, pilihlah cat tembok dengan warna senada. Tak lupa, tambahkan lampu gantung atau chandelier agar makin sempurna.

3. Interior Atap dengan Cermin dan Lampu Gantung

Source : Pinterest

Perpaduan lampu gantung dan cermin ternyata bisa menyulap interior atap rumah menjadi mewah seketika. Potongan-potongan cermin berbentuk segi enam ini bisa kamu beli di online shop dengan harga yang terjangkau, lho.

Selanjutnya, tempelkan cermin-cermin tadi dengan susunan menyerupai sarang lebah. Posisikan cermin tepat di atas lampu gantung atau chandelier yang estetik.

Selain menambah estetika interior atap, cermin ini juga akan memantulkan cahaya lampu sehingga ruangan pun akan lebih terang.

Baca juga: 10 Desain Plafon Kamar Tidur 3×3 untuk Berbagai Konsep Ruang

4. Interior Atap Tanpa Plafon

Source : Pinterest

Memasang plafon memang membuat interior atap tampak rapi. Sayangnya, langit-langit berplafon juga membuat rumah tampak lebih pendek.

Nah, dengan meniadakan plafon, rumah akan tampak lebih tinggi dan lebih lega. Selanjutnya, agar interior atap tetap rapi, kamu bisa memasangkan panel-panel kayu yang senada dengan lantai.

5. Interior Atap Rumah Miring

Source : Pinterest

Interior atap miring bisa jadi solusi untuk desain rumah beratap pendek. Pasalnya, kalau dipasang plafon datar horizontal, ruangan akan terkesan sempit. Sebaliknya, dengan plafon miring mengikuti kontur atap, ruangan akan terkesan lapang dengan atap tinggi.

Agar makin cantik, kamu bisa menyelaraskan plafon dengan lantai. Contohnya aksen kayu yang senada pada lantai dan plafon berpadu cantik dengan furnitur dan tembok serba putih.

Baca juga: 10 Ide Warna Cat Plafon Rumah yang Bagus dan Minimalis

6. Interior Atap Lengkung

Source : Pinterest

Punya atap yang unik dan bentuknya tidak biasa? Jangan disembunyikan dengan plafon datar yang membosankan. Justru kamu harus menonjolkan keunikannya dalam interior atap rumah.

Contohnya interior atap lengkung yang dicat dengan warna gelap ini. pilihan warnanya kontras dan paling menonjol sehingga langsung menarik perhatian. Namun, tetap elegan dan berkelas, kan?

7. Interior Atap Transparan

Source : Pinterest

Interior atap yang terbuat dari kaca tembus pandang bisa jadi pilihan menarik. Adanya atap transparan membuat cahaya alami menerangi seisi ruangan secara melimpah. Ditambah lagi, Pins bisa melihat indahnya langit dari dalam rumah.

Akan tetapi, perlu diingat kalau atap transparan akan membuat ruangan di dalam rumah jadi panas. Oleh karena itu, sebaiknya Pins hanya memasang atap transparan kalau di sekitar rumah ada peneduh, seperti pohon-pohon tinggi.

Di samping itu, Pins juga perlu mempertimbangkan privasi penghuni rumah. Ada baiknya atap transparan hanya dipasang di area bersama, seperti ruang makan atau dapur.

Baca juga: Harga Plafon GRC Terbaru 2024 Berdasarkan Jenis dan Ukuran!

8. Interior Atap Skylight Window

Source : Pinterest

Selain atap transparan, skylight window juga bisa jadi pilihan interior atap untuk mendapatkan cahaya alami yang melimpah. Skylight window merupakan jendela kaca yang dipasang di atap.

Tanpa perlu hiasan macam-macam, interior atap rumah sudah cantik dengan potongan langit yang terlihat dari dalam rumah. Nah, skylight window ini bisa dipasang di mana saja, mulai dari ruang tamu, ruang makan, hingga kamar tidur.

9. Interior Atap Kayu Geometris

Source : Pinterest

Interior atap bisa dipercantik dengan apa saja, termasuk dengan kayu yang ditata sedemikian rupa membentuk pola geometris. Hiasan ini cocok untuk rumah dengan langit-langit yang tinggi.

Baca juga: 8 Model Plafon Kayu untuk Rumah, Bikin Hunian jadi Aesthetic!

10. Simpel Dan Estetik dengan Lampu Unik

Source : Pinterest

Ingin memberi tampilan baru pada interior atap rumah tanpa keluar banyak biaya? Coba deh ganti lampunya dengan bentuk-bentuk menarik.

Tak harus lampu gantung atau chandelier mewah, kamu bisa memasang lampu dengan bentuk yang beda dari lainnya. Contohnya lampu berbentuk lingkaran lebar yang ditempel di langit-langit. Unik, kan?

Itulah sederetan inspirasi untuk menghias interior atap agar makin estetik. Dari deretan contoh dekorasi interior atap di atas, mana nih yang paling menarik buatmu?

Baca juga:

Feature Source Image: Pinterest


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Cek properti pilihan kami Puri Tenjo dan temukan keunggulan, fasilitas menarik dan promo menguntungkan lainnya cuma di Pinhome! Cari tahu juga tips penting persiapan beli rumah dan KPR di Property Academy by Pinhome.

Hanya Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome PINtar jual beli sewa properti.

Copied to clipboard
bottom-sidebar-banner
left footer bannerright footer banner
left footer bannerright footer banner

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok
          sticky banner
          sticky banner

          © www.pinhome.id

          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download