BlogPemilik PropertiDesain HunianStandar Ideal Kemiringan Sudut Atap Rumah
0
0

Standar Ideal Kemiringan Sudut Atap Rumah

Dipublikasikan oleh Omri Cristian dan Diperbarui oleh Nur Dwi

Mar 8, 2024

5 menit membaca

Copied to clipboard
top-right-banner

Apakah Pins mengetahui standar kemiringan sudut atap rumah? Bila tidak, Pins perlu untuk tahu standar kemiringan tersebut karena efeknya cukup besar.

Misalnya atap rumah genteng yang dibuat terlalu landai maka air hujan tidak bisa mengalir ke bawah tapi justru jatuh ke sela-sela sambungan genteng dan masuk kedalam ruangan rumah.Sebaliknya jika dibuat terlalu tegak maka besar kemungkinan terdapat atap genteng yang merosot saat angin kencang atau hujan turun.

Gunakan aplikasi Pinhome untuk mendapatkan Rumah Ekslusif dengan bangunan kokoh dan strategis. Kamu bisa menemukan hunian dekat GOR Rawamangun, unit di Royal Mediterania, hingga rumah baru di Kabupaten Bekasi seperti Cikarang Griya Pratama.

Pengertian dan Pentingnya Kemiringan Atap

Source : Kreasi Hebat

Atap adalah bangunan yang melindungi bagian bawah dalam rumah dari berbagai cuaca. Jenis atapnya beragam dengan standar kemiringan masing-masing. Proses pembuatan atap tidak sembarangan melainkan memiliki standar yang wajib diperhatikan.

Standar kemiringan atap memberikan pengaruh pada fungsi mengalirkan air. Beberapa fungsi lainnya dari kemiringan atap adalah sebagai berikut:

  • Kemiringan atap menciptakan desain fasad yang menawan serta mampu menambahkan lebih banyak ruang seperti adanya loteng
  • Memudahkan menentukan bahan atap yang lebih cocok untuk kemiringan tertentu
  • Menciptakan suhu udara atau model ventilasi rumah yang lebih baik khususnya bangunan yang dibangun di area dengan iklim tertentu
  • Drainase sekaligus pembuangan salju sehingga mampu mencegah penumpukan berat dan potensi kerusakan struktural

Baca juga: 10 Material Atap Rumah dan Cara Merawatnya Agar Tahan Lama

Faktor-faktor yang Memengaruhi Kemiringan Atap

Source : Kompas

Sebelum membahas terkait standar kemiringan sudut atap rumah, ada baiknya ketahui pula faktor yang memengaruhinya seperti berikut ini:

  • Ukuran sekaligus bentuk bangunan mempengaruhi kemiringan atap sebab rumah yang lebih besar tentu memerlukan kemiringan atap lebih tinggi agar drainase berjalan lancar
  • Kemiringan atap juga memengaruhi estetika bangunan secara keseluruhan
  • Bahan atap perlu diperhatikan karena berpengaruh pada daya tahan atap itu sendiri
  • Iklim suatu daerah juga perlu Pins pertimbangkan karena mampu memengaruhi ketahanan bangunan

Baca juga: Macam-Macam Genteng Atap Rumah Serta Kelebihannya

Standar Kemiringan Atap Berdasarkan Jenis Atap dan Materialnya

Untuk jenis atap berdasarkan material serta standar kemiringannya bisa pula Pins simak dalam list yang ada di bawah ini!

1. Kemiringan Atap Genteng

Sudut Atap Rumah
Source : Tokopedia

Minimal kemiringanya adalah 30 derajat, rata-rata dibuat dengan kemiringan 35 derajat. Jika atap genteng lebih landai dari itu maka diperlukan atap tambahan di bawahnya, misalnya dengan memasang plastik tebal.

Jika dibuat lebih tegak dari itu maka diperlukan perkuatan pada setiap genteng, contohnya dengan cara memasang sambungan pada paku dan reng.

2. Kemiringan Atap Seng

Source : Alderon

Untuk atap seng, Pins bisa memasang lebih landai dari genteng, yaitu minimal sudutnya 10 derajat, karena ukuranya yang lebar dan sambungan cukup bagus jadi tidak rawan terjadi kebocoran meskipun dibuat landai.

3. Kemiringan Atap Dak Cor Beton

Source : Pinhome

Untuk jenis atap dak cor beton tidak perlu kemiringan, atau bisa dibuat 0 derajat. Namun jika mau membuat miring juga tidak jadi masalah, misalnya dengan tujuan menyesuaikan bentuk arsitektur rumah terindah.

Tujuannya agar tidak mengalami kebocoran ketika hujan turun maka diperlukan pelapisan dengan bahan waterproofing sehingga air tidak bisa tembus kedalam rumah tinggal.

4. Atap Kaca

Source : Aluminium Kaca Bali

Atap genteng kaca memiliki keunggulan memaksimalkan masuknya sinar matahari. Untuk kemiringannya sendiri mulai dari 2 derajat sampai 90 derajat.

5. Atap Spandek

Source : Hargaper

Rumah atap spandek memang cukup populer karena harganya yang terjangkau. Standar kemiringannya adalah antara 5 hingga 60 derajat.

Jenis atap bisa disesuaikan dengan bahan dan kondisi rumah yang akan dibangun, apalagi akhir-akhir ini banyak inovasi yang dilakukan para produsen sehingga banyak sekali ragam material atap di pasaran.

Baca juga: 12 Model Atap Rumah Terbaru Untuk Hunian Modern

Dampak Kemiringan Atap yang Tidak Ideal

Source : Pxhere

Jangan asal menentukan kemiringan atap sebab akibatnya sangat fatal. Sudut kemiringan yang tidak tepat bisa menyebabkan kebocoran akibat tampias dari curahan air hujan.

Terlebih jika iklim di daerah tersebut disertai angin kencang maka konstruksi bangunan bisa saja roboh. Atap yang miringnya tidak ideal berpengaruh pada posisi genteng. Genteng dapat melorot dan akhirnya mengakibatkan kebocoran.

Tips Memilih Kemiringan Atap yang Tepat

Source : Roofkart

Setiap kemiringan atap tentu memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Lalu bagaimana cara memilih kemiringan atap yang tepat, cek disini!

  • Rumah atap miring biasanya cocok untuk material kayu, genteng dan baja ringan
  • Atap landai biasa digunakan untuk model fasad perisai yang kemiringannya lebih landai dari atap pelana
  • Desain rumah atap datar umumnya untuk model hunian modern atau rumah tumbuh karena mudah menambah lantai di kemudian hari
  • Setelah itu jangan lupa pilih dulu titik awal yang datar pada atap misalnya untuk overhang di tepi
  • Siapkan alat ukur seperti alat level dan pengukur kemiringan
  • Ukur setiap sudut mulai dari titik awal dan garis horisontal
  • Gunakan rasio seperti 6:12 untuk kemiringan 6 inci per 12 inci horizontal

Baca juga: 17 Contoh Model Atap Baja Ringan Untuk Rumah

Cara Menghitung Kemiringan Atap

Source : Detik

Cara menghitung standar kemiringan sudut atap rumah secara mandiri dapat pula mengandalkan rumus berikut:

  • Untuk tinggi atap bisa dicek dengan mengukur batas plafon hingga ke sisi atap paling tinggi. Misalnya untuk tinggi atap sekitar 3 meter
  • Cek panjang setengah alas atap lalu dibagi dua contohnya alas atap 8 meter maka panjang setengah alas atap adalah 4 cm
  • Untuk kemiringan gunakan rumus pythagoras yakni C2 = B2+ A2. C adalah kemiringan atap, B adalah alas atap dan A merupakan tinggi atap

Dari alasnya yang sekitar 4 dan tinggi 3 meter dapat diketahui kemiringan 4 kuadrat + 3 kuadrat sama dengan akar 25 yakni 5 meter.

Baca juga: Ini Dia Rumus Tinggi Atap Rumah

Kesalahan Umum dalam Menentukan Kemiringan Atap

Kesalahan paling umum ketika menentukan kemiringan atap adalah membuat terlalu landai. Hal ini bisa terjadi karena kesalahan perhitungan.

Tidak perlu bingung menentukan sudut minimal kemiringan karena biasanya para produsen sudah melengkapi data spesifikasi teknis dan syarat pemasangan ketika mengajukan penawaran bahan atap rumah tinggal.

Dalam menentukan standar kemiringan sudut atap rumah intinya adalah bagaimana agar atap rumah bisa terlihat indah namun tetap dapat berfungsi dengan baik, dapat dibuat dengan biaya semurah mungkin, berkualitas bagus serta awet tahan lama. Semoga bermanfaat!


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Cek properti pilihan kami Avoria Estate dan temukan keunggulan, fasilitas menarik dan promo menguntungkan lainnya cuma di Pinhome! Cari tahu juga tips penting persiapan beli rumah dan KPR di Property Academy by Pinhome.

Hanya Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Copied to clipboard
bottom-sidebar-banner
left footer bannerright footer banner
left footer bannerright footer banner

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok
          sticky banner
          sticky banner

          © www.pinhome.id

          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download