BlogPemilik PropertiDesain Hunian10 Desain Loteng Kamar Tidur yang Nyaman dan Aman
0
0

10 Desain Loteng Kamar Tidur yang Nyaman dan Aman

Dipublikasikan oleh Pandu Pamungkas dan Diperbarui oleh Achlisia Putri

Jun 15, 2023

4 menit membaca

Copied to clipboard
Untuk membuat kamar loteng yang nyaman dan aman, Anda perlu memperhatikan tips membuat kamar loteng berikut ini:top-right-banner

Atap rumah merupakan salah satu bagian didalam rumah yang berfungsi untuk menyimpan barang-barang yang sudah jarang dipakai. Tempat yang biasanya menjadi sarang tikus dan kecoa tersebut, ternyata juga dapat dimanfaatkan untuk hal lain yaitu sebagai loteng kamar tidur.

Hal tersebut mungkin jarang Pins dengar karena tidak kebanyakan orang berfikir demikian. Namun jika Pins punya rencana untuk membuat kamar tidur di bagian loteng tapi masih bingung seperti apa desainnya. Berikut ini 10 inpirasi desain loteng kamar tidur yang bisa Pins jadikan referensi.

Baca Juga: Desain Kamar Balita

Loteng Kamar Tidur Rustic

Loteng kamar tidur
Source : Pinterest

Gaya rustic akan membuat kamar terasa seperti di pedesaan. Pins bisa menggunakan lampu gantung yang terbuat dari tanduk dengan kaca besar. Sehingga ketika di siang hari kamar akan mendapatkan cahaya alami dari matahari. Selain itu Pins bisa menambahkan perapian kayu yang bisa digunakan ketika cuaca sedang dingin.

Loteng Kamar Tidur Serba Putih

Loteng kamar tidur
Source : Pinterest

Mengaplikasikan warna putih pada seluruh isi kamar tidak membuatnya menjadi membosankan. Membuat kamar menjadi warna putih justru membuat kamar terasa menyenangkan. Pins bisa menggunakan aksen kayu untuk menimbulkan kesan menarik karena warna yang kontras.

Loteng Kamar Tidur Terbuka

Loteng kamar tidur
Source : Pinterest

Desain terbuka mengandalkan cahaya alami untuk menerangi kamar. Menggunakan jendela besar akan membuat cahaya matahari dan bulan akan mudah masuk ke dalam kamar sebagai penerangan. Pins bisa menggunakan lantai kayu untuk membuat kamar terasa lebih natural. Pada bagian jendela bisa Pins tempatkan penutup jendela berwarna putih untuk melindungi mata dari cahaya ketika Pins mau tidur.

Loteng Kamar Tidur Industrial

Loteng kamar tidur
Source : Pinterest

Membuat kamar dengan gaya industrial akan memunculkan kesan kreatif pada kamar. Pins bisa menggunakan dinding berwarna teal yang dipadukan lampu gantung khas industrial. Kombinasi ini akan membuat kamar terasa lebih nyaman. Jika Pins ingin menambahkan kamar mandi di dalam ruangan, coba pakai pemisah kaca untuk membuat kamar terasa lebih modern.

Loteng Kamar Tidur Kayu Telanjang

Loteng kamar tidur
Source : Pinterest

Banyak orang yang mengirang hanya menggunakan kayu pada kamar akan membuatnya seperti tidak bagus. Padahal warna oranye pada kamar justru menimbulkan kesan sederhana dan cantik. Pins bisa mengkombinasikan warna dinding ataupun lantai dengan warna netral seperti putih agar perhatian bisa tertuju pada loteng kamar yang menggunakan kayu.

Loteng Kamar Tidur Penyimpanan Built In

Loteng kamar tidur
Source : Pinterest

Membuat penyimpanan pada kamar adalah sebuah keharusan. Pins bisa membuat penyimpanan built in untuk membuat bentuk kamar tidak terlihat seperti loteng. Dengan penyimpanan built in juga bisa membuat Pins menyimpan banyak barang di dalam kamar.

Loteng Kamar Tidur Scandinavia

Loteng kamar tidur
Source : Pinterest

Pins mungkin tidak berpikir bahwa desain ini ada di loteng. Namun jika Pins perhatikan dinding di belakang bukanlah jendela. Pins bisa mengakali kamar dengan furnitur scandinavia agar kamar tidak terlihat seperti di loteng.

Loteng Kamar Tidur Jendela Besar

Loteng kamar tidur
Source : Pinterest

Membuat kamar di loteng dengan jendela besar yang menjulang akan memberikan kesan maskulin pada kamar. Desain ini sangat cocok untuk laki-laki terutama yang masih single. Pins bisa memberikan warna hitam agar kamar benar-benar terasa maskulin.

Loteng Kamar Tidur Minimalis

Loteng kamar tidur
Source : Pinterest

Desain minimalis memang tidak pernah gagal membuat kamar menjadi lebih indah. Pins bisa membuat kamar di loteng dengan desain minimalis dengan mengandalkan furnitur yang sederhana. Paduan warna gelap dengan warna natural agar kamar terasa lebih elegan.

Loteng Kamar Tidur Serat Kayu Ringan

Loteng kamar tidur
Source : Pinterest

Jika Pins ingin membuat kamar yang terasa lembut ketika memasuki kamar, Pins bisa memberikan aksen serat kayu pada kamar. Serat kayu ringan akan membuatnya sangat mudah menyatu dengan alam. Hal ini akan memberikan rasa nyaman dan rileks pada penghuni kamar.

Baca juga: Aneka Desain Rumah 7×12 Bergaya Minimalis

Tips Membuat Kamar Loteng

Untuk membuat kamar loteng yang nyaman dan aman, Pins perlu memperhatikan tips membuat kamar loteng berikut ini:

ventilasi kaca kamar mandi
Source : Unsplash

Tips Membuat Kamar Loteng dengan Menambahkan Jendela

Jendela merupakan sarana untuk memperlancar sirkulasi udara. Loteng biasanya tidak mempunyai jendela, sehingga ruangan ini akan terasa pengap dan berdebu. Tambahkanlah jendela dan ventilasi udara supaya ruangan akan terasa segar dan tidak pengap.

Periksalah Pencahayaan Yang Ada Diloteng

Loteng biasanya memperoleh pencahayaan alami yang berasal dari jendela sisi-sisi loteng. Pencahayaan tersebut juga dapat berasal dari skylight yang berada diatap. Apabila Pins lebih memilih untuk membuat skylight maka perhitungkanlah lokasi pada atap sehingga cahaya tidak menyilaukan. Lakukanlah pemasangan lampu apabila cahaya yang masuk dirasa kurang.

Tips Membuat Kamar Loteng, Periksalah Ruang Yang Tersedia

Kamar tidur yang nyaman biasanya mempunyai ruang yang lebih longgar. Loteng yang ingin dibuat sebagai kamar tidur harus cukup lega apabila untuk berdiri orang dewasa. Jarak yang ideal antara titik tertinggi pada plafon dengan lantai iala lebih dari 3 meter. Apabila kamar tidur dirancang untuk anak-anak hanya memerlukan ketinggian minimal 2 meter.

Tips Membuat Kamar Loteng Periksalah Kondisi Atap

Ruangan loteng akan berbatasan dengan atap rumah, sehingga panas dibagian loteng berasal dari serapan panas matahari oleh atap. Pilihlah material atap yang tidak mudah menyerap pans seperti genteng yang dapat mereduksi panas. Pasanglah juga lapisan insulasi dibagian plafon.

Pastikan Jika Akses Ke Loteng Mudah dan Aman

Akses ke loteng biasanya menggunakan tangga yang built-in dengan rumah. Letak tangga tersebut harus diperhatikan supaya tidak mengganggu penataan ruangan yang ada dibawahnya. Apabila loteng akan digunakan oleh anak-anak, lebih baik tangga dibuat lebih lebar dan cukup untuk pegangan sehingga aman untuk digunakan.

Pilihlah Material Lantai Loteng Yang Tepat

Loteng sebenarnya mempunyai lantai dengan berbahan palfon. Sebaiknya pilihlah material yang akan digunakan untuk melapisinya berbahhan ringan seperti vinyl dan kayu. Berilah lapisan anti rayap apabila Pins memakai material kayu agar tidak cepat rusak.

Gunakan Furnitur Secukupnya

Ruangan loteng biasanya berukuran tidak terlalu besar sehingga tidak membutuhkan furnitur yang banyak. Sebaiknya gunakanlah furnitur secukupnya supaya loteng tidak terlihat sempit. Misalnya, Pins dapat menaruh meja kerja serta lemari yang tidak terlalu tinggi. Itulah beberapa rahasia untuk memanfaatkan loteng sebagai kamar tidur. Loteng yang selama ini hanya dipandang sebelah mata oleh kebanyakan orang dapat Pins sulap menjadi kamar tidur yang nyaman. Tentunya hal ini sangat berguna apabila Pins mempunyai rumah kecil serta ruangan yang sedikit.

Selain untuk membuat kamar loteng, Pins juga dapat menemukan tips mendesain rumah lainnya yang bermanfaat. Rumah yang nyaman harus memiliki tata ruang yang tepat. Tentunya, rumah yang kecil akan menjadi nyaman dengan desain yang tepat.

Baca Juga:


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Cek properti pilihan kami Cluster Boston Residence Bintaro dan temukan keunggulan, fasilitas menarik dan promo menguntungkan lainnya cuma di Pinhome! Cari tahu juga tips penting persiapan beli rumah dan KPR di Property Academy by Pinhome.   

Hanya Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome PINtar jual beli sewa properti.

Copied to clipboard
bottom-sidebar-banner
left footer bannerright footer banner
left footer bannerright footer banner

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok
          sticky banner
          sticky banner
          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download