Pinhome

Tips Properti

Arti simbol keterangan pada gambar denah rangka atap rumah

Dipublikasikan oleh Pinhome ∙ 17 January 2021 ∙ 2 menit membaca

Contoh arti simbol keterangan pada gambar denah rangka atap rumah adalah sebagai berikut

KD    = KUDA – KUDA 6/12

kuda-kuda adalah rangka utama atap yang pada gambar ini menggunakan konstruksi kayu berbentuk segitiga, pada konstruksi kuda-kuda ini terdapat beberapa nama balok dengan fungsinya masing-masing seperti balok tembok, balok tarik, tiang kuda-kuda, balok sokong, balok jepit dll, untuk lebih detailnya dapat dilihat pada gambar khusus detail kuda-kuda atap rumah.

N    = NOK 6/12

Balok nok diletakan dibagian puncak struktur kuda-kuda untuk menyatukan serta meratakan beban dari penutup atap rumah kemudian disalurkan ke struktur kuda-kuda dibawahnya.

G    = GORDING 6/12

Gording mempunyai fungsi seperti balok nok, namun yang membedakan adalah letak pemasanganya yaitu berada di antara balok nok dan balok tembok.

M    = MURPLAT 6/12

murpal adalah balok diatas tembok yang bisa disebut juga balok tembok atau ring balok yang berfungsi menyatukan kolom struktur sekaligus sebagai tempat berdirinya struktur kuda-kuda sebagai rangka atap rumah.

U    = USUK 5/7

Usuk dipasang setelah balok nok dan gording terpasang, usuk dan reng berfungsi sebagai tempat meletakan genteng

LI    = LISTPLANG 2/20

Lisplank dipasang pada sisi pinggir atap rumah yang berfungsi untuk mempercantik tampilan rumah dengan cara menutup struktur rangka atap pada bagian pinggitnya.

GN    = GUNUNGAN PAS.BATA

Pada area dan kondisi tertentu dapat digunakan gunungan pasangan batu bata sebagai pengganti struktur kuda-kuda kayu, misalnya pada tembok bagian tepi rumah yang sering terkena cuaca luar dan air hujan maka akan lebih baik jika dihindari penggunaan rangka kayu karena akan lebih awet jika menggunakan kuda-kuda gunungan batu bata yang disatukan dengan struktur beton bertulang.

Bagi Pins yang sedang bingung mencari rumah yang tepat, ayo temukan beragam pilihan rumah terlengkap di Daftar Properti & iklankan properti Kamu di Jual Properti. Bergabunglah bersama Kami di aplikasi Rekan Pinhome untuk Anda Agen properti independen atau Kantor Properti.

Hanya di Pinhome.id yang memberikan Anda kemudahan membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Tags :

Bagikan Artikel