BlogPemilik PropertiDesain HunianPilihan Model Atap Rumah 3 Susun & Kelebihannya
0
0

Pilihan Model Atap Rumah 3 Susun & Kelebihannya

Dipublikasikan oleh Nur Dwi Ratnasari

Apr 5, 2023

4 menit membaca

Copied to clipboard
top-right-banner

Model atap rumah tiga susun ternyata sangat beragam. Atap ini juga bisa dijadikan desain untuk hunian berlantai satu. 

Model Atap Rumah 3 Susun

Secara Fengshui model atap memberikan pengaruh untuk hunian. Setiap model atap memiliki kelebihannya masing-masing diantaranya sebagai berikut :

Asimetris

Source : Pexels

Desain asimetris memiliki visual yang estetik dan futuristik. Atapnya mempunyai ukuran panjang sisi kanan maupun sisi kiri yang berbeda. Pemilihan dekorasi harus sekreatif mungkin agar tidak terlihat aneh.

Dalam memakai atap ini perlu perhitungan yang cermat. Perbedaan presisinya mampu membuat beban yang ditanggung rangka tidak seimbang jika salah perhitungan. 

Segitiga

Source : Unsplash

Berdasarkan ilmu Fengsui, hunian dengan atap simetris sangat bagus bagi penghuninya. Atap segitiga mengalirkan kelebihan air ke bawah sehingga area atas tidak tergenang.

Apabila atap tergenang maka besar resikonya terjadi kebocoran, endapan kotoran dan karat. Atap segitiga mempunyai sisi yang simetris sehingga terlihat rapi.

Pelana

Source : Pexels

Atap pelana memiliki penampakan atap miring yang curam. Model atap ini sering ditemukan pada bangunan era kolonial. Kelebihan dari atap ini adalah baik untuk lingkungan yang sering hujan dan bersalju.

Struktur atapnya khas membentuk ruang kosong pada bagian bawah atap. Ruang kosong tersebut difungsikan sebagai loteng atau kamar tidur. Langit-langitnya dibuat terlihat tinggi agar sirkulasi udara dapat berjalan dengan baik.

Gambrel

Source : homedit.com

Gambrel memiliki bagian atas yang landai sementara bawahnya curam atau hampir vertikal. Di beberapa negara model atap gambrel sering digunakan pada bangunan lumbung.

Keunggulannya adalah sama seperti model atap pelana. Terdapat ruang kosong yang dimanfaatkan sebagai kamar tidur atau loteng. Konstruksinya sederhana karena memerlukan dua balok utama yang didukung dengan struktur atap lainnya.

Baca juga : Kelebihan dan Kelemahan Atap Rumah Spandek

Skillion

Source : Pinterest

Ciri atap skilion adalah adanya atap tunggal pada dinding dimana satu dinding lebih tinggi dibandingkan lainnya. Atap skilion sering pula disebut dengan atap sandar.

Instalasinya mudah dan memerlukan sedikit material. Atap sandar cocok untuk lingkungan dengan curah hujan tinggi.

Mansard

Source : Pexels

Atap mansard kerap digunakan pada hunian Perancis. Bagian atasnya berbentuk perisai sementara bagian bawah lebih curam dan hampir vertikal. Sisi bawah berbentuk melengkung dan ada pula yang datar.

Atap mansard memberikan tambahan ruangan di lantai teratas. Jika ingin menambahkan ruangan kecil dengan jendela di atap dapat dipenuhi dikemudian hari ketika dana telah mencukupi. 

Bangunan terlihat cantik dan menjadi pusat perhatian karena keunikan arsitekturnya.

Pagoda Oriental

Source : Unsplash

Model atap pagodi mempunyai bentuk melengkung ke atas dan garis-garis yang mengalir. Bangunan dengan atap pagoda sering ditemukan di daerah Asia Timur seperti Jepang dan China.

Berdasarkan Fengshui, atap rumah ini dipercaya mendatangkan kekayaan bagi penghuni. Lengkungan pada atap mampu menyebarkan energi positif pada hunian.

Baca juga : Ini Dia Cara Pasang Baja Ringan Atap Miring dengan Aman

Hip

model atap rumah 3 susun
Source : Pinterest

Model hip merupakan atap dengan kemiringan empat sisi. Bentuknya yang presisi di setiap kemiringan dipercaya mampu membawakan kesuksesan.

Menurut Fengshui, model atap ini mampu membelokan energi positif bagi penghuni rumahnya.

Melengkung

model atap rumah 3 susun
Source : Unsplash

Atap melengkung sering dijumpai pada gelanggang olahraga. Jenis atap ini sering dipadukan pada rumah modern klasik. Dikombinasikan dengan kaca dan bahan yang mencolok agar enak dipandang.

Manfaat atap melengkung adalah mampu menahan panas yang berlebihan. Ruangan tetap terlihat sejuk walaupun suhu semakin tinggi.

Dome

model atap rumah 3 susun
Source : Pexels

Atap dome sering muncul pada film kartun. Bentuknya menyerupai kubah namun menutupi sebagian atas rumah saja. Untuk mempercantik atap ditambahkan kaca dan mozaik agar semakin mempermanis bangunan.

Atap dome dipakai pada area dengan intensitas hujan yang tinggi. Air hujan bisa dengan lancar langsung turun ke tanah. Alhasil bagian atap tidak akan mudah terasa lembab.

Hexagon

model atap rumah 3 susun
Source : Unsplash

Rumah yang megah akan terlihat mewah dengan atap hexagon. Dalam pembuatannya memerlukan perhitungan yang rumit. Strukturnya lumayan komplek dan atapnya sendiri sangat luas.

Datar

model atap rumah 3 susun
Source : Unsplash

Atap datar terkesan tidak memiliki saluran pembuangan air hujan. Padahal aslinya memiliki saluran hanya saja tertutupi. Atap datar sering dipakai dalam fasilitas komersial dan industri.

Keunggulannya adalah terbentuk ruang kosong di atas atap. Ruangan ini bisa digunakan untuk teras atap. Cocok pula dijadikan area bercocok tangan dalam pot.

Bagian atapnya dapat dipasang panel surya guna menghemat energi. Konstruksi atap datar seperti ini mudah dibuat dibandingkan dengan jenis atap lainnya. Material yang dipakai lebih sedikit sehingga menghemat biaya pembangunannya.

Baca juga : Bagaimana Ventilasi Atap Rumah Yang Baik? Cek Disini!

Perisai

model atap rumah 3 susun
Source : modushome.com

Sisi miring terletak pada keempat sisi atap perisao. Bentuknya seperti prisma atau gabungan beberapa prisma. Atap perisai lebih stabil dibandingkan dengan atap pelana.

Bagian dalamnya juga miring di keempat sisinya. Hal ini membuat atap perisai lebih tahan lama dan kokoh. Tak heran jika model atap ini sering dipakai pada lingkungan yang dilanda hujan lebat atau angin kencang.

Tips Membangun Atap Rumah

Dalam membangun atap rumah perhitungkan sudut kemiringannya. Idealnya sudut kemiringan sekitar 25-40 derajat. Selain itu cek kebersihan talang air secara berkala.

Bagi atap limas sebaiknya cermati setiap genteng untuk memastikan kerapatannya. Berikan pelapis anti bocor atau memakai material membran. 

Bahan membran cocok untuk atap datar baja ringan. Model atap rumah 3 susun diatas bisa untuk berbagai jenis bangunan.


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti bergabunglah menjadi rekan agen properti bersama kami dan iklankan properti kamu di sini. 

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai properti di Property Academy by Pinhome. Gabung menjadi Rekan Jasa Pinhome melalui aplikasi Rekan Pinhome di App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome PINtar jual beli sewa properti.

Copied to clipboard
bottom-sidebar-banner
left footer bannerright footer banner
left footer bannerright footer banner

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok
          sticky banner
          sticky banner

          © www.pinhome.id

          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download