BlogPemilik PropertiDesain Hunian11 Model Railing Balkon Cocok untuk Beragam Desain
0
0

11 Model Railing Balkon Cocok untuk Beragam Desain

Dipublikasikan oleh Putra  dan Diperbarui oleh Nabila Azmi

Nov 24, 2023

5 menit membaca

Copied to clipboard
top-right-banner

Balkon merupakan salah satu area favorit di rumah untuk seluruh keluarga. Namun railing atau pengaman yang dipasang di balkon unik instagramable harus dipastikan benar-benar aman, apalagi untuk hunian dengan anak kecil. Jangan  sembarangan dalam menentukan model railing balkon yang kamu aplikasikan di rumah. Hal tersebut dikarenakan selain keamanan, tampilan eksterior rumah kamu sedikit banyak ditentukan oleh pemilihan model railing balkonmu.

Selain sisi keamanan, memiliki railing balkon juga bisa mempercantik rumah eksklusif milik kamu. Mau kan memiliki rumah secantik rumah di Cipayung ataupun Mutiara Gading City? Jika iya, berikut beberapa ide model railing balkon terbaru yang cocok untuk diterapkan di rumah kamu, terutama ketika tinggal di sekitar SMAN 16 Jakarta.

Inspirasi Model Railing Balkon Bergaam Desain

Setiap rumah memiliki ciri khasnya masing-masing. Sehingga pentingu ntuk Pins bisa menyesuaikan desain railing pada balkon dengan ciri khas hunianmu. Berikut ide yang bisa kamu terapkan.

1. Railing Balkon Putih Klasik Modern

Source : TimberTech

Sederhana tapi elegan, railing dari kayu solid yang dicat putih cocok untuk desain rumah klasik modern. Tak perlu banyak kreasi, cukup menyusun potongan kayu sejajar secara vertikal dan kesan khas yang mewah, tapi juga menonjolkan nuansa bersih dan rapi akan kamu dapatkan.

Baca juga: 15 Model Keramik Teras dan Warna yang Menarik

2. Railing Balkon Tipe Jaring

Source : Pexels/Max Vakhtbovych

Model balkon menggunakan railing ini kerap digunakan pada balkon-balkon minimalis di hunian bertema industrial. Bahan yang digunakan biasanya aluminium atau besi. Tampilannya jadi unik dan tidak biasa. Namun, itulah yang justru membuat tampilan depan rumah semakin menonjol.

3. Railing Balkon Bahan PVC

Source : Value Fencing

Penggunaan railing balkon ini belum begitu populer di Indonesia. PVC sendiri merupakan bahan polimer termoplastik yang relatif murah, tahan lama dan mudah dirangkai. Bahan ini bisa menjadi solusi untuk pengganti desain railing balkon kayu yang harganya relatif mahal.

4. Railing Elegan dengan Lekuk yang Menawan

Source : Pexels/Maria Orlova

Bahan metal atau besi dengan lekukan yang indah juga bisa menjadi desain railing yang elegan. Berbeda dengan bahan kayu yang lebih besar dan padat, model railing balkon besi berlekuk menghadirkan kesan elegan yang cocok untuk tampilan eksterior hunian bertema klasik hingga kontemporer.

Lekukan yang memang sengaja ditonjolkan menampilkan rumah “mahal” yang kekinian. Itulah mengapa mayoritas biasanya berbahan besi.

5. Railing Balkon Desain Melingkar

Source : Pinterest

Platform balkon dengan kontur setengah lingkaran akan tampil cantik menggunakan model railing balkon melingkar ini. Detail desain yang cenderung klasik membingkai dek depan rumah bagian atas sehingga memberi kesan hunian yang unik dan mewah. Penggunaan desain melingkar juga menyajikan space lebih pada area balkon. Di sana kamu bisa menaruh bean bag ataupun tanaman favorit milik kamu.

Baca juga: 11 Model Keramik Dinding Teras Motif Batu Alam

6. Railing Minimalis Kekinian

model railing balkon
Source : House Beautiful

Railing balkon dengan dominasi warna hitam ini masih menjadi favorit karena desainnya mudah diterapkan pada rumah minimalis bergaya modern. Model railing balkon minimalis ini menggunakan material ringan seperti alumunium jadi pilihan karena tangguh dan harganya tetap terjangkau. Tampilannya pun tetap modern dan menjadi andalan balkon muda-mudi millennial.

7. Railing Balkon dengan Detail Menarik

model railing balkon
Source : Pexels

Model railing selanjutnya ini cocok untuk kamu yang menyukai detail. Berbagai pola railing dan motif pada balkon banyak ditawarkan termasuk variasi jenis bahan yang ingin digunakan. Modelnya memberikan keunikan dan nilai tambah tersendiri bahkan untuk rumah sederhana sekalipun. Contohnya seperti bahan kayu yang didesain untuk menonjolkan tema rumah pohon.

Baca juga: 12 Desain Balkon Belakang Rumah Anti Mainstream

8. Model Railing Balkon Terbaru Berbahan Kaca

model railing balkon
Source : Pinterest

Jika hunianmu terletak di daerah dengan pemandangan alam eksotik, railing kaca merupakan pilihan yang paling pas karena model ini memberi keunggulan pada tampilan akses pemandangan maksimal. Perawatannya pun mudah, harga relatif terjangkau dengan proses instalasi yang juga mudah.

Kamu bisa memilih bahan aluminium, vinil, maupun kayu sebagai bingkai pagar kacamu. Pilih bahan yang terjamin agar pemakaiannya tetap bisa bertahan lama. Pemandangan eksotis dan balkon yang nyaman, pasti semua betah menghabiskan waktu berlama-lama di sini.

9. Railing Berbahan Kayu

model railing balkon
Source : Pexels

Jika kamu punya bujet ekstra, model railing balkon terbaru yang bisa di-custom sesuai dengan selera menggunakan bahan campuran dengan nuansa rustic bisa dipertimbangkan. Kamu bisa menggunakan campuran bahan kayu solid, metal dan detail dekoratif berupa rangkaian kayu mentah. Pastinya balkonmu akan tampil unik dan istimewa.

Baca juga: Inspirasi Railing Tangga Cantik dan Pengertian Lengkapnya!

10. Railing Kabel Stainless

model railing balkon
Source : Kabel Stainless

Jika kamu mau mendapatkan pemandangan maksimal, tapi kurang suka dengan model railing balkon kaca, pagar balkon stainless bisa jadi alternatifnya. Durabilitas bahan ini juga baik dan tidak membutuhkan banyak perawatan. 

Railing balkon ini bisa diaplikasikan terutama pada rumah bergaya modern dan minimalis untuk menonjolkan kesan chic-nya. Bahan ini juga aman untuk burung yang kadang suka bertengger di balkon sehingga tidak perlu menabrak seperti pada railing balkon kaca.

11. Railing Balkon Besi Hollow

model railing balkon
Source : Pexels

Hollow dalam bahasa Inggris berarti rongga. Selain aluminium, besi hollow yang bentuknya menyerupai pipa panjang berongga dengan diameter berbentuk segi empat ini juga bisa menjadi opsi material yang bisa kamu gunakan untuk railing balkon. Kamu bisa berkreasi menggunakan bahan ini untuk membentuk bermacam motif guna mempercantik hunian minimalismu.

Dari ide-ide di atas, mana model railing balkon yang akan kamu aplikasikan di hunianmu? Jangan lupa untuk menambahkan furnitur seperti kursi teras atau kursi malas agar tampilan balkonmu semakin bikin betah ya!

Baca juga:

Source Feature Image: Pexels


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Cek properti pilihan kami Avoria Estate dan temukan keunggulan, fasilitas menarik dan promo menguntungkan lainnya cuma di Pinhome! Cari tahu juga tips penting persiapan beli rumah dan KPR di Property Academy by Pinhome.

Hanya Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Copied to clipboard
bottom-sidebar-banner
left footer bannerright footer banner
left footer bannerright footer banner

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok
          sticky banner
          sticky banner

          © www.pinhome.id

          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download