BlogPemilik PropertiTitip Jual Sewa Rumah11 Cara Cepat Menjual Rumah Agar Cepat Laku!
0
0

11 Cara Cepat Menjual Rumah Agar Cepat Laku!

Dipublikasikan oleh Voni Wijayanti dan Diperbarui oleh Nabila Azmi

Feb 26, 2024

3 menit membaca

Copied to clipboard
jual rumah cepattop-right-banner

Pins sedang berencana untuk menjual rumah? Saat ini terdapat beberapa cara cepat menjual rumah yang bisa Pins lakukan agar cepat laku di pasaran. Cara jual rumah cepat yang paling sering dilakukan adalah melakukan renovasi rumah atau menggunakan jasa atau agen properti. Namun, masih banyak cara lain yang bisa Pins lakukan seperti memasang iklan dan lain sebagainya.

Hal utama yang ingin Pins dapatkan ketika akan menjual adalah keuntungan bukan? Untuk mendapatkan keuntungan lebih, terkadang Pins perlu melakukan beberapa hal sederhana agar rumah yang dijual terlihat menarik. Berikut beberapa cara menjual rumah dengan cepat agar laris di pasaran!

Kamu dapat memiliki rumah yang elegan dan indah untuk kenyamanan bersama keluargamu di perumahan baru di Kabupaten Bogor dan di rumah second Kec Bandung. Selain itu, kamu dapat menemukan rumah idaman yang paling terbaik edisi Pinhome di Rumah Ekslusif.

Baca juga: 20 Cara Membangun Rumah Murah yang Bagus

Kesulitan Saat Menjual Rumah yang Sering Dialami

masa berlaku bi checking
Source : Pinhome

Bagi kita para orang awam yang mungkin belum pernah berpengalaman menjual rumah, tentunya akan sangat frustrasi jika rumah tidak kunjung laku. Hal ini biasanya disebabkan oleh ketidakpahaman terhadap menjual hunian, padahal kita sedang sangat memerlukan uang dari hasil penjualan rumah. Kesulitan yang sering kita temui dalam menjual rumah adalah sebagai berikut:

1. Tidak Memiliki Koneksi yang Luas

Sadar atau tidak koneksi menjadi hal penting ketika akan menjual rumah. Kurangnya koneksi yang potensial tentu akan membuat kita kesulitan mendapatkan calon pembeli yang serius.

Baca juga: Begini Cara Menjual Rumah yang Masih KPR dengan Tepat

2. Sulit Meyakinkan Calon Pembeli

Ketika kita tidak pandai memasarkan properti, tentu akan sulit untuk meyakinkan calon pembeli. Hal ini sering kali terjadi di orang awam yang berniat menjual rumah sendiri tanpa perantara. Apalagi jika infrastruktur sekitar rumah tidak terlalu banyak. Karena ada pengaruh infrastruktur dengan nilai properti yang mempengaruhi keputusan membeli.

3. Kurang Memiliki Pemahaman di Sektor Properti

Pengetahuan dalam menjual properti, pemasaran properti dan juga menawarkan properti yang akan dijual adalah skill profesional. Apabila kita tidak berpengalaman dalam melakukan penjualan rumah, tentu hunian akan laku lebih lama.

Baca juga: Tips dan Contoh Iklan Jual Rumah yang Menarik Pembeli

4. Bingung Menentukan Harga Jual yang Pantas

Penentuan harga jual rumah tidak bisa sembarangan. Banyak teknik yang harus digunakan agar harga rumah yang ditawarkan sesuai dengan pasar. Oleh karena itu jika kamu salah menentukan harga, bisa jadi calon pembeli gagal membeli rumah.

5. Tidak Ada Waktu Meladeni Calon Pembeli

Bagi kita yang aktif bekerja kantoran, pastinya waktu akan terkuras habis untuk menyelesaikan pekerjaan. Alhasil, ketika ada calon pembeli yang tertarik untuk membeli rumah, kita akan keteteran mengatur waktu meladeni pembeli. Apalagi jika calon pembeli ingin melakukan visit di jam kerja, wah pasti akan sulit sekali ya membagi waktu.

6. Kurang Paham Alur Transaksi Penjualan Properti

Hal terakhir yang biasanya menjadi kendala menjual rumah adalah kurangnya pemahaman terkait proses dan alur penjualan rumah. Tahap menjual rumah memerlukan banyak proses mulai dari penerbitan AJB, pengecekkan dokumen penting dan lain sebagainya. Oleh karena itu jika kita kurang paham dalam menjual rumah bisa jadi kita akan merasa pusing sendiri.

7. Tidak Ada Pengalaman Melukan Marketing Properti

Agar rumah laku, tentunya aktivitas pemasaran harus dilakukan. Namun, jika salah menggunakan channel pemasaran bisa jadi kamu akan menargetkan audiens yang kurang pas. Nah, untuk mengantisipasi ini tentunya kamu harus paham cara memasarkan properti yang tepat.

Baca juga: Kenali Strategi Home Staging untuk Tingkatkan Nilai Jual Rumah

Cara Cepat Menjual Rumah

Takut rumah yang akan dijual tidak laku di pasaran? Tenang saja Pins, kamu bisa menggunakan beberapa cara menjual rumah agar cepat laku berikut ini!

1. Lakukan Renovasi Rumah

Source : Build Magazine

Rumah yang akan dijual tentunya harus memiliki tampilan dan desain rumah yang menarik bagi calon pembeli, misalnya desain rumah hemat energi.. Ketika akan membeli rumah, hal utama yang Pins perhatikan pasti dari segi keindahan dan kebutuhannya. Tidak ada salahnya jika Pins melakukan sedikit renovasi pada beberapa bagian. Hal ini dilakukan agar hunian terlihat lebih indah, bernilai, dan menarik di mata konsumen.

Baca juga: Penting! Cara Jual Rumah Ke Bank Agar Tidak Rugi

2. Lakukan Pengecatan Ulang

Source : The Spurce

Selain renovasi, untuk menjual rumah agar cepat laku, Pins mungkin perlu melakukan pengecatan ulang. Hal ini dilakukan agar rumah terlihat lebih indah dan berkelas. Mungkin terdapat beberapa bagian rumah yang sedikitnya terlihat usang dan bisa di atasi dengan pengecatan ulang. Pelajari cara menghitung kebutuhan cat agar tidak memakan terlalu banyak biaya.

3. Memasang Harga yang Tepat

Source : AZ Big Media

Sebelum menjual rumah, ada baiknya jika Pins melakukan survei terlebih dahulu terkait harga rumah pasaran di sekitar lokasi. Misalnya, ketika Pins akan menjual rumah di daerah Bandung, tentu akan berbeda dengan di Jakarta. Untuk itu, usahakan untuk tidak menjual rumah dengan harga yang terlalu murah atau terlalu mahal. Hal ini justru akan menyulitkan Pins untuk menjual dengan cepat.

Baca juga: 10 Cara Menjual Rumah Secara Online Agar Laku Keras

4. Cek Harga Tanah

Source : Housing.com

Setiap jenis lahan yang akan dijual tentu akan memiliki harga yang berbeda-beda. Hal itu ditentukan berdasarkan NJOP dan sertifikat tanah yang digunakannya. Pins bisa mencoba untuk melakukan survei harga tanah berdasarkan sertifikat rumah dan pajak yang dibayarkan. Usahakan untuk memasang harga yang masih realistis ya Pins!

5. Lakukan Pemasaran Secara Online via Aplikasi

Source : Clever Real Estate

Memanfaatkan media online sebagai sarana promosi merupakan salah satu strategi yang penting untuk menjual rumah. Saat ini terdapat banyak sekali agen properti yang bisa Pins gunakan untuk memasarkan tanah atau rumah yang akan dijual. Dengan begitu, rumah yang akan Pins jual pasti lebih cepat laku dibandingkan dengan promosi secara langsung.

Baca juga: 5 Tips Jual Rumah Dekat Kuburan Agar Cepat Sold Out

6. Gunakan Situs Jual Beli Properti

Source : Four 19 Properties

Pins masih bingung menentukan harga jual rumah yang tepat? Jangan khawatir, sekarang banyak sekali situs jual beli properti yang bisa Pins andalkan untuk menjual rumah. Selain itu, beberapa situs juga akan menawarkan bantuan bagi Pins yang masih bingung untuk menentukan harga jual. Nantinya, taksiran harga tersebut akan didapatkan berdasarkan survei dan pertimbangan yang dilakukan.

7. Gunakan Jasa Agen Properti

Source : Income Realty

Beberapa kontraktor rumah atau agen properti biasanya memiliki strategi khusus untuk menjual rumah. Selain itu, mereka juga sudah memiliki makelar dan agen terpercaya agar properti yang dipasarkan lebih cepat laku. Pins bisa memanfaatkan jasa mereka untuk menjual hunian yang dibutuhkan. Selain lebih cepat, hasil dan harganya juga lebih realistis dan terpercaya.

Baca juga: Berapa Biaya Jasa Arsitek Rumah? Ini Tips dan Perhitungannya!

8. Pilih Waktu Menjual yang Tepat

Source : Jurnalnesia

Beberapa orang sering kali mengalami kesulitan ketika akan menjual rumah karena memilih waktu yang tidak tepat. Misalnya, akan lebih baik bagi Pins untuk menjual rumah ketika kondisi ekonomi di negara ini sedang dalam keadaan yang baik. Kondisi ekonomi dan politik yang baik akan membuat banyak pihak berminat untuk membeli properti dibandingkan pada waktu krisis.

9. Lakukan Promosi Secara Langsung

Source : Shutterstock

Melakukan promosi secara online atau menggunakan situs jual beli properti memang menjadi solusi yang terbaik. Namun, tidak ada salahnya jika Pins mencoba untuk melakukan promosi secara langsung. Seperti memberikan informasi terhadap keluarga terdekat ataupun teman. Dengan begitu, informasi mengenai jual rumah yang Pins lakukan akan lebih cepat sampai ke pihak yang membutuhkan.

Baca juga: 5 Cara Jual Rumah Biar Cepat Laku Tanpa Perantara

10. Menjual Dengan Sistem KPR

Source : Intiland Development

Ternyata tidak hanya membeli rumah dengan sistem KPR saja yang banyak dilakukan Pins. Saat ini, kamu bisa menjual rumah dengan sistem KPR melalui agen properti atau pihak bank. Langkah ini dilakukan agar properti yang dipasarkan lebih cepat laku dan mempermudah Pins untuk mendapatkan keuntungan.

11. Manfaatkan Pinhome untuk Menjual Rumah Kamu

Source : Pinhome.id

Cara terakhir yang dapat kamu lakukan agar rumah terjual dengan cepat adalah dengan memanfaatkan website Pinhome Titip Jual Sewa Rumah untuk menyebarkan penjualan rumah kamu. Kamu dapat memposting dan menyebarluaskan informasi penjualan rumah kamu.

Jadi orang-orang akan dengan mudah melihat penjualan rumah kamu.

Itulah beberapa cara cepat menjual rumah yang bisa Pins lakukan dengan mudah agar properti yang dijual cepat laku. Pins bisa mempraktikan beberapa langkah di atas secara bertahap. Selamat mencoba!

Baca juga: 

Feature Source Image: Bankrate


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Cek properti pilihan kami Griya Parama dan temukan keunggulan, fasilitas menarik dan promo menguntungkan lainnya cuma di Pinhome! Cari tahu juga tips penting persiapan beli rumah dan KPR di Property Academy by Pinhome.

Hanya Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome PINtar jual beli sewa properti.

Copied to clipboard
bottom-sidebar-banner
left footer bannerright footer banner
left footer bannerright footer banner

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok
          sticky banner
          sticky banner

          © www.pinhome.id

          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download