Ini Dia Contoh Isi Sertifikat Rumah Asli, Jangan Sampai Tertipu!

Dipublikasikan oleh Voni Wijayanti ∙ 17 January 2021 ∙ 7 menit membaca

Pins sedang berencana untuk membeli rumah baru atau bekas? Memastikan kepemilikan sertifikat rumah merupakan hal yang sangat penting Pins! Jangan sampai kamu tertipu dengan sertifikat rumah palsu yang banyak beredar saat ini. Mengetahui contoh isi sertifikat rumah asli adalah langkah utama yang tidak boleh terlewatkan untuk menambah pengetahuan tentang sertifikat rumah.

Saat ini banyak sekali oknum di luar sana yang memperjual belikan sertifikat rumah palsu. Selain harus berhati-hati, Pins juga harus memahami bagaimana cara cek sertifikat tanah asli atau palsu dengan beberapa cara. Yuk, simak cara untuk melakukannya berikut ini!

Baca juga:

Jenis-Jenis Sertifikat Rumah

(Triyasapropertindo)

Langkah pertama yang perlu Pins lakukan dalam mengetahui contoh isi sertifikat rumah asli adalah mengetahui apa saja jenis-jenis sertifikat rumah. Saat ini terdapat berbagai jenis sertifikat diantaranya adalah, SHM, HGB, Girik, AJB, dan SHSRS. Berikut penjelasan selengkapnya:

Sertifikat Hak Milik (SHM)

Jenis sertifikat yang pertama adalah Sertifikat Hak Milik (SHM). Sertifikat ini tidak memiliki batas waktu dan hanya bisa dimiliki oleh WNI saja. Namun, SHM dapat beralih kepada pihak lain.

Seperti ketika Pins akan membeli rumah dengan SHM, maka kamu sudah memilih rumah dengan value yang tinggi. Bahkan, harga rumah yang dijual juga cenderung lebih mahal. Selain itu, kepemilikan SHM ini dapat hilang jika tanah jatuh kepada negara, dan jika tanahnya musnah.

Baca juga: Standar Upah Tukang Bangunan Harian Berdasarkan Profesinya

Sertifikat Hak Guna Bangunan (HGB)

Selanjutnya adalah Sertifikat Hak Guna Bangunan (HGB). Jenis sertifikat ini akan diberikan kepada seseorang untuk membangun bangunan di atas tanah yang tidak dimilikinya. Terdapat jangka waktu yang diberikan sekitar 30 tahun saja. Namun, masih bisa diperpanjang selama 20 tahun dan bisa dimiliki oleh WNA.

Sertifikat HGB juga bisa hilang dan terhapus jika terdapat beberapa hal berikut. Diantaranya adalah jangka waktu yang berakhir, dihentikan sebelum jangka waktu karena syarat tidak terpenuhi, dilepaskan oleh pemegangnya, dicabut untuk kepentingan umum, ditelantarkan, atau tanahnya musnah.

Sertifikat Girik

Jenis sertifikat Girik merupakan suatu keterangan atas sebidang tanah dengan bentuk Surat Keterangan Tanah yang dikeluarkan oleh lurah atau camat. Girik tidak dapat menyatakan kepemilikian, melainkan hanya keterangan identitas pembayar pajak atas suatu lahan saja.

Untuk itu, jika dibandingkan dengan SPPT PBB maka posisi sertifikat ini setara. Untuk Pins yang sedang berencana membeli rumah dengan sertifikat ini harus segera mengubahnya menjadi SHM ke BPN terdekat.

Sertifikat Akta Jual Beli (AJB)

Akta Jual Beli (AJB) merupakan dokumen pernyataan adanya perpindahan atau peralihan hak atas suatu bidang lahan dari pemilik atau penjual. Akta ini disahkan oleh pejabat PPAT dan diatur dalam Peraturan Kepala Badan Pertanahan Nasional (Perkaban) No. 08 tahun 2012. Pins juga harus segera merubahnya menjadi SHM agar sertifikat menjadi lebih kuat.

Sertifikat Hak Satuan Rumah Susun (SHSRS)

Jenis sertifikat yang terakhir adalah Sertifikat Hak Satuan Rumah Susun (SHSRS). Yaitu suatu sertifikat untuk landed house, rumah susun, dan apartemen. Berlaku untuk Pins yang memiliki hunian di atas lahan bersama.

Baca juga:

Apa Saja yang Harus Ada di Dalam Sertifikat Rumah?

(Kabar Rakyat)

Untuk mengetahui contoh isi sertifikat rumah asli dan cara cek sertifikat rumah asli atau palsu, Pins harus tahu apa saja yang ada di dalam sertifikat rumah. Berikut diantaranya:

Bagian Halaman Depan

Pada bagian halaman depan sertifikat biasanya akan memiliki:

  • Daftar isi: Berada pada halaman depan di bagian paling atas kanan dengan nomor di sebelahnya. Berbentuk kode dan menunjukan bahwa buku tersebut merupakan sertifikat hak atas tanah.
  • Jenis sertifikat: Di halaman depan akan memiliki keterangan jenis sertifikat apakah hak milik atau hak pakai.
  • Alamat properti: Merupakan suatu alamat dari bangunan yang terdapat pada sertifikat. Di sebelah kirinya tercantum Kantor Badan Pertanahan Nasional (BPN) sesuai daerah di sertifikat.
  • Nomor Blangko: Terakhir, di halaman depan terdapat nomor blangko yang tercetak pada bagian bawah.

Bagian Halaman Dalam

Di bagian halaman dalam akan terdapat lembaran Pendaftaran Perama. Pada bagian ini terdapat semacam tabel dengan kolom yang berisikan nama pemegang hak, Nomor Identifikasi Bidang (NIB), nomor, desa/kelurahan, tanggal lahir pemilik, asal hak, dasar penerbitan, dan lain sebagainya.

Bagian Halaman Surat Ukur

Terakhir adalah bagian lembaran Surat Ukur. Pada bagian ini akan berisikan nomor sertifikat dan NIB, kemudian keterangan lokasi dari properti tersebut.

Sebagai contoh isi sertifikat rumah, di bagian ini akan dilengkapi denah untuk menunjukan bentuk tanah. Berfungsi untuk menunjukan bangunan tersebut digunakan untuk apa.

Contoh Sertifikat Rumah Asli

(Rumah.com)

Pins sedang mencari contoh isi sertifikat rumah asli? Sebenarnya hal itu bisa dilakukan langsung di Kantor Badan Pertanahan Nasional (BPN). Namun, Pins bisa melakukan pengecekan dengan beberapa cara berikut:

Mengenal Kode Jenis Sertifikat

Dalam suatu sertifikat tanah, biasanya terdapat kode jenis sertifikat. Berikut beberapa kode sertifikat berdasarkan jenisnya:

1 = Hak Milik

2 = Hak Guna Bangunan

3 = Hak Guna Bangunan dan Pakai

4 = Tanah Hak Pengelolaan

5 = Tanah Wakaf

6 = Hak Milik Atas Satuan Rumah Susun

7 = Hak Tanggungan

8 = Tanah Negara

Itulah beberapa kode yang sering digunakan dan harus terdapat pada sertifikat sebagai contoh isi sertifikat rumah asli.

Terdapat Nomor NIB

Hal kedua yang harus diperhatikan adalah nomor Nomor Identifikasi Bidang (NIB). Biasanya, nomor ini terletak pada kolom “Pendaftaran Pertama” dan harus sama dengan kode yang ada pada halaman depan tanpa kode jenis sertifikat.

Cek Isi Sertifikat PBB

Langkah terakhir untuk memastikan apakah sertifikat tersebut asli atau palsu adalah dengan mengecek sertifikat PBB. Lihat apakah keterangan letak objek tanahnya sama dengan NIB atau tidak. Jika tidak, Pins perlu menaruh kecurigaan.

Baca juga:

Tips Agar Tidak Tertipu dengan Sertifikat Rumah Palsu

(Jendela360)

Memeriksa Sertifikat ke Badan Pertanahan Nasional

Langkah pertama untuk melakukan pengecekan dan tips agar tidak tertipu sertifikat palsu adalah mengecek ke BPN terdekat. Di sana Pins bisa mengecek keasian sertifikat secara detail termasuk bentuk fisik dan nomor registrasinya.

Pins bisa membawa sertifikat tanah, bukti lunas PBB terakhir serta KPT dan surat permohonan. Datang langsung ke loket dan membayar biaya sebesar Rp. 50.000 kemudian pengecekan akan dilakukan dalam 1 hari kerja.

Melakukan Pengecekan Melalui Jasa PPAT

Jika Pins ingin melakukan pengecekan dengan cara lain, bisa menggunakan jasa PPAT. Jasa PPAT akan membantu untuk mengecek keaslian ke kantor BPN dan berguna untuk kamu yang tidak memiliki banyak waktu untuk pengecekan.

Melakukan Pemeriksaan Bentuk Fisik Sertifikat

Pins, melakukan pengecekan keaslian sertifikat ternyata bisa dilakukan sendiri lho! Caranya adalah melihat bentuk fisik yang umumnya memiliki sampul berwarna hijau sedangkan sertifikat lainnya ada yang memiliki sampul abu-abu.

Pins juga harus memastikan apakah memiliki cap dan tanda tangan pada sampulnya yang berasal dari keluaran BPN.

Melakukan Pengecekan Secara Online

Untuk Pins yang tidak memiliki banyak waktu untuk melakukan pengecekan bisa melakukannya secara online. Beberapa diantaranya adalah menggunakan situs resmi BPN dan BPN Go Mobile. Di aplikasi dan website tersebut Pins bisa melakukan pengajuan secara langsung dan dibuat untuk membantu masyarakat dalam melakukan pengecekan sertifikat.

Itulah beberapa pembahasan mengenai contoh isi sertifikat rumah asli beserta cara cek sertifikat rumah asli atau palsu selengkapnya. Pins bisa menggunakan beberapa langkah di atas agar tidak tertipu ketika akan membeli rumah baru atau bekas. Selamat mencoba!

Baca juga: 

Featured Image Source: Duniafintech.com


Temukan pilihan rumah terlengkap di Aplikasi Pinhome. Untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti bergabunglah menjadi rekan agen properti bersama kami dan iklankan properti kamu di sini. Cek pilihan rumah di Kota Bandung terbaik dari Pinhome!

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai properti di Property Academy by Pinhome. Gabung menjadi Rekan Jasa Pinhome melalui aplikasi Rekan Pinhome di App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Tags :

Artikel Pilihan

Berita Pinhome
Berita Pinhome Vasa Jagakarsa Hunian Modern Tropis Strategis Berkonsep Townhouse

Menentukan rumah idaman memang bukanlah perkara mudah. Pasalnya banyak hal yang harus dipertimbangk

Finansial
Finansial Mengenal Analisis SWOT Untuk Mengembangkan Bisnis

Membangun sebuah bisnis yang sukses tidak bisa terjadi dalam semalam. Ada banyak unsur dan juga keg

Properti
Properti 3 Contoh Rumah Idaman dan Populer Saat Ini

Desain atau contoh rumah idaman bagi tiap-tiap orang tentunya tidak sama. Ada yang mendefinisikan r

Properti
Properti Ingin Memilih Lokasi Tempat Tinggal Strategis? Perhatikan Hal Ini!

Memilih lokasi tempat tinggal strategis bukanlah perkara mudah, banyak yang harus kita pertimbangka

Artikel Terkini

Teknik Sipil
Teknik Sipil Harga Rolling Door Terbaru dari Berbagai Tipe

Rolling door tak cuma bisa digunakan sebagai pintu toko. Kamu pun bisa memakai rolling door untuk g

Teknik Sipil
Teknik Sipil Daftar Harga Kayu Jati Semua Ukuran, Terlengkap dan Terbaru!

Kayu jati merupakan salah satu jenis material yang umum digunakan untuk membangun rumah atau membua

Teknik Sipil
Teknik Sipil Harga Teralis Jendela Terbaru, Lengkap dengan Tips Memilihnya

Demi alasan keamanan, kebanyakan masyarakat Indonesia menggunakan teralis jendela pada rumahanya. S

Arsitektur & Desain
Arsitektur & Desain Mengenal Atap Membran, Inovasi Atap yang Fleksibel dan Unik

Atap membran atau yang juga dikenal dengan sebutan kanopi membran, bukanlah inovasi baru. Meski pen

Arsitektur & Desain
Arsitektur & Desain 10 Material Atap Rumah dan Cara Merawatnya Agar Tahan Lama

Material atap rumah ada bermacam-macam. Pins tentunya sudah mengenal sejumlah material yang digunak

Ikuti Media Sosial Kami

Pinhome Indonesia