20 Cara Membangun Rumah yang Murah Tapi Berkualitas

Dipublikasikan oleh Nabila Azmi ∙ 24 November 2021 ∙ 11 menit membaca

Alih-alih membeli rumah baru, banyak orang memilih membangun rumah karena lebih fleksibel dari segi harga dan desain. Terlebih lagi, Pins bisa kok membangun rumah dengan budget murah tapi tetap berkualitas, asalkan membuat perencanaan yang baik.

Penasaran bagaimana cara bikin rumah murah dengan desain dan material yang tidak asal-asalan? Simak beberapa tipsnya di bawah ini, yuk!

Cara Membangun Rumah Murah dan Berkualitas

Membangun rumah dengan biaya yang murah tidak bisa dilakukan secara asal-asalan Pins, berikut beberapa tips membangun rumah murah terbaik yang bisa kamu gunakan!

Berdiskusi dengan Anggota Keluarga

Bagi Pins yang sudah berkeluarga ternyata berdiskusi dengan anggota yang akan tinggal di rumah tersebut menjadi hal penting, lho. Kamu perlu meminta pendapat orang rumah terkait rumah yang akan dibangun karena selera semua orang tidak sama.

Jadi, ada baiknya Pins menyatukan terlebih dulu berbagai selera dari anggota keluarga sebelum membangun rumah. Hal ini juga bisa membantu Pins mendapatkan inspirasi untuk bikin rumah murah yang terbuat dari material dan desain berkualitas!

Baca juga:

Mengurus IMB dan IPPT

kelengkapan dokumen sebelum transaksi properti
(Shutterstock)

Setelah berdiskusi, Pins bisa melanjutkan cara membangun rumah budget murah dengan mengurus IMB dan IPPT. Pengurusan Izin mendirikan bangunan dan izin penggunaan tanah merupakan kegiatan yang cukup merepotkan karena harus melibatkan pihak-pihak yang terkait.

Sementara itu, mengurus sendiri IMB+IPPT dapat menjadi alternatif penghematan biaya. Walau begitu, ada kalanya pilihan ini bisa menyebabkan biaya perencanaan pembanguna menjadi bengkak akibat beberapa hal.

Jika Pins memiliki rekanan atau rekomendasi biro jasa terpercaya, sebaiknya pilih metode ini. Selain menghemat waktu, beberapa biro jasa tertentu justru menawarkan harga yang bisa menekan budget pembangunan rumah, lho.

Membuat Desain Rumah

Salah satu hal penting yang perlu dilakukan dengan memiliki budget terbatas saat membangun rumah adalah membuat desain. Membuat desain rumah ternyata bisa \\\’menunjukkan\\\’ biaya tambahan yang bisa dihilangkan, terutama ketika mencontoh bangunan yang sudah ada.

Bahkan, bagi Pins yang ingin menggunakan berbagai model arsitektur dan menyesuaikan kenginan yang rumit akan membutuhkan desain rumah yang lebih matang. Pasalnya, mengotak-atik bentuk rumah yang tergolong \\\’unik\\\’ tentu bisa menciptakan biaya tambahan. Ini karena ada biaya pekerjaan bongkar pasang saat desain belum sesuai selera.

Selain itu, Pins bisa memperhatikan beberapa poin penting di bawah ini saat buat desain rumah dengan harga murah.

Membuat Desain secara Virtual

Tidak hanya gambar dengan pensil, Pins ternyata bisa membuat desain rumah secara virtual di dunia maya atau aplikasi tertentu. Dari desain tersebut Pins bisa memperkirakan berapa biaya yang dibutuhkan. Bila terlalu mahal, kamu bisa mengubah desain atau melakukan inovasi lainnya untuk menghemat anggaran bangun rumah.

Memperhatikan Sumber Cahaya dan Jumlah Jendela

(Shutterstock)

Membangun rumah yang murah tentu wajib memperhatikan sumber cahaya dan jumlah jendela yang ada saat mendesainnya. Sebuah rumah yang terang dan tampak luas biasanya menarik perhatian banyak orang dibandingkan rumah yang gelap dan tampak sempit.

Hal tersebut bisa kamu akali dengan memasang jendela yang cukup dan sesuai dengan desain rumah. Memasang jendela sebanyak mungkin tidak hanya membuat rumah tampak luas, tetapi juga menghemat energi karena tidak perlu menggunakan lampu saat siang hari.

Baca juga:

Mendesain Rumah Seefisien Mungkin

Jika ingin rumah yang efisien dengan budget terbatas, Pins bisa menggunakan lebih sedikit sekat dinding dan tidak perlu membuat lekukan yang begitu banyak. Ini bertujuan menghemat dinding bata atau partisi yang akan dipakai saat membangun rumah.

Pins juga bisa menggunakan dekorasi seperlunya dengan menghindari pemakaian batu alam. Bila budget sudah mencukupi, kamu bisa menambahkan hiasan tersebut di kemudian hari.

Menggunakan Jasa Arsitek

(Shutterstock)

Pins tahu tidak kalau bikin rumah yang murah ternyata bisa memanfaatkan jasa arsitek. Tidak semua arsitek akan menguras kantong Pins. Ada berbagai macam arsitek mulai dari jam terbang rendah hingga jam terbang tinggi dengan tarif yang berbeda-beda.

Di Indonesia masih banyak terkungkung dengan konsep bahwa penggunaan jasa arsitek hanya untuk kalangan konglomerat. Faktanya, hal tersebut tidak sepenuhnya benar. Pasalnya, kehadiran arsitek justru membantu kamu dalam banyak hal, seperti menyusun budget dan memilih konsep desain bikin rumah yang murah.

Ketakutan akan biaya gaji arsitek bisa ditawar dengan merundingkan biaya yang tepat dengan arsitek. Mereka adalah seorang profesional yang berpengalaman dan tahu banyak hal tentang dunia arsitek. Jadi, bekerja sama dengan arsitek bisa membantu kamu menemukan alternatif dan peluang yang bisa menghemat budget pembangunan.

Memilih Desain Minimalis

Cara membuat rumah dengan harga murah ternyata tidak terlepas dari pemilihan desain minimalis, lho. Rumah minimalis sejatinya merupakan tipe yang sederhana, tetapi tetap terkesan elegan.

Terlebih lagi, tipe minimalis bisa menghemat dana secara keseluruhan karena tergolong efisien dari segi tata ruang hingga pemilihan warna. Tidak heran bila rumah minimalis menjadi pilihan banyak orang karena tampilannya mampu memberikan efek mewah nan modern dengan harga murah.

Baca juga: Mau Bangun Rumah 50 Juta? Bisa Dong! Ini Kisaran Biaya dan Model Terlengkapnya

Hindari Meminjam Uang di Bank

Pada saat membangun rumah ada baiknya PIns tidak meminjam uang di bank, melainkan sudah memiliki budget terpisah untuk hal ini. Ingat, tujuan Pins adalah bikin rumah yang bagus dengan budget terbatas.

Seperti yang Pins tahu, pinjam uang di bank memiliki bunga dengan resiko rumah bisa disita ketika tidak bisa membayar hutang tepat waktu. Bila terpaksa meminjam uang, usahakan mencari alternatif lain yang tidak menerapkan sistem bunga pinjaman, seperti pinjam ke rekan terdekat.

Memanfaatkan Diskon

Siapa bilang Pins hanya bisa memanfaatkan disko saat membeli sepatu atau baju? Nyatanya, kamu bisa memanfaatkan diskon saat membangun rumah, asalkan barang yang dibeli memiliki kualitas yang hampir sama dengan yang tidak didiskon.

Pins bisa mendatangi toko khusus bahan bangunan yang biasanya ada diskon barang tertentu dan bisa dimanfaatkan. Seperti yang Pins ketahui, harga barang bangunan kini sudah sangat mahal.

Jadi, akan sangat terasa membeli barang dengan diskon 10% yang bisa menguntungkan pengeluaran biaya membangun rumah. Namun, hal ini bisa dicoba asalkan kamu pintar memilih bahan dan material yang diperlukan. Jangan sampai karena tergiur diskon Pins malah membeli bahan yang tidak dibutuhkan.

Memilih Bahan Material Berkualitas

(Shutterstock)

Bikin rumah yang murah tapi bagus tentu akan melibatkan pertimbangan bahan material bangunan, seperti dari segi harga dan kualitas. Tentu Pins tidak ingin membangun rumah dengan bahan yang buruk meski harganya murah, bukan?

Maka dari itu, Pins bisa mencoba beberapa tips di bawah ini ketika hendak membeli material bangunan dengan budget pas-pasan tetapi tetap berkualitas.

Baca juga: Ingin Bangun Rumah Sendiri? Ini Info Harga Bahan Bangunan yang Harus Diketahui!

Menggunakan Material Lokal

Pins tahu tidak kalau salah satu penyebab biaya bangun rumah menjadi mahal adalah pemilihan material yang berlebihan. Bila Pins ingin membuat rumah yang bagus dan murah, sebaiknya gunakan material lokal dengan harga terjangkau. Ada banyak kok produk lokal yang memiliki kualitas mirip dengan produk murah, tetapi harganya jauh lebih terjangkau.

Mengganti Material

Guna menghemat budget, kamu bisa mengganti material pokok dengan kualitas yang hampir sama, tetapi dengan biaya yang lebih irit. Sebagai contoh, Pins dapat mengganti material batu bata menjadi batako atau atap menjadi asbes. Hal ini akan menghemat waktu dan biaya.

Ini karena perbandingan waktu pengerjanaan antara bata merah dengan batako cukup jauh. Bata merah memerlukan waktu lebih lama dibandingkan batako. Selain itu, kamu bisa mengganti material kusen, daun pintu, dan jendela menjadi aluminium.

Aluminium tidak membutuhkan aksesoris seperti hak angin, grendel, dan slot. Bahan material ini juga tidak perlu dicat, seperti melamin kayu yang bisa juga Pins jadikan alternatif.

Dari beberapa perubahan kebutuhan material tersebut kamu dapat menghemat uang. Tidak hanya mutu yang tidak kalah jauh, kamu dapat menyingkat waktu pengerjaan rumah yang berakibat pada biaya. Semakin cepat waktu pembangunan, biaya yang dikeluarkan untuk upah juga akan lebih sedikit.

Memakai Rangka Baja Ringan

Alih-alih kayu, Pins bisa memanfaatkan rangka baja ringan sebagai atap rumah. Pasalnya, biaya rangka baja ringan tergolong lebih murah dibandingkan kayu.

Bila memungkinkan, kamu bisa mempertimbangkan pemakaian rangka baja canal C dengan plafon berbahan asbes non asbestos, GRC, atau PVC. Ketiga material ini cenderung lebih murah dibandingkan atap rangka baja ringan.

Walau begitu, rangka baja ringan pun sudah tergolong murah dengan kualitas terbaik dan perawatan yang mudah. Alhasil, kamu tidak perlu khawatir dengan rayap yang bisa membuat atap kayu rumah menjadi lapuk.

Melakukan Perbandingan Antara Satu Toko dengan Lainnya

(Shutterstock)

Pada saat membeli bahan bangunan jangna lupa melakukan perbandingan harga dari beberapa toko. Pastikan Pins memilih bahan bangunan dari supplier yang menawarkan harga termurah, tetapi masih berkualitas sama.

Bagaimanapun keinginan untuk menekan budget begitu besar, Pins tidak boleh mengorbankan kualitas rumah. Memilih material berkualitas baik diiringi dengan konstruksi yang tepat akan mendapatkan rumah yang murah tetapi bagus, bukan?

Membangun Rumah di Waktu yang Tepat

Hal lain yang bisa Pins lakukan untuk rumah murah dan kecil adalah memilih membangun di waktu yang tepat. Umumnya, pembangunan rumah bisa memakan waktu sekitar 3-9 bulan. Namun, waktu tersebut tergantung dari banyaknya pembangunan yang dilakukan.

Bila kamu memerlukan waktu 1-6 bulan, ada baiknya memilih musim kemarau atau awal-awal tahun. Pasalnya, musim hujan dapat menghambat proses pembangunan yang bisa menambah rencana anggaran biaya bangunan. Walau musim kemarau masih berisiko hujan, pembangunan di musim ini jauh lebih aman karena probabilitasnya lebih kecil.

Baca juga: Mengenal Nama Peralatan Untuk Instalasi Listrik dan Fungsinya yang Wajib Kalian Ketahui

Menggunakan Jasa Tukang Bangunan Profesional

membangun rumah murah
(Shutterstock)

Tidak hanya arsitektur, pemilihan jasa tukang bangunan penting untuk menekan biaya pembangunan rumah. Usahakan untuk menghindari jasa pemborong yang menawarkan harga sangat murah. Ini bisa jadi bumerang bagi kamu karena kualitas pekerjaan dan material yang digunakan mungkin tidak bertahan lama.

Alih-alih hemat, kamu malah memerlukan biaya tambahan yang mahal untuk merawat rumah yang sudah jadi. Setelah memanggil jasa tukang bangunan, jangan lupa mengawasi mereka secara rutin.

Begini, ada banyak tipe orang dan semangat mereka saat bekerja pun berbeda-beda. Ada yang rajin, ada yang tidak rajin, dan ada pula yang rajin ketika seseorang mengawasi. Oleh sebab itu, kamu perlu mengawasi tukang bangunan secara rutin agar pembangunan rumah tidak terhambat.

Memakai Pewarnaan Sederhana

Jika Pins menyukai desain rumah minimalis industrial, coba deh bangun rumah tanpa perlu mengecat beberapa bagian dinding. Alternatif ini bisa menghemat energi dan biaya yang dikeluarkan.

Walau begitu, metode ini tidak bisa dilakukan sembarangan karena ada teknik tertentu. Pertama, Pin Pins bisa melapisi aca pada tembok tanpa menggunakan cat. Kedua, kamu bisa membiarkan beton menjadi plafon untuk menambah kesan industrial tadi.

Bila memilih untuk mengecat rumah, coba gunakan cat dan kombinasi warna yang cukup menarik hingga tidak terkesan murahan. Pins tentu perlu memilih cat khusus eksterior untuk menjamin keawetan warna pada dinding luar.

Pada bagian dalam, kamu bisa memilih cat interior jenis standar. Usahakan memilih warna cat rumah yang sesuai dengan konsep desain dan perabotan. Dengan begitu, tidak ada terjadi tabrak warna yang memunculkan kesan norak dalam rumah.

Merawat Rumah dengan Baik

membangun rumah murah
(Shutterstock)

Setelah dibangun, jangan lupa memelihara rumah dengan baik untuk mencegah biaya tambahan akibat kerusakan pada bangunan. Sebagai contoh, genteng bocor yang tidak diperbaiki secepatnya bisa menyebabkan kerusakan pada rangka atap atau plafon. Akibatnya, biaya perbaikan pun jadi lebih mahal.

Pins juga bisa mengecat bidang material bangunan yang tidak tahan terhadap cuaca sesekali, seperti besi pagar rumah. Ini tentu akan mempercantik tampilan rumah tanpa harus merenovasi besar-besaran.

Membuat Rincian Rencana Anggaran Biaya (RAB)

(Build Idaho)

Ketika akan Membangun rumah murah, Pins juga perlu untuk membuat rencana anggaran biaya untuk menghitung besaran pengeluaran yang dibutuhkan. Untuk membuat RAB, berikut beberapa hal yang harus dimasukan dalam perhitungannya:

Biaya Jasa Arsitek atau Kontraktor

Jika Pins berencana untuk membangun rumah menggunakan jasa arsitek atau kontraktor, tentu terdapat biaya tertentu yang harus dibayarkan. Sebagai bagian dari rencana pembangunan kamu harus memperhitungkan biaya pembangunan menggunakan jasa arsitek dan kontraktor sejak awal.

Untuk menyewa jasa seorang arsitek biasanya biaya yang dikeluarkan adalah sekitar 2-4% dari Rencana Anggaran Biaya yang sudah direncanakan. Biasanya adalah dengan membuat desain rumah yang akan ditentukan berapa rupiah per m2.

Biaya Cost and Fee dan Fixed Cost and Fee

Biaya cost and fee dan fixed cost and fee adalah dua hal yang harus Pins perhatikan dalam melakukan pembangunan rumah. Biasanya, jumlah tersebut diambil berdasarkan anggaran yang akan dikeluarkan oleh pemilik rumah dan dibayarkan kepada pihak kontraktor. Presentase nya adalah sekitar 10-15% dari keseluruhan estimasi biaya pembangunan.

Namun, hal ini bisa jadi tidak menguntungkan jika Anda bertemu dengan jenis kontraktor yang \\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\”nakal\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\” dan sering mengulur-ulur waktu pekerjaan. Sehingga biaya yang dikeluarkan menjadi melambung.

Penghitungan besaran jasa bagi kontraktor dengan cara ini sebenarnya sama saja, namun lama pengerjaan sudah tidak menjadi masalah karena semuanya sudah dibicarakan sejak awal. Dengan kata lain, biaya yang akan Anda keluarkan adalah biaya kontraktor saja.

Nah, itu tadi sederet cara membangun rumah dengan budget murah tetapi tetap berkualitas. Semoga bermanfaat, Pins!

Baca juga:

Featured Image Source: Tribelive


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti bergabunglah menjadi rekan agen properti bersama kami dan iklankan properti kamu di sini. 

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai properti di Property Academy by Pinhome. Gabung menjadi Rekan Jasa Pinhome melalui aplikasi Rekan Pinhome di App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome PINtar jual beli sewa properti.

Tags :

Artikel Pilihan

Berita Pinhome
Berita Pinhome Vasa Jagakarsa Hunian Modern Tropis Strategis Berkonsep Townhouse

Menentukan rumah idaman memang bukanlah perkara mudah. Pasalnya banyak hal yang harus dipertimbangk

Finansial
Finansial Mengenal Analisis SWOT Untuk Mengembangkan Bisnis

Membangun sebuah bisnis yang sukses tidak bisa terjadi dalam semalam. Ada banyak unsur dan juga keg

Properti
Properti 3 Contoh Rumah Idaman dan Populer Saat Ini

Desain atau contoh rumah idaman bagi tiap-tiap orang tentunya tidak sama. Ada yang mendefinisikan r

Properti
Properti Ingin Memilih Lokasi Tempat Tinggal Strategis? Perhatikan Hal Ini!

Memilih lokasi tempat tinggal strategis bukanlah perkara mudah, banyak yang harus kita pertimbangka

Artikel Terkini

Ruang Makan & Dapur
Ruang Makan & Dapur Rekomendasi & Tips Membuat Ukuran Meja Dapur Ideal

Ukuran meja dapur ideal akan memudahkan mobilitas dan aktivitas. Khususnya pada dapur yang memiliki

Ruang Makan & Dapur
Ruang Makan & Dapur Rekomendasi Sekat Dapur Minimalis Cantik & Murah Meriah

Sekat dapur minimalis tak harus menggunakan bahan-bahan mahal. Pemilihan desain dan materialnya mam

Ruang Makan & Dapur
Ruang Makan & Dapur Ide Desain Dapur Kering & Tips Penataannya

Dapur kering secara perawatannya tidak perlu dibersihkan setiap hari. Pins hanya butuh mengelapnya

Ruang Makan & Dapur
Ruang Makan & Dapur 7 Peralatan Elektronik Yang Sebaiknya Ada Di Dapur Kantor

Banyak perusahaan saat ini menyediakan dapur kantor untuk karyawan. Dapur ini lebih sering disebut

Ruang Makan & Dapur
Ruang Makan & Dapur Tips Memilih Gorden Dapur Estetik & Berkualitas

Gorden dapur sering digunakan untuk menutupi kolong kabinet. Tujuannya menutupi ruang penyimpanan y

Ikuti Media Sosial Kami

Pinhome Indonesia