BlogPemilik PropertiDesain Hunian5 Cara Jual Rumah Biar Cepat Laku Tanpa Perantara
0
0

5 Cara Jual Rumah Biar Cepat Laku Tanpa Perantara

Dipublikasikan oleh Nur Dwi Ratnasari dan Diperbarui oleh Nabila Azmi

Des 19, 2023

6 menit membaca

Copied to clipboard
top-right-banner

Kegiatan penjualan memerlukan strategi yang baik agar dapat dilirik calon pembeli. Apalagi menjual rumah yang merupakan benda dengan nilai besar dan menuntut lebih banyak pertimbangan. Karena itu, Pins harus mengetahui cara jual rumah biar cepat laku tanpa perantara.

Salah satu strateginya dengan pasang iklan rumah gratis di internet. Melalui aplikasi Pinhome, pemilik properti dapat menawarkan rumah second di Kab Mojokerto hingga jual rumah baru di Kabupaten Bekasi seperti Kertamukti Sakti Residence. Jika properti dekat sarana publik seperti Pasar Lawang Malang tentu harganya akan lebih tinggi daripada lokasi biasa.

Persiapan Menjual Rumah

cara jual rumah agar cepat laku tanpa perantara
Source : Nevadomarbella

Dalam menjual rumah, banyak hal yang perlu diperhatikan. Mulai dari persiapan sebelum memutuskan menjual hingga bagaimana sikap yang tepat saat berhadapan dengan calon pembeli. Semua itu dimaksudkan agar proses penjualan rumah bisa berjalan cepat dan lancar.

Sebelum menjual rumah, Pins harus yakin bahwa rumah tersebut memang ingin dijual. Keyakinan ini nantinya akan berdampak kepada penerapan cara jual rumah biar cepat laku.

Seperti gencarnya proses promosi, dan berlanjut sampai tahap-tahap selanjutnya. Selain itu, meyakinkan diri adalah bagian dari persiapan mental.

Menjual rumah bagi banyak orang adalah sebuah keputusan besar. Begitu pula dalam membeli. Karenanya, Pins harus siap dengan segala kemungkinan di depan.

Kesabaran juga dapat menjadi trik cara jual rumah biar cepat laku. Bisa saja akan terjadi proses tawar menawar yang alot atau calon pembeli yang cerewet terhadap surat menyurat. Bukan tidak mungkin pula ada pembatalan saat kesepakatan sudah hampir terjadi.

Baca juga: 

Keuntungan Jual Rumah Tanpa Perantara

Source : Pxhere

Tahukah kamu bahwa menjual rumah tidak selalu memerlukan bantuan perantara atau pihak ketiga? Ya, kamu pun bisa langsung menjual rumah secara langsung ke calon pembeli. Berikut ini ada beberapa keuntungan ketika menjual rumah sendiri tanpa perantara,

  • Semua aktivitas yang berkaitan dengan proses administrasi bisa langsung kamu monitor.
  • Kamu akan memiliki pengalaman menjual rumah sendiri.
  • Kamu akan melatih diri untuk melakukan aktivitas pemasaran listing rumah hingga laku.
  • Secara tidak langsung, kamu akan belajar cara menangani calon pembeli dan belajar memahami estimasi harga properti di pasar.
  • Kamu bebas untuk memasarkan properti ke siapa saja, mulai dari teman, kolega dan keluarga terdekat yang sudah kenal latar belakangnya.

Kerugian Jual Rumah Tanpa Perantara

Source : Ruang Mom

Tentu saja tanpa ada perantara maka kamu perlu banyak usaha dalam mengupayakan properti agar lekas terjual. Misalnya dalam mengurus iklan secara mandiri hingga dokumen legalitas yang dibutuhkan.

Tak hanya itu saja kamu juga perlu siap sedia apalagi jika menjual properti melalui situs. Pastinya calon pembeli akan menanyakan properti dan bahkan menghadapi pertanyaan yang sama.

Respon dengan cepat dan luangkan waktu agar calon pembeli bisa melakukan survei rumah. Dengan begitu properti yang ditawarkan akan lekas laku dan ditawar dengan harga yang sesuai dengan keinginanmu.

Cara Jual Rumah Biar Cepat Laku Tanpa Perantara

Setelah berbagai persiapan dilaksanakan, saatnya mulai beraksi. Bagaimanapun, setiap langkah harus diiringi dengan pertimbangan yang dilakukan dengan hati-hati. Berikut cara jual rumah biar cepat laku yang harus Pins perhatikan.

1. Pertimbangkan Harga Pasaran

Source : Azernews.az

Pins tentunya sudah mengamati harga pasaran untuk tipe rumah dengan fasilitas-fasilitas yang ditawarkan. Tidak ada salahnya menaikkan sedikit harga jika rumah yang dimaksud memiliki kelebihan dibanding rumah lain yang setipe. Cara ini juga dilakukan untuk mengantisipasi calon pembeli yang menawar dengan harga jauh lebih rendah.

Tetapi, jangan sampai harga yang ditawarkan jauh melebihi harga pasaran. Keputusan seperti ini justru dapat menjadi bumerang bagi Pins. Calon pembeli yang baru menanyakan harga bisa saja langsung kabur karena sudah takut duluan. Mematok harga sewajarnya dapat menjadi cara jual rumah biar cepat laku.

2. Pastikan Rumah dalam Kondisi Siap Pakai

cara jual rumah agar cepat laku tanpa perantara
Source : Tokopedia.com

Jika rumah yang akan dijual bukan merupakan rumah yang sedang ditempati, maka luangkanlah waktu untuk melihat kondisinya. Periksa apakah ada atap atau plafon yang bocor. Gagang pintu yang rusak, dinding yang retak, atau toilet yang tersumbat  juga merupakan kondisi yang harus diperhatikan.

Melakukan sedikit renovasi terhadap cacat yang agak mengganggu juga merupakan cara jual rumah biar cepat laku. Kondisi rumah yang baik merupakan daya tarik yang akan menjadi nilai tambah bagi calon pembeli.

Periksa juga kondisi fasilitas dasar yang harus ada dalam setiap rumah. Misalnya mengenai sambungan listrik dan daya yang digunakan. Kemudian mengenai sumber air dan saluran pembuangannya.

3. Siapkan Surat-surat yang Diperlukan

Source : Mortgagechoice.com

Rumah merupakan aset penting yang kepemilikannya diatur oleh hukum. Maka dari itu, setiap rumah beserta tanah di bawahnya seharusnya memiliki surat yang sah. Cara jual rumah biar cepat laku bisa lebih mudah dilakukan jika surat-suratnya lengkap. Karena, calon pembeli akan merasa aman terhadap konsekuensi hukumnya.

Pastikan Pins sudah menyiapkan surat atau dokumen yang kuat di mata hukum, seperti Sertifikat Hak Milik (SHM). Pelajari kembali apa saja yang termuat dalam surat tersebut agar tidak ada informasi yang terlewat mengenai rumah yang akan dijual. Jangan lupa juga untuk mengumpulkan bukti pembayaran PBB (Pajak Bumi dan Bangunan).

4. Lakukan Pemasaran yang Efektif

Source : Pinhome

Banyak cara jual rumah biar cepat laku yang bisa ditempuh. Cara paling sederhana adalah dengan memasang plang yang memberi keterangan bahwa rumah tersebut dijual. Jangan lupa menyertakan nomor telepon yang aktif.

Promosi dari mulut ke mulut juga dapat memperluas jangkauan dan menjadi cara jual rumah biar cepat laku. Dimulai dari lingkup keluarga, kerabat, dan teman-teman terdekat Pins. Dari lingkaran koneksi yang mereka punya, bisa jadi beberapa di antaranya ada yang memang sedang berniat membeli rumah.

Cara jual rumah biar cepat laku lainnya adalah dengan memasang iklan di media massa. Tapi ingat, media tentunya mematok tarif untuk jasa pemasangan iklan. Jadi, dengan cara ini Pins memerlukan biaya lebih dibandingkan dengan hanya memasang plang dan promosi dari mulut ke mulut.

5. Terbuka lah Kepada Calon Pembeli

Source : Thehindu

Dengan berbagai promosi yang telah dilakukan, pasti ada saja yang tertarik untuk menghubungi. Ketika kesempatan itu datang, bersikaplah antusias dan segera memberikan respon. Alhasil, calon pembeli pun merasa yakin bahwa Pins memang serius dalam menjual.

Terbuka kepada calon pembeli tentang kondisi rumah juga merupakan cara jual rumah biar cepat laku tanpa perantara. Kenapa? Karena, Ini juga akan membuat calon pembeli tidak merasa ditipu. Tetapi, utamakan membicarakan kekurangan rumah hanya ketika calon pembeli bertanya. 

Baca juga: 

Feature Image Source: Pexels


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Cek informasi Cimanggis Golf Estate dan dapatkan hunian idaman kamu sekarang juga. Cari tahu juga tips penting persiapan beli rumah dan KPR di Property Academy by Pinhome.

Hanya Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Copied to clipboard
bottom-sidebar-banner
left footer bannerright footer banner
left footer bannerright footer banner

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok
          sticky banner
          sticky banner

          © www.pinhome.id

          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download