Pinhome

Tips Properti

Cara Jual Rumah Biar Cepat Laku Tanpa Perantara

Dipublikasikan oleh Pinhome ∙ 17 January 2021 ∙ 7 menit membaca

Pinhome – Kegiatan penjualan memerlukan strategi yang baik agar dapat dilirik calon pembeli. Menjual pakaian atau bahkan makanan pun harus memahami kondisi pasar dan sasaran yang tepat. Apalagi menjual rumah yang merupakan benda dengan nilai besar dan menuntut lebih banyak pertimbangan. Karena itu, Pins harus mengetahui cara jual rumah biar cepat laku.

(Gerd Altmann/Pixabay)

Dalam menjual rumah, banyak hal yang perlu diperhatikan. Mulai dari persiapan sebelum memutuskan menjual hingga bagaimana sikap yang tepat saat berhadapan dengan calon pembeli. Semua itu dimaksudkan agar proses penjualan rumah bisa berjalan cepat dan lancar.

Persiapan Menjual Rumah

Sebelum menjual rumah, Pins harus yakin bahwa rumah tersebut memang ingin dijual. Keyakinan ini nantinya akan berdampak kepada penerapan cara jual rumah biar cepat laku. Seperti gencarnya proses promosi, dan berlanjut sampai tahap-tahap selanjutnya. Selain itu, meyakinkan diri adalah bagian dari persiapan mental.

Menjual rumah bagi banyak orang adalah sebuah keputusan besar. Begitu pula dalam membeli. Karenanya, Pins harus siap dengan segala kemungkinan di depan. Kesabaran juga dapat menjadi trik cara jual rumah biar cepat laku.

Ketahui detail penjualan dengan baik (Pixabay)

Bisa saja akan terjadi proses tawar menawar yang alot atau calon pembeli yang cerewet terhadap surat menyurat. Bukan tidak mungkin pula ada pembatalan saat kesepakatan sudah hampir terjadi.

Jika Pins sudah yakin, selanjutnya lakukan observasi dengan serius. Mengetahui detail tentang penjualan rumah merupakan salah satu cara jual rumah biar cepat laku. Misalnya dengan mencari tahu harga pasaran hingga melakukan riset mengenai jalur promosi tercepat.

Hal-hal yang Harus Diperhatikan dalam Menjual Rumah

Setelah berbagai persiapan dilaksanakan, saatnya mulai beraksi. Bagaimanapun, setiap langkah harus diiringi dengan pertimbangan yang dilakukan dengan hati-hati. Nah, berikut cara jual rumah biar cepat laku yang harus Pins perhatikan.

1. Pertimbangkan Harga Pasaran

Pins tentunya sudah mengamati harga pasaran untuk tipe rumah dengan fasilitas-fasilitas yang ditawarkan. Tidak ada salahnya menaikkan sedikit harga jika rumah yang dimaksud memiliki kelebihan dibanding rumah lain yang setipe. Cara ini juga dilakukan untuk mengantisipasi calon pembeli yang menawar dengan harga jauh lebih rendah.

Tetapi, jangan sampai harga yang ditawarkan jauh melebihi harga pasaran. Keputusan seperti ini justru dapat menjadi bumerang bagi Pins. Calon pembeli yang baru menanyakan harga bisa saja langsung kabur karena sudah takut duluan. Mematok Harga sewajarnya dapat menjadi cara jual rumah biar cepat laku.

2. Pastikan Rumah dalam Kondisi Siap Pakai

Jika rumah yang akan dijual bukan merupakan rumah yang sedang ditempati, maka luangkanlah waktu untuk melihat kondisinya. Periksa apakah ada atap atau plafon yang bocor. Gagang pintu yang rusak, dinding yang retak, atau toilet yang tersumbat  juga merupakan kondisi yang harus diperhatikan.

Melakukan sedikit renovasi terhadap cacat yang agak mengganggu juga merupakan cara jual rumah biar cepat laku. Kondisi rumah yang baik merupakan daya tarik yang akan menjadi nilai tambah bagi calon pembeli.

Sebelum melakukan penjualan, pastikan properti dalam keadaan layak dijual (Andrea Piacquadio/Pexels)

Periksa juga kondisi fasilitas dasar yang harus ada dalam setiap rumah. Misalnya mengenai sambungan listrik dan daya yang digunakan. Kemudian mengenai sumber air dan saluran pembuangannya.

Satu hal yang juga dapat menjadi perhatian calon pembeli adalah kebersihan rumah. Setidaknya, rumah yang akan dijual lantainya sudah disapu dan langit-langitnya bebas sarang laba-laba. Cara jual rumah biar cepat laku lainnya adalah dengan memperhatikan kebersihan dan keasrian halaman.

Baca juga: 8 Tips Jual Rumah Agar Cepat Laku

3. Siapkan Surat-surat yang Diperlukan

Rumah merupakan aset penting yang kepemilikannya diatur oleh hukum. Maka dari itu, setiap rumah beserta tanah di bawahnya seharusnya memiliki surat yang sah. Cara jual rumah biar cepat laku bisa lebih mudah dilakukan jika surat-suratnya lengkap. Karena, calon pembeli akan merasa aman terhadap konsekuensi hukumnya.

Pastikan Pins sudah menyiapkan surat atau dokumen yang kuat di mata hukum, seperti Sertifikat Hak Milik (SHM). Pelajari kembali apa saja yang termuat dalam surat tersebut agar tidak ada informasi yang terlewat mengenai rumah yang akan dijual. Jangan lupa juga untuk mengumpulkan bukti pembayaran PBB (Pajak Bumi dan Bangunan).

Selain itu, ada juga dokumen pribadi yang harus Pins siapkan. Misalnya KTP, Kartu Keluarga, hingga NPWP. Jika sudah menikah, maka surat nikah juga perlu disiapkan.

Sebagian akan diminta untuk diperlihatkan aslinya, namun tidak ada salahnya untuk memfotokopi semuanya sebagai persiapan. Karena, bersiap lebih awal juga merupakan cara jual rumah biar cepat laku.

4. Lakukan Pemasaran yang Efektif

Banyak cara jual rumah biar cepat laku yang bisa ditempuh. Cara paling sederhana adalah dengan memasang plang yang memberi keterangan bahwa rumah tersebut dijual. Jangan lupa menyertakan nomor telepon yang aktif.

Promosi dari mulut ke mulut juga dapat memperluas jangkauan dan menjadi cara jual rumah biar cepat laku. Dimulai dari lingkup keluarga, kerabat, dan teman-teman terdekat Pins. Dari lingkaran koneksi yang mereka punya, bisa jadi beberapa di antaranya ada yang memang sedang berniat membeli rumah.

Cara jual rumah biar cepat laku lainnya adalah dengan memasang iklan di media massa. Tapi ingat, media tentunya mematok tarif untuk jasa pemasangan iklan. Sehingga, dengan cara ini Pins memerlukan biaya lebih dibandingkan dengan hanya memasang plang dan promosi dari mulut ke mulut.

Nah, jangan lupa juga memanfaatkan dunia internet karena jangkauannya akan sangat luas. Ini adalah langkah yang sangat ampuh sebagai cara jual rumah biar cepat laku.

Di era digital seperti ini, internet bisa menjadi media penjualan yang efektif (William Iven/Pixabay)

Pins bisa beriklan di akun media sosial pribadi ataupun membagikannya di grup publik. Selain itu, berpromosi di forum jual beli juga berpeluang bagus karena di sana tujuannya memang khusus kepada perdagangan.

Banyaknya jalur untuk melakukan pemasaran tidak berarti Pins harus menerapkan semuanya. Pilih cara jual rumah biar cepat laku yang menurut Pins paling efektif. Dengan begitu, pemasaran yang dilakukan akan mengenai lebih banyak sasaran yang tepat tanpa mengeluarkan energi berlebihan.

5. Terbuka lah Kepada Calon Pembeli

Dengan berbagai promosi yang telah dilakukan, pasti ada saja yang tertarik untuk menghubungi. Ketika kesempatan itu datang, bersikaplah antusias dan segera memberikan respon. Sehingga calon pembeli pun merasa yakin bahwa Pins memang serius dalam menjual.

Terbuka kepada calon pembeli tentang kondisi rumah juga merupakan cara jual rumah biar cepat laku. Kenapa? Karena, Ini juga akan membuat calon pembeli tidak merasa ditipu. Tetapi, utamakan membicarakan kekurangan rumah hanya ketika calon pembeli bertanya. Dan jangan lupa membeberkan solusi atas kekurangan tersebut.

Misalnya, untuk menerapkan cara jual rumah biar cepat laku Pins boleh saja mengungkapkan bahwa air PAM mati pada jam-jam tertentu. Namun, katakan juga bahwa telah tersedia tandon air sehingga penghuni rumah bisa menyimpan cadangan selama air mengalir.

Jelaskan kondisi properti sejujur-jujurnya kepada calon pembeli (Lex Photography/Pexels)

Atau perlihatkan cat yang telah mengelupas. Hal itu kemungkinan tidak akan jadi masalah besar karena pemilik baru cenderung ingin mengecat ulang. Menunjukkan bola lampu yang sudah mati pun tampaknya baik-baik saja untuk dilakukan.

Selain itu, terbuka soal surat menyurat juga tidak kalah penting sebagai cara jual rumah biar cepat laku. Memberikan fotokopi KTP hingga fotokopi surat rumah akan lebih meyakinkan calon pembeli. Dan dengan sikap semacam itu, bisa saja calon pembeli memutuskan bahwa kekurangan yang ada di rumah tersebut dapat ditoleransi.

Cara jual rumah biar cepat laku tanpa perantara tidak hanya terbatas pada proses pemasaran. Tetapi juga berlanjut pada tahap negosiasi dengan calon pembeli dan tidak berakhir hingga kesepakatan terjadi. Kuncinya, tetap sabar dan semangat.


Menjadi penjual yang kooperatif dengan respon cepat juga merupakan cara jual rumah biar cepat laku. Selalu aktifkan ponsel Pins, karena telepon yang masuk bisa jadi merupakan panggilan dari calon pembeli.

Temukan beragam pilihan rumah terlengkap di Daftar Properti & iklankan properti Kamu di Jual Properti. Bergabunglah bersama Kami di aplikasi Rekan Pinhome untuk Anda Agen properti independen atau Agen kantor properti.

Hanya di Pinhome.id yang memberikan Anda kemudahan membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Tags :

Bagikan Artikel