BlogPemilik PropertiDesain Hunian5 Cara Jual Rumah Biar Cepat Laku Tanpa Perantara
0
0

5 Cara Jual Rumah Biar Cepat Laku Tanpa Perantara

Dipublikasikan oleh Nur Dwi Ratnasari dan Diperbarui oleh Nabila Azmi

Mei 3, 2024

6 menit membaca

Copied to clipboard
top-right-banner

Kegiatan penjualan memerlukan strategi yang baik agar dapat dilirik calon pembeli. Apalagi menjual rumah yang merupakan benda dengan nilai besar dan menuntut lebih banyak pertimbangan. Karena itu, Pins harus mengetahui cara jual rumah biar cepat laku tanpa perantara.

Salah satu strateginya dengan pasang iklan rumah gratis di internet. Melalui aplikasi Pinhome, pemilik properti dapat menawarkan rumah second di Kab Mojokerto hingga jual rumah baru di Kabupaten Bekasi seperti Kertamukti Sakti Residence. Jika properti dekat sarana publik seperti Pasar Lawang Malang tentu harganya akan lebih tinggi daripada lokasi biasa.

Persiapan Menjual Rumah

cara jual rumah agar cepat laku tanpa perantara
Source : Nevadomarbella

Dalam proses menjual rumah, ada banyak aspek yang perlu diperhatikan untuk memastikan bahwa segala sesuatu berjalan dengan lancar dan cepat. Hal ini termasuk dari persiapan awal sebelum memutuskan untuk menjual hingga bagaimana bersikap ketika berinteraksi dengan calon pembeli.

Sebelum memasarkan rumah, sangat penting bagi kamu untuk yakin bahwa kamu memang ingin menjual properti tersebut. Keputusan ini sangat krusial karena akan mempengaruhi cara jual rumah biar cepat laku tanpa perantara.

Menjual properti seringkali merupakan keputusan besar, sama halnya dengan membeli. Oleh karena itu, kamu harus siap menghadapi berbagai kemungkinan yang mungkin terjadi selama proses penjualan.

Kesabaran menjadi kunci dalam cara jual rumah biar cepat laku, terutama saat berhadapan dengan negosiasi yang melelahkan atau calon pembeli yang mungkin sangat detail dalam memeriksa dokumen. Ada kalanya juga, kesepakatan bisa batal di menit terakhir.

Mempersiapkan iklan yang efektif juga penting. Jadi pertimbangkan untuk menggunakan contoh iklan jual rumah sebagai panduan dalam cara buat iklan jual rumah yang menarik. Manfaatkan platform online untuk pasang iklan rumah gratis, yang bisa membantu dalam cara iklan jual rumah cepat dan efektif. Ini adalah langkah strategis dalam mempromosikan properti tanpa harus mengandalkan perantara.

Baca juga:

Keuntungan Jual Rumah Tanpa Perantara

Source : Pxhere

Tahukah kamu bahwa untuk menjual rumah bisa dilakukan tanpa perlu mengandalkan agen atau perantara? Betul sekali, kamu dapat menjual properti secara langsung kepada calon pembeli.

Ada beberapa manfaat saat kamu memilih untuk menjual rumah sendiri, yang juga dikenal sebagai cara jual rumah biar cepat laku tanpa perantara.

Pertama, kamu bisa secara langsung mengawasi semua kegiatan administratif yang terkait dengan penjualan. Ini memberi kamu kontrol penuh atas seluruh proses. Pins juga akan mendapatkan pengalaman berharga tentang bagaimana menjual rumah secara mandiri.

Selanjutnya, kamu akan mengasah kemampuan dalam memasarkan properti sendiri. Proses ini tidak hanya mengajarkan kamu cara iklan jual rumah cepat, tetapi juga membantu kamu belajar dalam menangani calon pembeli dan memahami estimasi harga properti di pasar.

Terakhir, menjual rumah sendiri memberikan kebebasan untuk memasarkan properti kepada siapapun yang kamu pilih, termasuk teman, kolega, dan keluarga yang sudah dikenal baik. Kamu bisa menggunakan contoh iklan jual rumah sebagai inspirasi dan memanfaatkan platform online untuk pasang iklan rumah gratis. Hal ini sangat mendukung dalam cara buat iklan jual rumah yang menarik dan efektif.

Kerugian Jual Rumah Tanpa Perantara

Source : Ruang Mom

Tentu saja tanpa ada perantara maka kamu perlu banyak usaha dalam mengupayakan properti agar lekas terjual. Misalnya dalam mengurus iklan secara mandiri hingga dokumen legalitas yang dibutuhkan.

Tak hanya itu saja kamu juga perlu siap sedia apalagi jika menjual properti melalui situs. Pastinya calon pembeli akan menanyakan properti dan bahkan menghadapi pertanyaan yang sama.

Respon dengan cepat dan luangkan waktu agar calon pembeli bisa melakukan survei rumah. Dengan begitu properti yang ditawarkan akan lekas laku dan ditawar dengan harga yang sesuai dengan keinginanmu.

Cara Jual Rumah Biar Cepat Laku Tanpa Perantara

Setelah berbagai persiapan dilaksanakan, saatnya mulai beraksi. Bagaimanapun, setiap langkah harus diiringi dengan pertimbangan yang dilakukan dengan hati-hati. Berikut cara jual rumah biar cepat laku yang harus Pins perhatikan.

1. Pertimbangkan Harga Pasaran

cara menaksir harga rumah

Pins tentunya sudah mengamati harga pasaran untuk tipe rumah dengan fasilitas-fasilitas yang ditawarkan. Tidak ada salahnya menaikkan sedikit harga jika rumah yang dimaksud memiliki kelebihan dibanding rumah lain yang setipe. Cara ini juga dilakukan untuk mengantisipasi calon pembeli yang menawar dengan harga jauh lebih rendah.

Tetapi, jangan sampai harga yang ditawarkan jauh melebihi harga pasaran. Keputusan seperti ini justru dapat menjadi bumerang bagi Pins. Calon pembeli yang baru menanyakan harga bisa saja langsung kabur karena sudah takut duluan. Mematok harga sewajarnya dapat menjadi cara jual rumah biar cepat laku.

Baca juga: Cerita Pengalaman Lia Pertama Kali Pasang Iklan Rumah di Pinhome

2. Pastikan Rumah dalam Kondisi Siap Pakai

Jika rumah yang akan dijual bukan merupakan rumah yang sedang ditempati, maka luangkanlah waktu untuk melihat kondisinya. Periksa apakah ada atap atau plafon yang bocor. Gagang pintu yang rusak, dinding yang retak, atau toilet yang tersumbat  juga merupakan kondisi yang harus diperhatikan.

Melakukan sedikit renovasi terhadap cacat yang agak mengganggu juga merupakan cara jual rumah biar cepat laku. Kondisi rumah yang baik merupakan daya tarik yang akan menjadi nilai tambah bagi calon pembeli.

Periksa juga kondisi fasilitas dasar yang harus ada dalam setiap rumah. Misalnya mengenai sambungan listrik dan daya yang digunakan. Kemudian mengenai sumber air dan saluran pembuangannya.

3. Siapkan Surat-surat yang Diperlukan

Rumah merupakan aset penting yang kepemilikannya diatur oleh hukum. Maka dari itu, setiap rumah beserta tanah di bawahnya seharusnya memiliki surat yang sah. Cara jual rumah biar cepat laku bisa lebih mudah dilakukan jika surat-suratnya lengkap. Karena, calon pembeli akan merasa aman terhadap konsekuensi hukumnya.

Pastikan Pins sudah menyiapkan surat atau dokumen yang kuat di mata hukum, seperti Sertifikat Hak Milik (SHM). Pelajari kembali apa saja yang termuat dalam surat tersebut agar tidak ada informasi yang terlewat mengenai rumah yang akan dijual. Jangan lupa juga untuk mengumpulkan bukti pembayaran PBB (Pajak Bumi dan Bangunan).

4. Lakukan Pemasaran yang Efektif

Banyak cara jual rumah biar cepat laku yang bisa ditempuh. Cara paling sederhana adalah dengan memasang plang yang memberi keterangan bahwa rumah tersebut dijual. Jangan lupa menyertakan nomor telepon yang aktif.

Promosi dari mulut ke mulut juga dapat memperluas jangkauan dan menjadi cara jual rumah biar cepat laku. Dimulai dari lingkup keluarga, kerabat, dan teman-teman terdekat Pins. Dari lingkaran koneksi yang mereka punya, bisa jadi beberapa di antaranya ada yang memang sedang berniat membeli rumah.

Cara jual rumah biar cepat laku lainnya adalah dengan memasang iklan di media massa. Tapi ingat, media tentunya mematok tarif untuk jasa pemasangan iklan. Jadi, dengan cara ini Pins memerlukan biaya lebih dibandingkan dengan hanya memasang plang dan promosi dari mulut ke mulut.

5. Terbuka lah Kepada Calon Pembeli

Dengan berbagai promosi yang kamu lakukan, termasuk contoh iklan jual rumah yang menarik, tentu akan ada calon pembeli yang tertarik untuk menghubungi. Saat ada yang mengontak, responslah dengan cepat dan penuh antusiasme. Hal ini akan meyakinkan calon pembeli bahwa kamu benar-benar serius ingin menjual properti.

Mengungkapkan secara terbuka kondisi sebenarnya dari rumah yang kamu jual juga merupakan cara cepat jual rumah tanpa perantara. Kenapa? Karena kejujuran akan membangun kepercayaan dan menghindarkan calon pembeli dari rasa tertipu. Namun, bahas tentang kekurangan rumah hanya ketika ditanya oleh pembeli.

Jika kamu ingin memasang iklan properti gratis dan mencari cara jual rumah warisan maupun rumah sendiri, Pinhome adalah tempatnya. Kami mengundang semua pemilik rumah untuk memasang listing mereka di Pinhome, dimana prosesnya mudah dan bisa menjangkau banyak calon pembeli. Yuk, pasang iklan rumah dijual kamu di Pinhome sekarang juga dan rasakan kemudahannya!

pasang iklan di sini

Baca juga: 

Feature Image Source: Pexels


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Cek informasi Cimanggis Golf Estate dan dapatkan hunian idaman kamu sekarang juga. Cari tahu juga tips penting persiapan beli rumah dan KPR di Property Academy by Pinhome.

Hanya Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Copied to clipboard
bottom-sidebar-banner

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok
          sticky banner
          sticky banner

          © www.pinhome.id

          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download